Cara mengganti background foto di photoshop

Tulisan yang cukup panjang ini adalah tentang bagaimana cara mengganti background foto menggunakan photoshop. Paling tidak ada dua alasan mengapa kita perlu mengubah/merubah background atau latar belakang dari sebuah foto. Pertama karena memang kurang menarik dari segi keindahannya, kedua karena aspek legal formal yaitu untuk memenuhi persyaratan tertentu.

Misalnya pada pembuatan foto KTP yang mengharuskan background berwarna merah atau biru ( lihat di Syarat foto KTP ), Foto untuk buku nikah yang harus berwarna biru ( lihat di Warna background foto surat nikah ), dan juga foto SKCK yang mensyaratkan background photo berwarna merah. Inilah cara mengganti background foto dengan photoshop.

Teknik dasar cara mengganti background foto
Pada prinsipnya ada 2 cara dalam mengubah atau merubah latar photo dengan menggunakan Adobe Photoshop. Cara ini adalah yang biasa saya lakukan sehari-hari sedangkan sistematika atau pengelompokan yang benar menurut science teoritis formal / ilmu dasar tutorial Adobe Photoshop asli mungkin saja berbeda. Silahkan kalau mau menambahkan atau mengoreksi.....tutorial cara mengganti background foto dengan photoshop baik Cs2 cs3 cs4 atau cs5. A. Dengan Teknik menghapus background. Prinsipnya adalah kita menyeleksi seluruh background foto yang akan kita ganti kemudian kita hapus dengan Erase tool (E) atau dengan tombol delete pada keyboard. Lalu latar photo kita ganti dengan background yang baru. Tentang cara mengganti warna background foto belum saya tulis di blog ini. B. Dengan Teknik Extraksi obyek. Caranya seleksi seluruh object atau model foto (area selain backgound) lalu pindahkan dengan cara copypaste atau dengan drop and drag menggunakan Move Tool (V) ke foto yang akan dijadikan background baru. Selengkapnya sebagai berikut : Langkah 1. Membuka foto Buka foto yang akan kita edit dalam hal ini yang akan kita ganti latar belakangnya. Kali ini saya mengambil contoh sebuah foto berukuran 12r yaitu foto tiga anak yang saya potret di studio. Caranya : klik File > Open > pilih foto. Lengkanya klik di Cara membuka foto di photoshop. Langkah 2. Seleksi model foto Seleksi seluruh obyek atau model foto dengan menggunakan Lasso Tool (L), Magic Wand Tool (W}, atau Pen Tool (T) sesuai dengan kondisi foto. Misalnya Klik kanan Lasso Tool (L) > Klik seluruh batas tepi model foto dan background foto. Pada contoh ini saya memakai Magic Wand Tool (W).Klik Magic wand Tool lalu pada option photoshop pilih tolerance 10 atau sesuai foto anda. Lalu klik pada background foto yang berwarna biru.

Hasilnya tampak seperti gambar di bawah ini. (Klik gambar di bawah ini agar area seleksi yang berupa garis putus-putus tampak besar dan jelas). Akan terseleksi bacgkround photo.

Karena yang akan kita seleksi adalah gambar model atau obyeknya, maka seleksi kita ubah dengan cara Klik Select > Inverse atau tekan shortcut-nya : Control +Shift + I atau klik kanan pada gambar lalu pilih Select Inverse. Akan terbentuk area seleksi seperti di bawah ini :

Langkah 3. Memilih bacground foto Setelah obyek foto yaitu tiga orang anak sebagai model foto studio di atas terseleksi, maka ada beberapa pilihan untuk mengedit dalam hal ini mengganti background foto. Berikut ini beberapa diantaranya :
 

a. Mengganti background dengan warna tertentu Cara lengkapnya belum saya tulis. b. Mengganti background foto dengan/menjadi pemandangan, wallpaper, gradasi, gedung, dan sebagainya.

Langkah 4. Membuka background foto Ini adalah lanjutan dari langkah 3b. Kita ambil contoh langkah mengganti background foto dengan pemandangan. Kita bisa memilih sebuah foto pemandangan dengan orientasi mendatar/horizontal/lanscape ataupun vertikal/portrait . Kali ini saya ambil contoh sebuah pemandangan berupa air terjun yaitu dengan orientasi mendatar.

Klik File > Open > klik foto pemandangan yang dipilih. Dianjurkan ukurannya sama atau hampir sama dengan foto pertama yang akan diganti latar belakangnya. Foto pemandangan yang saya pakai juga berukuran 12r. Cara membuat ukuran foto klik di SINI.

Langkah 5. Memindahkan model foto ke background foto Pindahkan model foto pada langkah 2 ke dalam foto pemandangan pada langkah 4. Ada dua pilihan pada langkah 5 ini. Kita bisa memilih salah satu diantaranya.

Cara pertama : aktifkan Move Tool (V) dengan Klik Window > Move Tool (V) > klik model foto > drag and drop (Klik tetap di tekan lalu geser atau tarik lalu lepaskan) ke file background sesuai dengan arah anak panah di bawah ini.

Cara kedua : aktifkan file foto tiga bocah di studio sebagai model dengan cara mengeklik fotonya >Ctrl + A > klik Edit > Copy atau tekan Control + C > Aktifkan foto pemandangan dengan cara mengekliknya > Klik Edit > Paste.. Hasilnya akan nampak seperti ilustrasi di bawah ini.

Nampak pada gambar di atas foto obyek tiga bocah sudah muncul pada foto pemandangan berupa air terjun.. Mungkin saja foto model anda menjadi terlalu kecil atau malah amat besar tergantung perbandingan ukuran foto model dengan foto pemandangan yang kita pakai. Inilah mengapa dianjurkan kedua foto mempunyai ukuran yang sama atau hampir sama.

Langkah 6. Mengatur ukuran model foto
   

Klik Transform Control yang mengelilingi model foto.Catatan : Bila Transform Control tidak nampak/tidak terlihat maka klik DI SINI. Shift+Alt+Drag (Seret atau tarik) salah satu pojok Transform Control ke dalam untuk memperkecil, ke luar untuk memperbesar ukuran model foto (panah kuning pada ilustrasi si atas). Klik Oke atau klik tanda centang pada option bar di atas kanan Adobe Photoshop. Pada contoh gambar di atas ukuran gambar model sudah pas sehinggan langkah ini tidak saya perlukan. foto

Langkah 7. Mengatur Orientasi Lakukan langkah ini di tutorial cara mengganti background foto dengan photoshop
   

Klik Transform Control yang mengelilingi model foto. Atau tekan Control + T bersama-sama. Arahkan kursor disekitar Transform Control sehingga bentuk kursor menjadi garis lengkung dengan dua anak panah pada kedua ujungnya. Drag ke arah atas, bawah, kiri, atau kanan, sesuai kenginan atau selera. Pada gambar di atas ditunjukkan dengan anak panah warna kuning. Klik Oke atau Klik tanda Chek / centang pada Option Bar di kanan atas.

Langkah 8. Mengatur tata letak obyek foto Letak model foto pada contoh ini adalah tiga orang bocah sedang action, dapat kita pindah atau kita tempatkan sesuai dengan selera kita.Bisa di tengah, pinggir, kanan, kiri, atas bawah, pojok atau sudut foto pemandangan. Caranya pastikan Move Tool Aktif dengan cara Klik Move tool, lalu klik objek photo seret ke mana sesuai dengan kebutuhan kita. Bisa juga dengan menekan tombol panah pada keyboard kita. Langkah 9. Flatten Image Caranya : Klik Layer > Flatten Image. Langkah ini adalah untuk menyatukan seluruh layer menjadi satu sehingga terkunci dan tidak bisa di edit lagi. Siap untuk di cetak.

EXTRA : Membuat Background gradasi
Setelah mengetahui tutorial dasar cara mengganti background foto di photoshop atau teknik cara mengganti latar belakang foto kita dapat juga berkreasi secara luas. Contoh hasil lainnya dari tutorial Adobe photoshop cs ini adalah background foto menjadi warna gradasi...... Singkatnya : sebelum langkah 8, aktifkan background foto > Copy background foto > jadikan Layer Style menjadi gradasi.

TAMBAHAN : Cara membuat Background foto dengan langit (Cloud) abstrak
Cara singkatnya : Tanpa download software gratis ....... Langkah 7 sebelum Oke, aktifkan Move Tool > atifkan backgroun layer > Filter > Render > Cloud > Copy background > Merges Layer background dan background copy > atur warna dengan Hue Saturation dan Color balance sesuai selera...... Tanpa Lengkapnya : Merupakan rencana atau program saya ke depan si sela-sela off-Line kalau ada waktu..

Efek Infra Red Mudah dan Cepat Dengan Photoshop CS4
Berikut adalah langkah mudah dan cepat mengubah foto warna biasa menjadi foto infra merah hitam putih dengan menggunakan Adobe Photoshop CS4:

1. Channel Mixer.
Buka foto yang ingin anda olah di Photoshop CS4, anda perhatikan di sebelah kanan terdapat panel Adjustment, pilih ikon channel mixer (ikon bergambar 3 lingkaran kecil saling tumpang tindih.

2. Parameter RGB. Dikotak dialog channel mixer, klik di checkbox monochrome. Kemudian isilah masing – masing nilai channel (RGB) sebagai berikut: Red = –50%, Green = 200% dan Blue = –50%

3. Selesai.
Jadilah anda memiliki foto hitam putih dengan efek infra merah

Bereksperimenlah dengan mengubah nilai masing-masing channel diatas. Selera anda-lah yang menentukan disini.

Membuat efek selective color dengan Photoshop CS4

Oke, apa itu selective color? jawaban paling mudah adalah contoh foto diatas. Semua tampak hitam putih kecuali mobil fiat tua yang kelihatan berwarna merah. Dalam pengertian luas selective color adalah efek untuk mengubah warna bagian foto sesuai keinginan kita. Namun untuk keperluan artikel ini, kita akan batasi hanya pada foto hitam putih dengan sentuhan warna di obyek utama. Biasanya efek ini digunakan untuk memperkuat dan menonjolkan obyek utama.

Selective color yang saya maksud diatas bisa dilakukan secara mudah dan cepat (mmm…kadang lama, tergantung kompleksitas foto) menggunakan photoshop CS4. Tapi pada intinya anda sendiri yang menentukan tingkat kesulitan efek ini. Langsung kita mulai langkah demi langkah, silahkan: 1. Buka foto berwarna anda di photoshop

2. Tambahkan adjustment layer (lokasi ada di pojok kanan bawah) -> pilih channel mixer

3. Dipanel adjustment yang baru muncul, centang di kotak “monochrome” lalu masukkan besaran seperti ditunjukkan dibawah ini:

4. Foto anda akan berubah jadi hitam putih:

5. Pilih foreground hitam: pencet X di keyboard anda 7. Aktifkan brush, pencet B di keyboard anda. Lalu mulailah sapukan brush di area yang ingin dikembalikan warnanya (saya mulai dari menyapukan brush di balon yang dipegang anak)

8. Agar sapuan brush anda tidak “meluber” kemana-mana, perbesar (zoom in) foto. Atau anda juga bisa mengubah-ubah ukuran brush. Pencet ctrl+[ (memperkecil ukuran brush) atau ctrl+] (memperbesar brush) sehingga sapuan anda lebih halus dan presisi. Proses mengembalikan warna ini memang paling lama dan membutuhkan kesabaran. Setelah selesai simpan hasil akhirnya. Oke ini hasil akhirnya:

Sebelum anda mencoba, lihat dulu 11 contoh foto dengan efek selective color yang fantastik. catatan: - selective color bisa dilakukan dengan banyak metode lainnya, cara diatas hanyalah salah satunya. - kredit foto mobil: eflon

Tutorial Photoshop: toning foto dengan curve adjustment

Kita akan membuat efek toning pada foto berwarna sehingga hasil akhirnya seperti foto diatas dengan menggunakan Adobe Photoshop CS4 atau CS5. Toning pada intinya adalah memberi kesan warna tunggal pada foto. Efek toning yang populer adalah sephia yang memberi kesan kecoklatan, perak yang memberi kesan kebiruan serta toning yang memberi kesan keungu-unguan. Toning dilakukan untuk menambah citarasa khas pada foto anda. Oh ya, anda juga bisa mengikuti secara persis langkah-langkah tutorial ini dengan mendownload file PSD yang berisi layer-layer persis seperti yang saya pakai disini, link download ada dibagian akhir tutorial. Secara garis besar, langkah-langkah yang akan kita lakukan dalam tutorial ini adalah sebagai berikut: - konversi foto warna ke hitam-putih - membuat vignette - mulai melakukan toning Saya menggunakan curve adjustment untuk melakukan toning ini. Oke langsung saja kita mulai: 1. Pertama buka foto warna anda di photoshop

2. Konversi foto warna diatas menjadi foto hitam putih. - Klik Layer > New Adjustment Layer > Black & White

3. Di kotak dialog adjustment, saya melakukan setting seperti dibawah (anda bisa variasikan sesuai selera):

4. Hasilnya akan menjadi seperti ini:

5. Sekarang kita akan membuat vignette untuk mempergelap pinggiran foto. Pencet M di keyboard untuk mengaktifkan marquee tool. Lalu buat seleksi seperti dibawah:

6. Buat inverse selection.

Klik Sele

ct di menu bar > pilih Inverse

7. Untuk memperhalus vignette nantinya, kita akan menggunakan Refine Edge. Klik Select di menu bar > Refine Edge > masukkan Feather sebesar 27.5 > klik OK

8. Untuk membuat vignette, buat curve adjustment layer. Klik Curve adjustment di masking box (seperti dibawah):

9. Akan muncul kotak curve adjustment, anda harus mengubah bentuk curve, saya melakukannya seperti dibawah ini:

Sekarang foto akan lebih gelap dibagian pinggirnya sehingga memberi citarasa yang lebih oke. 10. Sekarang kita membuat toning. Klik curve adjustment layer (persis seperti di langkah no.

11. Di kotak dialog Curve, kita akan mengubah bentuk curve untuk channel Red, Green & Blue.

12. Lakukan adjustment curve untuk masing-masing channel seperti berikut:

13. Anda akan mendapatkan hasil akhir seperti foto diatas dan foto siap disimpan. 14. Atau jika anda mengotak-atik bentuk curve di langkah 13, anda juga bisa mendapatkan hasil seperti ini:

15. Selesai. File PSD seperti yang saya janjikan bisa didownload dengan klik disini. (File PSD yang di ZIP, 1.4MB)

Meluruskan Foto Miring Dengan Photoshop
Ada kalanya foto yang kita ambil dengan susah payah ternyata miring, garis horison yang seharusnya lurus jadi tampak menanjak (atau menurun). Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan foto kita miring; memotret tanpa tripod, kita lupa memperhatikan viewfinder, atau hanya karena tergesa-gesa. Jangan khawatir, ada cara mudah untuk meluruskan foto anda menggunakan photoshop, berikut: Langkah 1: Buka foto anda di photoshop lalu aktifkan ruler tool dari toolbox, lihat gambar dibawah untuk mengetahui letak dari ruler tool

Langkah 2: Cari garis patokan yang seharusnya lurus, klik dan tarik ruler tool sepanjang garis ini dari kiri ke kanan

Langkah 3: Klik Image >> Image Rotation >> Arbitrary.

Akan muncul kotak dialog rotate canvas, anda tinggal klik OK.

Foto anda sudah kembali ke jalan yang lurus pekerjaan tambahan.

, tapi masih ada sedikit

Langkah 4: Sekarang anda harus melakukan cropping untuk menghilangkan area putih yang muncul. Ketik C untuk mengaktifkan Crop Tool, lalu crop sesuai keinginan anda, Tekan Enter (Mac: Return) setelah selasai cropping.

Silahkan mencob

Cara membuat pas photo di photoshop Bagaimana cara membikin pas foto sendiri di rumah? Ya pakai saja program Adobe photoshop Cs5, cs4, cs3, atau cs2 atau berapapun? ...bisa.... Berikut ini adalah tutorial singkat membuat pas photo di photoshop. Sebuah program unggulan untuk edit mengedit photo atau gambar yang cukup handal. Pertama yang kita butuhkan adalah sebuah foto dalam bentuk digital. Bila yang kita miliki masih dalam bentuk photo analog baik berwujud film negatif/klise atau gambar cetakan maka foto tersebut harus kita scan terlebih dahulu sehingga siap untuk di buka dan kita edit di komputer. Langkah pertama : Kita buka aplikasi Adobe photoshop. Caranya : Klik Start di pojok kanan bawah komputer > All program > Adobe > Adobe photoshop anda. Bisa juga klik 2 kali shortcut Photoshop di Desk Top. Tergantung setting komputer kita Langkah kedua : Buka foto yang akan kita buat menjadi pas foto. Caranya : Klik File > Open > pilihlah fotonya > Open. Maka foto akan terbuka di area kerja photoshop. Langkah ke tiga : Membuat ukuran pas foto. Langkah yang harus kita lakukan yaitu menentukan ukuran pas foto yang akan kita buat. Kita bisa membuat ukuran pas photo dari yang terkecil sampai yang terbesar. Ukuran pas foto yang ada misalnya ukuran foto 2x3 cm, ukuran photo 3x4 centimeter, ukuran 4x6, dan size 6x9. Daftar lengkap klik di => Macam macam ukuran foto. Langkah paling mudah dan paling cepat untuk membikin ukuran pas foto adalah dengan cara Cropping. Cara crop foto di photoshop adalah sbb : Misalnya kita ingin membuat pas foto 3x4 cm : 1. 2. 3. 4. Klik Crop Tool Isi lebarnya /Width dan panjangnya / Length dengan 2,8 cm dan 3,8 cm. Klik di sebelah pojok kiri atas gambar Drag and drop atau klik sambil tetap di tekan lalu seret / geser kursor ke pojok kanan bawah. Ini bisa dilakukan juga dari pojok gambar yang lain. Bisa dari pojok kanan atas, kiri bawah atau dari kanan bawah. 5. Klik kanan > Crop atau Klik dua kali atau langsung tekan Enter Langkah ke empat : Mengatur gelap terang foto. Terkadang atau malah sering terjadi foto yang ada mempunyai tingkat pencahayaan yang terlalu gelap atau terlalu terang. Sehingga kita perlu mengatur kecerahannya. Untuk mengatur kontras an brightness photo dapat kita lakukan dengan mengatur level (Control + L ). atau dengan mengeset Curves (Ctrl + M) atau dengan mengatur slider pada brightness/Contras (Image > Adjustment > Brightness/Contras. Geser saja slider sampai sesuai kebutuhan. Langkah ke lima Mengatur warna pas foto. Cara mengatur warna di photoshop bisa kita lakukan dengan mengatur slider pada Color balance (Control + B). Bisa juga dengan Hue Saturation (Control + U) dan masih banyak lagi. Tetapi untuk pemula yang baru belajar photoshop dasarnya dua cara itu sudah cukup.

Langkah ke enam Langkah berikutnya tentang cara membuat pas foto di photoshop yaitu Memperbanyak foto. Setelah pas foto ukuran 3x4 jadi maka perlu kita perbanyak menjadi beberapa lembar. Maka kita harus menata photo 3x4 pada kertas 4r misalnya. Boleh juga kertas 3r, 5r, 6r, 8r, 10r, ukuran A4. Bagaimana cara menyusun pas foto 3x4 pada kertas 4r dengan photoshop? Cara mudahnya : Setelah langkah ketiga di atas, buat kertas 4r caranya : 1. 2. 3. 4. Klik File > New > isi ukurannya panjang dan lebar dari ukuran 4r. Masukkan pas foto 3 x 4 ke kertas ukuran 4 r caranya : Klik pas foto > Drag and Drop ke kertas 4 r. Jadikan dua lembar : Tekan Alt + Klik pas foto > Drag and drop ke sebelahnya. Jadikan 3 lembar, 4 lembar dan seterusnya. Lengkapnya Klik di => Cara memperbanyak foto di photoshop.

Demikian cara mengedit/membikin pas foto memakai adobe photoshop. Tutorial membuat pas foto dengan photoshop ini sebenarnya telah banyak beredar bertahun-tahun yang lalu. Namun tulisan ini semoga tetap berguna. Selamat mencoba... Mencetak pas foto dengan berbagai ukuran dalam sebuah kertas misalnya kertas ukuran 3r, 4r, 5r atau berapapun dapat kita lakukan dengan mudah yaitu dengan program adobe photoshop. Baik yang CS6 Cs5 cs4

cs3 cs2 maupun cs7.0 atau versi berapapun. Dengan mencetak photo berbagai ukuran dalam satu halaman kita dapat menghemat waktu dibandingkan dengan mencetak satu macam ukuran saja. Bagaimana cara mencetak foto berbagai ukuran dengan photoshop? Apa saja tahap-tahapnya yang cepat? Software apa yang harus kita pakai? Bagaimana langkah-langkah mudah mencetak/mengedit pas photo atau gambar berbagai macam ukuran menggunakan adobe photoshop? Gimana sih menyusun berbagai macam size pas photo pada sebuah kertas? Berikut jawaannya : Sebagai contoh akan saya tulis tentang cara mengedit/menata pas photo ukuran 2x3 cm, 3x4 cm, dan 4x6 pada sebuah kertas berukuran 4R. 1. Kita buka saja Adobe photoshop. 2. Buka foto yang akan kita cetak : Klik File > Open > Pilih photo kita. Saya ambil contoh foto seorang anak bernama Graito Fendy Nugroho, yang saat tulisan ini saya buat dia sebagai murid atau siswa klas 5 di SD Imogiri, Bantul,l Yogyakarta. 3. Membuat/mengeset ukuran foto pada langkah 2 menjadi 4x6 cm dari foto pilihan kita. Cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan Cropping. Klik crop tool > set ukurannya panjang 5,6 cm dan lebar 3,8 cm, resolusi 300 ppi. Sebenarnya ukuran tepatnya dari pas foto 4x6 ada di =>Macammacam ukuran foto. Lalu Klik pojok gambar drag and drop ke pojok yang lain > klik oke. Selengkapnya Klik saja di => Cara crop foto di photoshop atau cara yang lain yaitu di => Cara membuat ukuran foto dengan photoshop. 4. Membuat kertas berukuran 4r yaitu dengan membuka New File caranya : Klik File > New > isi panjang = 6 inchi dan lebar = 4 inchi, resolusi 300 ppi > klik Oke

5. Akan terbuka dua buah foto yaitu pas foto 4x6cm dan photo atau kertas 4r. Untuk Photoshop Cs4 secara default yang terbuka atau yang tampak terlihat hanya satu saja yaitu yang aktif saja. Karena masing-masing berupa tab yang menempel dengan option bar. Cara untuk mengaktifkan kedua foto atau semua tab, caranya : Klik Arange Documents > Float All in Windows. Atau cara singkatnya : Drag header dari masing-masing foto ke bawah (ke Window photoshop/area kerja photoshop.

6. Masukkan pas foto 4x6 ke kertas 4 r. Caranya klik pas foto kemudian drag and drop (Klik tahan > seret > lepas) ke kertas 4 r. Posisikan di pojok kiri atas dengan drag and drop juga.

7. Perbanyak menjadi misalnya 2 lembar pas photo 4 x 6 caranya : Tekan Alt + Klik photo 4 x 6 tadi > drag dan drop ke samping kanannya. Jadilah 2 lembar Jika ingin dijadikan 3 maka lakukan drag dan drop lagi maka akan kita peroleh 3 lembar pas foto 4x6cm. Untuk memperbanyak foto selengkapnya klik di => Cara memperbanyak foto di photoshop. Pada contoh ini hanya kita jadikan 2 lembar saja.

8. Mengeset/membikin/merubah pas foto menjadi ukurab 3x4 cm. Caranya sama dengan langkah no 3 yaitu dengan cropping foto. Ukuran pas foto 3x4 cm dapat anda baca di => Ukuran foto 3x4 cm.

9. Masukkan pas foto 3 x 4cm ke foto ukuran 4r yang telah terisi 3 lembar pas foto 4x6 pada langkah 7. Caranya sma dengan langkah 6 dan langkah nomer 7.

10. Kalau perlu putarlah foto 3x4 tadi dengan cara Tekan Control + T lalu klik kanan > Rotate 90 CW. Sehingga gambar ukuran 3x4 menjadi mendatar atau horizontal. Lalu perbanyak menjadi dua seperti langkah nomer 7. Hasilnya seperti gambar di bawah ini :

11. Membuat/mengubah ukuran pas photo 2x3 cm. Caranya sama dengan langkah nomor 3. Ukuran 2x3 dapat anda baca di => ukuran foto 2x3 12. Perbanyaklah foto 2x3 menjadi beberapa lembar sesuai kebutuhan anda.

13. Print hasil susunan berbagai macam ukuran pas foto tadi dengan mengeset kertas di printer. selengkapnya klik di => Print foto dengan photoshop.

Demikian cara mencetak foto berbagai ukuran dalam sebuah kertas photo. Tahap dan langkah-langkah di atas dapat juga kita pakai dalam rangka cara mencetak berbagai macam ukuran foto dalam sebuah kertas, misalnya untuk cetak foto beberapa ukuran pada kertas A4, 10r, 5r, dan lain-lain.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful