You are on page 1of 3

Judul : Manfaat ASI Eksklusif Piramida Terbalik

:

Kesehatan

Kesehatan Masyarakat

Ibu dan Bayi

Asi Eksklusif

Manfaat
ASI Eksklusif

Kerangka Topik: 1. Belum tercapainya angka cakupan pemberian ASI eksklusif 2. ASI eksklusif 3. Manfaat ASI ekslusif bagi bayi 4. Manfaat ASI ekslusif bagi ibu dan keluarga 5. Manfaat ASI ekslusif bagi bangsa dan negara

ASI eksklusif merupakan pemberian ASI tanpa tambahan cairan seperti susu formula. Kandungan zat-zat gizi berkualitas tinggi dalam ASI berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. pepaya. jeruk. angka cakupan pemberian ASI baru mencapai 66. bermanfaat untuk kecerdasan bayi karena mengandung asam lemak asam amino yang penting untuk perkembangan otak. Jika dilihat dari aspek kesehatan ibu. Salah satu kota yang belum mencapai angka cakupan pemberian ASI eksklusif adalah kota Palembang. Pada tahun 2011.1%.91 bulan pada tahun 2009. 2008 dan 2009. terlihat angka-angka yang terus menurun dari 4. mengurangi resiko terkena kanker . Menurut Departemen Kesehatan (2003). bubur susu. Keuntungan lain yang tidak kalah penting adalah pemberian ASI dapat menjalin kasih sayang antara ibu dan bayi dan hal ini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan psikologis bayi tersebut. Kota Palembang dibandingkan kota/kabupaten lain di Sumatera Selatan menduduki rata-rata lama pemberian ASI eksklusif terendah dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Susenas tahun 2010.6%. yaitu: 3.67 bulan pada tahun 2007 menjadi 4.Manfaat ASI Eksklusif Angka cakupan pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif saat ini belum mencapai target pemerintah pada tahun 2015 yang ingin mencapai pemberian ASI eksklusif sebanyak 80%. pemberian ASI eksklusif dapat mencegah terjadinya perdarahan pasca persalinan. dan dapat meningkatkan kekebalan sehingga bayi tidak mudah sakit. diberikan tanpa terjadwal dan tidak diberi makanan lain walaupun air putih sampai bayi berumur 6 bulan. air teh. ASI eksklusif menurut World Health Organization (WHO) adalah pemberian ASI saja pada bayi sampai usia 6 bulan tanpa tambahan cairan ataupun makanan lain. ASI sangat penting untuk tumbuh kembang bayi dan anak. 2009). Pemberian ASI eksklusif pun memiliki manfaat bagi ibu dan keluarga.92 bulan pada tahun 2010 yang secara rata-rata masih dibawah standar pemberian minimal yaitu 6 bulan. air putih dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang. diketahui bahwa cakupan ASI eksklusif di Indonesia hanya sebesar 33. kecuali pemberian obat dan vitamin. madu. bubur nasi dan tim (Roesli. Pada tahun 2007. Menyusui secara eksklusif dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi alamiah sehingga dapat mengatur atau menjarangkan kehamilan. biskuit. Protein ASI lebih mudah diserap dibanding pada susu sapi. definisi pemberian ASI ekslusif adalah pemberian ASI sedini mungkin setelah persalinan. Hormon yang mempertahankan laktasi menekan ovulasi yang dapat menunda kesuburan.53 bulan pada tahun 2008 dan kemudian merosot menjadi 3.

payudara. . karsinoma indung telur. mengurangi subsidi untuk rumah sakit. Selain itu. Biaya perawatan kesehatan dan pengobatan juga dapat ditekan karena bayi tetap sehat. mengurangi devisa dalam pembelian susu formula. Pemberian ASI ekslusif juga dapat memberikan manfaat untuk bangsa dan negara. Kandungan yang terdapat dalam ASI berupa zat protektif dan nutrien sangat sesuai untuk kebutuhan bayi. pemberian ASI ekslusif juga dapat mengurangi subsidi untuk rumah sakit. seperti merebus air dan mencuci peralatan dengan teliti. Berdasarkan data terbaru. mengurangi komplikasi persalinan. meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa. mengurangi angka kejadian osteoporosis dan patah tulang setelah menopause. mengurangi infeksi nosokomial. serta menurunkan angka kesakitan dan kematian anak.6 milyar per tahun yang seharusnya dipakai membeli susu formula. dan mengurangi biaya perawatan anak sakit di rumah sakit. Tidak hanya ibu. sehingga dapat menjamin status gizi bayi serta menurunkan angka kesakitan dan kematian anak. tidak perlu juga menyediakan waktu dan tenaga untuk menyiapkan susu formula. Manfaat pemberian ASI ekslusif untuk bangsa dan negara antara lain: menurunkan angka kesakitan dan kematian anak. serta menurunkan kejadian obesitas karena kehamilan. keluarga juga turut menikmati manfaat memberikan ASI karena tidak perlu mengeluarkan biaya pembelian susu formula dan perlengkapannya. dengan memberikan ASI dapat menghemat devisa negara sebesar Rp 8.