Obj102 Obj101 Obj100

Obj104 Obj103

Obj107 Obj106 Obj105

RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN ( RPP 2 )
Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : SMP Negeri 1 Duduksampeyan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) VII / 1 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia. 1.2. Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia. • Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra aksara. • Mengidentifikasi jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara. • Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan. • Mengidentifikasi peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara. • Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara. 8 Jam pelajaran (4 x pertemuan).

Alokasi Waktu

:

A.

Tujuan Pembelajaran : Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat : 1. Menjelaskan pengertian masa pra aksara di Indonesia. 2. Menjelaskan kurun waktu masa pra aksara di Indonesia. 3. Mengidentifikasi jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara. 4. Mendeskripsikan ciri-ciri kehidupan pada masa berburu. 5. Mendeskripdikan ciri-ciri kehidupan pada masa bercocok tanam. 6. Mengidentifikasi peralatan kehidupan yang digunakan pada masa pra aksara di Indonesia. 7. Mengidentifikasi peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara di Indonesia. 8. Mendeskripsikan kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara.

B.

Materi Pembelajaran 1. 2. 3. 4. 5. Pengertian dan kurun waktu masa pra aksara. Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara. Perkembangan kehidupan pada masa pra aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan. Peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara. Kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara.

C.

Metode Pembelajaran 1. 2. 3. 4. Ceramah bervariasi Diskusi Inquiri Tanya jawab

D.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Pertemuan 1 1.1. Pendahuluan 1.1.2. Apersepsi : Ceritakan apa yang kamu ketahui tentang suatu cerita sejarah ! 1.1.3. Motivasi : Siswa diminta untuk menyimak cerita sejarah temannya. Cerita sejarah mana yang masuk kedalam sejarah pra aksara ? 1.2. Kegiatan inti 2.1. Siswa ditugaskan untuk membaca buku IPS atau LKS tentang materi pengertian dan kurun waktu pra aksara. 2.2. Siswa mengadakan tanya jawab untuk merumuskan pengertian pra aksara dan kurun waktu masa pra aksara. 2.3. Siswa mengadakan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara. 2.4. Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusinya. 2.5. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. 2.6. Siswa dan guru menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar. 1.3. Penutup 1.3.1. Penilaian Penilaian dilakukan pada saat proses belajar mengajar dan akhir pembelajaran , untuk proses dibuat rubrik dan hasil dengan cara lisan. 3.2. Refleksi : siswa menyampaikan kesan tentang perbedaan jenis manusia yang hidup jaman pra aksara dengan jaman Sekarang. 3.3. Penugasan : Kumpulkan gambar manusia purba dan peninggalan kebudayaannya serta kelompokkan sesuai kurun waktunya. 2. Pertemuan 2 1. Pendahuluan 2.1.1. Apersepsi : Jelaskan jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra sejarah. 2.1.2. Motivasi : Ceritakan perbedaan kita dengan manusia yang hidup pada masa pra aksara. 2. Kegiatan inti 2.1. Siswa ditugaskan untuk membaca buku IPS atau LKS dan mengamati gambar-gambar tentang materi perkembangan kehidupan pada masa pra aksara dan peralatan yang digunakannya. 2.2. Siswa mengadakan diskusi kelompok membahas perkembangan kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia dan mengidentifikasi peralatan yang dipergunakannya. 2.3. Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusinya. 2.4. Setiap kelompok diskusi mempresentasikan hasil diskusinya. 2.5. Siswa mengadakan tanya jawab untuk menyimpulkan materi yang telah dibahasanya. 2.3. Penutup 2.3.1. Penilaian

3.2. 3.3. 3. Pertemuan 3 1. Pendahuluan 1.1. 1.2. 2. Kegiatan inti 2.1. 2.2. 2.3. 2.4. 2.5. 3. Penutup 3.3.1.

Penilaian dilakukan pada saat proses belajar mengajar dan akhir pembelajaran , untuk proses dibuat rubrik dan hasil dengan cara lisan. Refleksi : Siswa mengungkapkan kesan pola kehidupan manusia pada zaman pra aksara. Penugasan : Siswa mengumpulkan gambar-gambar peralatan kehidupan yang digunakan pada masa pra aksara.

Apersepsi : Sebutkan alat-alat yang digunakan oleh manusia pada masa pra aksara. Motivasi : Siswa mengamati gambar peralatan yang digunakan pada masa pra aksara dengan peralatan yang digunakan pada masa sekarang. Siswa ditugaskan untuk membaca buku IPS atau LKS dan mengamati gambar-gambar tentang materi peninggalan – peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara. Siswa mengadakan diskusi kelompok membahas peninggalan – peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara. Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusinya. Setiap kelompok diskusi mempresentasikan hasil diskusinya. Siswa mengadakan tanya jawab untuk menyimpulkan materi yang telah dibahasanya. Penilaian Penilaian dilakukan pada saat proses belajar mengajar dan akhir pembelajaran , untuk proses dibuat rubrik dan hasil dengan cara lisan. Refleksi : Siswa menyampaikan kesan tentang perbedaan alat-alat kehidupan yang digunakan pada masa pra aksara dengan kehidupan sekarang.

3.3.2. 4.

Pertemuan 4 4.1. Pendahuluan 4.1.1. Apersepsi : Jelaskan salah satu peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara ! 4.1.2. Motivasi : Mengamati suatu gambar jenis peninggalan pada masa aksara. Mengapa pada masa pra aksara dibuat barang seperti itu ? 4.2. Kegiatan inti 4.2.2. Siswa ditugaskan membaca buku IPS atau LKS tentang kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara. 4.2.3. Siswa mengamati atlas sejarah tentang kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara.

4.2.4. 4.3.

4.2.5. Penutup 4.3.1. Penilaian Penilaian dilakukan pada saat proses belajar mengajar dan akhir pembelajaran , untuk proses dibuat rubrik dan hasil dengan cara lisan. 3.2. Refleksi : Siswa menjelaskan latar belakang kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara. 3.3. Penugasan : Siswa membuat peta kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara.

Siswa mengadakan tanya jawab tentang kedatangan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara. Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajarinya.

dan

E.

Sumber dan Media Pembelajaran 1. 2. 3. 4. 5. 6. Peta Atlas Kertas karton/ HVS Lembar Penilaian Psikomotorik Buku IPS yang relevan Gambar-gambar sejarah pada masa pra aksara

F.

Penilaian Teknik Penilaian: a. Tes Tulis. b. Tes unjuk kerja. 2. Bentuk Instrumen a. Tes uraian. b. Rubrik 3. Soal/instrumen: a. Tes uraian : 1. 2. 3. aksara ! 4. berburu! 5. 6. 7. Jelaskan salah satu contoh peralatan beserta pungsinya yang dipergunakan pada masa pra aksara ! Jelaskan ciri-ciri kehidupan manusia pada masa berburu ! Jelaskan hasil-hasil kebudayaan pada masa Meghalitikum ! Berilah contoh-contoh peralatan yang dipergunakan pada masa Jelaskan pengertian pra aksara ! Kapan kurun waktu masa pra aksara di Indonesia ? Sebutkan jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra 1.

8. ! 9. b.
No. Nama Siswa

Jelaskan kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara Bagaimana proses penyebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara ! Rubrik penilaian untuk diskusi
Keaktifan 1-4 Aspek Yang Dinilai Kerjasama Presentasi Bertanya 1-5 1-5 1-3 Menjawab 1-4 Jumlah Skor

c.
No. Nama Siswa

Rubrik penilaian untuk tugas
Ketepatan 1-4 Aspek Yang Dinilai Volume Kerapihan 1-5 1-4 Kronologis 1-5 Jumlah Skor

Duduksampeyan, 26 Juli 2010 Mengetahui Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran

Drs. H.

IMRON, M.Pd.

Dra. SRI UTAMI

Nip : 131 847 230

Nip : 131783114

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP 3)
Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Standar Kompetensi : SMP Negeri 1 Duduksampeyan : IPS - Sosiologi : VII / I : 2 Memahami Kehidupan Sosial Manusia

Kompetensi Dasar Indikator

: 2.1. Mendiskripsikan Interaksi Sebagai Proses Sosial : * Menjelaskan kaitan interaksi social dan proses sosial * Menjelaskam pengaruh interaksi social terhadap keselarasan sosial.

Alokasi Waktu A. Tujuan Pembelajaran

: 4 Jam Pelajaran ( 2 X Pertemuan )

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat : 1. Menjelaskan pengertian proses sosial 2. Mengindetifikasi jenis-jenis proses sosial 3. Menyebutkan 3 bentuk proses sosial yang bersifat Asosiatif 4. Menyebutkan 3 bentuk proses sosial yang bersifat Disasosiatif 5. Menjelaskan pengaruh dari luar yang menyebabkan terjadinya proses sosial 6. Menjelaskan perngaruh dari dalam yang menyebabkan terjadinya proses sosial 7. Memberikan 2 contoh sikap hidup yang mendukung terciptanya keselarasan sosial dalam masyarakat B. Bentuk Pembelajaran 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Pengertian proses sosial Proses sosial yang timbul akibat interaksi sosial Bentuk proses sosial yang bersifat asosiatif Bentuk proses sosial yang bersifat disasosiatif Pengaruh yang menyebabkan terjadinya proses sosial yang berasal dari luar Pengaruh dari dalam yang mempengaruhi terjadinya proses sosial Beberapa sikap hidup yang harus kita lakukan untuk menciptakan keselarasan

dalam masyarakat.

C.

Metode Pembelajaran

1. 2. 3. 4. D.

Ceramah bervariasi Tanya jawab Pengamatan Penugasan

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Pertemuan I a. Pendahuluan Appersepsi : salah satu siswa menjawab pertanyaan dari guru secara lisan tentang kontak sosial yaitu siapa nama temannya yang pertama dia kenal ketika masuk kelas ? b. Kegiatan Inti - Penjelasan tentang interaksi sosial sebagai dasar proses sosial - Penjelasan tentang jenis-jenis proses sosial - Penjelasan guru tentang 4 bentuk proses sosial yang bersifat Asosiatif c. Penutup Penilaian Refleksi : secara lisan - Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang pengertian interaksi sosial - Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang jenis-jenis proses sosial - Siswa menjaab pertanyaan dari guru tentang bentuk proses sosial yang bersifat Asosiatif 2. Pertemuan II a. Pendahuluan Appersepsi : Guru menanyakan pada siswa tentang interaksi sosial Motivasi : Guru memasang beberapa contoh kliping di Mading kelas tentang sosialisasi b. Kegiatan Inti

Siswa membuat kliping yang terdiri dari 5 peristiwa proses sosial Asosiatif dan 5 proses Asosiatif dari surat kabar atau tabloid.

c. Penutup Penilaian - Refleksi - Siswa mengumpulkan kliping - Penugasan : Siswa diberi tugas memberi contoh pengaruh dari luar dan pengaruh dari dalam yang mempengaruhi proses sosial serta memberi contoh sikap yang mendukung terciptanya keselarasan sosial. E. Sumber dan Media Pembelajaran 1. 2. 3. 4. F.Penilaian 1. Tehnik Penilaian a. Tes tulis b. Tes 2. Soal / Instrumen Tes Uraian 1. Apakah yang dimaksud dengan proses sosial ? 2. Sebuatkan jenis-jenis proses sosial ! 3. Sebutkan bentuk proses sosial yang bersifat Asosiatif ! ( 3 ) 4. Usaha meredakan ketegangan untuk mencapai kestabilan ada beberapa cara, jelaskan yang dimaksud dengan cara kompromi ? 5. Jelaskan yang dimaksud dengan cooperation ? Kertas Lembar penilaian Buku sosiologi Surat kabar / tabloid

Kunci jawaban : 1. Cara-cara manusia berhubungan / berinteraksi dengan system tertentu membawa pengaruh timbal balik terhadap manusia itu sendiri. 2. Proses sosial yang bersifat asosiatif Proses sosial yangbersifat Disasosiatif 3. - Akulturasi - Akomodasi - Kerjasama - Asimilasi 4. Penyelesaian terhadap perselisihan dimana masing-masing pihak yang bertikai / terlibat saling mengurangi tuntutannya. 5. Interaksi sosial untuk mencapai tujuan tertentu melalui proses kerja sama secara kolektif atau bersama.

Duduksampeyan, 26 Juli 2010 Mengetahui Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran

Drs. H. IMRON, M.Pd. Nip : 131 847 230

Dra. SRI UTAMI Nip : 131783114

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 4 ) Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : SMP Negeri 1 Duduksampeyan : IPS - Sosiologi : VII / I : 2 memahami Kehidupan Sosial Manusia : 2.2. : * * * Mendiskripsikan Sosialisasi Sebagai Proses Pembentukkan Kepribadian Menjelaskan pengertian dan pentingnya proses sosialisasi Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi Sosialisasi. Menguraikan fungsi sosialisasi dan pembentukkan kepribadian

Alokasi Waktu A. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Tujuan Pembelajaran

: 6 Jam Pelajaran ( 3 X Pertemuan )

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat : Mendiskripsikan pengertian sosialisasi Menjelaskan tahap-tahap proses sosialisasi Mendiskripsikan tujuan sosialisasi Menyebutkan macam-macam sosialisasi Mendiskripsikan pengertian status sosial Menguraikan fungsi sosialisasi dam pembentukkan status sosial Mendiskripsikan pengertian nilai sosial Mendiskripsikan fungsi nilai sosial dalam pembentukkan kepribadian Membedakan anatara nilai sosial dengan norma sosial B. Materi Pembelajaran 1. Pengertian Sosialisasi 2. Tahap-tahap proses sosialisasi 3. Tujuan Sosialisasi 4. Macam-macam Sosialisasi 5. Pengertian status sosial 6. Fungsi sosialisasi dalam pembentukkan status sosial 7. Pengertian nilai sosial 8. Fungsi nilai sosial dalam pembentukkan kepribadian 9. Perbedaan antara nilai sosial dengan norma sosial C. Metode Pembelajaran Ceramah bervariasi Tanya jawab Pengamatan Penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Pertemuan I a. Pendahuluan Appresepsi : - Tanya jawab tentang factor-faktor yang mempengaruhi proses sosial - Motivasi b. Kegiatan Inti - Informasi tentang pengertian sosiologi - Penjelasan tentang tahap – thap sosialisasi - Informasi tentang tujuan sosialisasi c. Penutup - Penilaian - Refleksi - Menarik kesimpulan / rangkuman 2. Pertemuan II a. Pendahuluan - Appersepsi Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang salah satu tujuan sosialisasi - Motivasi b. Kegiatan Inti - Penugasan mengerjakan LKS Tentang : * Macam-macam sosialisasi * Pengertian status sosial * Fungsi status sosial dalam pembentukkan status sosial c. Penutup

- Penilaian - Refleksi : LKS ditukar dengan temannya dan dicocokkan dengan jawaban yang benar dan dinilai guru. 3. Pertemuan III a. Pendahuluan - Appersepsi Tanya jawab tentang pengertian status sosial - Motivasi b. Kegiatan Inti - Dengan buku yang relevan siswa menjawab beberapa pertanyaan tentang : * * * Pengertian nilai sosial Fungsi nilai sosial dalam pembentukkan kepribadian Norma sosial

c. Penutup - Penilaian - Refleksi : membuat kesimpulan tentang nilai sosial, fungsi sosial dan norma sosial E. Sumber dan Media Pembelajaran Kertas Lembar Penilaian Buku Sosiologi F.Penilaian 1. Tehnik Penilaian a. Tes Tulis b. Tes

2. Soal / Instrumen Tes Uraian 1. Apakah sosialisasi itu ? 2. Bagaimanakah tahap-tahap sosialisasi itu ? 3. Apakah tujuan dari sosialisasi itu ? 4. Sebutkan macam-macam sosialisasi ! 5. Jelaskan yang dimaksud status sosial ? 6. Jelaskan fungsi sosialisasi ? Tes pilihan ganda 1. Salah satu contoh norma kesopanan adalah …… a. b. menghormati orang yang lebih tua cara makan dan minum yang benar dan baik

c. cara berpakaian yang pantas d. cara berbicara dengan orang tua 2. Cara minum, cara berjalan, dan cara makan adalah contoh norma …. a. hukuman b. celaan adalah ….. a. hukuman b. celaan a. hukuman b. celaan a. akal pikiran b. harga diri c. sanksi d. hinaan c. peringatan d. hinaan c. martabat d. jasa orang lain c. kelaziman d. hukum

3. Hukuman yang akan diterima oleh orang yang melanggar norma usage / cara

4. Orang yang melanggar norma adat akan mendapatkan …..

5. Berikut ini merupakan sumber intriksik nilai sosial, kecuali ….

6. Nilai sosial yang bentuknya berupa benda-benda yang berguna atau bermanfaat bagi masyarakat disebut …..

a. nilai vital b. nilai material

c. nilai keindahan d. nilai spiritual

7. Berikut ini yang bukan fungsi nilai sosial adalah ….. a. sebagai petunjuk tindakan masyarakat b. sebagai pemersatu warga masyarakat c. sebagai control tindakan masyarakat d. sebagai motivator masyarakat 8. Hubungan antara norma sosial dan nilai sosial yang benar adalah ….. a. nilai sosial lebih penting daripada norma sosial b. norma sosial merupakan aturan untuk mewujudkan nilai sosial c. nilai sosial merupakan kaidah / cara untuk mewujudkan norma sosial d. norma sosial lebih penting daripada nilai sosial Kunci jawaban 1. Proses seseorang mulai menerima dan menyesuaikan diri dengan adat istiadat suatu golongan sehingga ia merasa bagian dari golongan tersebut. 2. Tahap meniru tingkah laku 3. 4. Tahap meniru dan membedakan peran orang lain Tahap memiliki jati diri Mengembangkan kemampuan berkomunikasi Memberi bekal mental Membiasakan kepribadian yang sesuai dengan nilai dan norma Sosialisasi sekunder

Memberi bekal ketrampilan

Sosialisasi primer

5. Kedudukan sosial seseorang dalam masyarakat 6. Menentukan status sosial seseorang yang kan bertingkah laku sesuai dengan perannya. Pilihan ganda 1. a 2. c 3. b

4. a 5. d 6. b 7. c 8. b Duduksampeyan, 26 Juli 2010 Mengetahui Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran

Drs. H. IMRON, M.Pd. Nip : 131 847 230

Dra. SRI UTAMI Nip : 131783114

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP 5)
Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikasi Alokasi Waktu A. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat : 1. Mendiskripsikan pengertian interaksi sosial 2. Menjelaskan tujuan interaksi sosial 3. Menguraikan proses interaksi sosial : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN : IPS - Sosiologi : VII / I : 2 memahami Kehidupan Sosial Manusia : 2.3. Mengidentifikasi Bentuk-bentuk Interaksi Sosial : * Menjelaskan syarat-syarat interaksi sosial * Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial : 6 Jam Pelajaran ( 3 X Pertemuan )

4. Mendiskripsikan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial 5. Menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial 6. Menjelaskan bentuk-bentuk interaksi sosial yang bersifat Asosiatif 7. Menjelaskan bentuk-bentuk interaksi sosial yang bersifat Disasosiatif B. Materi Pembelajaran 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. C. Metode Pembelajaran 1. 2. 3. Tanya jawab Pengamatan Diskusi D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Pertemuan I a. Pendahuluan Appersepsi : Tanya jawab tentang interaksi sosial Motivasi Pengertian interaksi sosial Tujuan interaksi sosial Proses interaksi sosial Syarat – syarat terjadinya interaksi sosial Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial Bentuk –bentuk interaksi sosial yangbersifat Asosiatif Bentuk-bentuk interaksi sosial yang bersifat Disasosiatif

b. Kegiatan Inti Pembentukkan kelompok dalam kelas tiap kelompok terdiri dari orang / anak Diskusi dalam kelompok untuk membahas masalah-masalah : * * Jelaskan tentang interaksi sosial Apakah tujuan dari interaksi sosial 6

* -

Bagaimanakah terjadinya proses interaksi sosial

Pengumpulan hasil diskusi

c. Penutup Penilaian proses 2. Pertemuan II a. Pendahuluan Appersepsi Pretes tentang syarat-syarat interaksi sosial Motivasi

b. Kegiatan Inti Tiap kelompok di dalam kelas berkumpul membahas masalah-masalah * * Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial Menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial

c. Penutup Penilaian proses 3. Pertemuan III a. Pendahuluan Appersepsi Tanya jawab tentang bentuk interaksi sosial Motivasi Mengamati surat kabar / tabloid tentang bentuk-bentuk interaksi sosial Tanya jawab tentang bentuk-bentuk interaksi sosial b. Kegiatan Inti

c. Penutup Penilaian proses E. Sumber dan Media Pembelajaran

1. 2. 3. 4. 5.

Kertas Lembar penilaian Buku sosiologi Surat kabar / tabloid Masyarakat F.Penilaian 1. Tehnik Penilaian Tes unjuk kerja 2. Soal / Instrumen : prosedur dan produk Permasalahan – permasalahan : 1. Jelaskan tentang interaksi sosial 2. Apakah tujuan interaksi sosial 3. Bagaimanakah terjadinya interaksi sosial 4. Sebutkan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial 5. Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial Duduksampeyan, 26 Juli 2010 Mengetahui Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran

Drs. H. IMRON, M.Pd. Nip : 131 847 230

Dra. SRI UTAMI Nip : 131783114

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP 6)

Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester Standar Kompetensi Kompetendi Dasar Indikator Alokasi Waktu

: SMP Negeri 1 Duduksampeyan : Ilmu Pengetahuan Sosial-Sosiologi : VII ( Tujuh ) : 1 ( Satu ) : 2. Memahami kehidupan social budaya : 2.4. Menguraikan proses interaksi social : - Mengidentifikasi proses social asosiatif - Memberi contoh proses social asosiatif : 8 x 40 Menit ( 2 kali pertemuan )

A. TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat: 1. Mengidentifikasi proses social asosiatif 2. Mendemontrasikan proses social asosiatif 3. Menyusun laporan hasil observasi di lapangan tentang proses interaksi social asosiatif yang terjadi di masyarakat. B. MATERI PEMBELAJARAN 1. Pengertian proses social asosiatif 2. Contoh proses social asosiatif yang terjadi di masyarakat C. METODE PENGAJARAN a. Ceramah b. Diskusi c. Tanya jawab d. Observasi/pengamatan e. Tugas D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN Pertemuan I Materi : - Pengertian proses social asosiatif - Proses social asosiatif a. Pendahuluan 1. 2. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya : - Jelaskan apa yang dimaksud dengan kerjasama itu ? - Apa pengertian proses social asosiatif ? - Sebutkan contoh-contoh proses social asosiatif yang terjadi di masyarakat ? Apersepsi ( pengetahuan prasarat )

3.

- pengertian proses social asosiatif ? - contoh proses social asosiatif yang terjadi di masyarakat ?

b. Kegiatan Inti 1. Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan mengatur tempat duduk, pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi. 2. Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang : - proses social asosiatif yang terjadi di masyarakat. 3. Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok. 4. Melakukan penilaian dan hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi. c. Penutup 1. Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi 2. Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan diatas. 3. Memberikan tugas individual agar siswa mengamati interaksi social yang terjadi di masyarakat. Pertemuan II Materi : Proses social Disosiatif a. Pendahuluan 1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas 2. Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya : - Jelaskan pengertian proses social disosiatif ? - Sebutkan contoh-contoh proses social dissosiatif yang terjadi di masyarakat ? 3. Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) - pengertian proses social dissosiatif ? - contoh proses social disosiatif yang terjadi di masyarakat ? b. Kegiatan Inti 1. Mendemontrasikan interaksi proses social disosiatif yang terjadi di masyarakat. 2. Diskusi tentang proses social disosiatif yang terjadi di lingkungan masyarakat tempat tinggal siswa. c. Penutup

1. Penilaian 2. Repleksi : Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya interaksi social di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari E. SUMBER BELAJAR a. b. c. d. e. f. Buku yang relevan Kertas bergaris / HVS OHP LCD Surat Kabar Lembar Penilaian F. PENILAIAN a. b. c. d. e. a. b. c. d. e. 1. Teknik Penilaian Tes tulis Tes Unjuk Kerja Penugasan Observasi Demontrasi 2. Bentuk Instrumen Daftar pertanyaan Tes Isian singkat Tes Uraian Pekerjaan Rumah / PR Lembar Observasi 3. Instrumen A. Tes Tulis 1. Apa yang dimaksud proses social disosiatif ? 2. Berikan contoh proses social disosiatif yang terjadi di lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggalmu ? B. Tes Unjuk Kerja - Melakukan pengamatan proses social disosiatif yang terjadi di masyarakat.

Duduksampeyan, 26 Juli 2010

Mengetahui Kepala SMP N 1 Dudukspy

Guru Mata Pelajaran

Drs. H. IMRON, M.Pd. Nip : 131 847 230

Dra. SRI UTAMI Nip : 131783114

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah Mata Pelajaran Kelas/ Semester Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : SMP Negeri 1 Duduksampeyan Ilmu Pengetahuan Sosial VII / 1 3. Memahami Usaha Manusia Memenuhi kebutuhan. 3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan.  Mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral  Mengidentifikasi makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral  Mewujudkan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral 8 x 40 menit (8 x pertemuan)

Alokasi Waktu

:

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat : 1. Mendeskripsikan hekekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral. 2. Mengidentifikasi makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral.

3. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral. 4. Mewujudkan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral. 5. Menyusun laporan hasil observasi tentang : Hubungan yang harmonis antara makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.

B. Materi Ajar :
a. b. c. d. e. f. Pengertian Hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bemoral. Makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral. Ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral. Hubungan antara makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral. Observasi / pengamatan lingkungan tempat tinggal. Kebutuhan dan sumber daya.

C. Metode Pengajaran :
a. b. c. d. e. Ceramah bervariasi Tanya Jawab Inquiri Diskusi Observasi / pengamatan

D. Langkah-langkah kegiatan :

Pertemuan 1 Materi: Hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral. Pendahuluan : 1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dn kebersihan kelas. 2. Apersepsi (pengetahuan persyarat) : - Sepanjang hidupnya manusia akan selalu membuuhkan manusia lain. - Kebutuhan manusia bermacam-macam dan tidak semua dapat dipenuhi. 3. Motivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya: Apakah kamu pernah merasa tidak membutuhkan orang lain? Kegiatan Inti : 1. Membagi kelas dalam kelompok, yang setiap kelompok terdiri dari 4 orang. 2. Guru memandu siswa untuk melakukan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan untuk mengatur tempat duduk, pembagian tugas. 3. Masing-masing kelompok berdiskusi tentang : - Pengertian hakekat makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral. - Contoh kegiatan manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari. 4. Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok.

5.

Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi.

Penutup : 1. Membuat simpulan bersama hasil diskusi. 2. Melakukan tes yang berhubungan dengan materi. 3. Memberikan tugas individu agar siswa menuliskan contoh-contoh kegiatan sosial dan ekonomi yang bermoral dilingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat dan menilainya. Pertemuan 2 Materi: Makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral. Pendahuluan: 1. Memeriksa kehadiran siswa. 2. Apersepsi : - Manusia harus peduli pada orang lain! - Hasil karya seseorang akan dinikmati oleh orang lain. 3. Motivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan: - Apakah pada saat mandi kamu menggunakan sabun, gayung, handuk, dsb.? - Apakah sabun, gayung, handuk tersebut kamu buat sendiri? Kegiatan Inti : 1. Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan duduk, membagi tugas, menulis hasil diskusi. 2. Masing-masing kelompok berdiskusi tentang: - Makna makhluk sosial dan makhluk ekonomi - Contoh-contoh makna makhluk sosial dan makhluk ekonomi 3. Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok, yang lain menaggapi. 4. Melakukan penilaian dari pengamatan diskusi dan presentasi. Penutup : 1. Membuat resume tentang hasil diskusi bersama-sama. 2. Memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi tersebut. 3. Memberi tugas individu, agar siswa mencari contoh-contoh perilaku manusia disekitarnya yang bermakna sosial dan ekonomi.

Pertemuan 3 Materi: Ciri-ciri makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral. Pendahuluan: 1. Menyapa, menanyakan kesehatan anak. 2. Membangkitkan belajar siswa dengan pertanyaan-pertanyaan tentang - Tugas minggu lalu - Menyapa, “Apakah kamu menjenguk temanmu yang sakit?” - Mengapa kamu membeli sapu yang dijual orang yang sudah tua?

3. Apersepsi: Semua orang akan menghargai dan menolong orang lain. Kegiatan Inti: 1. Guru memandu siswa untuk membaca buku referensi, kemudian mendiskusikan bersama dengan kelompoknya, tentang: - Ciri-ciri makhluk sosial, beserta contohnya - Ciri-ciri makhluk ekonomi yang bermoral, beserta contohnya 2. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi. 3. Melakukan penilaian, melalui pengamatan diskusi dan presentasi. Penutup: 1. Membuat kesimpulan hasil diskusi bersama dengan siswa. 2. memberi pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang didiskusikan. 3. Memberi tugas individu kepada siswa, agar mengamati hubungan kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi yang ada disekitar tempat tinggalnya. Pertemuan 4 Materi : - Hubungan yang harmonis antara manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral. - Kebutuhan Sumber daya. - Alat pemuas kebutuhan. Pendahuluan: 1. Motivasi: - Apakah disekitar tempat tinggalmu ada orang yang mempunyai perusahaan ? - Bagaimanakah kepedulian pengusaha tersebut jika disekitar tempat tinggalmu dilakukan kerja bakti ? - Mata pencaharian apa saja yang dilakukan oleh orang tuamu ? - Bagaimanakah cara Bapak/Ibumu memenuhi kebutuhan hidup ? 2. Apersepsi : - Ciri-ciri makluk sosial - Contoh hubungan harmonis antara manusia dengan makluk sosial dan ekonomi yang bermoral Kegiatan Inti: 1. Siswa belajar dengan kelompoknya masing-masing. 2. Masing-masing kelompok melakukan diskusi hasil observasi tentang kegiatan sosial yang ada di tempat tinggal siswa dan mengidentifikasi masing-masing alat pemenuh kebutuhan. 3. Mempresentasikan hasil pengamatan dan hasil diskusi dari masing-masing kelompok serta kelompok lain menanggapinya. 4. Melakukan penilaian dari hasil pengamatan, pelaksanaan diskusi dan presentasi.

Penutup: 1. Membuat kesimpulan bersama dengan siswa tentang hasil diskusi. 2. Melakukan tes yang berhubungan dengan materi diatas. 3. Memberikan tugas individu, membuat macam-macam kebutuhan dan menulis daftar kebutuhan sisw dengan menyusun skala prioritas.

E. Sumber bahan Ajar:
1. Buku sumber yang relefan. 2. Lingkungan keluarga. 3. Lingkungan masyarakat.

F. Penilaian:
1. Tehnik Penilaian: Tes tulis, tes lisan, observasi, penugasan. 2. Bentuk Instrumen: Tes uraian, daftar pertanyaan, lembar observasi, pekerjaan rumah. RUBRIK OBSERVASI KEGIATAN SOSIAL Petunjuk : Beri tanda cek (v) pada kolom kegiatan sosial, ekonomi untuk kegiatan yang diobservasi No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 RUBRIK PENILAIAN OBSERVASI KEGIATAN SOSIAL Juml. Aspek yang dinilai Nilai akhir Skor Nama I II III IV 1- 5 1- 5 1- 5 1- 5 (17:20)x100=85 Tutik 5 3 5 4 17 Nama responden Kegiatan yang dilakukan responden Kegiatan sosial Kegiatan ekonomi

No 1

Daftar aspek yang dimiliki : I : Kegigihan mencari data (yang diperoleh cukup banyak) II : Ketepatan mengumpulkan hasil

III : Kerja sama IV : Kemampuan mengidentifikasi V : Jumlah skor : 5 x 4 = 20 3. Instrumen : a. Tes Lisan : 1. Dapatkah kalian hidup di dunia tanpa bantuan orang lain ? 2. Mengapa manusia dalam hidupnya membutuhkan bantuan orang lain ? 3. Suka menolong orang lain merupakan ciri ... 4. Sebutkan 3 kegiatan sosial yang pernah kalian lihat di halaman ! (beri contoh) 5. Bagaimana orang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya ? b. Tes Tulis : 1. Jelaskan makna manusia dengan makluk sosial dan ekonomi yang bermoral ! 2. Sebutkan ciri-ciri makluk sosial dan ekonomi yang bermoral ! 3. Sebutkan 3 contoh kegiatan sosial yang ada di daerah tempat tinggalmu ! 4. Jelaskan bagaimanakah seharusnya perilaku manusia sebagai makluk sosial dan ekonomi yang bermoral ! 5. Beri contoh perilaku manusia sebagai makluk sosial dan ekonomi yang bermoral di sekitar tempat tinggalmu ! Duduksampeyan, 26 Juli 2010 Mengetahui Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran

Drs. H. IMRON, M.Pd. Nip : 131 847 230

Dra. SRI UTAMI Nip : 131783114

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah Mata Pelajaran Kelas/ Semester Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : SMP Negeri 1 Duduksampeyan Ilmu Pengetahuan Sosial VII / 1 3. Memahami Usaha Manusia Memenuhi kebutuhan. 3.2. Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari  Mendeskripsikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya  Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia  Mendifinisikan pengertian motif dan prinsip ekonomi  Mengidentifikasi manusia, motif dan prinsip ekonomi  Mengaplikasikan kegiatan/tindakan ekonomi sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip ekonomi  Mengidentifikasi manfaat/pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari 6 x 40 menit (3 x pertemuan)

Alokasi Waktu

:

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat : 6. Mendeskripsikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

7. Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia 8. Mendeskripsikan pengertian modal dan prinsip ekonomi 9. Mengidentifikasikan macam-macam motif dan prinsip ekonomi 10. Mengaplikasikan kegiatan/tindakan ekonomi sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip ekonomi 11. Mengidentifikasikan manfaat/pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari

B. Materi Pembelajaran :
Pertemuan 1 : 1. Pemanfaatan sumbar daya ekonomi 2. Tindakan ekonomi Pertemuan 2 : 3. Pengertian motif dan prinsip ekonomi 4. Macam-macam motif dan prinsip ekonomi Pertemuan 3 : 5. Aplikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi 6. Manfaat/pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari

C. Metode Pembelajaran :
Pertemuan 1 : 1. Tanya jawab 2. Diskusi Pertemuan 2 : 1. Penugasan 2. Diskusi Pertemuan 3 : 1. Penugasan 2. Tanya jawab 3. Diskusi

D. Langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan I. Banjir di Pujiharjo Longsor di Pujon Kegiatan Kegiatan Pendahuluan : a. Apersepsi : Guru membagikan gambar/kliping tentang kerusakan lingkungan alam b. Motivasi : Beberapa siswa diberi kesempatan memberikan komentar terhadap gambar/kliping, sehingga tergugah untuk belajar. Kegiatan Inti : a. Siswa dibagi menjadi 10 kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang b. Setiap kelompok mendiskusikan tentang : 1. macam-macam sumber daya ekonomi 2. sumber daya alam 3. manfaat sumber daya ekonomi 4. tindakan ekonomi yang rasional dan yang tidak rasional c. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain

II

III

menanggapi, guru menilai Siswa menarik kesimpulan tentang matri diskusi Siswa melakukan refleksi tentang proses pembelajaran Kegiatan Penutup : a. Guru melakukan penguatan dan melakukan refleksi b. Guru melakukan tindak lanjut berupa pengumpulan hasil diskusi dan penugasan membaca materi selanjutnya dan membuat ringkasan materi Kegiatan Pendahuluan : a. Apersepsi : Guru menanyakan tugas minggu lalu b. Motivasi : senangkah anak-anak bila dipuji, diberi hadiah dst. Kegiatan Inti : a. Siswa dibagi menjadi 10 kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang b. Setiap kelompok diberi tugas untuk mendeskripsikan tentang : - pengertian motif dan prinsip ekonomi - macam-macam motif dan prinsip ekonomi c. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapi dan dinilai guru d. Siswa menarik kesimpulan tentang materi diskusi bersama guru Kegiatan Penutup : a. Guru melakukan penguatan dan refleksi umum b. Memberi tes berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi di atas Tugas untuk mengamati tindakan ekonomi manusia di lingkungan tempat tinggal yang berdasarkan motif dan prinsip ekonomi Kegiatan Pendahuluan : a. Apresiasi : menanyakan tugas yang diberikan pada minggu lalu b. Motivasi : baikkah orang yang bertindak berdasarkan motif dan prinsip ekonomi ? Kegiatan Inti : a. Siswa dibagi menjadi 10 kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4 orang b. Setiap kelompok berdiskusi tentang : - aplikasi tindakan ekonomi manusia berdasarkan motif dan prinsip ekonomi - pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari - contoh prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari Kegiatan Penutup : a. Melakukan penguatan dan refleksi secara umum Memberi tes yang sesuai dengan matri di atas

d. e.

E. Sumber Bahan dan Matri Pembelajaran :
1. 2. 3. 4. Gambar bencana alam Lingkungan sekolah/keluarga Lingkungan masyarakat Buku sumber yang relevan

F. Penilaian :
1. Teknik Penilaian : a. Tes tulis

b. Tes lisan c. Penugasan d. Diskusi 2. Bentuk Instrumen : a. Tes umum b. Daftar pertanyaan c. Pekerjaan rumah d. Rubrik 3. Soal/Instrumen : a. Tes Uraian : 1. Sebutkan macam-macam sumber daya ekonomi ! 2. Sebutkan pemanfaatan sumber daya ekonomi ! 3. Beri contoh tindakan ekonomi yang rasional dan irasional ! 4. Apa yang dimaksud prinsip ekonomi ? 5. Beri contoh tindakan ekonomi yang berdasar pada motif dan prinsip ekonomi ! b. Daftar Pertanyaan : 1. Sebutkan ciri-ciri sumber daya alam ! 2. Kebutuhan manusia ... 3. Suati sumber dikatakan langka, apabila ... c. Pekerjaan Rumah : 1. Bacalah materi tentang motif dan prinsip ekonomi, macam-macamnya ! dan rangkumlah ! 2. Amatilah masyarakat di sekitarmu yang menggunakan motif dan prinsip ekonomi Contoh rubrik penilaian untuk tugas :
No Nama siswa Ketepatan 1-5 Aspek yang dinilai Kebenaran data 1-5 Kerapian 1-5 Juml. skor

Contoh rubrik penilaian untuk diskusi :
No Nama siswa Ketepatan 1-5 Aspek yang dinilai Kerjasama 1-5 Presentasi 1-5 Bertanya 1-5 Menjawab 1-5 Juml. skor

Duduksampeyan, 26 Juli 2010 Mengetahui Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran

Drs. H.

IMRON, M.Pd.

Dra. SRI UTAMI

Nip : 131 847 230

Nip : 131783114

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : SMP Negeri 1 Duduksampeyan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) VII / 1 5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu – Buddha sampai masa Kolonial Eropa. : 5.1 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindhu Budha di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya. : • Mendeskripsikan proses masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha di Indonesia • Menunjukkan pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi unsur Hindu Buddha di Indonesia • Menyusun kronologi perkembangan kerajaan HinduBuddha ke berbagai wilayah Indonesia • Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalanpeninggalan sejarah kerajaan-kerajaan bercorak HinduBuddha di berbagai daerah : 6 x 40 Menit (3 x pertemuan )

Alokasi

A. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat: 1. Mendeskripsikan proses masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha di Indonesia 2. Menunjukkan pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi unsur Hindu Buddha di Indonesia 3. Menyusun kronologi perkembangan kerajaan Hindu-Buddha ke berbagai wilayah Indonesia 4. Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah kerajaankerajaan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah B. 1. 2. 3. Materi Pembelajaran Proses masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia Peta daerah yang di pengaruhi unsur Hindu dan Buddha Perkembangan kerajaan Hindu Buddha (Kutai, Taruma Negara, Mata-ram kuno, Sriwijaya,Kedi-ri,Singasari, dan Majapahit). 4. Peninggalan –peninggalan sejarah Kerajaan yang bercorak Hindu dan Buddha Diskusi Observasi Tanya jawab

C.

Metode 1. 2. 3.

4. 5. D.

Ceramah Tugas Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama : (2 X 40”) 1. Kegiatan pendahuluan Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai Apersepsi : diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu tentang kemampuan masyarakat Indonesia menjelang datangnya pengaruh dari India. Motivasi : ditampilkan gambar peninggalan sejarah Hindhu Budha dan siswa memberikan tanggapannya. 2. Kegiatan inti a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan masuk dan berkembangnya Hindhu Budha didi Indonesia b. Guru membagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas Peta Daerah pengaruh Hindhu Budha di Indonesia, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan. c. Tanya jawab tentang kerajaan Hindhu Budha di berbagai wilayah Indonesia. d. Memberikan tugas rumah untuk membuat rangkunman kerakjaan Hindhu Budha di Indonesia.

Pertemuan Kedua : (2 X 40”) 1. Kegiatan pendahuluan Apersepsi : berdialog tentang tugas yang diberikan pada minggu lalu, siswa mengelompok berdasarkan kelompok tugas. Motivasi : di tampilkan peta dan gambar –gambar peninggalan sejarah bercorak Hindhu Budha dan memberikan pertanyaan sehingga siswa tertarik untuk mempelajari lebih lanjut. 2. Kegiatan inti a. Mempresentasikan hasil pekerjaan rumah dengan mempresentasikan hasil rangkuman kerajaan Hindhu Budha di Indonesia dan siswa lain menanggapi. b. Mengamati gambar dan bertanya jawab tentang peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Hindhu Budha di berbagai daerah. c. Tugas rumah untuk melakukan observasi pada peninggalan yang bercorak Hindhu Budha di daerahnya masing-masing dan dikumpulkan di minggu berikutnya. Pertemuan Ketiga : (2 X 40”)

3. Kegiatan pendahuluan Apersepsi : berdialog tentang tugas yang diberikan pada minggu lalu, siswa mengelompok berdasarkan kelompok tugas. Motivasi : di tampilkan gambar –gambar peninggalan sejarah bercorak Hindhu Budha dan memberikan pertanyaan sehingga siswa tertarik untuk mempelajari lebih lanjut. 4. Kegiatan inti a. Mempresentasikan hasil pekerjaan rumah dengan mempresentasikan hasil rangkuman kerajaan Hindhu Budha di Indonesia dan siswa lain menanggapi. b. Mengamati gambar dan bertanya jawab tentang peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Hindhu Budha di berbagai daerah. 3. Penutup : a. Memberikan penguatan dari hasil tanya jawab maupun diskusi kelompok siswa. b. Membimbing siswa untuk memberikan refleksi. c. Memberikan tes d. Memberikan tugas rumah untuk melakukan observasi pada peninggalan yang bercorak Hindhu Budha di daerahnya masing-masing dan dikumpulkan di minggu berikutnya. E. 1. 2. 3. Sumber Belajar Buku sejarah pegangan siswa dan buku referensi. Atlas sejarah. Situs sejarah di daerahnya.

F.Penilaian 1. Tes tulis (terlampir). 2. Penugasan (terlampir). 3. Observasi (terlampir). Duduksampeyan, 26 Juli 2010 Mengetahui Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran

Drs. H. IMRON, M.Pd. Nip : 131 847 230

Dra. SRI UTAMI Nip : 131783114

PENILAIAN I.Tes tulis uraian Jawablah dengan jelas 1. Jelaskan proses masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha di Indonesia 2. Tunjukkan pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi unsur Hindu Buddha di Indonesia 3. Jelaskan perkembangan kerajaan Kutai di Kalimantan Timur ! 4. Berilah 5 contoh peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia. II. III. Tugas rumah membuat rangkuman kerajaan yang bercorak Hindhu Budha di Indonesia. Perintah tugas : Buatlah rangkuman tentang kerajaan Hindhu Budha di Indonesia Tugas Observasi : Mengamati dan membuat laporan pada situs sejarah di daerahnya. Lembar Penilaian :
NO 1 2 3 4 Dst NAMA SISWA 1 ASPEK YANG DINILAI 2 3 4 5 6 JUMLAH SKOR NILAI

Keterangan aspek yang dinilai Skor maksimum 1. Pemilihan obyek secara benar. 3 2. Prosedur dan data observasi lengkap. 4 3. Penulisan laporan ditulis / diketik rapih. 3 4. Sistematika laporan benar. 3 5. Kebenaran materi bisa dipertanggungjawabkan. 4 6. Melampiran kelengkapan laporan berupa foto/gambar dan denah 3 Jumlah skor maksimum 20 Nilai = Skor perolehan : 2 *****