You are on page 1of 4

Tugas Bahasa Indonesia

Nama: Asad Syamsul Arifin Nim : 262110337 Prodi : Teknik Informatika (A)

1. Judul Penyusun Nim Prodi 2. Judul Penyusun Nim Prodi 3. Judul Penyusun Nim Prodi 4. Judul

: SISTIM INFORMASI GEOGRAFIS MANAJEMEN ASET WAKAF. : SIDAH MUFIDAH : 262060126 : TEKNIK INFORMATIKA UNISSULA 2010 :APLIKASI PEMBELAJARAN PERAWATAN GIGI UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. : DARMUJI : 262050073 : TEKNIK INFORMATIKA UNISSULA 2011 :GAME PELATIHAN SOAL BAHASA INDONESIA KELAS VI SEKOLAH DASAR BERBASIS RPG MAKER 2003. : AHMAD RIFKI AFANI : 862070064 : TEKNIK KOMPUTER UNISSULA 2010 :PERENCANAAN SISTEM PEMBELAJARAN DOA SEHARI-HARI UNTUK ANAK USIA 6 SAMPAI DENGAN 9 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8. : SITI NUR AZIZAH : 2622050103 : TEKNIK INFORMATIKA UNISSULA 2010

Penyusun Nim Prodi

Latar Belakang : Agama adalah salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusai. Setiap manusia diberi kebebasan untuk memeluk agama sesuai dengan

keyakinanya. Negara Indonesia member hak mutlak kepada setiap warganya untuk memeluk agam dan mayoritas warga Indonesia memeluk agama islam. Oleh karena itu banyak pendidikan agama yang sudah mulai diperkenalkan sejak dini. Salah satu bagian yang penting yang tak dapat dipisahkan dari pendidikan agama islam adalah doa-doa untuk sehari-hari. Doa untuk seharihari merupakan doa-doa pendek yang related singkat. Biasanya dilakukan rutin setiap hari. Pada masa sekaranh ini banyak orang yang mengabaikan untuk membaca doa untuk setiap harinya. Salah satu penyebab adalah kurangya sistem pembelajaran yang ada. System pembelajaran yang ada di tingkat sekolah dasar atau pesanten masih bersifat manual (hanya diajarkan oleh guru) dan hanya melalui media buku. Sehingga system pembelajaran ini dubutuhkan dalam proses pengenalan doa-doa sehari-hari, tetapi mesih perlu adanya tambahan fasilitas pembelajaran yang lain. Ilmu teknologi dan teknologi akhir-akhir ini berkembang dengan begitu pesatnya, sehingga fasilitas pembelajaranya yang lain dapat dibuat dengan bantuan computer. Hal ini dikarenakan pembuatan fasilitas pembelajaran dengan menggunakan media computer dapat memberikan kemudahan bagi pengguna khususnya para guru bahkan siswa yang duduk di sekolah dasarsekalipun. Salah satu fasilitas pembelajaran tersebut adalah pembuatan sistem pengenlan doa-doa sehari-hari untuk anak sekolah dasar usia 6 sampai dengan 9 tahun. Sistem pembelajaran ini memungkinkan pengguna untuk dapat belajar atau mengenal doa sehari-hari, karena perancangan berupa permainan tetapi saling terkait. Selain itu pengguna dapat belajar sendiri secara autodidak, dan tidak harus ada seorang pengajar.

Rumusan Masalah : Perumusan masalah yang akan dibahas dalam penulian laporan ini adalah bagaimana sistem pembelajaran manual yang hanya diajarkan oleh guru, dapat didukung oleh sistem pembelajaran dengan menggunakna media computer dengan perancangan dubuat dalam bentuk evaluasi pembelaharan yang berupa soal-soal beserta jawabanya yang saling terkait sehingga dapat lebih menarik dan mudah dalam mengenal serta mengerti doa sehari-hari.

5. Judul

:PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK PEMBUATA APLIKASI PEMBELAJARAN BANGUN RUANG UNTUK ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.

Penyusun Nim Prodi

: MAHMUDAH : 262050086 : TEKNIK INFORMATIKA UNISSULA 2011

Latar Belakang : Untuk menumbuhkan minat belajar pada anak-anak yang tengah duduk di bangku sekolah lanjutan atau Sekolah Menengah Pertama (SMP), ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Harus benar-benar jeli dalam melihat dan memanfaatkan situasi dan kondisi mereka. Terutama pada saat seperti sekarang ini, dimana ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat, sehingga memunculkan berbagai peralatan elektronik yang canggih, termasuk permainan-permainan elektronik atau vidio game yang semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan. Ketidak jelian dalam mengantisipasi dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sangat memungkinkan produkproduk ini akan lebih banyak menyita waktu belajar. Minat merupakan sumber motivasu yang mendorong anak untuk melakukan apa yang mereka inginkan bila mereka bebas memilih, bila meraka memilih bahwa sesuatu akan menguntungkan, mereka meras berminat. Pada semua usia, minat memainkan peran yang penting dalam kehidupan seorang dan mempunyai dampak yang sangat besar perilaku dan sikap. Sehingga dalam hal ini minat menjadi sumber motivasi yang kuat untuk belajar. Apalagi mereka dituntut untuk dapat menguasai dalam berbagai bidang mata pelajaran. Khususnya matematika yang di anggap sebagai pelajaran yang tidak semua orang dapat menguasainya jika tidak adanya minat atau kemauan untuk belajar. Bangun ruang merupakan salah satu bagian dalam pelajaran matematika. bangun ruang juga terdapat berbagai macam bentuk-bentuk bangun ruang yang masing-masing mempunyai rumus-rumus atau perhitungan tertentu yang terkait dengan bangun ruang itu sendiri. Misalnya rumus mencari luas permukaan balok atau rumus mencari tinggi suatu limas segi empat dan sebagainya. Untuk menumbuhkan minat belajar, harus dapat diciptakan sesuatu yang dapat menarik perhatian melalui sebuah metode pembelajaran yang kreatif. Dengan memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang saat ini, maka dapat dibuat sebuah metode pembelajaran bangun ruang beserta rumus-rumus atau perhitungan serta contoh soal dan pembahasanya, sehingga akan lebih mudah dipahami dan menarik minat anak untuk belajar khususnya tingkat SMP kelas satu. Rumuan Masalah : untuk menumbuhkan minat bekljar, harus dapat diciptakan sesuatu yang dapat menarik perhatian melalui sebuah metode pembelajaran yang kreatif.

Dalam tugas akhir ini dimodelkan perangkat lunak yang diimplementasikan sebagai sebuah metode pembelajaran dengan menggunakan media computer yang dapat mendukung metode pembelajaran manual yang diajarkan di sekolah.