KOMPLIKASI GONORE (PUSPARASMI)

KOMPLIKASI GONORE PADA WANITA

 Gambaran klinis dan perjalanan penyakit pada wanita berbeda dengan pria. Pada wanita. Hal ini disebabkan oleh perbedaan anatomi dan fisiologi alat kelamin pria dan wanita. Pada umumnya wanita datang kalau sudah ada komplikasi. gejala jarang ditimbulkan. baik penyakitnya akut maupun kronik. Sebagian besar penderita ditemukan pada waktu pemeriksaan antenatal atau pemeriksaan keluarga berencana .

2. kadar glikogen menurun. sehingga suasana asam berkurang dan suasana ini menguntungkan untuk pertumbuhan kuman 1. . dan basil Dördelein juga berkurang. Basil Döderlein akan memecahkan glikogen sehingga suasana menjadi asam dan suasana ini tidak menguntungkan untuk tumbuhnya kuman gonokok 3.Masa Perkembangan Pada Wanita Masa prapubertas Epitel vagina dalam keadaan belum berkembang (sangat tipis) sehingga dapat terjadi vaginitis gonore. Masa menopause Selaput lendir vagina menjadi atrofi. Masa reproduktif Lapisan selaput lendir vagina menjadi matang. dan tebal dengan banyak glikogen dan basil Döderlein.

Etiology :  Neisseria Gonorhoe  Chlamydia  E.Uretritis Peradangan yang terjadi pada uretra akibat bakteri yang masuk.coli  Trichomonas Vaginalis .

Tanda dan gejala  Orifisium uretra eksternum tampak merah dan      edematosa Terdapat eksudat yang purulent Ada ulserasi pada uretra Adanya rasa gatal yang menggelitik Disuria. kadang-kadang poliuria Nyeri pada abdomen bagian bawah .

Pemeriksaan  Kultur urine  Urine analisis  Darah lengkap .

herpes simpleks  Candida  N. Yang letaknya bilateral pada labia mayor. Etiology :  Condiloma acuminata. Gonorhoe  Staphilokokus  Clamydia trachomosis .Bartholinitis Kelenjar bartholini merupakan kelenjar yang mengalirkan pelumas. Bartholinitis adalah infeksi pada kelenjar bartholin yang akan menyebabkan pembengkakan pada alat kelamin luar wanita juga dapat menimbulkan pembengkakan pada alat kelamin luar wanita.

juga dapat disertai panas dari daerah sekitarnya. timbunan nanah dalam kelenjar. Terdapat abses pada daerah kelamin Pada pemeriksaan fisik ditemukan cairan mukoid berbau dan bercampur dengan darah.terasa nyeri sekali bila penderia berjalan atau duduk. Nyeri saat berjalan dan susah untuk duduk. . rasa sakit saat buang air kecil.berisi pus Kebanyakkan wanita dengan penderita ini datang ke PUSKESMAS dengan keluhan keputihan dan gatal. rasa sakit saat berhubungan dengan suami. Akut: Kelenjar bartolin membengkak.  Tanda dan gejala: Pada vulva : perubahan warna kulit. nyeri tekan. Patofisiology: Cairan pus memenuhi kantong kelenjar sehingga menginfeksi kelenjar bartholin sehingga kelenjar bartholin tersumbat dan terjadilah pembengkakan. atau ada benjolan di sekitar alat kelamin.membengkak.

.

Herpes simpleks virus .Chlamydia trachomatis .Neisseria gonorhoe .Servisitis mukopurulenta  Servisitis mukopurulenta merupakan peradangan pada endoservik.  Etiology: .

Edema dan eritema pada daerah serviks .Usap lendir endoservik .In spekulo .Kultur .Kadang-kadang menimbulkan rasa nyeri pads punggu bawah  Pemeriksaan : . Tanda dan gejala: .Endoserviks mudah berdarah .Adanya discharge mukopurulen .

.

Streptococus .N.Staphylococus . Gonorhoe .Chlamydia trachomatis .Salpingitis Salpingitis adalah peradangan yang terjadi pada saluran tuba falopii  Etiology: .Mycoplasma .

  - Tanda dan gejala : Biasanya muncul setelah periode menstruasi Keputihan dan bau Nyeri selama ovulasi Nyeri selama berhubungan seksual Nyeri perut bawah Nyeri punggung bawah Demam Mual Muntah Kembung Pemeriksaan : Darah lengkap Kultur urin Laparoskopi .

.

Gonorhoe .Cytomegalovirus .  Etiology : . Pada wanita dapat terjadi karena kontaminasi dari vagina dan kadang-kadang karena hubungan genitoanal.Chlamydia trachomatis .Salmonella .N .Proktitis Proktitis adalah peradangan pada lapisan rektum.Herpes simpleks virus . Proktitis pada pria dan wanita umumnya asimtomatik.

edematosa dan tertutup pus mukopurulen  Pemeriksaan : .Rasa seperti terbakar pada daerah rektum .Pemeriksaan jaringan lapisan rektum .Sigmoidoskop .Mukosa eritematosa. Tanda dan gejala : .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful