BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Perdarahan yang abnormal pada neonatus terbilang cukup umum, tertutama pada bayi preterm. haemostasis yang normal membutuhkan integritas vaskular, fungsi platelet yang normal, dan fungsi sistim koagulasi yang baik. sebaliknya pada bayi neonatus yang sehat penyebab yang umum pada perdarahan pada bayi adalah trombositopenia sekunder, defesiensi vitamin k, dan yang paling jarang tejadi adalah kongenital defesiensi faktor koagulasi.1 Vitamin K merupakan kelompok vitamin lipofilik dan hidrofobik. Hepar membutuhkan vitamin K untuk membentuk beberapa protein yang dibutuhkan pada proses pembekeuan darah. pada saat kelahiran semua bayi baru lahir mempunyai vitamin K dalam level yang rendah. Di masa lalu, penyakit hemoragik pada bayi baru lahir istilah digunakan untuk menjelaskan gangguan perdarahan pada neonatus yang berhubungan dengan kelahiran traumatik atau hemophilia. Istilah diagnostik yang tepat telah diadopsi. Saat ini perdarahan akibat defisiensi vitamin K bukan satu-satunya penyebab gangguan perdarahan pada prematur dan jangka defisiensi vitamin K.

1

C.Haemorrhagic disease of the newborn pada umumnya muncul pada minggu pertama dan paling lambat sampai minggu ke 26.1 B. seringkali setelah terjadi perdarahan pada umbikal ataupun membran mukosa. 2 . Tujuan Referrat Penulisan referrat ini bertujuan untuk mengetahui konsep mengenai perdarahan akibat defisiensi vitamin K. kematian dan kecacatan dapat diakibatkan dari perdarahan intrakranial. Memberikan informasi tentang dampak radiasi Haemorrhagic Disease of Newborn. Dapat meningkatkan pengetahuan tentang Haemorrhagic Disease of Newborn. Manfaat Referrat 1. sehingga diharapkan dapat mendukung tercapainya pencegahan dan penatalaksanaan dengan tepat. 2.

Secara alamiah ada 2 bentuk vitamin K: Vitamin K1 (phytonadione) berasal dari diet sayuran berwarna hijau dan K2 (menaquinone) yang berasal dari sintesis flora normal usus.1 Ada dua jenis vitamin K alamiah yaitu berasal dari tanaman yang larut lemak dan dari flora intestinal yang larut air. 3 . Menakuinon – 7 merupakan salah satu dari rangkaian bentuk tak jenuh polirenoid dari vitamin K yang ditemukan dalam jaringan binatang dan disintesis oleh bakteri dalam intestinum. Menadion ( K3 ). Vitamin K1 dan K2 bersifat larut dalam lemak. yaitu senyawa induk seri vitamin K. Filokuinon ( K1 ) merupakan bentuk utama vitamin K yang ada dalam tanaman. Namun. hanya sebagian kecil yang berasal dari usus si bayi. Asupan utama vitamin K pada bayi bersumber dari susu. Vitamin K Vitamin yang tergolong ke dalam kelompok vitamin K adalah naftokuinon tersubsitusi – poliisoprenoid. Khusus bayi yang baru lahir. secara in vivo senyawa ini akan mengalami alkilasi menjadi salah satu menakuinon ( K2 ). tidak ditemukan dalam bentuk alami tetapi jika diberikan. juga belum matang menambah risiko kekurangan vitamin K. vitamin K dari ibu bisa tidak sampai bila terjadi gangguan plasenta. tempat metabolisme vitamin K.2. fungsi hati. Selain itu.BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. vitamin K juga bisa bersumber dari ibundanya saat persalinan.

tetapi sudah tidak dipakai karena menyebakan anemia hemolitik dan ikterus. Penyerapan vitamin K memerlukan penyerapan lemak yang normal. Menadion. Molekulyang dikenal sebagai 4 . hal itu mencegah pengerasan dan kalsifikasi pada arteri dan membantu mencegah terjadinya gagal jantung. Vitamin k-2 merupakan kumpulan senyawa yang dinamakan manaquion yang melindungi dari gangguan mineralisasi tulang. yang larut dalam air . IX. Malabsorbsi lemak merupakan penyebab paling sering timbulnya defisiensi vitamin K. osteoporosis. yang semuanya disintesis di dalam hati mula-mula sebagai precursor inaktif 3. dan sumbatan kardiovaskuler. vitamin ini diproduksi oleh bakteri yang bermanifestasi di dalam intestine3.Vitamin K3 (menadione) yang dikonversikan menjadi menaquinone dalam hati merupakan bentuk sintesis dari vitamin K yang bersifat larut dalam air. diserap bahkan dalam keadaan tanpa adanya garam-garam empedu. Vitamin K terlibat dalam pemeliharaan kadar normal factor pembekuan darah II. Vitamin K-2 mengatur pembentukan dan aliran kalsium pada struktur tulang tubuh. VII. IX dan X. Molekul-molekul factor II. derivat vitamin K dalam bentuk alami hanya diserap bila ada garamgaram empedu. dengan melintas langsung ke dalam vena porta hati 3. dan didistribusikan dalam aliran darah lewat system limfatik dalam kilomikron. seperti lipid lainnya. dan X disintesis dalam sel hati dan disimpan dalam bentuk precursor tidak aktif. VII.

produk 2.descarboxy protein ini disebut PIVKA (protein induce by by vitamin K absence). dimana radikal karboksil dengan vitamin K sebagai katalis akan menempel residu asam glutamate dari precursor molekul untuk membentuk carboxyglutamic acid yang mampu mengikat Ca2+.8 5 .3 epoksida reduktase menjadi bentuk kuinon vitamin K dengan menggunakan zat pereduksi ditiol yang masih belum teridentifikasi.4 Vitamin K bekerja sebagai kofaktor enzim karboksilase yang membentuk residu γ – karboksiglutamat dalam protein precursor.Di dalam siklus ini. dan Xyang memiliki memiliki kemampuan mengikat Ca2+ memegang peranan dalam mekanisme hemostasis fase plasma. Reaksi karboksilase yang tergantung vitamin K terjadi dalam retikulum endoplasmic . Proses konversi ini terjadi pada tahap post ribosomal. Factor pembekuan II.3 epoksida dari reaksi karboksilase diubah oleh enzim 2. VII. Reduksi selanjutnya bentuk kuinon menjadi hidrokuinon oleh NADH melengkapi siklus vitamin K untuk menghasilkan kembali bentuk aktif vitamin tersebut. Vitamin K dibutuhkan untuk konversi precursor tidak aktif menjadi factor pembekuan yang aktif. IX.

6 .

salisilat. faktor lain adalah terlambatnya kolonisasi bakteri usus disebabkan oleh terlambatnya pemberian diet. X dengan fibrinogen dan trombosit normal 3. Bayi baru lahir mengalami defisiensi faktor pembekuan yang tergantung vitamin K (vitamin K-dependent coagulation factor).B. dan isoniazid. prematuritas. konsentrasi faktor pembekuan ini rendah dalam plasma beberapa hari setelah lahir dan mencapai titik terndah pada hari ketiga. hal ini disebabkan karena bayi baru lahir mengalami defesiensi vitamin K yang disebabkan karena rendahnya cadangan vitamin k pada saat lahir.1 7 . hidantoin. rifampisin.8 Vitamin K sangat sedikit yang dapat melewati sawar plasenta dimana kadar pada plasma ibu 1-2 mikrogram/l sedangkan kadar pada tali pusat kurang dari 0.3 mikrogram/l sedangkan pada susu formula 6 mikrogram/l. bayi yang lahir dari ibu yang mendapat pengobatan luminal. IX. kumarin.5-2. rendahnya kadar vitamin k pada ASI. ASI eksklusif.1 mikrogram/l. diare hebat. VII. pemberian antibiotik dalam jangka yang lama. Kombinasi berbagai keadaan ini menimbulkan gangguan hemostasis pada bayi baru lahir yang memnyebabkan perdarahan pada bayi akibat defisiensi vitamin K. Perdarahan Akibat Defisiensi Vitamin K Perdarahan akibat defisiensi vitamin K didefinisikan sebagai perdarahan spontan atau akibat trauma pada bayi yang berhubungan dengan defisiensi vitamin K dan menurunnya aktivitas faktor pembekuan II. kadar vitamin K pada ASI 1.05 mikrogram/l. kolostrum 2.

namun penelitian yang terbatas menunjukkan bahwa perdarahan kekurangan vitamin K 8 . penyakit biliaris. Perdarahan awal kekurangan vitamin K biasanya terjadi selama 24 jam pertama setelah lahir. Vitamin K tersebar luas dalam jaringan tanaman dan hewan yang digunakan sebagai bahan makanan dan produksi vitamin K oleh mikroflora intestinal pada hakekatnya menjamin tidak terjadinya defisiensi vitamin K 3.Hal ini disebabkan karena plasenta tidak meneruskan vitamin K secara efisien. b. Defisiensi atau kekurangan vitamin K dapat menyebabkan terjadinya penyakit hemoragik pada bayi baru lahir. Terlihat pada bayi yang lahir dari ibu memakai obat antikonvulsan atau anti-TB. Perdarahan dini pada neonatus akibat defisiensi vitamn k. Di samping itu. sterilisasi usus besar oleh antibiotik juga dapat mengakibatkan defisiensi vitamin K 3.Defisiensi vitamin K dapat terjadi oleh malabsorbsi lemak yang mungkin menyertai disfungsi pancreas. atrofi mukosa intestinal atau penyebab steatore lainnya. a. Tidak jelas memahami mekanisme yang menyebabkan kejang obat tuberkulosis dan perdarahan akibat defisiensi vitamin K pada bayi baru lahir. Perdarahan akibat defisiensi vitamin K diklasifikasikan menjadi 3 waktu yang berbeda setelah lahir: 1.

perdarahan pada bayi baru lahir. menunda pasokan atau keduanya.adalah sebuah konsekuensi dari kekurangan vitamin k dapat dicegah dengan pemberian vitamin K ibu selama 2-4 minggu terakhir. Observasi pada neonatus yang tidak mendapatkan vit k profilaksis 3. Perdarahan biasanya muncul pada umbilikus. Banyak obat atau paparan racun ibu selama kehamilan dikaitkan dengan kekurangan vitamin K.. tetapi dapat terjadi selama bulan pertama dan kadang-kadang tumpang tindih dengan akhir-onset perdarahan defisiensi vitamin K. c. 1. 4.bekas jahitan. terkadang pada intrakranial. saluran pencernaan. 9 . terutama jika tidak ada suplemen vitamin K selama kehamilan. Bayi dengan perdarahan defisiensi vitamin K klasik sering sakit. defisiensi vitamin K klasik pada neonatus. 5. Biasanya muncul pada 24 jam paling lambat seminggu pertama. Penyakit ini biasanya terjadi dari hari kedua kehidupan sampai akhir minggu pertama. 2. kulit. Suplementasi vitamin K setelah lahir karena pendarahan dari awal kekurangan vitamin K awal mungkin terlalu terlambat untuk mencegah penyakit ini. hidung. 2.

000 di dapat Faktor resiko diminum selama kehamilan inadekuat . bekaskulit.3.Pemberian makanan .Intrakranial (30-60%). hidung.Intake Vit K terlambat Intake Vit K inadekuat . tempat suntikan.Tidak profilaksis vit K dapat 4-10 per 100. 10 .Kadar vit K rendah pada ASI . 1. GIT. umbilikus. (terutama bayi) Asia Tenggara) GIT. terkadang dapat terlihat sampai 6 bulan sehabis kelahiran 3 Tabel : Perdarahan akibat defisiensi vitamin K pada anak PDVK dini Umur Penyebab & < 24 jam Obat PDVK lambat PDVK klasik 1-7 hari (terbanyak 3-52 minggu-6 bulan hari) (terutama 2-8 minggu) yang . defisiensi vitamin k yg lambat pada neonatus.Kadar vit K rendah pada ASI . hidung.01-1% kelompok resiko(tergantung pola makankelahiran Lokasi perdarahan tinggi Sefalhematom. Terjadi pada umur 2-12 minggu. umbilikus.Tidak Frekuensi < 5% profilaksis vit K pada0.

data mengenai VKDB secara nasional belum tersedia. intrakranial tempat umbilikus. GIT. Pencegahan sirkumsisi. 6 kasus di RS Dr. lokasi perdarahan.intrakranial. pemberian ASI eksklusif atau formula. riwayat ibu minum obat-obatan terutama antikoagulan dan antikonvulsan. 11 . UGT. intratorakal intratorakal -penghentian /-Vit K profilaksis (oral /Vit K profilaksis (im) penggantian obatim) penyebab . Soetomo Surabaya 2 Anamnesis pada perdarahan pada neonatus akibat defesiensi vitamin K terhadap awitan perdarahan. Di Indonesia. warna merah muda menunjukan darah bayi sedangkan warna coklat menunjukan darah ibu 2.asupan vit K yang . Hingga tahun 2004 didapatkan 21 kasus di RSCM Jakarta.asupan vit K yangadekuat adekuat Angka kejadian berkisar antara 1:200 sampai 1:400 kelahiran bayi yang tidak mendapat vitamin K profilaksis. jika ditemukan bayi baru lahir dengan keadaan umum baik tetapi ada perdarahn segar dari mulut atau feses berdarah harus dibedakan antara darah ibu yang tertelan atau saluran cerna bayi itu sendiri dengan melakukan uji apt. suntikan. Sardjito Yogyakarta dan 8 kasus di RSU Dr. intraabdominal.

untuk kasus yang berat dapat diberikan 2 mg sebanyak 2-3 dosis dengan interval 4-8 jam.Pada pemeriksaan fisik didapatkan Adanya perdarahan di saluran cerna. pada perdarahan yang menyebabkan Hb turun di bawah 12 mg/dl diberikan PRC. hidung. pemberian intravena harus hati-hati dengan kecepatan kurang dari 1 mg/menit karena dapat menyebabkab terjadinya reaksi anafilaksis 1 Selain pemberian vitamin K. jika terjadi perdarahan yang mengancam seperti perdarahn intrakranial untuk memperbaiki hemostasis secara cepat adalah 12 . bayi yang mengalami perdarahan luas juga harus mendapatkan FFP 10-15ml/kg bb. respons yang cepat terjadi dalam 4-6 jam dengan berhentinya perdarahan dan membaiknya masa protrombin.5-1 mg. bekas sirkumsisi dan lain sebagainya. Pada perdarahan akibat defisiensi vitamin K untuk menentukan diagnosis dibutuhkan Pemeriksaan penunjang: • • • • • Waktu pembekuan memanjang PPT (Plasma Prothrombin Time) memanjang Partial Thromboplastin Time (PTT) memanjang Thrombin Time normal USG. pemberian secara intramuskular tidak dianjurkan karena menyebabkan hematom yang besar pada tempat suntikan. umbilikus. CT Scan atau MRI untuk melihat lokasi perdarahan 2 Bayi dengan perdarahan defisiensi vitamin K segera diberikan vitamin K1 secara subkutan atau intravena dengan dosis 0.

kepada bayinya diberikan K 1mg IM dan diulang 24 jam kemudian (Depkes. 2003) C.dengan memberikan prothrombin complex-concentrates. Sistem Hemostasis pada Neonatus Sistem hemostasis pada bayi tidak sama dengan anak dan dewasa. Di Indonesia rekomendasi pemberian vitamin K profilaksis diajukan Depkes pada tahun 2003. beberapa perbedan itu diantaranya. Dosis yang diberikan 1mg dosis tunggal IM atau oral 3 kali masingmasing 2 mg pada waktu lahir. Ibu Hamil yang mendapat pengobatan antikonvulsan harus mendapat vitamin K 5mg sehari selama trimester ketiga atau 24 jam sebelum melahirkan diberikan vitamin K 10 mg/IM. hal ini karena secara fisiologis sistem hemostasis pada bayi beum matur. protein yang dibutuhkan untuk pembentukan fibrin dan fibrinolisis jumlahnya sedikit dibandingkan dengan anak yang lebih besar. maturitas sistem ini terjadi pada 6 bulan pertama kehidupan. pertama. dan saat bayi berumur 1-2 bulan. Semua bayi baru lahir harus mendapat provilaksis vitamin K1 2. 3-7 hari. Untuk bayi yang lahir ditolng dukun wajib pemberian vitamin K1 secara oral 4. kedua. Rekomendasi yang diajukan sebagai berikut: 1. 13 . tujuan penatalaksanaan lebih ditujukan pada pencegahan daripada pengobatan 1. 3.

ketiga. dalam 24 jam pertama neonatus mengalami reduksi mekanisme fibrinolisis karena kurang nya kadar proenzim plasminogen dan meningkatnya jumlah inhibitor 7. plasma neonatus resisten terhadap aktivator plasminogen eksogen. 14 . dan keempat.pada fase plasma dari pembekuan dan fibrinolisis neonatus kadar beberapa faktor pembekuan yang bergantung pada vitamin K rendah.

X dengan fibrinogen dan trombosit normal. bayi yang lahir dari ibu yang memakai obat antikonvulsan atau anti-TB. Ada dua jenis vitamin K alamiah yaitu berasal dari tanaman yang larut lemak dan dari flora usus yang larut air. hanya sebagian kecil yang berasal dari 15 . Vitamin K terlibat dalam pemeliharaan kadar normal factor pembekuan darah II. Perdarahan perdarahan akibat defisiensi vitamin K adalah perdarahan spontan atau akibat trauma pada bayi yang berhubungan dengan defisiensi vitamin K dan menurunnya aktivitas faktor pembekuan II. IX. prematuritas. Asupan utama vitamin K pada bayi bersumber dari susu. faktor lain adalah terlambatnya kolonisasi bakteri usus disebabkan oleh terlambatnya pemberian diet.BAB III KESIMPULAN Sistem hemostasis pada bayi tidak sama dengan anak dan dewasa. yang semuanya disintesis di dalam hati mula-mula sebagai precursor inaktif. pemberian antibiotik dalam jangka yang lama. rendahnya kadar vitamin k pada ASI. VII. IX dan X. ASI eksklusif. VII. Defesiensi vitamin K yang disebabkan karena rendahnya cadangan vitamin k pada saat lahir. hal ini karena secara fisiologis sistem hemostasis pada bayi beum matur. diare hebat.

tetapi sudah tidak dipakai karena menyebakan anemia hemolitik dan ikterus. Vitamin K3 (menadione) yang dikonversikan menjadi menaquinone dalam hati merupakan bentuk sintesis dari vitamin K yang bersifat larut dalam air.usus si bayi. vitamin K juga bisa bersumber dari ibundanya saat persalinan. Vitamin K1 dan K2 bersifat larut dalam lemak. Khusus bayi yang baru lahir. Secara alamiah ada 2 bentuk vitamin K: Vitamin K1 (phytonadione) berasal dari diet sayuran berwarna hijau and K2 (menaquinone) yang berasal dari sintesis flora intestinal. 16 .

Ervani. Key Topic In Neonatology. 2.diakses 24 oktober 2011 . Mupanemunda.Universitas Sumatra Utara. Bambang et al. 2005. 1999. diakses tanggal 24 oktober 2011. RH. Nimavat3.2008. Jakarta: IDAI. Watkinson.Oxford. Buku ajar Hematologi-onkologi anak.com/article/974489-overview 17 .2006.medscape. 4.Hemorrhagic Disease of Newborn.DAFTAR PUSTAKA 1. Bios Scientific Publishers. Nancy. Abdulsalam M. M.Surabaya. Medan. dari http://emedicine. penyunting.Medan. Windiastuti E. dari http://www. Sutaryo. Dharmendra et al.Perdarahan Akibat Defisiensi Vitamin K. Perbandingan Masa Protrombin setelah Pemberian Vitamin K Dosis Multipel Oral dengan Dosis Tunggal Intramuskular.tanyadokter. Permono B. Anonim. Bayi baru lahir butuh Vitamin K. 197-206 5. FKUNAIR.asp?id=1001426 3. Permana. H.com/tipdetail.

Jakarta: IDAI. H. NeoReviews. Sutaryo. Windiastuti E. Reniarti. Susanah S. 2005.6. penyunting. Buku ajar Hematologi-onkologi anak. Hemorraghic disease of the newborn. 2008. 9(3):119- 23 18 . Manco-Johnson MJ. Dalam: Permono B. Abdulsalam M. Raspati H. 197-206 7. Hemostasis in the neonate.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful