5 Jenis Makanan untuk Kecantikan Rambut Anda

By Yogi Cerdito Monday September 5, 2011 12:20 pm WIT

Efek sinar matahari, klorin dan kekeringan karena musim kemarau akan sangat berbahaya bagi keindahan rambut Anda. Mereka bisa membuat helaian rambut lebih kusam dan rapuh dari biasanya. Di samping pengaruh lingkungan, diet yang Anda lakukan memberikan dampak yang besar pada kesehata rambut.

Ahli diet dan penulis “Nutrition at Your Fingertips” Elisa Zied membantu kita untuk memilih makanan apa saya yang bermanfaat untuk mengembalikan kemilau rambut Anda agar indah seperi sediakala. 1. Kedelai Selain sebagai alternatif asupan daging, produk makanan yang mengandung kedelai dilengkapi dengan protein dan asam lemak Omega-3. Mengonsumsi kedelai dan tahu akan mengingkatkan kemilau rambut yang berasal dari Omega-3 dan keratin, sejenis protein yang merupakan unsur di rambut. 2. Kangkung Biarkan sayuran ini dimakan mentah dan dapatkan semua nutrisinya, tapi meskipun Anda ingin memasak ataupun menumisnya, kangkung tetap dapat memberikan banyak kandungan vitamin A dan zat besi. Zied mengatakan, vitamin A dapat membantu memulihkan rambut kering dan menjaga kesehatan gigi, tulang dan jaringan tubuh seperti kulit. Zat besi pun memiliki manfaat yang sama bagi tubuh dan juga membantu menumbuhkan rambut. 3. Tiram Meski tanpa mutiara, makhluk laut ini mampu meningkatkan kecantikan. Zied mengatakan tiram mengandung jumlah Omega-3 yang cukup untuk meningkatkan kemilau rambut, dan vitamin B12 yang telah terbukti untuk mengurangi kerontokan rambut. 4. Produk rendah lemak Susu, yoghurt, dan keju rendah lemak memiliki banyak kandungan protein dan vitamin B12. Menurut Zied, semua itu sangat berguna untuk memperkuat rambut. 5. Salad

Lengkapi salad hijau Anda dengan bahan-bahan yang mengandung banyak vitamin A seperti selada, wortel, paprika merah, brokoli. Zied secara khusus menyarankan Anda untuk memilih bahan-bahan tersebut untuk membuat rambut lembut dan lebat, selain juga berguna bagi diet tubuh Anda.