1.

Bagelen Ganyong

Gambar 1. Bagelen Ganyong Bagelen Ganyong Nanamie ini ialah murni hasil kreasi baru dari warga Bandung. Bagelen ialah kue kering yang diatasnya diolesi oleh roombutter yang memang di seantero Bandung tak sulit untuk menemukan makanan jenis ini. Bagelen ganyong sama saja dengan bagelen lainnya, bedanya ada pada bahan pembuatannya. Bagelen Ganyong dibuat dari tepung ganyong atau tepung yang terbuat dari tanaman umbi seperti talas. Bagelen Ganyong ini sudah ada sejak tahun 2007 silam. Keunggulan dari kue ini ialah teksturnya lebih garing, rasanya lebih mantap dan memiliki warna yang terang. Selain itu, pembuatan Bagelen dari ganyong yang banyak mengandung serat ternyata membuat kue ini aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun. Demikian juga, Bagelen Ganyong bisa memiliki daya tahan yang luar biasa, yakni kalau toplesnya belum dibuka maka bisa tahan sampai 3 bulan.

Cara membuat Bagelen Ganyong Bahan :       500 gr tepung ganyong 100 gr gula pasir 10 gr ragi instant 1/2 sdt baking powder 15 gr susu bubuk 2 kuning telur

.ragi instant .gula . lalu kempiskan adonan Lalu timbang masing2 dengan berat 15 gr dan bulatkan Diamkan lagi 10 menit Bentuk bulat lalu pipihkan diamkan 1 jam Oven 15 menit suhu 170 derajat Keluarkan roti lalu belah 2 diamkan semalam Besok harinya nih oles roti dengan krim lalu masukkan oven 100 derajad hingga kering.  230 ml air es 75 gr margarine Bahan krim:                200 gr salted butter 200 gr tepung gula 1/4 sdt vanilli aduk semua sampai tercampur rata Cara membuat : Aduk tepung ganyong .baking powder dan susu bubuk Tambahkan kuning telur aduk rata masukan air es Lalu uleni sampai tidak lengket Tambahkan margarine uleni sampai elastis Diamkan 15 menit.

Kendala dari proses pembuatan bagelen ganyong adalah: Proses dalam pembuatan bagelen ganyong yang menggunakan ragi yang membutuhkan gluten sebagai bahan yang dikembangkan oleh ragi tersebut. Bandung.Lokasi Gambar 2. Solusi untuk kendala di atas yaitu dengan mencampurkan tepung ubi ganyong dengan terigu sehingga dalam adonan bagelen ganyong terdapat sedikit gluten untuk aktivitas ragi yang digunakan. sehingga hasilnya belum maksimal dibandingkan dengan bagelen yang terbuat dari terigu. Bagelen ganyong dalam kemasan Toko Bagelen Ganyong Nanamie ini diprakarsai oleh Toko Kue Nanamie yang dimiliki oleh Siti Solihah berada di Jalan Cisitu Lama No 23. Jawa Barat – Indonesia. tidak terdapat dari ganyong tersebut. .

Produk banyak tersedia di berbagai berbagai jaringan pasar swalayan. Kemasan Pringles berbentuk tabung yang sisi luarnya terbuat dari kantung karton sehingga ringan untuk dibawa dan mudah untuk dicetak gambar cantik dan menarik sedangkan kemasan sisi dalam tabung terbuat dari alumunium. 15000. Tindakan ini mempersulit orang yang ingin mengetahui kandungan gizi dari Pringles. Saat ini Pringles dapat ditemukan mulai dari harga Rp. nama distributor. Tutup . dan informasi tanggal kadaluwarsa). informasi kode produksi. komposisi. Keunggulan Pringles ini sangat banyak. nama produsen. Pringles diimpor dan didistribusikan oleh Procter & Gamble. Pringles merupakan salah satu dari sedikit merek camilan impor asal Amerika Serikat yang dijual dengan harga sangat kompetitif dengan produk sejenis buatan Indonesia dan Malaysia. Satu hal yang penting untuk diperhatikan pada kemasan Pringles yang beredar di Indonesia ialah label kandungan gizi ditutupi oleh distributor dengan stiker yang sewarna dengan warna tabung (yang berisikan nama rasa. dengan beberapa rasa hanya tersedia (atau pernah tersedia) pada satu jaringan pasar swalayan tertentu. berat bersih. salah satunya ada di kemasannya. nomor registrasi BPOM RI. PRINGLES Di Indonesia.2. 13000 sampai dengan Rp.

kemasan yang terbuat dari alumunium sebagai tutup primer dan tutup sekunder dari plastic sehingga aman dari udara dan mudah dibuka. Bentuk dari keripik kentang ini berbentuk bundar berpelana sehingga mudah tersususun rapi dan mudah ditumpuk tidak berantakan dalam kemasan. Di Indonesia Pringles pilihan rasa yang tersedia adalah sebagai berikut:       Original (Asin) Sour Cream & Onion (Krim Asam & Bawang Merah) Pizza-Licious (Pizza) CheezUms (Keju) Cheddar Cheese (Keju) Sweet Mesquite BBQ (Saus Barbekiu Manis) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful