You are on page 1of 21

NAMA NIM TUGAS

: AYU MENTARI : 1104103010057 : PROSES INDUSTRI KIMIA I

A. Shampoo Rambut

Shampoo adalah perawatan rambut produk yang digunakan untuk menghilangkan minyak , kotoran, partikel kulit, ketombe, polusi lingkungan dan partikel kontaminan lain yang secara bertahap menumpuk di rambut. Shampo adalah salah satu hal yang penting bagi kehidupan manusia, baik pria maupun wanita, Fungsi utama dari shampo adalah membersihkan rambut dan kulit kepala, kotoran rambut termasuk sekresi alami dari kulit, penumpukan kotoran dari lingkungan dan sisa dari produk perawatan rambut yang digunakan oleh konsumen. Setelah pembersihan sempurna maka dapat memberikan kepuasan bagi pemakai / konsumen. Shampo akan menghasilkan rambut yang lembut, berkilau, dan mudah diatur. Formulasi dari shampo dapat pula berupa campuran yang ditekankan untuk beberapa kemampuan khusus seperti meminimalkan rasa perih pada mata, mengontrol ketombe atau memberikan keharuman yang menarik untuk bau wangi yang dapat diterima. Shampoo juga di lengkapi dengan conditioner yang gunanya untuk melembutkan / menghaluskan rambut. Shampoo banyak tersedia dalam berbagai macam versi, ada yang berbentuk cairan, gel, dll.. jika dalam bentuk cairan

maka warnanya akan bermacam-macam, ada warna kuning, hitam, dan beragai macam warna lainnya. Tujuannya adalah untuk menghilangkan komponen yang tidak diinginkan tanpa membuat rambut menjadi sulit diatur. Shampoo, ketika dibasuh dengan air yang merupakan surfaktan ketika membersihkan rambut dan kulit kepala, dapat menghapus minyak alami yang melumasi batang rambut. Keramas sering diikuti dengan kondisioner yang meningkatkan kemudahan menyisir dan styling. Shampo aslinya berarti “pijat kepala” dialam bahasa India UtaraBaik kata dan konsep itu diperkenalkan ke Britania dari Kolonial India . Kata sampo dalam bahasa Inggris berasal dari Hindi chāmpo (च ाँपो / tʃã po ), penggunaan bahasa Inggris-nya diIndia tanggal Anglo ke 1762. Di India, chAmpo digunakan untuk pijat kepala, biasanya dengan beberapa bentuk minyak rambut. Istilah dan layanan pijat kepala (keramas) diperkenalkan di Britania oleh pengusaha Sake Dean Mahomed tahun 1814, ketika Dean, bersama istrinya, yang membuka mandi keramas yang dikenal sebagai „Mahomed‟s Indian Vapour Baths‟ di Brighton , Inggris . Mandi keramasnya seperti mandi Turki di mana klien menerima pengobatan India champi (keramas) atau terapi pijat. Pelayanannya itu mendapat penghargaan dan mendapat gelar „Bedah keramas‟ oleh George IV dan William IV . Pada 1900-an, arti kata bergeser dari arti pijat bahwa penerapan sabun ke rambut. Sebelumnya, sabun biasa (mandi) telah digunakan untuk mencuci rambut. Namun, sabun (mandi) membuat rambut itu membuat tidak nyaman, mengganggu, dan tampak tidak sehat. Selama tahap awal perkembangan sampo, penata rambut dari Inggris merebus campuran sabun dalam air dan ditambahkan herbal untuk memberikan efek rambut bersinar dan aroma pada rambut. Kasey Hebert adalah pembuat sampo yang pertama dikenal. Awalnya, sabun dan sampo produk yang sangat mirip, keduanya mengandung surfaktan , sejenis deterjen . Sampo modern seperti yang dikenal hari ini pertama kali diperkenalkan di tahun 1930-an dengan Drene, yang merupakan sampo sintetik pertama (non-sabun).

. Sabun Mandi Tak ada catatan pasti. Mereka juga membarterkannya dalam berdagang dengan bangsa Kelt. sehingga dapat menghilangkan sebum pada rambut. tahun 600 SM masyarakat Funisia di mulut Sungai Rhone sudah membuat sabun dari lemak kambing dan abu kayu khusus. styling produk dan serpih kulit kepala. tapi perlindungan ini datang dengan dampak yang mengikutinya. Baik sabun dan shampo mengandung surfaktan. tetapi kadar surfaktan pada sabun terlalu banyak. Sebum adalah minyak disekresikan oleh folikel rambut yang mudah diserap oleh rambut. Prancis.Shampoo membersihkan dengan pengupasan sebum dari rambut. Dampak kehilangan sebum adalah perlindungan yang kurang maksimal terhadap rambut dan kulit kepala. Sebum melindungi struktur protein rambut dari kerusakan. Disinilah fungsi sampo. A. dan membentuk lapisan pelindung. Konon. yaitu cenderung untuk mengumpulkan kotoran. yaitu membersihkan kotoran yang dikumpulkan oleh sebum menggunakan kandungan sampo (salah satunya surfaktan). kapan nenek moyang kita mulai bersabun. sebagai bahan cat rambut dan salep dari lemak dan abu pohon beech yang dipakai masyarakat di Gaul. Pliny menyebut sabun dalam Historia Naturalis. yang sudah bisa membuat sendiri sabun dari bahan serupa. Shampo menggunakan surfaktan yang lebih sedikit dan seimbang untuk menghindari terlalu banyak menghilangkan minyak dari rambut.

Begitupun. “Hingga kini. alhasil ia terjangkau bagi semua orang. di abad II. Di masa itu sabun lebih sebagai obat. Setelah mengeras. seperti minyak zaitun serta minyak aroma. seperti kata Galen. "Pengusaha-"nya mengumpulkan sisa-sisa lemak yang lalu dimasak dalam panci besi besar. Bahkan. adonan dituang dalam cetakan kayu. Genoa. kota-kota Islam seperti Nablus (Palestina). formula untuk membuat sabun tak pernah berubah. kimiawan Prancis. sabun yang terbuat dari minyak sayuran. dan Basrah (Irak) telah menjadi sentra industri sabun. yang belum tergali. Ia juga menyebut pabrik sabun di Pompei yang berusia 2000 tahun. umat Muslim telah mengembangkan sebuah gaya hidup higienis yang mutakhir.Tahun 100 masyarakat Gaul sudah memakai sabun keras.Tahun 700-an di Italia membuat sabun mulai dianggap sebagai seni. Akhir tahun 1700-an Nicolas Leblanc. Selanjutnya. Menurut Ahmad Y Al-Hassan dalam bukunya berjudul. bukan lagi barang mewah. Venice. larutan alkali dapat dibuat dari garam meja biasa. Salah seorang sarjana Muslim yang telah mampu menciptakan formula sabun adalah Al-Razi–kimiawan legendaris dari Persia. Menurut Al-Hassan. Selain itu. Sejak abad ke-7 M. Sabun pun makin mudah dibuat. baru abad XIX sabun menjadi barang biasa. Seabad kemudian muncul bangsa Spanyol sebagai pembuat sabun terkemuka di Eropa. Baru belakangan ia dipakai sebagai pembersih. ada sabun cair dan ada pula sabun batangan. Sedangkan Inggris baru memproduksi tahun 1200-an. ilmuwan Yunani. Kufah (Irak).” cetus AlHassan. dan dijual dari rumah ke rumah. Secara berbarengan Marseille. Di Amerika Utara industri sabun lahir tahun 1800-an. Salah satu penemuan penting yang dicapai umat Islam di era keemasan adalah sabun. “Sabun yang kita kenal hari ini adalah warisan dari peradaban Islam. Sabun yang dibuat umat Muslim di zaman kejayaan sudah menggunakan pewarna dan pewangi. pertama kali diproduksi para kimiawan Muslim di era kekhalifahan. sabun dipotongpotong. pada masa itu sudah tercipta sabun khusus untuk mencukur kumis dan . dan Savona menjadi pusat perdagangan karena berlimpahnya minyak zaitun setempat serta deposit soda mentah.” papar AlHassan. menemukan. Technology Transfer in the Chemical Industries.

Selain itu. diperkirakan baru mengenal pembuatan sabun pada abad ke-16 M. ia mendukung dan melindungi para ilmuwan dan . pertanian. Ahli kosmetik ini memaparkan tata cara membuat sabun dalam kitabnya yang monumental bertajuk.3 Dinar (koin emas). Sejatinya. Penemuan sabun yang tergolong modern memang baru diciptakan pada masa kejayaan Islam. campuran yang mengandung sabun telah digunakan di Mesopotamia. Dia adalah seorang Raja Yaman yang berasal dari Dinasti Bani Rasul yang kedua. Menurut dia. menurut RJ Forbes (1965) dalam bukunya bertajuk. Raja Al-Muzaffar merupakan seorang penguasa yang senang mempelajari karya-karya ilmuwan Muslim dalam bidang kedokteran. A History of Industrial Chemistry.janggut. menyatakan. dan tekonologi. Sherwood Taylor (1957) dalam bukunya berjudul. Pada masa kekuasaannya di abad ke-13 M. farmakologi. Al-Tasreef merupakan ensiklopedia kedokteran yang terdiri atas 30 volume. Sang dokter memaparkan resep-resep pembuatan beragam alat kosmetik pada volume ke-19 dalam kitab Al-Tasreef. Sejarah pembuatan sabun di dunia Islam dicatat secara baik oleh Raja AlMuzaffar Yusuf ibn `Umar ibn `Ali ibn Rasul ( wafat 1294 M). Fakta ini menunjukkan betapa dunia Islam telah jauh lebih maju dibandingkan peradaban Barat. Al-Tasreef. Namun. Studies in Ancient Technology. Harga sabun pada 981 M berkisar tiga Dirham (koin perak) atau setara 0. Manuskrip itu memaparkan secara jelas dan detail tata cara pembuatan sabun. Kitab itu telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan digunakan sebagai buku referensi utama di sejumlah universitas Eropa terkemuka. Raja Al-Muzaffar juga sangat mencintai ilmu pengetahuan.” ungkap Forbes. Masyarakat Barat. tapi beberapa deterjen telah digunakan. resep pembuatan sabun yang lengkap tercatat dalam sebuah risalah bertarikh abad 13 M. dunia klasik belum memiliki deterjen yang lebih baik. peradaban Barat baru menguasai pembuatan sabun pada abad ke-18 M. khususnya Eropa. “Mereka belum mengenal sabun. Resep pembuatan sabun di dunia Islam juga telah ditulis seorang dokter terkemuka dari Andalusia–Spanyol Islam–bernama Abu Al-Qasim Al-Zahrawi alias Abulcassis (936-1013 M).

sabun batangan buatan kota-kota Islam di kawasan Mediterania telah diekspor ke Eropa. Kota Nablus (Palestina) sangat termasyhur sebagai sentra industri sabun. Para sejarawan meyakini bahwa fondasi industri minyak wangi yang berkembang pesat di dunia Islam dibangun oleh dua ahli kimia termasyhur. juga mengungkapkan betapa pesatnya industri sabun berkembang di dunia Islam. Salah satunya adalah parfum. mengungkapkan. melewati Alps ke Eropa utara lewat Italia. dalam risalahnya berjudul. Sherwood Taylor. M Shatzmiller dalam tulisannya bertajuk. Al-Isybili. Umat Islam di zaman kekhalifahan juga telah mengembangkan teknologi pembuatan parfum hingga menjadi sebuah industri yang sangat besar. papar Taylor. dalam Medieval Trade in the Mediterranean World menyebutkan. Sabun buatan Nablus telah diekspor ke berbagai kota Islam. “Pada 1200 M. pada masa kejayaan Islam terdapat tak kurang dari sembilan buku teknis dan pedoman bagi pengelola industri parfum. Qasr al-Hayr alSharqi. Andalusia dikenal sebagai penghasil sabun berbahan minyak zaitun. al-Muwahhidun. juga telah mengungkapkan kemajuan industri sabun di dunia Islam. N Elisseeff dalam artikelnya berjudul. Dalam risalahnya. Geografer Muslim kelahiran Yerusalem. pada abad ke-10. di Kota Fez (Maroko) saja terdapat 27 pabrik sabun.seniman untuk berkreasi dan berinovasi. Menurut Al-Maqdisi. Selain sabun. yakni Jabir Ibnu Hayyan (721-815 M) serta Al-Kindi (805-873 M). Al-Maqdisi. Saat itu. Menurut Al-Maqdisi. yang tertulis dalam Ensiklopedia Islam terbitan Brill Leiden. termasuk di Spanyol Islam. dunia Islam pun telah menggenggam teknologi pembuatan beragam alat kosmetik. sang raja mengisahkan bahwa Suriah sangat dikenal sebagai penghasil sabun keras yang biasa digunakan untuk keperluan di toilet. kekhalifahan Islam sedang menjadi salah satu penguasa dunia. . Kimiawan Muslim dari abad ke-12. para arkeolog menemukan bukti pembuatan sabun dari abad ke-8 M. Ahsan al-Taqasim fi ma`rifat al-aqalim.” papar Shatzmiller. Pengiriman sabun dari dunia Islam ke Eropa. sabun juga telah dibuat kota-kota lain di kawasan Mediterania. yang dimuat dalam Ensiklopedia Islam volume IV menyatakan. pada abad ke-13 M.

bagaimana proses pembuatan sabun dilakukan di dunia Islam pada abad ke-13 M? Berikut ini resep pembuatan sabun yang ditulis Daud Al-Antaki seperti dikutip Ahmad Y Al-Hassan dan Donald R Hill dalam bukunya bertajuk. tuangkan air dan aduk. Jika . Faksi air di setiap periode dipisahkan. Irak. lalu letakkan di atas api. Islamic Technology: An Illustrated History. kosongkan dan seterusnya sampai tak ada lagi air yang tersisa. Giling dengan baik. kemudian tempatkan dalam sebuah tangki. Tuangkan air sebanyak lima bagian dan aduk selama dua jam. Teknik dan metode dasar yang diletakkan oleh Jabir itu dikembangkan Al-Kindi. Inilah cara membuat sabun yang diwariskan peradaban Islam: Ambil satu bagian al-Qali dan setengah bagian kapur. kitab tentang pengolahan minyak wangi atau parfum yang masih tersisa hanyalah Kitab Kimiya‟ al-‟Itr (Book of the Chemistry of Perfume and Distillations) karya Al-Kindi. itu pun berhasil menemukan tak kurang dari 107 metode dan resep untuk membuat parfum serta peralatan pembuatannya. Ilmuwan Muslim asal Kufah. Tangki dilengkapi lubang bersumbat. sumbat kembali lubang tersebut. lubang ini dibuka. penguapan (evaporation). Bahan lain yang kerap digunakan untuk membuat sabun adalah natrun. minyak yang sudah murni diambil sebanyak 10 kali jumlah air yang pertama tadi.Meski begitu. Resep Sabun Warisan Peradaban Islam : Minyak zaitun dan al-Qali merupakan bahan utama pembuatan sabun. Lalu. Ia mengembangkan beberapa teknik. Setelah pengadukan berhenti dan cairan menjadi jernih. pengembangan industri parfum di dunia Islam juga sempat dilakukan „Bapak Kimia Modern‟ Jabir Ibnu Hayyan. Jauh sebelum Al-Kindi. Al-Kindi mencoba mengombinasikan beragam tanaman dan bahan-bahan lain untuk memproduksi beragam jenis parfum dan minyak wangi. Jika air sudah habis. Ketiga teknik itu mampu mengambil aroma wewangian dari tumbuhan dan bunga dalam bentuk air atau minyak. dan penyaringan (filtrasi). Ia melakukan riset dan eksperimen dengan lebih cermat. termasuk penyulingan (distilasi). Lalu.

Salah satunya adalah buah pikir Al-Razi. tempatkan dalam nura (kapur mati). Sejatinya. Kemudian. Kondisi . karena tingkat keasaman yang dihasilkan oleh sabun berbeda-beda sesuai dengan penggunaannya di bagian-bagian tubuh Anda. Anda harus hati-hati. Inilah hasil akhir dan tidak diperlukan lagi pendinginan atau pencucian dengan air dingin selama proses. Adonan ini disendok (dan disebarkan) di atas semacam tikar hingga kering sebagian.5 (sedikit lebih rendah daripada pH kulit tubuh). “Yang membedakan sabun wajah dan sabun tubuh adalah kadar keasamannya. karena pH di kulit wajah dan kulit tubuh kita pun tidak sama. sampai air faksi pertama. tambahkan air faksi terakhir sedikit demi sedikit.0-5. Itulah salah satu resep pembuatan sabun yang berkembang di dunia Islam. Sabun wajah Apabila Anda sering menggunakan sabun badan dan sabun untuk wajah dengan sabun yang sama. B. Selain itu. Kemudian tambah dengan air faksi nomor dua terakhir. Minyak di sini dapat diganti dengan minyak lain dan lemak seperti minyak carthamus. Kulit wajah memiliki pH 4. masih banyak risalah lain yang mengungkapkan formula pembuatan sabun. juga ditambhakan amilum tepat sebelum proses selesai. akan diperoleh campuran seperti adonan kue.sudah mendidih. Ada kalanya ditambahkan garam ke dalam al-Qali dan kapur sebanyak setengah kali jumlah kapur. Dari proses itu.

pembersih dan kimia lainnya. seperti halnya produk-produk kesmetika. Bagi mereka yang tidak mau menggunakan produk pembersih yang mengandung lemak hewan ini. yaitu bisa meningkatkan pH kulit untuk sementara setelah memakai sabun kadang iritasi bila kadar pH-nya tidak sesuai. Umumnya tidak ada pengaruh dari bahan kemasan.” tambahnya. Nayla atau Gamat Facial Soap merupakan sabun pembersih wajah berbentuk jelly yang mengandung ekstrak gamat emas dan minyak zaitun. bisa memilih yang terbuat dari lemak tumbuhan (vegetable tallow). bisa menambah risiko terjadinya iritasi terhadap kulit penggunannya. lyeitu adalah NaOH dan KOH. tidak akan mempengaruhi manfaat sabun tersebut. Memang ada sisi negatif. Mengenai kemasan yang digunakan oleh berbagai produk sabun yang dijual bebas di pasaran harus benar-benar dipilih dengan tepat. “Ya. benar banyak sabun dipasaran yang mengandung bahan yang bisa menyebabkan ketidakcocokan dengan pemakai juga membuat iritasi. parafin. atau ceresin. Justru. Dan untuk warna sabun yang kini makin beranekaragam. Dalam pemilihan jenis sabun Anda harus berhati-hati. . Jika kemasan tidak cukup rapat juga dapat dengan mudah membuat sabun terkontaminasi. Hanya saja. Di Amerika oleh FDA sudah ditetapkan jenis tallow apakah dan berapa kadar yang aman untuk digunakan dalam sabun. sodium tallowater: NaOH+beef tallow (lemak sapi). dapat menyebabkan dermatitis dan blackheads(komedo). Japan tallow. Seperti lye. Ekstrak gamat kaya akan kolagen yang bermanfaat untuk meregenerasi & menghaluskan kulit wajah. seperti sudah disebutkan pada kandungan dalam sabun. Jadi tidak berbahaya selama masih dalam batas yang ditentukan.keasaman pada tingkat ini dianggap paling sesuai untuk menghambat pertumbuhan kuman. alkali yang digunakan dalam proses saponifikasi. Sedangkan. khususnya untuk produk kosmetik. kemasan sebaiknya tertutup rapat dan disimpan dalam suhu yang sesuai (dalam hal ini suhu kamar). karena di pasaran banyak beredar sabun yang mengandung bahan seperti lyedan sodium tallowate yang bisa menyebabkan iritasi dan juga komedo. menurut dr Marianti.

halus dan bercahaya.  Foaming Cleansers (busa pembersih) Untuk jenis kulit yang membutuhkan pembersihan lebih dalam.Tapi untuk Anda yang menyukai kesegaran "cuci muka" dengan sabun dan air. Berguna juga untuk melembabkan kulit yang kering dan mencegah penuaan dini. Lapisan dermis inilah yang bertanggung jawab akan sifat elastisitas dan kehalusan kulit yang merupakan kunci utama untuk “awet muda” serta memiliki kulit indah. Bilamana produksi kolagen menurun seiring dengan bertambahnya usia. lisin. Selain itu gamat soap juga mengandung minyak zaitun. Sabun transparan juga dapat digunakan karena tidak mengandung deterjen. prolin. pilih sabun yang mengandung pelembab/moisturizer.  Facial Scrub(scrub muka) Ini termasuk sejenis pembersih wajah yang berpasir dan bisa mengangkat sel mati pada kulit wajah sehingga kulit muka tidak lagi kusam dan lebih bercahaya. dampaknya adalah meningkatnya proses “kulit kering” serta sifat elastisitasnya. Jangan sampai terlalu keras dan tidak cukup ramah pada kulit wajah. Beberapa jenis sabun pembersih meliputi :  Glycerine Soaps/Cleansing Bars Kulit wajah lebih lembut dari sebagian besar kulit tubuh. Sebelum menjadi kolagen. lalu bilas dengan air. berhati-hatilah dalam memilih isi sabun. Pada dasarnya kolagen adalah senyawa protein rantai panjang yang tersusun lagi atas asam amino alanin. Dengan pemakaian teratur dengan menggunakan sabun pembersih wajah Gamat Facial Soap insya Allah wajah tampak lebih bersih. terlebih dahulu terbentuk pro kolagen. jenis .Kolagen adalah komponen utama lapisan kulit dermis (bagian bawah epidermis) yang dibuat oleh sel fibroblast. glisin. Jadi.Kandungan minyak zaitun berfungsi membersihkan kulit yang sensitif hingga dapat memulihkannya. foam/busa pembersih dapat dijadikan pilihan. arginin. serta hiroksiproline. Sapukan busa pembersih secukupnya pada wajah yang sudah dibasahi sebelumnya. Harus diingat.

dan bukan hal sebaliknya. bisa berfungsi melembabkan. kami mengenalkan produk pertama kami untuk pria. atau foam pembersih. Tapi ada banyak kebutuhan unik yang perlu ditangani. Namun pria memiliki kebutuhan perawatan kulit sebanyak wanita. diamkan sebentar agar meresap. karena akan menyebabkan kulit menjadi kering.pembersih ini tidak untuk digunakan setiap hari. kami menciptakan tren lain dengan meluncurkan After Shave Balm kami yang bebas alcohol. Tetapi 90 tahun yang lalu. C. Namun sebaiknya Anda pilih yang bebas alkohol agar terbebas dari problema kulit kering. Produk-produk ini akhirnya memberikan pria pengalaman mencukur yang lembut yang mereka cari-cari. Ini merupakan kesuksesan instan dan memimpin sebuah . Dan pada tahun 1980.  2 in 1 Cleansers (Pembersih dan penyegar) kalau mau praktis masih ada pembersih 2 in 1 cleansers jenis pembersih yang berbentuk cair yang masih bisa digunakan sekaligus. Sabun Cukur Sekarang. Maka pada tahun 1922.  Cream Cleansers (Krim Pembersih) Jenis krim pembersih ini selain membersihkan kulit wajah. perawatan kulit pria terdiri sedikit lebih dari sekedar sabun dan air. kemudian bersihkan dengan kapas atau tisu. Sebaiknya pilih produk sesuai dengan jenis kulit Anda. NIVEA Shaving Soap. pria memiliki aftershave yang terjangkau dan tersedia dimana-mana yang menyejukkan dan melegakan iritasi cukur. krim.  Toners (Penyegar wajah) Setelah kulit wajah dibersihkan dengan sabun. Agar hasilnya maksimal. sebaiknya pilih toner (penyegar wajah yang dikenal juga dengan nama face tonic) sesuai jenis kulit. Untuk pertama kalinya. Celah di pasar terlihat sangat jelas. gunakan krim pembersih dengan tangan yang bersih. bahkan lebih. memasuki apotik dan melihat barisan produk perawatan kulit pria merupakan hal yang umum. diikuti beberapa tahun kemudian dengan busa pencukur kami yang pertama.

sehingga semua kotoran. minyak. air yang mengandung shampoo mobil secara efektif mengikat partikel dalam suspensi mudah dibawa oleh air bersih. Oleh sebab itu maka kami pun membuat sebuah produk shampoo yang khusus digunakan untuk membersihkan mobil. D. Shampoo Mobil Shampoo merupakan “sediaan dari surfaktan” (bahan aktif permukaan) dalam bentuk yang sesuai-cair. maupun tempat. Kaum pria tidak perlu menggunakan produk-produk yang dimiliki oleh istrinya. maupun oli dapat terangkat. Kebutuhan masyarakat akan shampoo mobil sebagai bahan pembersih dari kotoran yang melekat pada mobil maupun kendaraan lainnya. Busa yang dihasilkan pun berlimpah sehingga dapat membersihkan dengan sempurna dan beraroma wangi jeruk nipis yang menyegarkan.tempat pencucian mobil ataupun motor. Dari krim hingga pisau cukur listrik. dimana jika digunakan di bawah kondisi khusus dapat menghilangkan lemak. Dari pengontrol minyak hingga anti-penuaan. sebuah rangkaian produk perawatan kulit khusus untuk mereka. saudara perempuannya atau ibunya. Shampoo mobil biasanya berbentuk cairan kental karena bentuk pada umumnya memang seperti itu. Produk ini terbuat dari bahan – bahan yang ramah lingkungan dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit. .kendaraaan lain.padat. Dan pada tahun 1986. Shampoo mobil adalah shampoo yang digunakan dengan air untuk mencuci dan membersihkan mobil maupun kendaraan. Sekarang mereka dapat menggunakan Nivea for Men. terutama pada sarana-sarana publik. Dan akan terus berkembang sebagaimana kebutuhan perawatan kulit pria berkembang. kami mewujudkan keinginan mereka. atau serbuk. Penggunaan shampoo mobil juga telah meluas. Apa yang telah kami buktikan adalah bahwa para pria sebetulnya menginginkan dan membutuhkan produk mereka tersendiri.revolusi dalam perawatan kulit pria. kotoran. Jika diterapkan pada suatu permukaan. Daftar produk Nivea for Men telah berlipat ganda semenjak botol sabun pencukur pertama tersebut. Dari scrub wajah hingga body wash.

juga dikarenakan hasilnya dalam membersihkan kotoran. Produk tersebut adalah produk yang sangat disenangi oleh masyarakat dan laku keras penjualannya. Selain itu cara membuat shampoo mobil ini pun tidak terlalu rumit sehingga dapat dibuat oleh siapapun. Selain itu pembuatan produk ini juga dapat dipergunakan sebagai lapangan usaha kecil (home industy) dengan modal yang kecil tetapi menghasilkan laba yang besar sebab bahan-bahan yang dipergunakan mudah di dapat di toko bahan kimia dan harganya terjangkau serta ramah lingkungan. Komponen yang terkandung di dalam shampoo mobil adalah sebagai berikut : 1. tidak berbau. 2. yang berfungsi sebagai penetral Alkyl Benzene Sulphonat ( ABS ). Produk ini dibuat untuk memenuhi animo masyarakat yang tinggi terhadap shampoo mobil karena dapat membersihkan mobil dari kotoran hingga tuntas.5 bagian air serta tidak larut dalam etanol 95 % yang berfungsi membantu dalam kelarutan cottoclarin BM sekaligus sebagai pengental dan mempercepat pengangkatan kotoran (pembersih). ABS adalah Alkyl Benzene Sulphonat ( ABS ) berbentuk cairan kental bewarna coklat. Coustic Soda ( NaOH ) berbentuk bongkahan kristal.Banyak sekali produk sabun cuci piring cair dipasaran contohnya seperti kit shampoo mobil. dan merapuh di udara kering dengan kelarutan 2. 5. 4. 3. Selain itu bahan pendukung seperti busa yang melimpah dan bau parfum yang dipakai. . Dewisil Liquid berbentuk cairan kental transparan yang berfungsi sebagai penghilang olie dan dapat menjadi sebagai pengawet pula. Sodium Sulfat (Na2SO4) atau Sodium Sulphate ( Na2SO4 ) berbentuk serbuk putih. Tingginya penjualan tersebut dikarenakan selain harganya yang terjangkau. karena menghasilkan busa yang banyak serta daya bersihnya bagus. yang berfungsi sebagai pembersih sabun. Cottoclarin BM adalah Sodium Lauryl Ether Sulfate berbentuk kental transparan dengan konsentrasi 70 % yang berfungsi sebagai surfactan (pengurang tegangan permukaan air) dan berfungsi sebagai sabun.kotoran yang menempel pada mobil.

rasa asin. Pewarna berbentuk cair berwarna biru yang berfungsi sebagai pewarna produk.6. Enzim AR berbentuk serbuk putih yang berfungsi sebagai penghalau debu. 12. Parfum berbentuk cair berwarna oranye beraroma jeruk nipis yang berfungsi sebagai pengharum. anti kuman. 8. dan anti bakteri. ± 10 bagian gliserol serta sukar larut dalam etanol. Dimethicone 350 cps atau Dimethicone merupakan cairan kental yang berfungsi sebagai pengkilap permukaan cat. 13. Sabun Antiseptik Handy Clean Gel adalah Suatu gel yang berfungsi sebagai anti septic.selain itu juga berfungsi sebagai pengesat/ mengesatkan. itu dapat digunakan sebagai modal kita untuk memulai berwirausaha. Berfungsi membantu dalam kelarutan cottoclarin BM dan pengental. denan kelarutan 2. Silbion berbentuk cairan kental yang berfungsi sebagai pengkilap permukaan cat. selain itu bahan ini cukup praktis karena kemasannya bisa dibawa ke mana-mana bisa membersihkan . Shampoo mobil ini dapat membersihkan mobil maupun kendaraan yang lainnya serta dapat menghasilkan busa yang lebih dan berbau harum menyegarkan. E. sehingga sabun ini dapat bekerja secara maksimal dalam membersihkan kotoran sebagai fungsi utamanya. 9. 14. Bahan dasar yang dari alkohol membuat handy clean gel mampumenggantikan sabun yang ampuh mengangkat kotoran. TX-100 berfungsi pengkilap yang juga sebagai penghasil busa. 7.8 bagian air. Sodium Chloride ( NaCl ) berbentuk serbuk putih. Aquadest berbentuk cairan tak berwarna yang berfungsi sebagai pengencer. 10.tidak berbau.logam dalam air. serta dengan menguasainya pembuatan produk tersebut. yang berfungsi sebagai pengendap dan peklarut logam. 2. Trilon berbentuk serbuk putih. 11.7 bagian air mendidih.

bersihkan dulu tangan pakai sabun selama 40 – 60 detik lalu bilas dengan handy clean gel selama 20 detik. Penyebab infeksi saluran pernapasan diantaranya adalah bakteri stafilokokus dan streptokokus serta virus influenza dan sinsitial virus diudara bebas yang dapat berpindah lewat udara maupun tangan dan menem pel pada saluran pernapasan bagian atas. Gel ini mudah ditemukan di samping bed pasien dan dinding-dinding ruang perawatan. Produk ini terbuat dari bahan – bahan yang ramah lingkungan dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Penyakit yang menelan kor yang menelan korban yang paling banyak anakanak yaitu yang beerkaitaan dengan air dan sanitasi diantaranya ISPA (Infeksi Saluran Perfeksi Saluran Pernapasan Akutnapasan Akut) dan diare. Oleh sebab itu maka kami pun membuat sebuah produk handy clean gel yang khusus digunakan untuk membersihkan tangan dari kuman. Untuk membersihkan kumankuman yang bersembunyi di lapisan kulit yang lebih dalam (resident microorganism). anak dibawah umur dua tahun mengalami 2 – 3 kali diare setiap tahunnya . Oleh organisasi kesehatan dunia WHO. ISPA sering terjadi pada anak-anak. Awal Mula Handy Clean Gel Dewasa ini tingkat kematian yang disebabkan oleh virus dan kuman sangat tinggi. antiseptik dijadikan standar di rumah sakit dan pusat-pusat layanan kesehatan. Kombinasi antara sabun dengan gel antiseptik akan lebih efektif mengangkat kotoran dan kuman-kuman yang berada di permukaan kulit (transient microorganism). yaitu tenggorokan dan hidung.Caranya.tangan dari kuman hanya dalam 20 detik. masih merupakan penyakit dan penyebab kematian yang signifikan di Negara-negara berkembang. butuh teknik tambahan selain mengkombinasikan sabun dan handy clean gel antiseptik. a. dengan waktu yang lebih lama yakni 120 detik. Tekniknya adalah menggosok kulit saat mencucinya pakai sabun dan handy clean gel. Kebutuhan masyarakat akan bahan pembersih yang praktis dari kotoran yang melekat pada tangan ketika akan makan dan minum sangat-lah tinggi saat ini. Selain infeksi saluran pernapasan. bahkan bisa dikantongi oleh dokter atau perawat. termasuk Indonesia. Secara umum.

 Dapat dibawa-bawa (kemasan praktis) Menggunakan cairan pembersih tangan dengan dasar alkohol merupakan cara yang dianjurkan sebab dari penelitian terbukti sabun maupun sabun antiseptic tidak dapat membunuh kuman secara signifikan. penggunaan rutin sabun dapat menyebabkan tangan menjadi kering dan iritasi. . kendaraan umum ( bis. telpon umum dan lain-lain. Dampak-dampak ini tidak ditemukan pada penggunaan cairan pembersih tangan dengan dasar alkohol. melihat perkembangan penyakit saat ini.dengan angka kematian mencapai 8/mil. Namun. cuci tangan hanya ketika sebelum makan sudah sangat tidak cukup lagi. Diare pada anak sebagian besar (85%) adalah diare akut. Lebih sering lagi mencuci tangan lebih baik terutama setelah menggunakan fasilitas umum seperti toilet umum. taksi. Pertimbangan yang harus dipikirkan dalam memilih cara yang akan digunakan untuk membersihkan tangan dengan benar yaitu :  Efektifitas dan manfaat. Cuci tangan sebelum makan merupakan salah satu upaya untuk mengurangi kontaminasi makanan sehingga makanan tidak menyebabkan sakit pada tubuh karena tangan merupakan organ tubuh yang paling mobile yang dapat membawa kuman berpindah dari berbagai tempat tubuh manusia. yaitu dengan menggunakan :    Sabun biasa dengan air mengalir Sabun anti septic dengan air mengalir Cairan / gel pencuci tangan dengan dasar alcohol. warna dan apakah menyebabkan kulit iritasi dan kering atau tidak. kereta api). konsistensi. yang artinya kemampuan bahan yang digunakan untuk membunuh kuman yang ada ditangan. Selain itu. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan tangan.  Penerimaan dikulit.  Mudah didapat jika suatu saat dibutuhkan. Diare akut umumnya bersifat self limited.

sebagai kelompok control. Massac Husetts ini dimuat bulan september 2005 dijurnal pediatric. Penelitian-penelitian ini melibatkan 292 keluarga yang mempunyai seseorang anak atau lebih yang berumur antara enam bulan sampai dengan lima tahun dimana 155 keluarga secara acak diberikan pembersih tangan berupa gel yang mengandung 62% alcohol selama lima bulan dan 137 keluarga. F. Tingginya penjualan tersebut dikarenakan selain harganya yang terjangkau. Dua brand tersebut adalah yang sangat disenangi oleh masyarakat dan laku keras penjualannya. Pembersih Kaca Cif merupakan sebuah produk pembersih serbaguna yang dapat digunakan untuk membersihkan berbagai jenis noda bandel dengan mudah.Handy Clean Gel tidak hanya membunuh kuman. Unilever Indonesia berinovasi meluncurkan CIF di bulan September 2010 sebagai inovasi baru di pasar pembersih serbaguna. Merespon hal ini. sabun atau handuk. Handy Clean Gel praktis. tapi juga melembabkan dan memberi aroma segar pada tangan. juga dikarenakan hasilnya dapat membunuh kuman yang tidak mempan oleh air sabun. diberi pendidikan tentang kebersihan tangan untuk kesehatan setiap dua minggu. Jajaran pasar pembersih serbaguna yang ada di pasaran saat ini masih di dominasi oleh sabun krim dan sabun cuci piring cair. Berita mengenai hasil penelitian gel pembersih tangan yang dilakukan dr Thomas J Sandora dari Children‟s Hospital and Harvard Medical School. Selama penelitian ini ditemukan dua jenis infeksi yang terjadi yaitu infeksi seluruh nafas dan infeksi saluran pernapasan b. CIF Membersihkan Noda Membandel dengan Mudah. Produk di pasaran Beberapa produk Gel anti septic dipasaran contohnya seperti Antis dan Handy clean. Tak hanya andal membersihkan noda- . CIF merupakan sebuah produk pembersih serbaguna yang dapat digunakan untuk membersihkan berbagai jenis noda bandel dengan mudah. bisa dibawa kemanan saja. Bastan. tidak perlu air.Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa pembersih tangan dengan bahan dasar alkohol dapat dengan cepat membunuh rotavirus.

Warna kuning yang ia timbulkan memberi kesan bahwa kamar mandi dan toilet tersebut kotor dan jorok. Apalagi zat besi yang dikandung air tersebut sangat tinggi. Keunggulan dari CIF adalah Mengandung deterjen dan bahan aktif Kalsium Karbonat (calcite) yang merupakan partikel padat dalam wujud micro particle. Bagaimana hasilnya? Produk pembersih keramik yang beredar di pasaran kadang tidak menjawab keinginan kita untuk membersihkan kerak air pada keramik toilet dan kamar mandi dengan mudah. Kelembaban yang tinggi serta intensitas terkenanya keramik dengan air yang cukup sering adalah penyebabnya. tanpa mengeluarkan banyak tenaga dengan hasil yang maksimal. jauh lebih ringan daripada membersihkan menggunakan alat bantu seperti sikat dan sabut. Saya yakin anda telah sering berganti-ganti produk pembersih yang berada di pasaran. Mikro partikel mengangkat kotoran secara mekanis cukup dengan menggunakan lap dan sedikit tenaga. Pembersih Toilet Kerak air merupakan musuh paling berbahaya bagi keramik kamar mandi dan toilet. CIF dapat juga digunakan untuk membersihkan kamar mandi dari kerak air dan endapan sabun serta bagian rumah lainnya. cepat. G. berperan sebagai komponen abrasif untuk membersihkan noda membandel. 2. Penggunaan pembersih keramik dan pembersih kerak napoclean cukup dicampur dengan air secara proporsional . Deterjen melunakan kotoran dan menjadikannya tidak lagi menempel terlalu kuat. Sebuah produk fenomenal cairan pembersih keramik kualitas super yang mampu memberantas dan membersihkan kerak air kini telah hadir. Pembersih keramik dan pembersih kerak napoclean merupakan formula pembersih keramik pintar dan fenomenal yang dapat menghilangkan segala jenis kerak air yang membandel dengan cepat dan mudah. CIF bekerja efektif dengan dua langkah: 1.noda di dapur seperti minyak dan sisa makanan gosong.

perusahaan penyedia jasa kebersihan. dan keramik/porselen kamar mandi atau toilet anda dijamin akan seperti baru kembali. universitas. atau pengelola rumah sakit. pabrik. Napoclean Tidak Mengandung Hcl ( 0. wc umum dan lain sebagainya. tepung. Saat itu sikat gigi juga belum ditemukan. Ketika itu masyarakat Mesir Kuno membuat pasta gigi dengan bahan terbuat dari campuran kuku lembu jantan yang dihancurkan. kelabang dll. agar problema tsb tidak terjadi. Sejarah pasta gigi dimulai sejak 5000 tahun yang lalu lewat peradaban Mesir Kuno. boarding school. maka pembersih keramik dan pembersih kerak napoclean merupakan sebuah kabar gembira untuk anda para pengelola sekolah dengan sistem asrama semisal pondok pesantren. Penggunaan pasta gigi krim seperti yang sekarang .kemudian dikuaskan ke permukaan keramik atau porselen yang berkerak.000 % ) Kebanyakan pembersih yang dijual dipasaran bebas kebanyakan terbuat dari bahan HCL atau Air keras. H. penginapan. motel. lobanglobang pada sambungan Nat yang diakibatkan oleh penggunaan HCL tersebut suatu saat akan menjadi jalan keluar binatang kecil seperti cacing. HCL juga dapat merapuhkan Nat / sambungan keramik sehingga hancur dan berlobang. Sementara menurut naskah kuno dari Persia. cairan pembersih keramik dan pembersih kerak napoclean akan bekerja dengan sangat cepat. biasanya digunakan dengan sikat gigi. kantor. hotel. pusat pendidikan dan latihan. batu apung dan debu dari cangkang telur yang telah dibakar. Di samping berbau sangat menyengat dan membahayakan hidung . Itu tentunya sangat menjijikkan. rumah ibadah. maka cairan pembersih napoclean tidak menggunakan HCL setetespun. sekitar 1000 tahun lalu masyarakat mulai menambahkan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan untuk membuat pasta gigi bubuk. Dengan kinerja dan hasil dari penggunaan napoclean. akademi kebidanan dan lain-lain. Pasta Gigi Pasta gigi adalah sejenis pasta yang digunakan untuk membersihkan gigi. jadi membersihkan gigi pun dengan menggunakan jarijari tangan.

juga dikarenakan hasilnya dalam membersihkan kotoran terutama lemak – lemak yang penempel pada peralatan makan. Dua Merk tersebut adalah yang sangat disenangi oleh masyarakat dan laku keras penjualannya. Banyak masyarakat umum yang beralih ke sabun cuci piring cair di sebabkan banyaknya kelebihan dari sabun cuci piring cair. Banyak sekali produk sabun cuci piring cair dipasaran contohnya seperti Sun Light dan Mama Lemon. Praktis. Sabun cuci piring Keberadaan sabun colek sedikit tergeser dengan adanya keberadaan sabun cair cuci piring. 3.kita gunakan baru ditemukan pada abad ke-19. Mudah berbusa dengan menggunakan spon kain. lalu di campur dengan air sebentar langsung berbusa. Diantaranya Kelebihan sabun cuci piring cair bila dibanding dengan sabun piring padat. lebih tepatnya oleh seorang William Colgate. Karena dari segi kepraktisan dan kecepatan. sabun cair lebih cepat larut dalam air. I. Tingginya penjualan tersebut dikarenakan selain harganya yang terjangkau. Sabun colek sudah sangat melekat dihati masyarakat sebab keberadaan sabun colek digunakan oleh konsumen jauh sebelum munculnya sabun cair cuci piring. Itulah nilai tambah yang khas ditiap merek tersebut. karena sabun cuci piring cair tersedia dalam bentuk kemasan botol.Dan pada saat munculnya sabun cair masyarakat pun sebagian besar banyak yang beralih ke sabun cuci piring. diantaranya sebagai berikut: 1. Selain itu bahan pendukung seperti busa yang melimpah dan bau parfum jeruk serta adapula yang menambahkan concentreted lime juice sebagai pembersih lemak yang dapat membersihkan 1.5 kali lebih cepat. sehingga dapat mudah di bawa atau pun di simpan. 2. Perusahaan Colgate yang ada di Amerika Serikat adalah perusahaan pertama yang memproduksi pasta gigi bentuk ini. Mudah larut di air ( bathtub ). dengan begitu dapat menghemat pada .

.saat pemakaiannya.mbersihkan lemak pada peralatan memasak. Biasanya lebih ampuh dalam me. 4.