Created On April 2010, by : Agus Tavip Mukti

Membuat Website Personal Menggunakan CMS Joomla / Mambo
Joomla / Mambo adalah sebuah aplikasi Content Management System yang profesional dari produk open source. Aplikasi ini dapat digunakan secara free untuk pengelolaan website mulai dari yang paling sederhana hingga sebuah website komersial yang kompleks. Beberapa keuntungan dari penggunaan Joomla / Mambo sebagai aplikasi CMS antara lain adalah : • • Mudah dalam melakukan set up maupun penggunaanya Mempunyai interface sistem Administrasi yang unik dalam pengelolaan konten sebuah website • Cukup fleksible untuk membuat desain website menggunakan sistem template yang tersedia • • Mudah dalam menambah konten dan images Desain rancangan website sangat fleksible untuk dapat digunakan mulai dari pengelola website pemula hingga Webmaster profesional.

Apa Itu Opensource?
Anda mungkin bertanya apa itu opensource, Opensource merupakan istilah dunia komputer yang berarti kode sumber aplikasi dapat diakses, dilihat dan dimodifikasi oleh umum sesuai dengan aturan yang ditentukan. Opensource tidak selalu berarti gratis. Ada kala Anda perlu membayar untuk dapat tetap menggunakan aplikasi opensource jika Anda telah mencapai suatu titik yang telah disetujui dalam aturan yang telah ditentukan. Untuk menggunakan Joomla

BSW – IntegrateDigitaLearning

Page

Anda tidak perlu membayar sepeser pun. Joomla gratis!

1

Fitur Joomla Joomla mempunyai banyak fitur dan dapat ditambah. Bahkan pengembangnya juga dari Mambo dan sekarang fokus di Joomla Mereka membentuk Joomla karena mereka percaya dengan prinsip bahwa Joomla tetap harus fokus sebagai aplikasi opensource dan tidak ingin terkontaminasi oleh hal yang berbau komersial. Nama Joomla sendiri diambil dari bunyi kata “Jumla” yang berasal dari bahasa Swahili yang berarti “all together” atau “as a whole” atau “bersama-sama”. • • • • • • • • • Archive Manager Banner Manager Category Manager Contact Manager Content Items Manager Control Panel Frontpage Manager Global Check-in Global Configuration • • • • • • • • • Install/Uninstall Language Manager Mambot Manager Mass Mail Users Media Manager Menu Manager Module Manager Module Positions News Feeds Manager • • • • • • • • • Poll Manager Search Engine Text Section Manager Static Content Manager Syndication Template Manager Trash Manager User Manager Web Link Manager BSW – IntegrateDigitaLearning Page 2 . Kode aplikasi yang digunakan Joomla sama dengan yang digunakan Mambo.Sejarah Singkat Joomla Mungkin ada yang sudah mengetahui mengenai CMS Mambo Opensource. Joomla ini adalah kembarannya. Di bawah ini adalah fitur-fitur standar dari instalasi Joomla. Nah.

MySql dan Apache . Tujuan instalasi Joomla CMS secara lokal adalah agar lebih mudah dalam melakukan perubahan-perubahan yang kita inginkan terhadap Joomla CMS yang akan kita gunakan untuk sebuah portal/website. 2. diantaranya adalah : 1. versi tersebut sudah cukup update jika kita bandingkan dengan beberapa server hosting yang ada BSW – IntegrateDigitaLearning Page 3 dipasaran. Jadi anda dapat menginstall web server lokal pada mobile hard disk/flashdisk.Instalasi Joomla CMS Pada Web Server Lokal Sebelum anda memulai instalasi Joomla CMS pada web server lokal. perkembangan update ke versi terbaru pun cukup cepat dibandingkan aplikasi web server lokal lainnya. X!J : webserver yang dikembangkan lebih lanjut dari XAMPP ini memang didesain khusus untuk Joomla CMS. XAMPP Lite : Versi lite dari Xampp ini sangat memudahkan pengguna yang ingin menggunakan web server secara mobile. jika sudah tampak seperti yang kita inginkan maka berikutnya kita akan melakukan upload ke server hosting yang telah kita siapkan agar bisa dilihat oleh orang diluar sana. Berikut ini beberapa rekomendasi server web lokal yang merupakan paket lengkap PHP. Xampp juga dapat berjalan pada beberapa flatform sistem operasi. . Dalam tutorial kali ini Kita menggunakan XAMPP Lite versi 1. XAMPP : Aplikasi webserver yang sudah terpaket menjadi satu ini cukup menjadi favorit dikalangan para penggunanya.7.6. terlebih dulu anda menyiapkan beberapa aplikasi dan tentunya sumber file instalasi Joomla CMS. 3.

maka jalankan XAMPP Control Panel dan aktifkan opsi Apache Server dan MySQL Server. Tampilan Control Panel dari Xampp BSW – IntegrateDigitaLearning Page 4 . Dan setelah di install.1.2.Installasi Xampp Bila Anda telah mendownload Xampp : Anda dapat langsung melakukan Install dengan melakukan double klik pada file Xampp Win32 Installer. maka tampilan pertama kali adalah sebagai berikut : Gb.1. Tampilan tahapan pertama Installasi Xampp. Gb. kemudian aktifkan browser anda dan ketikkan url http://localhost. untuk mulai tahapan Installasi Xampp tersebut ikuti tahapan tersebut hingga Xampp selesai ter-Install pada PC / notebook Anda. Maka akan tampil seperti pada Gb.

3. maka akan tampil seperti tampilan berikut : Gb.Jika telah muncul tampilan seperti diatas. Anda dapat mendownload CMS Joomla Fullpakage tersebut pada URL : http://www.org/download Instalasi Joomla CMS Jalankan Xampp.joomla.5. Versi Joomla CMS yang terbaru hingga saat ini adalah 1. Index Of Joomla File Klik pada direktori Joomla. maka anda akan dibawa menuju ke tampilan awal instalasi Joomla CMS sebagai berikut : BSW – IntegrateDigitaLearning Page 5 . maka XAMPP web server anda telah sukses di install. kemudian ekstrak source Joomla CMS ke direktori /xampp/htdocs Jika anda tidak ingin menginstal Joomla CMS ke root direktori (htdocs) xampp maka anda harus membuat satu folder baru. Jalankan browser anda dan ketikkan alamat http://localhost atau http://ip_lokal_anda. Berikutnya anda harus mendownload source Joomla CMS agar dapat melakukan tahapan instalasi. Contoh : /xampp/htdocs/joomla Maka root direktori dari Joomla CMS anda adalah direktori tempat anda menginstal joomla cms.

Gb.5. Tampilan Pre Installation Check . Tampilan awal Installasi Joomla Tekan tombol “Next” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya BSW – IntegrateDigitaLearning Page 6 Gb.4.

Tampilan Database Configuration 7 . jika sudah klik tombol “Next”. berikut ini contoh konfigurasi : BSW – IntegrateDigitaLearning Page Gb.7. Atur konfigurasi Instalasi Joomla CMS berdasarkan parameter yang telah disediakan.Gb. Tampilan License Baca terlebih dulu policy penggunaan Joomla CMS agar anda memahami aturanaturan dari lisensi Joomla CMS.6.

Gb.Host Name : localhost My SQL user Name : root My SQL Password : biarkan kosong (jika anda menggunakan xampp) My SQL Database Name : joomla (isi sesuai dengan nama database yang anda inginkan) Jika sudah maka anda klik tombol “next” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Klik Next untuk melanjutkan. abaikan pengisian form untuk instalasi pada lokal PC / Notebook.7. Tampilan FTP Configuration Klik Yes pada pilihan Basic Setting. BSW – IntegrateDigitaLearning Page 8 .

Tampilan Main Configuration Isi tampilan diatas dengan nama joomla website yang anda buat. karena nantinya jika website Joomla anda telah online anda dapat mengaturnya lebih lanjut.Gb. misalnya “Website Joomla” atau nama lain yang ingin anda gunakan. Klik pilihan “Install Sample Data” untuk memudahkan anda yang baru pertama kali menginstal Joomla.8. karena telah tersedia data-data contoh yang akan membantu anda untuk mengetahui cara kerja Joomla CMS nantinya. BSW – IntegrateDigitaLearning Page 9 . Isi alamat email kemudian sesuai email yang anda miliki kemudian lakukan Ganti password default yang merupakan kode acak dari sistem joomla dengan password yang mudah anda hafal. Klik Next untuk melanjutkan Installasi Joomla Anda. dan abaikan terlebih dahulu opsi “File Permission”.

Setelah anda menghapus maka anda Klik pada pesan Click here when the directory has been BSW – IntegrateDigitaLearning Page 10 Gb. Pesan pada tampilan diatas cukup jelas.Gb.8. (tampilan di atas).9. seperti tampa pada Gb.8. Tampilan akhir untuk masuk ke site Joomla . bahwa anda diwajibkan menghapus direktori “Installation” pada direktori root joomla website anda. Tampilan Finish Sampai pada tahap ini berarti anda telah berhasil menginstal joomla.

seperti tampilan dibawah ini : Gb. Kemudian Anda sudah dapat melihat tampilan awal untuk frontend dan backend Joomla CMS anda. Tampilan Form Login ke Backend Joomla CMS 11 .11.10.Remove. Tampilan Frontend Joomla CMS setelah instalasi pertama BSW – IntegrateDigitaLearning Page Gb.

12.Tampilan Backend Administrasi Joomla CMS BSW – IntegrateDigitaLearning Page 12 .Gb.