P. 1
GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

5.0

|Views: 34|Likes:
Published by alamghaib
fisika
fisika

More info:

Published by: alamghaib on Jan 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/15/2013

pdf

text

original

GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

1.SEJARAH PENEMUAN GELOMBANG ELEKTROMANETIK Dasar teori dari perambatan gelombang elektromagnetik pertama kali dijelaskan pada 1873 oleh James Clerk Maxwell dalam papernya di Royal Society mengenai teori dinamika medan elektromagnetik (bahasa Inggris: A dynamical theory of the electromagnetic field), berdasarkan hasil kerja penelitiannya antara 1861 dan 1865. Pada 1878 David E. Hughes adalah orang pertama yang mengirimkan dan menerima gelombang radio ketika dia menemukan bahwa keseimbangan induksinya menyebabkan gangguan ke telepon buatannya. Dia mendemonstrasikan penemuannya kepada Royal Society pada 1880 tapi hanya dibilang itu cuma merupakan induksi. Adalah Heinrich Rudolf Hertz yang, antara 1886 dan 1888, pertama kali membuktikan teori Maxwell melalui eksperimen, memperagakan bahwa radiasi radio memiliki seluruh properti gelombang (sekarang disebut gelombang Hertzian), dan menemukan bahwa persamaan elektromagnetik dapat diformulasikan ke persamaan turunan partial disebut persamaan gelombang. Gelombang elektromagnetik ditemukan oleh Heinrich Hertz. Setiap muatan listrik yang memiliki percepatan memancarkan radiasi elektromagnetik. Waktu kawat (atau panghantar seperti antena) menghantarkan arus bolak-balik, radiasi elektromagnetik dirambatkan pada frekuensi yang sama dengan arus listrik. Bergantung pada situasi, gelombang elektromagnetik dapat bersifat seperti gelombang atau seperti partikel. Sebagai gelombang, dicirikan oleh kecepatan (kecepatan cahaya), panjang gelombang, dan frekuensi. Kalau dipertimbangkan sebagai partikel, mereka diketahui sebagai foton, dan masing-masing mempunyai energi berhubungan dengan frekuensi gelombang ditunjukan oleh hubungan Planck E = Hν, di mana E adalah energi foton, h ialah konstanta Planck — 6.626 × 10 −34 J•s — dan ν adalah frekuensi gelombang. Einstein kemudian memperbarui rumus ini menjadi Ephoton = hν. 2.SIFAT-SIFAT GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK DAN PEMBAGIANNYA *Sifat-sifat: Dari beberapa percobaan yang telah dilakukan, Hertz berhasil mengukur bahwa radiasi gelombang elektromagnetik frekuensi radio (100 MHz) yang dibangkitkan memiliki kecepatan rambat sesuai dengan nilai yang diramalkan oleh Maxwell. Di samping itu, eksperimen Hertz ini juga menunjukkan sifat-sifat gelombang dari cahaya, yaitu pemantuan, pembiasan, interferensi, difraksi, dan polarisasi. Dengan demikian, hipotesis Maxwell mengenai gelombang elektromagnetik telah terbukti kebenarannya melalui eksperimen Hertz. Dari uraian ini, dapat ditulis sifat-sifat gelombang elektromagnetik yaitu:

Bentuk gelombang transversal tampak seperti gambar di bawah. f. secara umum hanya terdapat dua jenis gelombang saja. *pembagian: Dalam kehidupan kita. Dalam hal ini udara berperan sebagai medium perambatan bagi gelombang bunyi.Dapat merambat di ruang hampa b. tampak bahwa gelombang merambat ke kanan pada bidang horisontal. *Gelombang Mekanik Gelombang mekanik merupakan gelombang yang membutuhkan medium untuk berpindah tempat. Dapat mengalami lenturan atau hamburan (difraksi). Merambat dalam arah lurus. Merupakan gelombang transversal. Dapat mengalami pembiasan (refraksi). Tanpa udara kita tidak akan mendengarkan bunyi. Ketika kita menggerakan tali naik turun.a. yakni gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. sedangkan arah getaran naik-turun pada bidang vertikal. Gelombang laut. Gelombang Transversal Suatu gelombang dapat dikelompokkan menjadi gelombang trasnversal jika partikel-partikel mediumnya bergetar ke atas dan ke bawah dalam arah tegak lurus terhadap gerak gelombang. kecepatan gelombang elektromagnetik diruang hampa adalah sebesar 3 x 108 m/s yang nilainya sama dengan laju cahaya terukur. Garis putus-putus yang digambarkan di tengah sepanjang arah rambat gelombang menyatakan posisi setimbang . Kita bisa mendengarkan musik karena gelombang bunyi merambat melalui udara hingga sampai ke telinga kita. g. tampak bahwa tali bergerak naik turun dalam arah tegak lurus dengan arah gerak gelombang. d. Dapat mengalami polarisasi. Berdasarkan gambar di atas. Contoh gelombang transversal adalah gelombang tali. Kita dapat menyaksikan gulungan gelombang laut karena gelombang menggunakan laut sebagai perantara. h. Dapat mengalami interferensi. Dapat mengalami pemantulan (refleksi). yakni gelombang transversal dan gelombang longitudinal.Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan Maxwell. Gelombang mekanik terdiri dari dua jenis. Pembagian jenis gelombang ini didasarkan pada medium perambatan gelombang. e. c. gelombang tali atau gelombang bunyi termasuk dalam gelombang mekanik.

Serangkaian rapatan dan regangan merambat sepanjang pegas. Dalam hal ini loudspeaker berfungsi sebagai sumber gelombang bunyi dan memancarkan gelombang bunyi (gelombang longitudinal) melalui medium udara. bayangkanlah getaran sebuah pegas Pada gambar di atas tampak bahwa arah getaran sejajar dengan arah rambatan gelombang. . arah getaran medium sejajar dengan arah rambat gelombang. Berbeda dengan gelombang air atau gelombang tali. terdapat juga gelombang longitudinal. Yang dimaksudkan di sini adalah jarak dari dua titik yang sama dan berurutan pada rapatan atau regangan Salah satu contoh gelombang logitudinal adalah gelombang suara di udara. semakin keras loudspeaker bergetar. loudspeaker tersebut bergetar maju mundur. Pada bagian permukaan dan di bawah permukaan. coba sentuh loudspeaker ketika dirimu sedang memutar lagu. Titik tertinggi gelombang disebut puncak sedangkan titik terendah disebut lembah. Amplitudo adalah ketinggian maksimum puncak atau kedalaman maksimum lembah. Dirimu suka denger musik khan ? nah. Jika dirimu bingung dengan penjelasan ini. Rapatan merupakan daerah di mana kumparan pegas saling mendekat. sedangkan contoh gelombang longitudinal adalah gelombang bunyi. cermati gambar di bawah ini Tanda panah yang arahnya ke kanan menunjukkan arah perambatan gelombang pada air. Jarak dari dua titik yang sama dan berurutan pada gelombang disebut panjang gelombang (disebut lambda – huruf yunani). Gelombang Longitudinal Selain gelombang transversal. Panjang gelombang juga bisa juga dianggap sebagai jarak dari puncak ke puncak atau jarak dari lembah ke lembah. Gelombang air merupakan gabungan antara gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Kalau diperhatikan secara seksama. Panjang gelombang adalah jarak antara rapatan yang berurutan atau regangan yang berurutan. Lalu bagaimana dengan gelombang air ? gelombang air bukan sepenuhnya gelombang transversal atau gelombang longitudinal. partikel air bergerak dalam lintasan melingkar atau elips dengan kedua komponen gelombang transversal dan longitudinal. merapat dan meregang sepanjang arah rambat gelombang udara. Pada pembahasan di atas. sedangkan regangan merupakan daerah di mana kumparan pegas saling menjahui. Untuk memudahkan pemahaman dirimu. maka pada gelombang longitudinal. Jika gelombang tranversal memiliki pola berupa puncak dan lembah. Mengenai gelombang bunyi selengkapnya akan dipelajari pada pokok bahasan tersendiri. Udara sebagai medium perambatan gelombang suara. sudah gurumuda jelaskan bahwa gelombang tali merupakan contoh gelombang transversal.medium (misalnya tali atau air). diukur dari posisi setimbang. Jika pada gelombang transversal arah getaran medium tegak lurus arah rambatan. Semakin besar volume lagu yang diputar. maka gelombang longitudinal terdiri dari pola rapatan dan regangan. gelombang bunyi tidak bisa kita lihat menggunakan mata.

Gelombang tidak memindahkan materi atau medium yang dilaluinya. Karenanya jika disebutkan gelombang maka yang saya maksudkan adalah gelombang mekanik. ketika usaha atau kerja dilakukan pada suatu medium maka energi dipindahkan pada medium tersebut. kurang konsumsi sayuran. pH darah menjadi acidik dan kental . 3. kita bisa menyimpulkan beberapa hal penting berkaitan dengan gelombang mekanik : Pertama. medium tidak merambat seperti gelombang. Jika jarang olah raga. Kedua. gelombang bisa dikelompokkan menjadi gelombang berdimensi satu. gelombang hanya memindahkan energi perhatikan bahwa pembahasan kita sebelumnya berkaitan dengan gelombang mekanik. Dalam hal ini. pegas. ketika getaran merambat (getaran yang merambat disebut gelombang). Berdasarkan banyaknya dimensi. gelombang berdimensi dua. Laju gelombang ditentukan oleh sifat-sifat medium yang dilalui oleh gelombang. air. gelombang merupakan getaran yang merambat dengan laju tertentu melalui medium tertentu. Suatu medium bisa bergetar atau berosilasi jika dilakukan usaha alias kerja pada medium tersebut. gelombang berdimensi tiga. Sebaliknya gelombang bunyi dan gelombang elektromagnetik termasuk gelombang berdimensi tiga. energi dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain melalui medium tersebut.Sebaliknya di bagian dasar hanya terdapat gelombang longitudinal (air hanya bergerak maju mundur). Medium yang dimaksudkan di sini bisa berupa tali. Dari penjelasan panjang lebar dan bertele-tele sebelumnya.MANFAAT GELOMBANG ELRKTROMAGNETIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI Mengaktifkan dan menyeimbangkan sel-sel tubuh Sel yang lebih aktif akan mempunyai aktifitas metabolisme lebih tinggi sehingga dengan metabolisme yang sempurna menghasilkan energi yang lebih besar Memecah molekul air/mengencerkan darah Lebih dari 70% tubuh manusia terdiri dari air. budan dan susu. Laju getaran yang merambat dikenal dengan julukan laju perambatan alias laju gelombang (v). Gelombang Elektromagnet Sebelumnya kita sudah mengelompokkan gelombang berdasarkan medium perambatan. Btw. tanah dan sebagainya. Ketiga. Gelombang tali dan gelombang pegas merupakan contoh gelombang berdimensi satu… riak air termasuk gelombang berdimensi dua. gelombang bisa terjadi jika suatu medium bergetar atau berosilasi. medium yang dilalui oleh gelombang hanya bergerak bolak balik pada posisi setimbangnya. Darah mengandung 80% air. gelombang juga bisa dikelompokkan berdasarkan banyaknya dimensi yang dilalui gelombang ketika bergentanyangan dari suatu tempat ke tempat lain.

USG : untuk memeriksa bayi dalam kandungan Sinar Gamma Sinar gamma mempunyai daya tembus sangat tinggi maka sinar gamma di gunakan dalam berbagai bidang. Radar Sifat pantul gelombang radar sangat baik maka gelombang ini banyak dipakai untuk menentukan jarak suatu tempat dengan baik dan cepat. memperberat kerja/pompa jantung. Dengan gelombang ini orang dapat membuat alat-alat optik.sehingga distribusi O2. Bau badan diakibatkan oleh aktifitas bekteri dan jamur. Menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur Membuat kondisi yang tidak nyaman bagi pertumbuhan bakteri dan jamur. Sinar Inframerah Banyak digunakan untuk penelitian stuktur atom. Sinar ultraviolet dipakai sebagai sterilisasi. Manfaat gelombang elektromagnetik banyak dipakai di dunia kedokteran dan laboratorium Seperti. Selain itu. Radio Gelombang radio digunakan sebagai pembawa informasi dan dapat dipantulkan oleh lapisan sehingga dapat mencapai daerah yang luas di bumi. dan pemotretan rahasia. Sinar Ultraviolet Mempunyai daya kimia besar karena membentuk jasad renik. jika bakteri dan jamur tidak tumbuh maka akan mengurangi bau badan pada saat kita berkeringat. antara lain : A) industri untuk mengetahui struktur logam B) pertanian untuk membuat bibit unggul C) teknik nuklir untuk membuat radioisotop D) kedokteran untuk terapi dan diagnosis E) farmasi untuk sterilisasi Sinar X Sinar X mempunyai daya tembus tinggi. Panjang gelombang yang dipancarkan oleh Bio Fir 6-14u (mikron) adalah interval gelombang yang dihindari oleh sel-sel kanker. . MIR : untuk general ceck up. Dengan memberikan Bio Fir maka susah bagi sel-sel kanker tumbuh/berkembang. dalam bidang kedokteran digunakan untuk mendiagnosis penyakit dan membuat gambar badan tubuh bagian dalam. zat gizi dan air ke sel-sel tubuh menjadi lambat. pengindraan jarak jauh. Menghambat pertumbuhan sel kanker Membuat kondisi yang tidak nyaman bagi pertumbuhan sel sel kanker. Sinar Tampak Merupakan gelombang yang sangat penting bagi makhluk hidup.

Untuk mencari dimensi semua besaran fisika perlu dicari himpunan besaran dasar (yang diberi nama dari definisi).4. Dua besaran hanya dapat diambil jumlah atau selisih kalau ia mempunyai dimensi sama. Jadi. kemudian berdasar definisi dan hukum. panjang gelombang elektromagnetik inti atom. Kasus peralihan: Arus energi radiasi elektromagnetik dialami sebagai kontinyu padahal cukup banyak cahaya tampak yang terdeteksi. Dimensi hasil kali (integral) atau bagi (diferensial) dua besaran fisika adalah hasil kali atau bagi dari kedua dimensi yang bersangkutan. definisi besaran fisis harus memberikan bentuk peraturan ukur.6732±0. momentum sudut inti atom. panjang gelombang elektromagnetik oleh benda hitam. dimensi besaran lain dapat ditentukan. tetapan bahan. energi kinetik dari zarah bebas.BESARAN FISIKA DALAM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK Syarat Umum Besaran Dapat ditunjukkannya metode ukur untuk menentukan nilainya. Contoh: Tetapan bahan: massa jenis (tidak tergantung volume) Tetapan alamiah: G=(6. dan peninjauan dimensi dapat . atau tetapan universal/ alamiah). Besaran fisika tak terbatas Besaran fisika yang dipangkatkan atau diambil diferensialnya akan menghasilkan besaran fisika yang baru.0032) 10-11 N m2 kg-2 Parameter: Besaran yang tergantung pada besaran lain atau sebagai fungsi dari satu atau lebih variabel. Dimensi berguna dalam memeriksa adanya kekeliruan pada persmaan yang digunakan. Contoh: Tempat x : tetap dalam keadaan berhenti Kecepatan dx/dt : tetap untuk gerak lurus beraturan Percepatan d2x/dt2 : tetap untuk gerak lurus berubah beratuan Sifat besaran Besaran kontinyu kecepatan suatu benda. Jenis besaran Tetapan: Besaran fisika yang tidak tergantung pada variabelvariabel yang penting dalam pengukuran (antara lain: tetapan benda. Besaran diskrit (terkuantisasi) muatan suatu zarah. Dimensi Besaran Fisika Dua besaran fisika mempunyai dimensi sama jika ia secara langsung dapat dibandingkan (lebih besar atau lebih kecil).

dan intensitas penyinaran). β. γ. M. α. jumlah zat. dan η : pangkat dari demensi (dimensional exponents) . arus listrik. ε. waktu. θ. I.menghasilkan ramalan teoritis. Definisi Dimensi Besaran Fisika Dimensi besaran Q dituliskan sbb: dim Q= Lα Mβ Tγ Iδ θε Nζ Jη dalam hal ini: L. N. δ. J : dimensi dari besaran dasar dalam SI (panjang. temperatur termodinamika. ζ. T. massa.

N Kelas:X.TUGAS FISIKA D I S U S U N Nama:Devi Miswiyani A.3 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->