BAB IV PENUTUP

4.1

Kesimpulan Dalam penulisan ini penulis dapat menarik kesimpulan bahwa aplikasi

pijat refleksi ini dapat membantu ketika pengguna akan melakukan pijat refleksi karena dapat diakses kapan saja dan dimana saja, hal ini dikarenakan pengimpelementasian aplikasi pada smartphone dan bersifat offline. Dalam merancang aplikasi Android ini, penulis menyimpulkan bahwa dengan adanya gambar titik urat saraf berdasarkan penyakit yang diderita akan memudahkan pengguna dalam mencari solusi penyembuhan. Serta penjelasan singkat mengenai penyakit tersebut dapat lebih meyakinkan pengguna akan sakit yang diderita. Aplikasi pijat refleksi ini berhasil diimplementasikan pada smartphone berbasis android dan berjalan baik.

Tabel 4.1 Hasil Kuesioner Pertanyaan 1. Apakah anda sering menggunakan pengobatan alternatif untuk mengobati penyakit anda? 2. Seberapa sering anda malakukan pijat refleksi? 3. Apakah anda tahu pengobatan dengan cara pijat refleksi? 4. Pernahkah anda melakukan pijat refleksi? 5.Mudahkah mengingat titik-titik urat saraf untuk pijat refleksi? 6.Mudahkan anda menghafal titik-titik urat saraf untuk menyembuhkan penyakit anda? SS 15% S 20% RG TS 65% STS

10%

35% 80% 45% 5%

5%

50% 20% 55%

Usabilitas

5%

80%

10%

5%

5%

85%

5%

95

Bagaimana pendapat anda tentang aplikasi pijat refleksi ini? 13. Dalam database aplikasi ini terdapat keterbatasan dalam jumlah jenis penyakit. maka perancangan user interface dapat lebih disempurnakan lagi. Perlukah anda aplikasi yang berisi informasi tentang pengobatan menggunakan pijat refleksi? 12. . apa yang anda lakukan pertama kali? 8. Apa saja kelebihan dari aplikasi ini menurut anda? 14. Apabila anda sakit. sehingga dapat ditambahkan konten untuk memperbesar gambar. Untuk membat aplikasi ini lebih menarik. Pada penggunaan layar smarthphone yang relative kecil maka gambar dalam aplikasi ini menjadi kurang maksimal.96 Efisiensi Fungsionalitas Realitas 7. Beberapa hal tersebut merupakan kekurangan yang dapat menjadi saran untuk pengembangan dan penyempurnaan dari aplikasi ini agar lebih baik lagi. Sulitkah anda mengatur waktu untuk pergi ke tempat pemberian jasa pijat refleksi? 9. Sulitkah anda mencari tahu cara mengobati penyakit anda dengan cara pijat refleksi? 10. sehingga dapat ditambahkan jenis penyakit tersebut.2 Saran Pembuatan aplikasi pijat refleksi ini dibuat sangat sederhana dan sebatas hanya memberikan informasi mengenai fungsi masing-masing titik urat saraf dan pengobatan beberapa jenis penyakit dengan pijat refleksi. Pernahkah anda mencoba pijat refleksi sendiri tanpa menyewa jasa pijat refleksi? 11. Menurut anda apa kekurangan dari aplikasi ini? 90% 10% 10% 35% 15% 40% 20% 35% 15% 30% 30% 70% 10% 85% 5% 80% 90% 65% 15% 10% 25% 5% 10% 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful