DASAR TEORI

PLC Definisi PLC menurut National Electrical Manufactures Association (NEMA) adalah suatu alat elektonika digital yang menggunakan memori yang dapat diprogram untuk menyimpan instruksi-instruksi dari suatu fungsi tertentu seperti logika, sekuensial, pewaktu, pencacah dan aritmatika untuk mengendalikan mesin dari suatu proses. Ladder logic adalah salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengendalikan sistem PLC dalam hal ini PLC allen Bradley. Ada tiga elemen dasar organisasi yang terkait dengan ladder logic yaitu:    Rungs Rungs merupakan tempat kita menuliskan intruksi. Selama program scan, prosesor scan dari kiri ke kanan, satu persatu ladder dari atas kebawah. Intruksi Ladder logic dibagi menjadi 2 bagian yaitu: Rungs Instruksi Branches

Instruksi Input: – – Ditampilkan pada sisi kiri ladder Cek, perbandingan, atau kondisi spesifik

Instruksi Output : – – Ditampilkan pada sisi kanan Melakukan sesuatu action.

Sebuah rung tidak membutuhkan Instruksi input apapun. ONS. Penjelasan dari masing-masing intruksi tersebut seperti tabel berikut : Instruksi Non-Retentive Output Intruksi ini menghasilkan output tertentu jika rung menjadi true. XIO. dan OSR.Point Kunci tentang instruksi: Input Instruksi ditampilkan pada sisi kiri rung sedangkan output Instruksi selalu ditampilkan pada sisi kanan rung. . tetapi harus berisi minimal satu Instruksi output. Instruksi Bit Instruksi Bit adalah intruksi ladder logic yang mengekskusi atau merubah sebuah single bit. Ada tiga tipe Instruksi Bit. yaitu :    Instruksi Conditional input Instruksi Non-retentive output Instruksi Retentive bit output Instruksi Conditional input Yang termasuk dalam kategori ini antara lain : XIC.

maka pasti ada output unlatch (OTU).Instruksi Retentive Output Intruksi ini dibuat berpasangan antara intruksi untuk set / intruksi latch (OTL) dan intruksi reset / unlatch (OTU). . Jadi jika ada output latch (OTL). Berikut contoh ladder logic untuk intruksi-intruksi diatas. Karena OTL hanya bisa off dengan output OTU.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful