P. 1
kesehatan

kesehatan

|Views: 3|Likes:
Published by Osipital FK Unsoed
keshatan
keshatan

More info:

Published by: Osipital FK Unsoed on Dec 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/06/2013

pdf

text

original

SISTEM KESEHATAN NASIONAL

dr. MM Rudi Prihatno, MKes, MSi.Med, SpAn Laboratorium Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran & Ilmu – Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman

Pengertian Tatanan yang menghimpun berbagai upaya Bangsa Indonesia secara terpadu dan saling mendukung guna menjamin derajat kesehatan yang setinggi – tingginya sebagai perwujudan kesejahteraan umum seperti dimaksud dalam pembukaan UUD 1945. .

setiap anak berhak atas kelangsungan hidup. . setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya. tumbuh. dan berkembang. Idiil : Pancasila B. Konstitusional : UUD 1945. khususnya pasal :  Pasal 28 A.  Pasal 28 B ayat (2).Landasan A.

bertempat tinggal. seni dan budaya. setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin. . berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi. demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya. dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat. dan ayat (3).  Pasal 28 H ayat (1).)  Pasal 28 C ayat (1).Landasan (lanj.

negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak.Landasan (lanj. . dan ayat (3). negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan.)  Pasal 34 ayat (2).

tata kepemerintahan yang baik. pengutamaan & manfaat.  Meliputi : Perikemanusiaan.Prinsip Dasar  Merupakan norma. . pemberdayaan & kemandirian masyarakat. yang dipergunakan sebagai acuan berfikir dan bertindak dalam penyelenggaraan SKN. kemitraan. HAM. nilai dan aturan pokok yang bersumber dari falsafah dan budaya Bangsa Indonesia. adil & merata.

Tujuan Terselenggaranya pembangunan kesehatan oleh semua potensi bangsa. . berhasil-guna dan berdaya-guna. sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. swasta maupun pemerintah secara sinergis. baik masyarakat.

Subsistem 1. 5. 3. 2. Subsistem Upaya Kesehatan Subsistem Pembiayaan Kesehatan Subsistem Sumberdaya Manusia Kesehatan Subsistem Obat dan Perbekalan Kesehatan Subsistem Pemberdayaan Masyarakat . 4.

 Bertujuan terselenggaranya upaya kesehatan yang tercapai (accessible). . terjangkau (affordable) dan bermutu (quality) untuk menjamin terselenggaranya pembangunan kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggitingginya.SUBSISTEM UPAYA KESEHATAN  Merupakan tatanan yang menghimpun berbagai upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya kesehatan perorangan (UKP) secara terpadu dan saling mendukung guna menjamin tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

SUBSISTEM PEMBIAYAAN KESEHATAN  Tatanan yang menghimpun berbagai upaya penggalian. untuk menjamin terselenggaranya pembangunan kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya . pengalokasian dan pembelanjaan sumberdaya keuangan secara terpadu dan saling mendukung guna menjamin tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.  Bertujuan tersedianya pembiayaan kesehatan dengan jumlah yang mencukupi. teralokasi secara adil dan termanfaatkan secara berhasil-guna dan berdaya-guna.

 Berujuan tersedianya tenaga kesehatan yang bermutu secara mencukupi. pendidikan dan pelatihan serta pendayagunaan tenaga kesehatan secara terpadu dan saling mendukung. untuk menjamin terselenggaranya pembangunan kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. terdistribusi secara adil serta termanfaatkan secara berhasil-guna dan berdaya-guna.SUBSISTEM SUMBERDAYA MANUSIA KESEHATAN  Tatanan yang menghimpun berbagai upaya perencanaan. guna menjamin tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. .

SUBSISTEM OBAT DAN PERBEKALAN KESEHATAN  Tatanan yang menghimpun berbagai upaya yang menjamin ketersediaan.  Bertujuan tersedianya obat dan perbekalan kesehatan yang aman. bermutu dan bermanfaat. pemerataan serta mutu obat dan perbekalan kesehatan secara terpadu dan saling mendukung dalam rangka tercapainya derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. . serta terjangkau oleh masyarakat untuk menjamin terselenggaranya pembangunan kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

advokasi dan pengawasan sosial oleh perorangan. untuk menjamin terselenggaranya pembangunan kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggitingginya. kelompok dan masyarakat di bidang kesehatan secara berhasil-guna dan berdaya-guna. kelompok dan masyarakat umum di bidang kesehatan secara terpadu dan saling mendukung guna menjamin tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.  Bertujuan terselenggaranya upaya pelayanan. .SUBSISTEM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT  Tatanan yang menghimpun berbagai upaya perorangan.

SUBSISTEM MANAJEMEN KESEHATAN  Tatanan yang menghimpun berbagai upaya administrasi kesehatan yang ditopang oleh pengelolaan data dan informasi. pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. serta pengaturan hukum kesehatan secara terpadu dan saling mendukung guna menjamin tercapainya derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. untuk menjamin terselenggaranya pembangunan kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan yang setinggitingginya. IPTEK dan hukum kesehatan. didukung oleh sistem informasi.  Bertujuan terselenggaranya fungsi-fungsi administrasi kesehatan yang berhasil-guna dan berdaya-guna. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->