You are on page 1of 14

“Damper” Isolator Gempa pada Struktur Bangunan

Nov 27 Posted by sanggapramana Untuk melindungi struktur bangunan dari gempa, dapat menggunakan alat-alat peredam gempa (damper), mulai dari bantalan karet (base isolation seismic bearing) hingga alat-alat berteknologi tinggi. Gempa yang terjadi di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan, banyak korban jiwa akibat tertimbun runtuhan gedung-gedungnya. Salah satu pilihan yang kini banyak digunakan untuk melindungi struktur bangunan dari gempa, adalah dengan alat-alat peredam gempa (damper). Adapun alat peredam gempa tersebut, cukup banyak jenisnya, 1. 2. 3. 4. 5. Bantalan karet tahan gempa (seismic bearing) Lock Up Device (LUD) Fluid Viscous Damper (FVD) High Damping Device (HIDAM) dan lainnya

Penggunaan peralatan tahan gempa tersebut, pada prinsipnya berfungsi untuk menyerap energi gempa yang dipikul oleh elemen-elemen struktur. Sehingga, struktur bangunan menjadi lebih elastis dan terhindar dari kerusakan gempa yang parah.

Berbagai daerah di Indonesia yang dikategorikan rawan gempa.jp ) Bantalan Karet Bantalan karet sering dikenal sebagai base isolation. Gambar 3 Bantalan karet ( sumber : wbdg.Gambar 1 Respon antara struktur dengan damper dan tanpa damper ketika diguncang gempa ( sumber : www2. Bantalan karet ini tergolong murah.bridgestone-dp. dan bukan merupakan alat berteknlogi tinggi.org ) . menjadikan bantalan karet peredam gempa ini sangat diperlukan untuk melindungi struktur bangunan. tampaknya penggunaannya akan semakin berkembang luas di masa datang.

apabila gaya yang sampai pada bangunan itu lebih besar dari kekuatan struktur maka bangunan itu akan rusak. bantalan karet tersebut dipasang pada setiap kolom. dapat terlihat hingga mendekati dua kalinya.Aplikasi bantalan karet Dalam aplikasinya. dicapai melalui penggunaan getaran gempa bumi ke arah horizontal. digunakan untuk menambah kekakuan bantalan karet. dapat mengurangi daya reaksi hingga 70%. secara alami karet alam memiliki fleksibilitas yang tinggi dan dapat menyerap energi.ipard. merupakan komponen getaran karet horizontal. cara perlindungan bangunan oleh bantalan karet tahan gempa ini. yaitu diantara pondasi dan bangunan. Oleh karena itu. Karena. Gambar 2 Perletakan bantalan karet pada tiap kolom ( sumber : ndsse. Bantalan karet alam ini. tanpa tertahan oleh pondasi. dapat menimbulkan gaya reaksi yang besar. Sedangkan lempengan baja. Dengan bantalan tersebut. pada saat berlangsung gempa bumi. juga memungkinkan bangunan untuk bergerak bebas. sehingga penurunan bangunan saat bertumpu di atas bantalan karet tidak terlalu besar. Getaran tersebut. Adapun prinsip kerja dari bantalan karet (base isolation seismic bearing) ini adalah pengaruh gempa bumi yang sangat merusak struktur bangunan. Bantalan karet tersebut. pada puncak bangunan. Gambar 4 Uji geser ( sumber : http: www. Bahkan.com ) Gaya reaksi yang sampai pada bangunan tersebut. dapat dikurangi melalui penggunaan bantalan karet tahan gempa ini.com) . Pada dasarnya. berfungsi untuk mengurangi getaran akibat gempa.

Gambar 6 LUD pada jembatan Rigid . tidak mengalami kerusakan yang signifikan. juga sudah mulai mengaplikasikan teknologi peredam gempa berteknologi tinggi dari mancanegara. Salah satunya adalah jalan layang (flyover) Pasupati. merupakan jalan layang pertama di indonesia. Konon. kini beberapa bangunan publik yang berlokasi di daerah rawan gempa. bangunan yang menggunakan bantalan karet peredam gempa ini.. ketika terjadi gempa. yang mengaplikasikan perangkat teknologi peredam gempa shock transmission unit. dipilih jenis Lock Up Devices (LUD) yang didatangkan dari Prancis.com ) Peredam gempa berupa bantalan karet alam ini.Gambar 5 Uji tekan vertikal ( sumber : http: www. Bandung. bangunan publik ini.ipard. sekarang ada di jalan Pasupati ini. Teknik yang umumnya dipakai di Tank atau pesawat angkasa. LUD (Lock Up Devices) Selain bantalan karet. Dan berdasarkan pengalaman di lapangan. kini mulai banyak diaplikasikan pada bangunanbangunan hunian maupun gedung-gedung bertingkat.

. Benda itulah yang dinamakan LUD. Pada setiap tiang yang ditentukan. terutama Jawa.( sumber : http://rebar. akan berlangsung dari arah kiri ke kanan atau sebaliknya. dipasang dua unit LUD yang akan bekerja meredam guncangan pada konstruksi jalan layang ketika terjadi gempa. Gerak redam LUD pada saat terjadi gempa.purdue.edu) Prinsip kerja LUD Prinsip kerja LUD sangat sangat sederhana. Seperti pada produk peredam gempa LUD yang konon harga per-unitnya lebih dari 100 juta tersebut. dipasang pada tiang-tiang (pier) jalan layang. Kekuatan LUD dengan gaya horizontal. juga bisa meredam gerakan liar.purdue. tercatat masuk region 3 – 4 atau sekitar 8 Ritcher. Sistem ini.ecn. ke kanan dan ke kiri. akibat guncangan yang disebabkan oleh getaran lainnya. karena Bandung termasuk kota rawan gempa. setidaknya dipasang sekitar 76 unit LUD. jika dilihat dari dekat pada konstruksi jembatan layang Pasupati ini ada semacam dongkrak atau shockbreaker pada pertemuan antara tiang dan segmen jalan layang. Seluruh unit tersebut.400 kN/unit. Gambar 7 LUD ( sumber : http://rebar. guncangan ekstrem akibat gempa. di sepanjang jalan laying Pasupati.purdue.ecn. Kekuatan gempa di Indonesia. Dimana garis melintang sebagai badan jalan. pada saat tertentu mengakibatkan LUD terkunci.ecn. dan mengakibatkan seluruh badan jalan dan tiang akan bergerak serentak ke arah yang sama seperti huruf T. sebagai alat untuk meredam guncangan jika terjadi gempa. jika diibaratkan tiang dan badan jalan layang sebagai huruf T. Karenanya. Dengan penggunaan cairan khusus (gel silikon) yang menjadi bantalan pada LUD. adalah 3.edu) Salah satu alasan pemasangan LUD pada jalan layang Pasupati ini.edu) Gambar 8 LUD ( sumber : http://rebar.

ecn. dan mengganti cincin karena 10 tahun.edu) Supaya awet LUD harus dirawat dengan mengganti cairan LUD (gel silikon) setiap 25 tahun.purdue. diperkirakan bisa mencapai lebih dari 100 tahun. FVD (Fluid Viscous Damper) . Umur struktur jembatan itu sendiri.edu) Gambar 10 Perletakan LUD tampak samping ( sumber : http://rebar.purdue.ecn.Gambar 9 Perlatakan LUD pada jembatan tampak atas ( sumber : http://rebar.

dengan kondisi tersebut diharapkan tidak terjadi kerusakan struktur bangunan ketika gempa terjadi. FVD mampu mereduksi tegangan dan defleksi yang terjadi secara simultan (bersamaan). akibat beban kendaraan dan beban guncangan. dibandingkan gaya yang dipikul pegas. adalah menyerap energi gempa dan mengurangi gaya gempa rencana yang dipikul elemen-elemen struktur.wikispaces.com ) FVD merupakan alat peredam gempa yang berfungsi sebagai disipator energi. Gambar 11 Pemasangan FVD pada struktur gedung ( sumber : istgeography. Gaya redaman yang dibutuhkan relatif kecil. yang digunakan untuk mengatur pergerakan pegas di posisi tumpuan. gempa rencana yang dipikul elemen struktur menjadi lebih kecil. Sehingga. Fungsi utama dari peralatan ini. struktur bangunan menjadi lebih elastis dan mampu meredam guncangan gempa.Peralatan peredam gempa lain yang cukup terkenal dan banyak diaplikasikan pada struktur bangunan. Pada perkuatan FVD kolom berfungsi sebagai pegas. Dengan mengaplikasikan peralatan FVD. dengan menggunakan konsep mekanika fluida dalam mendispasikan energi. . bekerja pada alat tersebut. dianalogikan seperti suspensi atau shock absorbser pada mobil. Peralatan ini bekerja. Mekanisme kerja ini. Gaya yang diberikan oleh FVD timbul.wikispaces. karena gaya FVD yang bekerja sebanding dengan perubahan kecepatan stroke-nya (stroking velocity). akibat adanya gaya luar yang berlawanan arah. dengan cara memberikan perlawanan gaya melalui pergerakan yang dibatasi. Sehingga.com) Gambar 12 Cara kerja FVD ( sumber : istgeography. adalah fluid viscous damper (FVD).

Gambar 13 FVD pada perkuatan struktur gedung ( sumber : staaleng. tegangan kolom adalah minimum.com ) Jika pada struktur dipasang FVD. Saat kolom berbalik arah ke posisi semula. gaya geser dan defleksi pada struktur. Dengan. demikian penggunaan FVD sebagai alat peredam struktur. sehingga bentuknya semakin kecil dan praktis. gaya redaman akan sama dengan nol pada saat defleksi maksimum. karena saat terjadi gempa dan gaya damper maksimum. . Dapat bekerja dengan tekanan fluida lebih tinggi.com ) Keuntungan FVD Adapun kelebihan FVD. tidak akan meningkatkan beban pada kolom akibat gaya yang dikeluarkan FVD. karena kecepatan stroke sama dengan nol dan kemudian berbalik arah. tegangan kolom justru minimum. yaitu 1. dapat bekerja secara pasif (tidak membutuhkan peralatan atau sumber daya dalam penggunaannya). Gambar 14 FVD ( sumber : flickr. Pada posisi kolom normal. Dapat mereduksi tegangan. akan menyebabkan menjadikan kecepatan stroke menjadi maksimum atau gaya redamannya menjadi maksimum. 2.

alat ini berhasil diaplikasikan pada gedung-gedung tinggi dan struktur khusus lainnya. Gambar 16 HiDAM dan cewex ^^ ( sumber : kajima. sehingga para engineer di jepang dituntut untuk dapat mengatasi kerusakan bangunan akibat guncangan gempa sehingga mengurangi korban jiwa dan materi. afiliasi perusahaan kontraktor Kajima.HiDAM (High Damping Device) Jepang adalah salah satu negara yang sering dilanda gempa. Gambar 15 Detail HiDAM ( sumber : kirainet. Alat peredam gempa ini adalah hasil penelitian dan pengembangan laboraturium Kobori.co. maka lebih dari sepertiga areanya akan luluh lantah.com ) Untuk HiDAM pada bagian struktur atas sebagai respon pasif juga mulai banyak diaplikasikan. dengan banyak korban jiwa. karena berdasarkan simulasi. Hal ini penting. jika gempa berkekuatan 7-8 magnitude mengguncang Tokyo. Di Jepang sendiri.jp ) .

struktur kaku seperti beton bertulang jika dibuat dengan baik dapat meredam getaran gempa dengan baik. Kolom-kolom dan balok pengikat harus kuat dan ditopang oleh pondasi yang baik pula. Kekakuan struktur dapat menghindarkan kemungkinan bangunan runtuh saat gempa terjadi. mampu ditingkatkan oleh HiDAM pada kisaran 10 – 20 %. Terbukti. secara umum hampir sama dengan FVD taylor device . Gambar 17 HiDAM ( sumber : kajima. rasio redaman struktur. 1. Angka ini. 2.co. sangat signifikan dalam mengurangi respon struktur terhadap gempa dan kerusakan bangunan.Sekilas mengenai prinsip kerja HiDAM.jp ) Pustaka : Majalah Techno Konstruksi. . Prinsip dasar kekakuan strukur rumah Prinsip kekakuan struktur rumah menjadikan struktur lebih solid terhadap goncangan. Edisi 18 (2009) Prinsip dasar Konsep hunian tahan gempa adalah bangunan yang dapat bertahan dari keruntuhan akibat getaran gempa. misalnya dengan menggunakan prinsip hubungan roll pada tumpuan-tumpuan beban. Hal ini berarti perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh struktur yang dibuat pada saat pembangunan agar dapat lebih kuat dan lebih kaku. yaitu kekakuan struktur dan fleksibilitas peredaman. serta telah memenuhi kriteria konvensional gempa di Jepang. serta memiliki fleksibilitas untuk meredam getaran. Yang dimaksud dengan roll adalah jenis hubungan pembebanan yang dapat bergerak dalam skala kecil untuk meredam getaran. Prinsip flexibilitas Adanya kemungkinan struktur bangunan dapat bergerak dalam skala kecil. Berdasarkan hasil penelitian terhadap alat peredam gempa HiDAM ini. Prinsipnya pada dasarnya ada dua. Yakni kedua alat ini sama-sama menggunakan prinsip viskositas dalam menciptakan gaya redaman.

B. yaitu menggunakan bahan-bahan material ringan yang tidak lebih membahayakan jika runtuh dan lebih ringan sehingga tidak sangat membebani struktur yang ada. struktur pondasi ) Prinsip dasar dari bangunan tahan gempa adalah membuat seluruh struktur menjadi satu kesatuan sehingga beban dapat ditanggung dan disalurkan bersama-sama dan proporsioanal.3. Kesatuan Struktur ( Struktur Atap. sehingga dapat bertahan apabila mengalami perubahan bentuk yang diakibatkan oleh gempa. Contohnya : struktur kayu dapat menerima perpindahan hubungan antar kayu dalam skala gempa sedang. . struktur dinding. 4. yaitu memecah bangunan dalam beberapa bagian menjadi struktur yang lebih kecil sehingga struktur ini tidak terlalu besar dan terlalu panjang karena jika terkena gempa harus meredam getaran lebih besar. Bangunan juga harus bersifat daktail. Prinsip massa yang terpisah-pisah Prinsip massa yang terpisah-pisah.Prinsip penggunaan bahan material yang ringan dan “kenyal” Prinsip penggunaan bahan material yang ringan dan “kenyal”.

Seluruh pekerjaan pasangan batu gunung ini menggunakan adukan campuran 1 semen : 4 pasir.1.4 m. sedangkan lebar bagian atas pondasi 0. Lebar pondasi bagian bawah 0. Pondasi Pondasi merupakan bagian dari struktur yang paling bawah dan berfungsi untuk menyalurkan beban ke tanah. KEdalaman minimum untuk pembuatan pondasi adalah 6.– 75 cm. Untuk itu pondasi harus diletakkan pada tanah yang keras. Pasangan batu gunung untuk pondasi dikerjakan setelah .3 m.

lapisan urug dan aanstamping selesai dipasang. 4) Bekisting boleh dibuka setelah 28 hari. . harus diteliti ulang baik kekuatan maupun bentuknya. 2. 2) Setiap selesai pemasangan. Angkur dapat dibuat dari besi berdiameter 12 mm dengan panjang 20 -25 cm. Beton Beton yang digunakan untuk beton bertulang dapat menggunakan perbandingan 1 semen : 2 pasir : 3 kerikil. Air yang digunakan adalah ½ dari berat semen (FAS 0.5). 3) Cetakan beton terbuat dari bahan yang baik sehingga mudah pada saat dilepaskan tanpa mengakibatkan kerusakan beton. Hal ini dapat dilakukan dengan pembuatan angkur antara sloof dan pondasi dengan jarak 1 m. Selama beton belum mengeras harus dilakukan perawatan beton (curing).Pondasi juga harus mempunyai hubungan yang kuat dengan sloof. Mutu yang diharapkan dapat tercapai dari perbandingan ini adalah 150 kg/cm2 3. Cetakan beton (bekisting) Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan cetakan beton adalah sbb : 1) Pemasangan bekisting harus kokoh dan kuat sehingga tahan terhadap getaran yang ditimbulkan pada saat pengecoran.

Tulangan yang digunakan untuk beton bertulang mempunyai diameter minimum Æ10 mm dengan jarak sengkang bervariasi. Penggunaan alat bantu seperti molen atau vibrator sangat disarankan untuk menghasilkan beton dengan kualitas tinggi. Secara garis besar beton bertulang dapat dibagi 2.dan ring balk) menjadi satu kesatuan system pengakuran yang baik dan penerusan tulangan harus dilakukan dengan baik. Beton bertulang Beton bertulang merupakan bagian terpenting dalam membuat rumah menjadi tahan gempa. Untuk membuat struktur beton bertulang (balok. Pengerjaan dan kualitas dari beton bertulang harus sangat diperhatikan karena dapat melindungi besi dari pengaruh luar.4. misalnya korosi. Ukuran-ukuran beton bertulang yang digunakian adalah : 1) 2) 3) 4) 5) Sloof = 15 cm x 20 cm Kolom utama = 15 cm x 15 cm Kolom praktis = 13 cm x 13 cm Ring balk = 13 cm x 15 cm Balok kuda-kuda = 13 cm x 15 cm . kolom dan balok. Para pekerja atau tukang suka menganggap remeh fungsinya.sloof.