BAB I PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Seiring perkembangan teknologi, menuntut kita untuk mengembangkan

metode pembelajaran, dimana kita dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun kita berada sehingga waktu dapat digunakan secara efektif dan efisien. MLearning merupakan salah satu pengaplikasian metode pembelajaran jarak jauh dimana dengan mobile phone kita dapat mengaksesnya dimana – mana tidak sehingga lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan menggunakan PC. Untuk mengakses m-learning tentu saja kita perlu mengukur performansi jaringannya agar kita mengetahui kualitas jaringan dalam mengakses m- learning menggunakan mobile phone. Performansi yang diukur dengan menggunakan mobile phone adalah Quality of Service (QoS), yang merupakan parameterparameter yang menunjukkan kualitas paket data jaringan. Parameter-parameter yang akan dibahas nanti adalah end-to-end delay, end-to-end loss dan jitter. QoS didesain untuk membantu end-user (client) menjadi lebih produktif dengan memastikan bahwa user mendapatkan performansi yang handal dari aplikasiaplikasi berbasis jaringan. QoS mengacu pada kemampuan jaringan untuk menyediakan layanan yang lebih baik pada trafik jaringan tertentu melalui teknologi yang berbeda-beda. Tujuan dari QoS adalah untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dengan layanan yang berbeda yang menggunakan infrastruktur yang sama. QoS menawarkan kemampuan untuk mendefinisikan atribut-atribut layanan yang disediakan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Performansi mengacu ke tingkat kecepatan dan keandalan penyampaian berbagai jenis beban data di dalam suatu komunikasi.

1.2

Rumusan Masalah Bagaimana performansi jaringan dengan mengukur parameter QoS yang

meliputi end-to-end delay, end-to-end loss dan jitter ?

1.3

Tujuan Adapun tujuan dari penulisan laporan ini adalah untuk mengukur

parameter QoS yang meliputi end-to-end delay, end-to-end loss dan jitter.

1.4

Manfaat Adapun manfaat dari penulisan laporan ini adalah agar mahasiswa

mengetahui bagaimana performansi jaringan berdasarkan parameter QoS yang meliputi end-to-end delay, end-to-end loss dan jitter.

1.5 1.

Ruang Lingkup dan Batasan Masalah Pengukuran QoS yang meliputi end-to-end delay, end-to-end loss dan jitter diukur menggunakan aplikasi mobile phone berbasis android yaitu Enterprise Ping.

2.

Alamat

e-learning

yang

diakses

melalui

mobile

phone

adalah

elearning.unud.ac.id 3. 4. Memanfaatkan jaringan GPRS atau Wi-fi pada mobile phone. Hasil pengukuran diperoleh dari nilai yang ditunjukkan pada aplikasi mobile phone berbasis android dan perhitungan menggunakan rumus yang sudah ada.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1

End-to-end Delay End-to-end delay adalah parameter waktu yang dibutuhkan data untuk

menempuh jarak dari asal ke tujuan. Membuat waktu tempuh menjadi lebih minimal bisa terjadi ketika ada menejemen penggunaan jalan yang bagus dan perbedaan waktu tempuh akan terjadi ketika pemakai jalan tidak teratur dan besar lintasan terbatas. Untuk menghitung rata-rata delay digunakan rumus : Delay rata-rata = _______Total delay______ Total packet yang diterima

Tabel 2.1 adalah tabel yang menunjukan kualitas latensi berdasarkan besar delaynya Tabel 2.1 Kategori Besar Delay

2.2

End-to-end Loss End-to-end Loss sering disebut dengan Packet Loss, yang merupakan

suatu parameter yang menggambarkan suatu kondisi yang menunjukkan jumlah total paket yang hilang, dapat terjadi karena collision dan congestion pada jaringan. Hal ini berpengaruh pada semua aplikasi karena retransmisi akan mengurangi efisiensi jaringan secara keseluruhan meskipun jumlah bandwidth cukup tersedia untuk aplikasi-aplikasi tersebut. Umumnya perangkat jaringan memiliki buffer untuk menampung data yang diterima. Jika terjadi kongesti yang cukup lama, buffer akan penuh, dan data baru tidak akan diterima. Menurut ITU-

T G.114 nilai packet loss maksimum yang dapat ditolerir adalah kurang dari 10% dari paket yang dikirimkan. Pendekatan yang digunakan untuk menkompensasi packet loss meliputi interpolasi suara dengan penanggulangan paket terakhir, pengiriman informasi redundan, dan menggunakan metode pembagi bandwidth. Dalam teori jaringan telekomunikasi performansi atau unjuk kerja jaringan (data network, telecommunication network, computer network, resource sharing network, dll) sangat penting, sehingga diperlukan perhitungan untuk mengetahui kualitas sebuah sistem. Kualitas dari sebuah sistem bisa dihitung menggunakan bantuan tools. Salah satunya adalah Enterprise Ping pada smartphone android mobile.
Packet loss dapat dihitung dengan rumus : Packet loss = _ paket data yang dikirim -_paket data yang diterima_ x100% paket data yang dikirim

Tabel 2.2 kategori degradasi packet loss

2.3

Jitter Jitter adalah variasinya delay antar paket yang terjadi pada jaringan IP.

Jitter ini sering dipakai sebagai Ukuran delay penerimaan paket yang melambangkan smoothness dari audio/video playback. Besarnya nilai jitter sangat dipengaruhi besarnya paket congestion yang ada pada jaringan IP. Semakin besar beban trafik pada jaringan akan menyebabkan semakin besar peluang terjadinya congestion dengan demikian jitter akan semakin besar. Jitter disebabkan kongesti pada jaringan dan juga pengaruh dari pemilihan jalur yang berbeda untuk proses pengriman paket dari pemanggil ke penerima. Pemilihan jalur yang berbeda akan menyebabkan waktu kedatangan paket di

penerima akan tidak bervariasi. Untuk meminimalisasi jitter yang disebabkan oleh keadaan kedua diusahakan agar pengiriman tiap-tiap paket ini dilakukan melalui jalur yang sama dan jangan sampai terjadi loss atau kongesti pada jaringan. Salah satu cara agar setiap paket yang dikirim melalui jalan yang sama adalah dengan melakukan pemesanan pada jaringan dengan menggunakan layanan quality of service. Untuk menghitung jitter digunakan rumus : jitter = _______Total variasi delay______ Total packet yang diterima - 1

Total variasi delay diperoleh dari penjumlahan : (delay 2 - delay 1) + (delay 3-delay 2) + ......... + (delay n - delay ( n-1) )

Tabel 2.3 Kategori Jitter

2.4

Enterprise Ping for ANDROID Enterprise Ping adalah alat ping grafis. Ping adalah sederhana, namun itu

salah satu utilitas jaringan yang paling efektif untuk koneksi pemecahan masalah dan masalah latency. Alih-alih menggunakan baris perintah membosankan lama untuk mengeksekusi perintah ping, Enterprise ping menyediakan visualisasi untuk ping serta grafik dan penebangan fungsi.

2.4.1

Keuntungan Dengan Enterprise Ping, Anda bisa ping dua alamat IP atau URL

sekaligus. Alamat IP dan URL Ini dapat disimpan sehingga Anda dapat dengan cepat memulai ping saat membuka app. Anda dapat beralih antara layar dua ping

'untuk melihat informasi rinci pada setiap individu seperti ping persen dari paket loss. Namun, kedua ping ditampilkan sebagai dua baris yang berbeda dalam grafik pada setiap layar, sehingga Anda selalu dapat membandingkan keduanya. Ping menampilkan statistik seperti waktu respon per ping dan waktu respon total sejak permintaan ping dikirim, serta maksimum, minimum, dan waktu ping respon rata-rata. Aplikasi ini juga menunjukkan jumlah paket dikirim, diterima, dan hilang. Para grafik real-time adalah tajam rinci dan mudah dibaca, bahkan pada ponsel Android. Anda dapat dengan cepat menarik sebuah file log dari aktivitas ping dan mengekspornya sebagai file txt. Untuk kartu SD. Dari dalam aplikasi, pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan wakelock, mekanisme untuk menempatkan perangkat Android dalam mode hemat daya. Pengguna juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Wi-Fi dari dalam Enterprise Ping.

2.4.2

Kekurangan Enterprise Ping terbatas dalam fungsi, bahkan lebih terbatas daripada

beberapa aplikasi gratis yang tersedia Ping. Anda hanya dapat menyesuaikan ukuran paket, Anda tidak dapat men-tweak parameter ping lain seperti TTL atau interval waktu antara ping atau pengaturan lainnya.Saya juga melihat bahwa menarik sampai tumpang tindih ping log pada grafik ping sehingga rincian log agak sulit untuk melihat.

2.4.3

Kebutuhan Fitur Enterprise Ping, jika diisi dengan lebih banyak fitur, mungkin akan

berkembang menjadi sebuah aplikasi yang yang bernilai lebih dari uang. Anda dapat melakukan ping beberapa, yang Anda tidak dapat melakukan ping dalam aplikasi banyak; grafik adalah licin, dan informasi ekspor sangat mudah. Perlu setidaknya banyak fitur seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa beberapa aplikasi ping bebas tawarkan.

Namun, Enterprise Ping mendapat tiga bintang untuk kemampuan ping ganda, grafik yang indah, dan laporan mudah mengekspor. Mudah-mudahan, kemampuan lebih akan ditambahkan dalam waktu dekat.

Tampilan Enterprise Ping dapat dilihat dari gambar berikut:

Gambar 4.1 Tampilan Enterprise Ping

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful