You are on page 1of 14

SISTEM INFORMASI PENGAJUAN PERPINDAHAN PENDUDUK (TRANSMIGRASI

)

EJA SEPTYASARI (140103100033) FUJI GILANG R (140103100040) ZAINAL G (150103100082)

PEMBAHASAN ABSTRAK  PENDAHULUAN  ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM  PEMODELAN SISTEM  KESIMPULAN  .

Tingginya minat masyarakat bertransmigrasi tidak seimbang dengan kemampuan pemerintah untuk menempatkannya. . Sejak pasca reformasi. adapun syarat syaratnya antara lain Warga Negera Indonesia Berkeluarga yang dibuktikan dengan Surat Nikah atau Kartu Keluarga. pemerintah tidak mampu lagi menempatkan transmigran dalam jumlah besar. Oleh sebab itu. Belum pernah bertransmigrasi. sebagaian masyarakat melakukan transmigrasi . Hal ini antara lain karena penyediaan tanah yang semakin sulit. Kemudian calon transmigran melakukan seleksi.ABSTRAK Transmigrasi yaitu perpindahan penduduk dari satu pulau kepulau lain dalam satu negara. Berusia 18 s/d 50 tahun. berbadan sehat. Kemudian laporan diserahkan kepada petugas transmigrasi. Jika lolos seleksi berikutnya calon transmigran bersedia memenuhi ketentuan ketransmigrasian yang berlaku namun jika tidak lolos tidak dapat melakukan transmigrasi. cara mengajukannya yaitu pertama warga mendaftarkan diri kepada pihak petugas dengan membawa persyaratan. memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan untuk mengembangkan potensi sumber daya yang tersedia di lokasi tujuan.

Upaya yang dilakukan adalah transmigrasi (Ismawan dalam Swasono.1986). 60% nya tinggal di pulau Jawa dan Madura yang luasnya hanya 7% dari luas daerah Indonesia. . India. Dari seluruh jumlah penduduk Indoensia.LATAR BELAKANG Indonesia adalah negara kepulauan dengan jumlah penduduk terpadat setelah Cina. ada upaya pemerintah untuk mengatasi masalah ini. Uni Sofyet. Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lainnya di dalam wilayah Republik Indonesia yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menetap yang berguna dalam kepentingan pembangunan nasional. Oleh karena itu. dan Amerika Serikat.

Dalam mengajukan perpindahan penduduk tersebut diantaranya adalah  Pedoman Pendaftaran  Menyerahkan beberapa persyaratan  Seleksi calon transmigran .

.   RUMUSAN MASALAH Bagaimanakah cara pengajuan transmigrasi yang terjadi di Indonesia? TUJUAN PENULISAN Mengetahui bagaimana cara pengajuan transmigrasi di Indonesia. BATASAN MASALAH Kami tidak akan membahas calon transmigran mengurus di RT/RW atau kelurahan namun langsung kepada petugas transmigran.

belum pernah bertransmigrasi.berbadan sehat.memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan untuk mengembangkan potensi sumber daya yang tersedia di lokasi tujuan.  Calon transmigran melakukan tes seleksi → Calon transmigran dapat melakukan tes seleksi setelah melakukan pendaftaran dan menyerahkan beberapa persyaratan kepada petugas transmigran.ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Penjelasan prosedur sistem dalam penelitian ini :  Pendaftaran calon transmigran → Calon transmigrasi melakukan pendaftaran kepada pihak petugas transmigrasi. .  Penyerahan persyaratan → Calon transmigrasi memberikan beberapa persyaratan seperti Warga Negara Indonesia Berkeluarga yang dibuktikan dengan surat nikah atau kartu keluarga. berusia 18 s/d 50 tahun.

     .PEMODELAN SISTEM Dalam penelitian pengajuan perpindahan penduduk ini terdapat pemodelan sistem menggunakan : Diagram Konteks (DK) Data Flow Diagram (DFD) Use case diagram Class diagram Activity diagram.

DIAGRAM KONTEKS .

DATA FLOW DIAGRAM (DFD) .

USE CASE DIAGRAM .

CLASS DIAGRAM .

ACTIVITY DIAGRAM .

KESIMPULAN .