You are on page 1of 10

9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Ekonomi Jenjang Topik : SMA X/1 : Permintaan dan Penawaran Kelas / Semester :

Deskripsi
Pada RPP ini dapat digunakan guru mengarahkan peserta didik untuk dapat mengusai materi teori permintaan dan teori penawaran termasuk faktor-faktor yang memengaruhinya dan hukum yang mendasarinya. RPP ini dilaksanakan untuk peserta didik di SMA/MA kelas X semester 1 (Ganjil), dengan mengintegrasikan TIK, upayakan tersedianya sarana internet.

Standar Kompetensi
3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.

Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.

Alokasi Waktu
2 x 45 menit

Indikator
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa diharapkan dapat:
1) mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran;
RPP
Permintaan dan Penawaran (SMA.X.1)

R Nugroho P. 2009. Bab 5 Permintaan dan Penawaran halaman 73. dan Pasar halaman 47. Bab 4 Permintaan.1) . e) Kurva permintaan dan penawaran. editor. d) Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran. editor. Karmila. Hufron Sofiyanto. Leni Permana. penulis. c) Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan. -. 3. 2009. Departemen Pendidikan Nasional. Widjayanto. Penawaran. Mengasah Kemampuan Ekonomi Aliyah 1: Untuk Kelas Ilmu X Sekolah Menengah Sosial/ Atas/Mandrasah Bambang Program Pengetahuan Widyaningsih. Edi SumadiSadikin. dan 4) menggambar kurva permintaan dan penawaran. 107. Sri Hapsari. Tri Tien Gunawati. Editor. Departemen Pendidikan RPP Permintaan dan Penawaran (SMA. Materi Pembelajaran Permintaan dan penawaran a) Pengertian permintaan.X.— Jakarta: Pusat Perbukuan. 2. Aristanti Heraeni Tanuatmodjo. b) Pengertian penawaran.9 2) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan. Ekonomi: Untuk SMA/MA Kelas X / oleh Mintasih Indriayu. Westriningsih. Bab 3 Permintaan.Jakarta: Pusat Perbukuan. 3) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran. Penawaran. Departemen Pendidikan Nasional. editor. Ekonomi 1: Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X / Departemen Pendidikan Nasional. Keseimbangan Pasar. Agus Mahfudz. Ekonomi: Untuk Kelas X SMA/MA /penulis. — Jakarta: Pusat Perbukuan. 2009. Elastisitas. Ilustrator Suhardi… [et al]. dan Harga Keseimbangan halaman Sri Nur Mulyati. 4. — Jakarta: Pusat Perbukuan. Media dan Sumber Pembelajaran • Buku Sekolah Elektronik. Nurcahyaningtyas. 1.

• Materi Pokok: Permintaan dan Penawaran http://e-dukasi.—.X. guru menghimbau peserta didik untuk mencatat hal-hal yang penting. illustrator. • Powerpoint: Perilaku Konsumen dan Produsen http://www. Suciati Diah Pramesti.php?mod=script&cmd=Bahan %20Belajar/Materi% 20Pokok/view&id=450 Video: Permintaan dan Penawaran. Ekonomi 1: Untuk SMA dan MA Kelas X / penulis.net/index. Pustekkom. Kemudian guru menggali pengetahuan peserta didik tentang permintaan dan penawaran. Bab 4 Permintaan dan Penawaran serta Terbentuknya Harga Pasar halaman 74.org Kegiatan Pendahuluan a. sehingga pemahaman mengenai permintaan dan penawaran akan mempermudah pemahaman tentang pasar. 5. 2009. Apersepsi • Guru mengajak peserta didik untuk melihat tayangan video yang berhubungan dengan permintaan dan penawaran.Jakarta: Pusat Perbukuan. Bab III Harga dan Pasar halaman 47. Irawan Eka Pradittya . b. Peserta didik dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah peserta didik).9 Nasional. editor. Motivasi Konsep permintaan dan penawaran adalah konsep dasar yang terdapat di pasar. • Selama kegiatan tersebut. 2009. Departemen Pendidikan Nasional. Ismawanto.1) . Kegiatan Inti a. RPP Permintaan dan Penawaran (SMA.psb-psma.

. penurunan permintaan dan peningkatan penawaran RPP Permintaan dan Penawaran (SMA. peningkatan penawaran D..X.. Evaluasi Pilihlah satu jawaban yang tepat! 1. Penilaian • Hasil kerja kelompok (kognitif) • Lembar pengamatan (afektif) Tindak Lanjut • Peserta didik mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi. Perubahan ini mungkin disebabkan oleh .. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. peserta didik membuat kesimpulan. Dengan bimbingan guru.. Kegiatan Penutup a. Misalkan sebuah pasar sepatu dalam keadaankeseimbangan.. penurunan permintaan B. e. sedangkan kelompok yang lain menanggapi. c. Guru dan peserta didik melakukan refleksi b.9 b. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas. penurunan penawaran C. Kemudian terjadi perubahan yangmenimbulkan keseimbangan yang baru pada harga yang lebih tinggi dan kuantitas yang lebih rendah. A.1) . peningkatan permintaan E. d. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

.. bergeser sepanjang kurva permintaan D. Misalkan pasar mobil mewah dalam keadaan keseimbangan. kuantitas keseimbangan turun 5. Kenaikan harga bahan bakar minyak akanmenyebabkan kurva permintaan kendaraan rodaempat .. menurun – menurun D. bergeser ke atas atau ke bawah E. menurun – meningkat E. meningkat dan kuantitas meningkat B.. tidak ada hubungan 3. meningkat – menurun C..X. harga keseimbangan . Ketika penawaran dan permintaan mengalamipeningkatan namun peningkatan penawaran lebih besardari peningkatan permintaan. harga keseimbangan naik... Jika terjadi peningkatan pendapatan konsumen harga keseimbangan dan kuantitas keseimbangan . harga dan kuantitas keseimbangan turun C.. Dampak yang akan dirasakan di pasar tersebut jika terjadi penurunan pendapatan konsumen yang drastis adalah . bergeser ke kanan atas B... kuantitas turun B..1) ... meningkat – meningkat B. menurun – tetap 4.... menurun dan kuantitas meningkat RPP Permintaan dan Penawaran (SMA.9 2. harga dan kuantitas keseimbangan turun D.... A. Misalkan pasar kendaraan roda empat berada dalam keseimbangan harga dan kuantitas.. A.... bergeser ke kiri bawah C. kuantitas naik E. harga keseimbangan turun.. A. A.

potensial E.. harga barang itu sendiri B. meningkat dan kuantitas menurun D. waktu.. biaya produksi E. Sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga. Faktor utama yang memengaruhi bergeraknya kurva permintaan barang dan jasa adalah tingkat .... Jumlah barang atau jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga... permintaan B. A... Permintaan yang disertai dengan kemampuan membeli.. absolut C. A. waktu.. kemajuan teknologi 9. selera konsumen D.. penawaran B. A.. harga pasar 7.. dan tempat tertentu disebut . dan tempat tertentu disebut .9 C. A. permintaan C.X.. efektif 8... tetapi belum melakukan transaksi disebut permintaan . kuantitas tidak berubah 6..1) ... pasar D. pendapatan C. hukum permintaan D. menurun dan kuantitas menurun E... penawaran RPP Permintaan dan Penawaran (SMA. hukum penawaran E... selektif B.

selera konsumen E... Kurva penawaran dengan slope positif artinya bergerak …. harga bahan baku B. harga barang yang lain D. Hukum permintaan dan penawaran antaralain mengatakan bahwa harga suatu barang akan turun apabila …. dari kiri bawah ke kanan bawah E. tingkat teknologi C. Berikut merupakan faktor yangmemengaruhi penawaran suatu barang..9 C. penawaran suatu barang lebih kecil daripada permintaannya B.. penawaran suatu barang lebih besar daripada permintaannya RPP Permintaan dan Penawaran (SMA... dari kiri atas ke kanan bawah B. dari kiri atas ke kanan atas C. biaya produksi B. A. tujuan perusahaan C. dari kanan bawah ke kiri atas 12. A. tingkat teknologi E... A.. harga pasar 10.. kecuali …. A.1) . dari kiri bawah ke kanan atas D.X... penawaran suatu barang sama dengan permintaannya C. tingkat persaingan 11. Berikut yang bukan merupakan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran adalah . hukum permintaan D. laba yang diharapkan 13. hukum penawaran E. harga barang itu sendiri D.

.. A.. koefisien elastisitas barang tersebut RPP Permintaan dan Penawaran (SMA... koefisien elastisitas E.. permintaan naik B. permintaan turun D.. A. Naik turunnya harga barang pengganti dapat memengaruhi . permintaan berubah-ubah 17... persediaan suatu barang berkurang 14.. Permintaan tercipta apabila pembeli memiliki ..1) . permintaan tidak tentu E...9 D.. elastisitas penawaran 16.X. ceteris paribus C.. hukum ekonomi B... permintaan B. hukum penawaran D. kurva penawaran D. Apabila kurva permintaan bergeser ke kanan maka ... kesempatan bertemu dengan penjual E. hukum permintaan E. keinginan membeli dan kesediaan membayar barang atau jasa yang dibelinya 15. banyak uang untuk membeli barang dan jasa C. permintaan tetap C. Harga barang yang naik dan diikuti oleh kenaikan jumlah barang yang ditawarkan adalah sesuai . A. penawaran C.. A. permintaan suatu barang bertambah E. kesediaan membayar barang atau jasa yang dibelinya D. keinginan membeli barang dan jasa yang diinginkan B.....

maka jumlah roti yang ditawarkan akan .. tetap D. Uraikan pendapat Anda mengenai pernyataan tersebut disertai dengan kurvanya! • Jika satu atau beberapa kondisi dari ceteris paribus berubah.. jumlah barang yang tersedia di pasar D.X. lurus secara vertikal dari atas ke bawah D.. Hukum penawaran menunjukkan hubungan antara harga dengan . bagaimanakah pengaruhnya terhadap kurva permintaan? Kemukakanlah pendapat Anda! • Tunjukkanlah secara grafik pengaruh perubahan faktor-faktor bukan harga terhadap penawaran sekiranya yang mengalami perubahan RPP Permintaan dan Penawaran (SMA. A.. jumlah barang yang ditawarkan C. berubah E. naik dari kiri bawah ke kanan atas B.... kebutuhan masyarakat E..1) . jumlah barang yang diminta B. Ketika harga tepung terigu dan telur untuk membuat roti naik. turun C..9 18. A. mendatar dari kiri ke kanan E....... turun dari kiri atas ke kanan bawah C. naik B... maka kurva penawaran bergerak . naik dari kanan atas ke kiri bawah 19. jumlah output yang dihasilkan Materi Pengayaan • Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dapat menyebabkan perubahan jumlah barang yang diminta. tidak bisa diperkirakan 20. A. Sesuai hukum penawaran..

9 adalah harga barang itu sendiri.1) .X. Apakah yang akan terjadi pada kurva permintaan? Diskusikan dengan teman sebangku kalian! RPP Permintaan dan Penawaran (SMA.