Besaran dan Satuan

Tentunya kalian di SD sudah mengukur panjang sebuah benda bukan? Misalnya kalian mengukur panjang meja 150 cm, Nah panjang ini merupakan salah satu besaran mengapa panjang merupakan salah satu besaran mari kita pelajari bersama tentang besaran ini. A. Besaran Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka dan mempunyai satuan. Jadi ada 3 syarat sesuatu itu dapat dinyatakan sebagai besaran yaitu : 1) Dapat diukur 2) Sinyatakan dengan angka 3) Memilki satuan Besaran fisika sendiri dibagi menjadi dua yaitu besaran pokok dan besaran turunan. 1. Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya telah ditentukan lebih dahulu berdasarkan kesepatan bersama. Terdapat 7 macam besaran pokok

No 1 2 3 4 5 6

Besaran Pokok panjang massa waktu kuat arus listrik Suhu jumlah zat

Satuan meter kilogram sekon ampere Kelvin mol

Simbol m kg s A K mol

7

intensitas cahaya

candela

cd

2. Besaran Turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Jadi besaranya dihasilkan dari satu atau lebih dari besaran pokok. Contoh besaran turunan No Besaran Diturunkan

turunan dari besaran 2 1 Luas Panjang x lebar Panjang 3 2 Volum Panjang x lebar x tinggi panjang 3 Panjang dan Massa jenismassa/volum kgm-3 massa -1 4 Kecepatan perpindahan/waktu ms Panjang dan waktu 6 Massa , panjang Gaya massaxperpindahankgms-2 dan waktu B. Satuan Kalian tentu pernah membandingkan panjang sebuah meja kadang kalian nyatakan dalam meter kadang kalian menyatakannya dengan centi meter dan meter. Centimeter dan meter ini merupakan satuan. Sehingga satuan didefinisikan sebagai pembanding dalam suatu pengukuran besaran Satuan didefinisikan sebagai pembanding dalam suatu pengukuran besaran Satuan yang baik memilki syarat sebagai beikut ini : 1) bersifat tetap, artinya tidak berubah 2) bersifat internasional 3) mudah ditiru Satuan baku dan satuan tak baku Satuan ada yang baku ada yang tidak baku. 1. Satuan baku satuan yang bias digunakan di mana-mana dan bersifat tetap. Contoh satuan baku panjang diukur dengan satuan km, m, cm, dll 2. Satuan tak Baku adalah satuan yang tidak berlaku dimana saja dan sifatnya berubah-ubah.
Contoh sebuah kasus jika dua orang mengukur dengan jengkal yang berbeda satunya anak kecil dan yang satunya anak besar dengan jengkal yang lebih besar, untuk panjang meja yang sama yang lebih kecil misalnya mengukur mendapatkan 5 jengkal sedangkan yang anak besar mengukur 4 jengkal. inilah mengapa satuan baku tidak digunakan secara internasional karena sifatnya berubahubah.

Rumus

Satuan

Contoh : Panjang diukur dengan satuan depa, hasta, jengkal dll

C. Sistem satuan

nilai besaran dan satuanya? . nilai besaran dan satuan : Andi mengukur sebuah tali yaitu 3 meter Panjang nmerupakan besaran. Tentukan mana yangtermasuk besaran. satuan dan nilai besaran? tentu kalian sudah bisa menebaknya bukan! 1. Sistem CGS (sentimeter. kilogram. hari Celcius. gram. tentukan mana yang termasuk besaran. sekon atau detik). Jadi Gaya diturunkan dari besaran masa.Andi mengukur panjang meja 1. Reamur D. Berikan 7 contoh besaran pokok dan satuanya dengan tepat! 2. Fahrenheit. nah Sekarang jika Okta mengukur massa sebuah semangka 5 kg . 3 merupakan nilai besaran. panjang dan waktu 3.Sistem satuan internasional dibagi menjadi dua yaitu: Sistem MKS (meter. dan s = satuan besaran waktu. m = satuan besaran panjang. ons. Contoh sistem Satuan Internasional (SI) ditunjukkan dalam tabel di bawah ini. jam. sekon atau detik).5 meter. pounds menit. Jika diketahui satuan gaya adalah Kg m/s2 maka gaya ini diturunkan dari besaran Pembahasan : Kita melihat satuanya kg = satuan besaran massa . dan meter merupakan satuan. No 1 2 3 6 Besaran Panjang Massa Waktu Suhu MKS m kg detik kelvin CGS cm gram. Menentukan besaran satuan dan nilai besaran Perhatikan contoh berikut ini untuk mengetahui besaran .

jengkal 7.5 meter = nilai besaran => meter = satuanya 4 Apa perbedaan Besaran Pokok dan Besaran Turunan! Pembahasan Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya telah ditentukan lebih dahulu berdasarkan kesepatan Sedangkan besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok 5.....500 cm = 1. panjang dan kuat arus.500 cm = . massa jenis luas.tekanan.5 jam = . Contoh : Panjang diukur dengan satuan depa..kg Pembahasan a.000kg = 2 kg 8. 1. 5 meter => Panjang = besaran =>1.. Konversikan satuan berikut ini! a.5 × 60 menit = 90 menit b.. kelompokkan yang mana termasuk besaran pokok atau besaran turunan Pembahasan Besaran pokok adalah massa . suhu Besaran turuanan adalah luas. tekanan 6. gaya. cm3 Pembahasan a. panjang kuat arus..000 g = 2. Berikan contoh satuan baku dan satuan tak baku untuk besaran panjang? Pembahasan Contoh satuan baku panjang diukur dengan satuan km. m. 2000 gram =. menit b.. gaya Berdasarkan data ..000 cm3 9.. 30 l = . 1. m b. 30. Andi Bekerja dalam sehari 8.. waktu. suhu.. 2.000 × 1/1. waktu. volume dan massa jenis. 1. volume..5 jam = 1.. 1. Konversikan satun berikut ini! a.Pembahasan : Panjang meja 1... cm. Perhatikan data di bawah ini! Massa.500 × 1/100m = 15 m b. hasta. 5 jam jika di konversikan dalam secon maka Andi bekerja selama! .

begitu juga kali ini saya akan mengulang materi ini agar kalian lebih memahami lagi tentang konversi satuan ini. manfaat konversi satuan ini yang terpenting adalah menyamakan satuan yang berbeda dari satuan-satuan yang ada di berbegai daerah .Pembahasan Andi bekerja selama 8. ► Konversi satuan Panjang Untuk mengkonversi sataun panjang maka secara manual kita dapat menggunakan tangga konversi sataun panjang sebagi berikut ini setiap naik satu tingkat di dibagi 10 dansetiap turun tingkat di kalikan sepuluh. mengap karena saya melihat untuk pokok bahan ini ketika saya mengajar masih banyak yang belum mehaminya di lihat dari hasil yang diperoleh.5 jam x 60 menit x 60 detik = 30600 jam 10. yang merupakan besaran dan satuan adalah Pembahasan : Gaya = besaran dan Newton adalah satuannya Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur sedangkan satuan adalah pemabnding dalam pengukuran Mengkonversi Satuan Panjang. contoh : 10 cm = 10 /100 m = 0. Andi memberikan gaya pada meja sebesar 20 N. Massa . hal ini kemungkinankarena anak kurang tahu manfaatnya. luas dan Volume Ketika kita di SD saat belajar matematika maka kita juga sudah mengenal istilah merubah satuan dari cm ke m dari kg ke gram dan jam ke menit.1 m ( karena naik di da tingkat maka di bagi 100 ) Tangka konversi satuan panjang Untuk tamabahan kadang ada satuan 1 inci atau 1 feet yang dapat di konversi sebagi berikut ini .

contoh : 2 kg = 2 x 1000 gram = 2000 gram ( karena turun tiga tingkat maka di kali 1000 ) Untuk konversi satauan masa yang lain adalah sebagi berikut ini : 1 kuintal = 100 kg 1 ton = 1000 kg 1 kg = 10 0ns 1 kg = 2 pons ►Konversi sataun berakt konversi massa secara online silahkan anda di coba di sini : berat konversi massa From: . Untuk mengkonversi sataun massa maka secara manual kita dapat menggunakan tangga konversi sataun panjang sebagi berikut ini setiap naik satu tingkat di dibagi 10 dan setiap turun tingkat di kalikan 10.1 inci = 2.45 cm 1 feet/kaki = 12 inci =0.3048 m ►Konversi sataun panjang dan berat secara online silahkan anda di coba di sini : konversi panjang From: Kepada: Hasil: ►Konversi sataun massa.

000 m2 1 are = 1 dm2 ►Konversi sataun volume Untuk mengkonversi sataun volume maka secara manual kita dapat menggunakan tangga konversi sataun panjang sebagi berikut ini setiap naik satu tingkat di dibagi 1000 dansetiap turun tingkat di kalikan 1000.001 m3 .04 m3 ( karena naik satu tingkat maka dibagi 1000 ) Untuk konversi satauan luas yang lain adalah 1 liter = 1 dm3 = 0.Kepada: Hasil: ►Konversi sataun luas Untuk mengkonversi sataun luas maka secara manual kita dapat menggunakan tangga konversi sataun panjang sebagi berikut ini setiap naik satu tingkat di dibagi 100 dan setiap turun tingkat di kalikan 100. contoh : 2 cm2 = 2 x 10000 m2 = 2000 cm2 ( karena naik dua tingkat maka dibagi 10000 ) Untuk konversi satauan luas yang lain adalah sebagi berikut ini : 1 hektar = 10. contoh : 40 cm3 = 40 / 1000 dm3 = 0.

mari kita pelajari bersama! ►Jenis-jenis alat ukur massa 1.toko beras. Neraca analog neraca adalah jenis neraca yang digunakan untuk mengukur massa tepung sebelum measak roti atau juga bisa untuk mengukur massa di toko buah. Neraca gantung neraca ini digunakan untuk mengukur massa jika kalianpernah melihat maka kalian melihatnya di toko. Neraca digital ini dapat kalain lihat di toko-toko buah atau kadang juga di temukan di laboratorium karena hasil pengukuran yang digunakan lebih tepat dibandingkan dengan alat ukur massa yang lain selain itu dengan alat ukur ini di dapatkan pengukuran lebih teliti. melihat bagaimana para pedagan menimbang beras atau buah. alat ukur apa yang digunakan. dantentunya cara penggunaanya lebih mudah karena dapat terlihat langsung di . Nah alau ukur di atas sering disebut dengan neraca atau timbangan.jalan ke pasar. 2.Macam Alat ukur Massa dan Cara Mengukurnya Foto Praktek Mengukur Massa dengan Neraca Tiga Lengan Apakah Anda pernah jalan. atau kalain pergi ke toko emas dan melihat bagaimna menimbang emas. Apa saja alat ukur masa dan bagaimna cara mengukurnya. atau pupuk. 3.►Untuk mengkonversi satuan volume secara online silahkan coba disini! konversi volume From: Kepada: Hasil: Macam.

Pengukurannya lain dengan neraca. atau lihat di sekitar rumah kita. kalia ini saya akan membahsa bagimna cara mengukur massa menggunakan neraca ahaus yaitu neraca tiga lengan. Knop atau pemutar kalibrasi 2. 5. karena sering sekali soal pengukuran ini keluar pada neraca tiga lengan atau empat lengan.maca neraca ►Pengukuran massa dengan Neraca Tiga lengan Untuk menambah pengetahuan kalian. Untuk neraca 3 lengan yang ada di laboratorium saya seperti foto di atas terdiri dari tiga lengan dengan skala maksimal berbeda. karena bisanya digunakan untuk menimbang emas. Neraca sama lengan Neraca ini sering kalianlihat di toko emas. Pemberat atau anting yang diletakkan di masing-masing lenganyang bisa di geser ke kanan dan kekiri 3. walau kelebihannya alat ukurini lebih mahal di banding dengan yang lainnya 4. Sebelumnya kita sudah mengenal bagian-baginnya.bagian Neraca Tiga lengan 1.neraca yang ada dipasar.. Macam. di sini saya akan menjelaskan cara penggunaan neraca tiga lengan. Tempat beban temapt untuk memasang beban atau benda yang ingin di ukur 4. Titik nol garis kesetimbangan.dalam neraca. . titik ini untuk mengkalibrasi sebelum digunakan dan untuk keseimbangan ketika pengukuran sudah di lakukan 5. ►Bagian . Neraca Ahaus (Neraca tiga lengan dan Neraca empat lengan) seperti foto di atas Neraca ini biasanya terdapat di laboratorium untuk praktek-praktek IPA. Lengan neraca yang terdiri dari tiga lengan .

500 gram Lengan kedua dengan sala maksimal 100 gram dengan skla 0.. Membaca hasil pengukuran dengan menjumlahkan setipa skala mulai dari yang besar hingga yang kecil agar lebih mudah seperti contoh di bawah ini skala tengah 300 gram skala belakang 80 gram skala depan 2..5 gram 1..100. baru skala yang kecil sampai menunjukkan keseimbangan di titik nol ( dua garis sejajar) 5. Tentukanlah kegunaan alat ukur di bawah ini! a.. 3.20 . dengan cara memutar skrup knop pemutar kalibrasi di bagian belakang.Mickrometer skrup c. 3.5 gram ______________________ + Hasil pengukuran 382. 2. 200 .Termometer klinis . sampai seimbang atau jarum penunjuk menunjukkan anka titik nol.100 gram ► Langkah-langkah pengukuran massa dengan neraca tiga lengan adalah sebagi beriku ini : 1..10 gram.1 gram Lengan tengah dengan skala maksmial 500 gram dengan skala 0. Setiap lengan jangan lupa berada pada skala 0 2.Neraca pegas b. Kalibrasi terlebih dahulu. dan tiap skal masih dibagi lagi menjadi skala lebih kecil yaitu 0..Bagian dari neraca tiga lengan Skala tiap lengan adalah sebagi berikut ini : • • • Lengan depan dengan skala maksmial 10gram dengan skala 0. 10.Jangka sorong d. Menggeser skalanya mulai dari lengan yang besar dan jangan sampai melebihi titik nol . Meletakakn benda yang diukur massanya 4.. hal ini dilakukan agar pengukrannya lebih tepat. 1.

Mengukur suhu badan manusia 2.B adalah stopwacth untuk mengukur waktu c.C. posisi anting tengah 30.0 gram ____________________________________+ massa gula pasir 437 gram . mengukur panjang benda mengukur diameter bola e.A adalah neraca tiga lengan untuk mengukur massa benda b.Klik pembahasan untuk melihat dan menutupnya Pembasahan : a.Untuk mengukur kertas tipis misalanya ketabalan uang kertas.Neraca pegas digunakan untuk mengukur massa tetapi juga digunakan untuk mengukur berat c. Perhatikan gambar di bawah ini! Pembahasan a.Untuk mengukur kedalam sbuah benda.0 gram 3. posisi anting depan 7 gram 2. Gelas Ukur untuk mengukur volume zat cair 3. posisi anting belakang 400. Berapakah hasil pengukuran Neraca tiga lengan berikut ini! Hasil pengukuran : Dari gambar dapat diketahui bahwa: 1. diameter ukuran kecil d.

Masa 1 1 kg = 1000 gram 2.8 cm 7 Sebutkan 3 keselamatan kerja dalam pengukuran! . massa 2 200 gram 3. massa 3 50 gram ____________________________________+ massa kubus 1250 gram = 1.01 cm _____________________+ Pembacaan : 2.4 Perhatikan gambar di bawah ini! Pembahasan Skala utama : 2. Perhatikan gambar di bawah ini! Pembahasan Hasil pengukuran 1.25 kg 6 Perhatikan gambar di bawah ini! Pembahasan Hasil pengukuran 2.2 cm Skala nonius : 0.21 cm 5.

62 mm = 0.362 cm Kegunaan Jangka sorong dan Micrometer skrup .12 mm _____________________+ Pembacaan : 3. lebar 2 cm tinggi 4 cm.5 mm Skala nonius : 0. Tentukanlah volume balok tersebut Pembahasan Volume balok tersebut = panjang x lebar x tinggi = 6 dm x 2 dm x 4 dm = 48 dm3 9 Perhatikan gambar di bawah ini! Pembahasan Volume akhir = 40 ml dan volume awal = 20 ml Volume Batu = Volume akhir .Memegang alat ukur sesuai dengan ketentuan yang berlaku 2.Mengembalikan alat ukur sesuai dengan tempat yang sudah ditentukan 8 Jika diketahui baok di atas memilki Panjang 6 cm .Volume awal = 40 ml .Meletakan alat ukur sesuai dengan tempatnya 3.Pembahasan 1.20 ml 10 Perhatikan gambar di bawah ini! Pembahasan Skala utama : 3.

. Untuk Kali ini mari kita belajar apa ya kegunaan alat ukur jangka sorong dan mikrometer sekrup. karena biasanya batas pengukurannya maksimal 25 cm. jika pernah mungkin ada yang punya salah satu alat ukur di atas. hal ini dapat digunakan menggunakan jangka sorong. Kegunaan jangka sorong. 2.05 cm. ketelitian jangka sorong ada yang 0.Apakah Bapak kalian ada yang bekerja sebagai tukang kayu.01 cm atau ada juga yang 0. Bapak kalian yang bekerja sebagai tukang kayu biasa menggunakannya untuk mengukur panjang benda yang ukurannya kecil sehingga lebih teliti. misalnya jangka sorong. 1. Mengukur panjang sebuah benda. Benda yang ukurannya tidak terlalu panjang dapat di ukur dengan jangka sorong. Kadang kita membutuhkan juga membutuhkan pengukuran diameter luar sebuah benda misalnyy ketika ada tukang las ingin membuat jendela kadang membutuhkan besi yang berukuran tertentu. cara penggunanya sebagai berikut ini. Gambar pengukurannya bisa dilihatkan seperti di bawah ini. Mengukur Diameter luar. walau tergantung dengan produk yang menjualnya. A.

3. hal ini dapat digunakan juga menggunakan jangka sorong seperti gambar di atas 4. Mengukur kedalaman sebuah benda Untuk mengukur kedalaman lubang yang kecil tentunya tidak bisa menggunakan penggaris. hal ini dapat digunakan jangka sorong seperti gambar di atas B. Dalam prabikprabik industri kecil kadang membutuhkan alat untuk mengetahui ukuran diameter sbuah lubang besi atau alat yang lain . . Kegunaan Micrometer skrup. Mengukur diameter dalam.

kegunaan mikrometer skrup antara lain sebagai berikut . 2. 1. 1. Mengukur diameter luar sebuah benda yang kecil misalnya bantalan peluru. seperti contoh gambar di bawah ini. Untuk micrometer terntentu yang memiliki rahang geser bisa juga digunakan untuk mengukur kedalaman benda yang kecil seperti jangka sorong.Mickrometer skrup c.Neraca pegas b.01 mm atau 0.Jangka sorong d. atau silinder kecil seperti contoh gambar di atas 3. ketelitian mikrometer skrup yaitu antara 0. Tentukanlah kegunaan alat ukur di bawah ini! a. bahkan untuk mikrometer yang sangat teliti bisa digunakan untuk mengukur tebal kertas.05 mm.Termometer klinis Klik pembahasan untuk melihat dan menutupnya . mengukur ketebalan benda yang tipis misalnya uang koin logam.

Neraca pegas digunakan untuk mengukur massa tetapi juga digunakan untuk mengukur berat c.B adalah stopwacth untuk mengukur waktu c.Mengukur suhu badan manusia 2. Berapakah hasil pengukuran Neraca tiga lengan berikut ini! Hasil pengukuran : Dari gambar dapat diketahui bahwa: 1. diameter ukuran kecil d.0 gram 3.Untuk mengukur kedalam sbuah benda. Gelas Ukur untuk mengukur volume zat cair 3.Untuk mengukur kertas tipis misalanya ketabalan uang kertas.C. Perhatikan gambar di bawah ini! Pembahasan a. mengukur panjang benda mengukur diameter bola e. posisi anting belakang 400.A adalah neraca tiga lengan untuk mengukur massa benda b. posisi anting tengah 30.0 gram ____________________________________+ massa gula pasir 437 gram . posisi anting depan 7 gram 2.Pembasahan : a.

21 cm 5. Perhatikan gambar di bawah ini! Pembahasan Hasil pengukuran 1.01 cm _____________________+ Pembacaan : 2.2 cm Skala nonius : 0.8 cm 7 Sebutkan 3 keselamatan kerja dalam pengukuran! .25 kg 6 Perhatikan gambar di bawah ini! Pembahasan Hasil pengukuran 2. massa 3 50 gram ____________________________________+ massa kubus 1250 gram = 1. massa 2 200 gram 3. Masa 1 1 kg = 1000 gram 2.4 Perhatikan gambar di bawah ini! Pembahasan Skala utama : 2.

Volume awal = 40 ml .5 mm Skala nonius : 0.Memegang alat ukur sesuai dengan ketentuan yang berlaku 2. lebar 2 cm tinggi 4 cm.12 mm _____________________+ Pembacaan : 3.Mengembalikan alat ukur sesuai dengan tempat yang sudah ditentukan 8 Jika diketahui baok di atas memilki Panjang 6 cm . Cara mengukur menggunakan jangka sorong adalah sebagai beriku ini : 1. perhatikan gambar jangka sorong di bawah ini! .Pembahasan 1.62 mm = 0.362 cm A.Meletakan alat ukur sesuai dengan tempatnya 3. Tentukanlah volume balok tersebut Pembahasan Volume balok tersebut = panjang x lebar x tinggi = 6 dm x 2 dm x 4 dm = 48 dm3 9 Perhatikan gambar di bawah ini! Pembahasan Volume akhir = 40 ml dan volume awal = 20 ml Volume Batu = Volume akhir .20 ml 10 Perhatikan gambar di bawah ini! Pembahasan Skala utama : 3.

B. mengecangkan skrup penjepit 5. Setelah kita mengendorkan skrup penjepit dan geser rahang geser ke kanan 3. Cara mengukur menggunakan Micrometer skrup.2. menutup kembali rahang geser sehingga benda yang diukur tidak bergerak. Jika kita ingin mengukur panjang maka diletakkan benda di antara rahang tetap dan rahang bawah 4. . namun jangan sampai tertekan karena akan mempengaruhi hasil pengukuran. Membaca skala utama dan skala nonius seperti gambar di bawah ini.

1. Perhatikan gambar mikrometer skrup di bawah ini. 3. 2. kencangkan kembali silinder begerigi samapi benda yang diukur tidak bergerak. . Pasang benda di antara rahang putar dan rahang tetap 4. membaca skala utama dan skala putar seperti di bawah ini. Putar skrup pemutar atau silinder bergerigi. jangan terlalu kencang agar tidak mempengaruhi pengukuran 5.

bersama bapak ibu guru kalian. .Benda di Sekitar Kita Tentunya kalian di Sekolah Dasar sudah pernah mengukur volume benda. 1. Untuk kali ini kita dalam belajar pengukuran akan mengulang kembali cara mengukur volume benda-benda di sekitar kita.Mengukur Volume Benda. Mengukur volume kubus.wlau ada tambahan materi yaitu mengukur benda tidak beraturan.

Volume balok tersebut = panjang x lebar x tinggi = 6 cm x 2 cm x 4 dm = 48 cm3 3.Untuk mengetahui volume sebuah kubus kita harus mengukur sisinya. Volume kubus tersebut = sisi x sisi x sisi = 2 dm x 2 dm x 2 dm = 8 dm3 2. Jika ada balok yang memilki sisi 2 dm berapakah volume balok tersbut. tinggi balok dan lebar balok. mengukur volume balok Untuk mengetahui volum sebuah balok harus mengukur dulu panjang balok. . Mengukur volume zat cair dengan neraca gelas Untuk mengukur volume zat cair bisa digunakan m= neraca gelas setelah zat cair di masukkan dalam neraca gelas. maka selanjutnya di lihat langsung berapa ml zat cair yang ada di neraca gelas tersebut seperti gambar di bawah ini. selanjutnya di hitung menggunakan rumus volum balok = panjang x tinggi x lebar Misalnya jika ada balok yang memiliki panjang 6 cm lebar 2 cm dan tinggi 4 cm berapakah volume balok tersebut. selanjutnya dihitung menggunaakn rumus Volume kubus = sisi x sisi x sisi .

tentunya kalian tidak bisa menggunakanpenggaris bukan untuk mengukur sisi-sisinya karena bentuknya tida beraturan bukan. mengukur volume benda tidak beraturan. 2.150 ml = 100 ml Cara ke II ..4. Kadang pernahkah kalain berpikir bagaimna cara mengkur volume batu atau batu bata yang bentuknya tidakberaturan. Cara I Mengukur batu menggunakan gelas ukur dan air yang dapat dilihat dari gambar di bawah ini: mengukur volume batu 1. Selanjutnya di masukkan batu dalam gelas ukur sehigga volume air dalam gelas ukur bertamabah misalnya menjadi 250 ml. Volume benda tak beratuan diukur dengan cara mengurangi volume zat cair yang ada benda tak beraturanya (C) . Cara pertama dilakukan adalah mengisi air pada gelas ukur dengan ukuran tertentu misalnya 150 ml.volume awal zat cair yang ada di dalam gelas ukur (B) = 250 ml . 3. Untuk mengukur volume benda tak beraturan bisa menggunakan neraca gelas seperti berikut ini.

diameter ukuran kecil d.Untuk mengukur kedalam sbuah benda.Neraca pegas b. 1. (gambar C) 4. Tentukanlah kegunaan alat ukur di bawah ini! a. mengukur panjang benda mengukur diameter bola e.Mengukur suhu badan manusia 6.Jangka sorong d. 2. dan Isi gelas berpancuran sampai penuh di batas corong gelas berpancuran. Pembasahan : a.Termometer klinis Klik pembahasan untuk melihat dan menutupnya 5.mengukur volume batu dengan gelas berpancuran Cara kedua adalah menggunakn gelas berpancuran seperti gambar di atas yang dapat di jelaskan sebagai berikut ini : 1. Kita hanya langsung melihat volume zat cair tumpahannya saja untuk mengukur volum benda tak beraturannya.Untuk mengukur kertas tipis misalanya ketabalan uang kertas.Neraca pegas digunakan untuk mengukur massa tetapi juga digunakan untuk mengukur berat c. Selanjutnya memasukkan batu dalam gelas berpancuran dan akibatnya air akan mancur ke dalam gelas ukur (gambar B) 3. Perhatikan gambar di bawah ini! . (gambar A) 2. Untuk kasus ini Kalain menyiapkan gelas berpancuran dan gelas ukur.Mickrometer skrup c.

0 gram 3. 4 Perhatikan gambar di bawah ini! 11.01 cm _____________________+ Pembacaan : 2.0 gram ____________________________________+ massa gula pasir 437 gram 10. Hasil pengukuran : Dari gambar dapat diketahui bahwa: 1. Pembahasan a.C. Pembahasan Skala utama : 2.21 cm . posisi anting depan 7 gram 2. Gelas Ukur untuk mengukur volume zat cair 8. posisi anting belakang 400. 3.B adalah stopwacth untuk mengukur waktu c.7.2 cm Skala nonius : 0.A adalah neraca tiga lengan untuk mengukur massa benda b. posisi anting tengah 30. Berapakah hasil pengukuran Neraca tiga lengan berikut ini! 9.

Pembahasan 1. lebar 2 cm tinggi 4 cm.Memegang alat ukur sesuai dengan ketentuan yang berlaku 2.8 cm 16. Pembahasan Hasil pengukuran 2. Pembahasan Hasil pengukuran 1. massa 2 200 gram 3.Mengembalikan alat ukur sesuai dengan tempat yang sudah ditentukan 18. Pembahasan Volume balok tersebut = panjang x lebar x tinggi = 6 dm x 2 dm x 4 dm = 48 dm3 . 6 Perhatikan gambar di bawah ini! 15. Perhatikan gambar di bawah ini! 13.12.25 kg 14. Masa 1 1 kg = 1000 gram 2. 5. Tentukanlah volume balok tersebut 19. massa 3 50 gram ____________________________________+ massa kubus 1250 gram = 1. 8 Jika diketahui baok di atas memilki Panjang 6 cm .Meletakan alat ukur sesuai dengan tempatnya 3. 7 Sebutkan 3 keselamatan kerja dalam pengukuran! 17.

10 Perhatikan gambar di bawah ini! 23. Pembahasan Skala utama : 3. Pembahasan Volume akhir = 40 ml dan volume awal = 20 ml Volume Batu = Volume akhir .62 mm = 0.Volume awal = 40 ml .20.20 ml 22.5 mm Skala nonius : 0.12 mm _____________________+ Pembacaan : 3. 9 Perhatikan gambar di bawah ini! 21.362 cm .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful