a.

Ranah Afektif Lembar observasi ranah afektif: Tabel lembar observasi penilaian afektif:

No. 1. 2. 3. 4. dst

Nama 1

Bertanya 2 3 4 5 1

Ketelitian 2 3 4 5 1

Kejujuran 2 3 4 5 1

Kehati-hatian 2 3 4 5

Rubric penilaiannya: No C1. Aspek yang dinilai Bertanya Nilai 5 Kriteria Penilaian Jika murid bertanya karena si murid belum paham dengan materi yang sedang dibahas, pertanyaannya berbobot (tingkatan pemikirannya lebih tinggi) dan dengan menggunakan pertanyaan what, where, when, why 4 Jika murid bertanya karena si murid belum paham dengan materi yang sedang dibahas dengan menggunakan pertanyaan what, where, why 3 Jika murid bertanya dengan menggunakan pertanyaan what dan why 2 Jika murid bertanya dengan menggunakan pertanyaan why saja 1 Jika murid bertanya karena disuruh teman atau hanya ikut-ikutan untuk bertanya yang sebenarnya si murid yang bersangkutan sudah paham dan dengan menggunakan pertanyaan what saja C2. Hati-hati 5 Jika murid melakukan percobaan dengan tenang,

dan aturan penulisan angka penting 2 Jika murid menuliskan hasil pengamatan dan pengukurannya sesuai dengan hasil perhitungan ralatnya 1 Jika murid menyontek hasil pengamatan dan . dan aturan penulisan angka penting 3 Jika murid menuliskan hasil pengamatan dan pengukurannya sesuai dengan taksiran skala terkecilalat ukur yang digunakan. strategis. strategis.cermat. dan aturan penulisan angka penting 4 Jika murid menuliskan hasil pengamatan dan pengukurannya sesuai dengan hasil perhitungan ralatnya. dan tidak mudah jatuh. meletakkan alat dan bahan percobaan pada tempat yang aman. serta objeknya mudah diamati dan diukur 1 Jika murid melakukan percobaan dengan meletakkan alat dan bahan percobaannya asal-asalan C3. serta objeknya mudah diamati dan diukur 4 Jika murid melakukan percobaan dengan meletakkan alat dan bahan percobaan pada tempat yang aman. hasil perhitungan ralatnya. Teliti 5 Jika murid menuliskan hasil pengamatan dan pengukurannya sesuai dengan taksiran skala terkecil alat ukur yang digunakan. serta objeknya mudah diamati dan diukur 3 Jika murid melakukan percobaan dengan meletakkan alat dan bahan percobaan pada tempat yang tidak mudah jatuh dan objeknya mudah diamati 2 Jika murid melakukan percobaan dengan meletakkan alat dan bahan percobaan pada tempat yang tidak mudah jatuh. hasil perhitungan ralatnya. dan tidak mudah jatuh.

pengukuran teman lainnya C4. Ranah Psikomotorik Tabel lembar observasi penilaian psikomotorik No Nama Keterampilan menggunakan termometer 1 1. 2. dan benar. 3. dst 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Keterampilan menggunakan neraca . keadaan objek yang diukur. serta apa adanya 4 Jika murid menuliskan hasil pengukuran sesuai dengan pembacaan skala pada alat ukur dan keadaan objek yang diukur 3 Jika murid mengarang/mengada-ada hasil pengukuran tetapi dapat sesuai dengan pembacaan skala pada alat ukur dan keadaan objek yang diukur 2 Jika murid mengarang/mengada-ada hasil pengukuran tetapi tidak sesuai dengan pembacaan skala pada alat ukur dan keadaan objek yang diukur 1 Jika murid menyontek hasil pengukuran teman lainnya b. Jujur 5 Jika murid menuliskan hasil pengukuran sesuai dengan pembacaan skala pada alat ukur.

seksama. dan tepat (kalibrasinya benar. 4 Jika murid mengukur suhu dengan seksama dan tepat 3 .Rubric penilaiannya: No B1 Aspek yang dinilai Keterampilan dalam menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat Nilai 5 Kriteria penilaian Jika murid mengukur suhu menggunakan thermometer dengan tenang. angka taksirannya tepat. alat ukur sesuai dengan yang diukur. Keterampilan dalam menggunakan neraca untuk mengukur massa zat 5 Jika murid mengukur massa menggunakan neraca dengan tenang. dan hasil pengukurannya benar) 4 Jika murid mengukur massa dengan seksama dan tepat 3 2 1 Jika murid mengukur massa dengan tepat Jika murid mengukur massa dengan tidak tepat Jika murid menyontek hasil pengukuran teman lainnya . dan tepat (alat ukur sesuai dengan yang diukur. 2 1 Jika murid mengukur suhu dengan tepat Jika murid mengukur suhu dengan tidak tepat Jika murid menyontek hasil pengukuran teman lainnya B2. cara membacanya tegak lurus. seksama. angka taksirannya tepat. dan hasil pengukurannya benar). cara membacanya tegak lurus.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful