You are on page 1of 2

Leo Sutrisno .

Khusuk bersama tujuh


Setelah bertemu dengan enam kita berjumpa dengan tujuh. Kita mempunyai tujuh hari: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, jumat, Saptu, dan Minggu. Dalam agama disebutkan bahwa Tuhan menciptakan dunia dalam enam tahap dan pada tahap ke-tujuh istirahat. Pada tahap pertama Tuhan menciptakan bumi. Pada tahap kedua menciptakan terang. Tahap ketiga tumbuh-tumbuhan. Tahap keempat benda-benda langit bintang dan bulan. Tahap kelima binatang. Tahap keenam manusia, dan pada hari ketujuh Ia istirahat. Siapa yang pandai menyanyikan lagu Pelangi-pelangi alangkah indahnya...?. Ada berapa warna? Pelangi terdiri atas tujuh warna: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu; me-jing-ku-hi-bi-ni-u. Perhatikan, apakah urutannya berubah-ubah atau tetap seperti itu. Biasanya, warna ungu sukar dilihat dengan mata telanjang. Pada saat ada pelangi, kamu menghadap pelangi, tentukan dimana letak matahari. Dimana? Ya betul di belakangmu!. Bilamana kamu dapat melihat pelangi? Pada saat hari gerimis, atau hujan rintik-rintik dan matahari masih bersinar. Dalam masyarakat adat, doa-doa atau mantra-mantra sering juga dihitung sampai dengan bilangan ketujuh. Di kalangan masyarakat Jawa tradisional dikenal mandi dengan air kembang tujuh warna dan mandi air yang berasal dari tujuh sumber air. Dalam sejumlah kelompok masyarakat Dayak dikenal cara membilang sampai ketujuh saja. Selebihnya dihitung dengan cara yang lain. Coba tanyakan kepada bapa-ibu guru yang mengajar mulok adat-istiadat bagaimana caranya! Dalam masyarakat Muslim juga dikenal tujuh lapis langit. Tanyakan kepada ayah atau ibu atau bapak-ibu guru agama. Di masyarakat Kristiani, Yesus menyuruh umatnya mengampuni musuh sampai tujuh kali tujuh puluh kali. Kamu pasti kenal, tujuh keajaiban dunia. Dan, salah satunya adalah candi Borobudur. Yang lain?! Carilah di dalam buku IPS atau Buku Pintar. Semoga ditemukan!

Sulap kalkulator: Tebak jumlah topi, pakaian seragam dan sepatu


Ayo bermain sulap lagi! Ambil kalkulatormu! Panggilah kawan-kawanmu!.

Nah, sudah datangkah mereka?. Baik marilah kita mulai. Mungkin kawanmu akan malu-malu menyebutkan banyak topi, pakaian seragam serta sepatu yang dimilikinya secara langsung. Jangan khawatir. Pinjamkan kalkulatormu kepada kawanmu. Selanjutnya, kerjakan perintah-perintah berikut kepada kawan yang kau pinjami kalkulator tersebut.
1. 2. 3. 4. 5. Suruh kawanmu menuliskan Banyak topi miliknya di kalkulator tersebut. (Misal: T) Katakan kepadanya agar ia mengalikannya dengan lima --> (x5) Suruh agar kawanmu itu menambahakan dengan delapan --> (+8) Lanjutkan, suruh kawanmu mengalikannya dengan dua --> (x2) Suruh lagi agar kawanmu itu menambahkan dengan berapa stel pakaian seragam yang dipunyainya --> (+P) 6. Katakan kepadanya agar ia mengalikannya dengan sepuluh --> (x10) 7. Suruh lagi agar kawanmu itu menambahkan dengan berapa pasang sepatu yang dimilikinya --> (+S) 8. Mintalah kembali kalkulatormu itu dari kawanmu, jangan dimatikan!

9. Sim salabim, abrakadabra, kurangi dengan 160 (ini rahasia). 10. Hasilnya adalah bilangan yang dituliskan oleh kawanmu tadi, berturut-turut menunjukkan berapa banyak topi, berapa stel pakaian seragam dan berapa pasang sepatu yang dimilikinya. Contoh: 1. Pinjamkan klkulatormu kepada kawanmu dan suruhlah secara rahasia menuliskan berapa banyak topi yang dimilikinya pada kalkulator tersebut.

kalkulator

2. Misalnya banyak topi yang dimiliki temanmu yang Dituliskannya secara rahasia dalam kalkulator adalah 6 buah 3. Dikalikan dengan lima 4. Tambahkan dengan delapan 5. Kalikan lagi dengan dua 6. Tambahkan dengan tiga stel pakaian seragam yang dimilikinya 7. Kalikan dengan sepuluh 8. Tambahkan dengan dua pasang sepatu yang dimilikinya 9. Kalkulator diminta tanpa dimatikan

6 30 38 76 79

X5 +8 X2 +3

= = = =

X10 +2

= =

790 792

- 160 = 10. Kurangkan dengan 160(secara rahasia) Jadi, kawanmu memiliki 6 topi, 3 stel pakaian seragam, dan 2 pasang sepatu. Nah, cobalah dengan barang-barang lainnya. Semoga berhasil!!!

632