You are on page 1of 9

KOMPETENDI DASAR 2.1 : GALVANOMETER 1. MACAM-MACAM GALVANOMETER 2. TORSI DAN DEFLEKSI PADA GALVANOMETER 3.

MEKANISME PMMC (PERMANENT MAGNET MOVING COIL) 4. GALVANOMETER BALISTIK 5. GALVANOMETER SUSPENSI 6. SENSITIVITAS GALVANOMETER

AU KD2 pfisikafkipuns Page 1

Ini pertama kali dijelaskan oleh Claude Pouillet pada tahun 1837. Galvanometer tangent 2. Gambar 1. antara lain : 1. Ia bekerja dengan menggunakan jarum kompas untuk membandingkan medan magnet yang dihasilkan oleh arus tidak diketahui oleh medan magnet Bumi. Ia mendapat namanya dari prinsip operasi. Gambar 2. Galvanometer Balistik AU KD2 pfisikafkipuns Page 2 . Galvanometer balistik Galvanometer balistik umumnya digunakan untuk mengukur fluksi magnet. dimana galvanometer ini bekerja menggunakan prinsip d’Arsonval dan dirancang khusus dengan kepekaan tinggi.1. MACAM-MACAM GALVANOMETER Galvanometer adalah alat ukur listrik yang digunakan untuk mengukur kuat arus dan beda potensial yang relative kecil. Galvanometer tidak dapat mengukur kuat arus dan beda potensial yang relative besar karena keterbatasan dari komponen-komponen internalnya. yang menyatakan bahwa persoalan dari sudut jarum kompas membuat sebanding dengan rasio kekuatan dari dua bidang tegak lurus magnet. Macam-macam galvanometer. Galvanometer tangen Galvanometer tangen adalah alat ukur awal yang digunakan untuk pengukuran arus listrik. hukum tangen magnetisme.

tetapi dengan kutub magnet terbalik. Berkas cahaya dipantulkan dari cermin tersebut kemudian diproyeksikan pada sebuah kaca buram yang mempunyai garis-garis skala pembagi. Galvanometer Astatic 5. Galvanometer yang digunakan pada kepekaan tinggi seperti ini menggunakan sistem refleksi cahaya. Gambar 5. Galvanometer Refleksi Cermin Galvanometer refleksi cermin adalah gavanometer yang sangat sensitif.3. Jarun yang lebih rendah di dalam kumparan akan dibelokkan oleh medan magnet yang diciptakan oleh arus yang lewat. Gambar 3. Hal ini tidak dipengaruhi oleh medan magnet bumi. Galvanometer Refleksi Cermin AU KD2 pfisikafkipuns Page 3 . Alat penunjuk (pointer) yang digunakan berupa cermin pemantul yang dipasang pada bagian yang berputar. Gambar 4. glvanometer astatic ini memiliki dua jarum magnetik sejajar satu sama lain. Galvanometer Astatic Galvanometer ini dikembangkan oleh Leopoldo Nobili. Prinsip kerja galvanometer ini yaitu mekanisme kumparan putar magnet permanen (PMMC). Tidak seperti galvanometer kompas jarum. Perakitan jarun ditangguhkan oleh benang sutra dan tidak memiliki momen dipol magnetik. Galvanometer suspensi Galvanometer suspensi digunakan untuk pengukuran-pengukuran laboraturium sensitivitas tinggi tertentu jika keindahan instrumen bukan merupakan masalah dan portabilitas bukan menjadi prioritas. Galvanometer Suspensi 4.

dan torsi ini akan diimbangi torsi mekanis dari pegaspegas pengatur yang diikat pada kumparan. Mekanisme PMMC Prinsip kerja : Jika ada arus yang mengalir di dalam kumparan. Besarnya sudut defleksi pada galvanometer biasanya diukur dalam radian dan milimeter. defleksi diukur dalam milimeter (mm). Untuk menghitung kuantitas pengosongan muatan. Gambar 6. akan timbul torsi elektromaknetik yang menyebabkan berputarnya kumparan. luas efektif kumparan. Sedangkan untuk menghitung besarnya sensitivitas. dan konstruksi PMMC dan bagianbagiannya ditunjukkan pada gambar 6.2. Persamaan untuk torsi pada galvanometer dapat ditulis sebagai berikut : T=BxAxIxN dimana : T = torsi (Nm) B = kerapatan fluks (Wb/m2) A = luas efektif kumparan (m2) I = arus di dalam kumparan (A) N = jumlah lilitan kumparan Defleksi merupakan besarnya simpangan jarum pada galvanometer. defleksi diukur dalam radian. jumlah lilitan pada kumparan. Kesetimbangan torsi-torsi dan posisi sudut kumparan putar. yang disebut skala. torsi ini dipengaruhi oleh kerapatan fluks (garis gaya medan magnet). dinyatakan oleh jarum penunjuk terhadap referensi tertentu. arus yang mengalir pada kumparan. MEKANISME PMMC (PERMANENT MAGNET MOVING COIL) Mekanisme kumparan putar magnet permanen ( PMMC). Menurut hukum dasar eletromaknetik . Pada galvanometer. TORSI DAN DEFLEKSI PADA GALVANOMETER Torsi merupakan kemampuan gaya yang dapat menghasilkan suatu perputaran terhadap suatu poros sumbu putarnya. persamaan untuk torsi adalah : T=BxAxIxN dimana : T = torsi (Nm) B = kerapatan fluks (Wb/m2) A = luas efektif kumparan (m2) I = arus di dalam kumparan (A) N = jumlah lilitan kumparan AU KD2 pfisikafkipuns Page 4 .

2. yang menghasilkan gaya terkalibrasi untuk melawan torsi kumparan putar dan prestasi pegas yang konstan dibutuhkan untuk mempertahankan ketelitian instrumen. Antara potongan-potongan tersebut. bergerak sepanjang skala yang sudah dibagi-bagi dan menunjukkan defleksi sudut kumparan yang berarti juga menunjukkan arus melalui kumparan. Jarum penunjuk dipasang dibagian atas kumparan.Karena kerapatan fluksi dan luas kumparan merupakan parameter-parameter konstan untuk sebuah instrumen. Bentuk “ Y “ adalah pengatur nol ( zero adjust ) dan dihubungkan ke ujung tetap pegas pengatur depan. Arus dialirkan dari dan ke kumparan melalui pegas-pegas penghantar. dimana torsi diimbangi oleh torsi pegas pengontrol.5 – 2. Dua pegas konduktif dari fosfor-perunggu biasanya berkekuatan sama. Umumnya luas kumparan praktis 0. seperti ditunjukkan pada gambar 8. 7. Keseluruhan sistem yang berputar dibuat setimbang statis oleh tiga buah beban kestimbangan untuk semua posisi defleksi. Sebuah pasak eksentrik ( pin ) yang menembus kotak instrumen yang memegang bagian “ Y “. sehingga posisi “ nol “ jarum dapat diatur dari luar. 8. 4.5 Wb / m2 ). 9. 3. dimana galvanometer ini bekerja menggunakan prinsip d’Arsonval dan dirancang khusus untuk pemakaian selama 20-30 sekon dengan kepekaan tinggi. Ketebalan pegas diperiksa secara teliti untuk mencegah kondisi pegas yang permanen (eksitasinya hilang ). kerapatan fluksi untuk instrumen modern 1500 – 5000 gauss ( 0. Kumparan yang dililitkan pada sebuah kerangka logam ringan dan dipasang sedemikian rupa hingga dapat berputar bebas di celah udara. AU KD2 pfisikafkipuns Page 5 . GALVANOMETER BALISTIK Galvanometer balistik umumnya digunakan untuk mengukur fluksi magnet. Perencana hanya dapat mengubah nilai torsi pengatur dan jumlah lilitan kumparan untuk mengukur arus skala penuh.5 cm2. Mekanisme d’Arsonval 1.15 – 0. Mekanisme prinsip d’Arsonval adalah sebagai berikut : Gambar 7. Sebuah magnet permanen berbentuk sepatu kuda dengan potongan-potongan besi lunak menempel padanya. maka torsi berbanding lurus dengan arus I ( T ~ I ). 3. terdapat sebuah silinder besi lunak yang berfungsi untuk menghasilkan medan magnet yang homogen. Torsi menyebabkan defleksi jarum ke keadaan mantap. 5. 6.

Kesetimbangan posisi defleksi 10. pegas dan titik putar ( pivot ) dirakit ke peralatan kumparan dengan menggunakan alas titik putar dan ditopang oleh bantalan jewel ( jewel bearing ). Jarum. seperti ditunjukkan pada gambar 9. Gambar 9. Jewel berbentuk “ V “ ditunjukkan pada gambar 9(a) digunakan secara umum pada bantalan-bantalan instrumen dan mempunyai gesekan paling kecil diantara semua bantalan. Bantalan jewel AU KD2 pfisikafkipuns Page 6 .Gambar 8.

Kumparan akan terus berdefleksi sampai gaya elektromagnetnya mengimbangi torsi mekanis lawan dari gantungan. 2. Sebuah cermin dipasang pada kumparan yang berfungsi untuk memantulkan seberkas cahaya. Dengan demikian defleksi kumparan merupakan ukuran untuk arus yang dibawa kumparan tersebut. Mekanismenya adalah sebagai berikut : 1. Mekanisme kumparan putar magnet permanen Prinsip kerja dari galvanometer suspensi menggunakan mekanisme kumparan putar magnet permanen. AU KD2 pfisikafkipuns Page 7 . 3. sehingga sebuah bintik cahaya yang sudah diperkuat bergerak diatas skala pada suatu jarak dari instrumen dan efek optiknya adalah sebuah jarum penunjuk yang panjang dengan massa nol. Skema untuk galvanometer suspensi adalah sebagai bertikut : Gambar 10.4. jika dialiri arus listrik . maka kumparan tersebut akan berputar ( arus listrik mengalir dari dan ke kumparan melalui sebuah gantungan yang terbuat dari serabut halus dan keelastisan serabut tersebut menghasilkan suatu torsi yang akan melawan perputaran kumparan ). Berdasarkan hukum gaya elektromagnet. GALVANOMETER SUSPENSI Galvanometer suspensi adalah jenis alat ukur yang merupakan cikal bakal atau dasar dari alat-alat ukur arus searah yang menggunakan kumparan gerak (moving coil) bagi sebagian besar alat-alat ukur arus searah yang digunakan hingga saat ini. Sebuah kumparan kawat halus digantung di dalam medan magnet yang dihasilkan oleh sebuah magnet permanen.

Sensitivitas arus (current sensitivity) Sensitivitas arus yaitu perbandingan antara simpangan jarum penunjuk galvanometer (defleksi galvanometer) terhadap arus listrik yang menghasilkan penyimpangan tersebut atau defleksi tersebut. defleksi harus dikonversi terlebih dahulu ke dalam millimeter. Besarnya arus listrik biasanya dalam orde mikro ampere (µA).5. maka arus yang masuk sama dengan 1/R µA. Sensitivitas ini dapat dirumuskan Keterangan : d = defleksi galvanometer I = arus listrik = sensitivitas arus = sensitivitas mega-ohm (mm) (µA) (mm/ µA) (mm/ µA) AU KD2 pfisikafkipuns Page 8 . SENSITIVITAS GALVANOMETER 1. Sensitivitas tegangan (voltage sensitivity) Sensitivas tegangan ialah perbandingan antara simpangan jarum penunjuk galvanometer (defleksi galvanometer) terhadap tegangan listrik yang menghasilkan penyimpangan tersebut atau defleksi tersebut. Karena besarnya hambatan ekivalen dari galvanometer yang terhubung paralel dapat diabaikan bila dibandingkan dengan besarnya tahanan megaohm yang dipasang seri dengan galvanometer tersebut. Sensitivitas ini Keterangan : d = defleksi galvanometer I = arus listrik = sensitivitas arus (mm) (µA) (mm/ µA) 2. Simpangan ini dirumuskan : Keterangan : d = defleksi galvanometer V = tegangan listrik = sensitivitas arus (mm) (mV) (mm/ mV) 3. Sensitivitas mega-ohm (mega-ohm sensitivity) Sensitivitas mega-ohm yaitu hambatan atau resistensi dalam mega-ohm yang dihubungkan secara seri dengan galvanometer untuk menghasilkan defleksi atau simpangan jarum penunjuk galvanometer sebesar satu bagian skala bilamana tegangan yang dipasang pada rangkaian tersebut sebesar 1Volt. Sedangkan besanya simpangan atau defleksi dalm orde millimeter (mm). Jadi untuk galvanometer yang tidak dikalibrasi dalam millimeter.

Jakarta: Erlangga.4. Torsi dan Defleksi Galvanometer dalam http://melidapolban.scribd. Waldi. Modul III Pengukuran Besaran Listrik. AU KD2 pfisikafkipuns Page 9 . Prinsip Kerja Galvanometer dalam http://www. 2012. Krishna.com/texla-scientific-instruments/galvanometers-spot-reflectingpanel-meters. Shiva. Indawani.html diakses pada tanggal 29 Oktober 2012. D. 2011. Pusat pengembangan bahan ajar-UMB.html diakses pada tanggal 22 Oktober 2012.html diakses pada tanggal 30 Oktober 2012. 2010.blogspot. S. Galvanometer dalam http://smart-fisika. Galvanometer dalam http://www.blogspot. Fahmi Yusuf Ade Suryana. Sensitivitas balistik Sensitivas balistik ini hanya ditemukan pada galvanometer balistik. Putri. Riau : Universitas Riau Press.html diakses pada tanggal 30 Oktober 2012. Galvanometers Spot Reflecting Panels Meters dalam http://www.O.D Limbong. William.blogspot. Makalah Alat Ukur Galvanometer dalam http:// fahmieinsteinpefsi. 2012. Ini dapat dirumuskan Keterangan : dm= defleksi maksimal galvanometer Q = muatan listrik = sensitivitas balistik (mm) (µC) (mm/ µC) DAFTAR PUSTAKA Anhar. Sensitivitas balistik adalah perbandingan antara simpangan maksimal (defleksi maksimal) pada galvanometer terhadap jumlah muatan listrik yang menghasilkan simpangan tersebut. 2012.scribd.com/2010/11/makalah-alat-ukur-galvanometer_25. Brigitta Dian Puteri.com/ doc/86060666/Prinsip-Kerja-Galvanometer diakses pada tanggal 16 Oktober 2012. 2006.com /2006/07/torsi-dan-defleksi-galvanometer.indiamart. Haryo Ecs. Instrumentasi elektronik dan teknik pengukuran.com/doc/75099637/ Galvanometer diakses pada tanggal 22 Oktober 2012. Pengukuran Listrik. 2012. Cooper.com/2012/01/ galvanometer. 1985. 2012.