You are on page 1of 5

TUGAS II

MANAJEMEN PROYEK

DISUSUN OLEH : Nama Nim : GORDON HTT.M : 1007121805

PROGRAM STUDI SI TEKNIK MESIN FALKUTAS TEKNIK UNIVERSITAS RIAU 2012

Prinsip komando tunggal dimana masing-masing personil hanya memiliki satu atasan 2. dengan rapat-rapat atau membentuk panitia perwakilan. Bagian Personalia. Setiap personil mempunyai wewenang dan tanggung jawab yang jelas.  Organisasi Fungsional  Organisasi Murni  Organisasi Matrik  Organisasi virtual atau Jaringan JAWABAN :  Fungsional. Bagian Contoh Bagan Organisasi Bentuk Fungsional . Mekanisme koordinasi perunit. Ciri utama organisasi fungsional ialah memiliki strutur piramida dengan konsep otoritas dan hirarki vertikal dengan sifat-sifat berikut : 1.  Contoh struktur organisasi fungsional. Organisasi Fungsional adalah organisasi ini dipecah atau dikelompokkan menjadi unit berdasarkan fungsinya. fungsional terdiri dari Bagian Pemasaran. kebijakan. 4.SOAL : 1. Hubungan horizontal diatur dengan prosedur kerja. Bagian Pembelanjaan dan serta Bagian Umum. bila diperlukan dilakukan. 5. Struktur organisasi Produksi. 3. dan petunjuk pelaksana. Arus informasi dan pelaporan bersifat vetikal. Buatlah Contoh struktur organisasi dan fungsinya.

6. 4. 5. Manejemen Proyek mempunyai wewenang penuh untuk mengelola proyek. Murni Organisasi proyek murni yaitu Proyek yang terpisah dari organisasi induk atau Proyek berstatus mandiri. 3.  Contoh struktur organisasi Murni Contoh Bagan Organisasi Bentuk Murni  Fungsi struktur organisasi Matrik. Organisasi proyek matriks merupakan suatu organisasi proyek yang melekat pada divisi fungsional suatu organisasi induk. komunikasi makin cepat. Ciri-ciri organisasi proyek murni umumnya adalah: 1. Pada dasarnya organisasi ini merupakan penggabungan kelebihan yang terdapat dalam organisasi fungsional dan organisasi proyek khusus. Simpel dan mudah dilaksanakan. Bisa memanfaatkan para ahli yang sama dan melakukan kaderisasi dalam penguasaan teknologi tertentu. Rantai komunikasi menjadi pendek (manajer dengan eksekutif secara langsung). Kemampuan membuat keputusan bisa cepat dilakukan. . 2. Semua anggota tim proyek secara langsung bertanggungjawab terhadap manajer proyek.

akan ada kemungkinan antara manajer proyek saling berebut sumberdaya tertentu yang sangat diperlukan.  Contoh struktur organisasi Matrik Contoh Bagan Organisasi Bentuk Matrik  Organisasi virtual atau Jaringan Organisasi proyek virtual adalah suatu bentuk organisasi proyek yang merupakan aliansi dari beberapa organisasi dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk tertentu. Alokasi sumberdaya bisa dilakukan dengan melihat proyek mana yang lebih diprioritaskan dan bagaimana sumberdaya yang dibutuhkan tersedia.Contoh: Perusahaan induk mempunyai dua proyek (proyek A dan proyek B) yang dikelola di bawah divisi otomotif. Struktur kolaborasi ini terdiri dari beberapa organisasi lain yang saling bekerjasama dan berada disekelilin perusahaan inti. .

 Contoh struktur organisasi virtual atau Jaringan . cepat beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi serta adanya peningkatan terhadap fleksibilitas usaha.Kelebihan organisasi proyek virtual ini antara lain: terjadi pengurangan biaya yang signifikan.