PENGARUH KEBIJAKAN KOLONIAL

:: Adnan Kresna :: :: Rheza Saputra :: :: Nabila Syifa Hidayat :: :: Anissa Puteri Larasati Ferdiana ::

seperti Portugis. kepulauan Maluku sudah terkenal sebagai daerah penghasil rempah – rempah oleh bangsa – bangsa di dunia.Pengaruh Kebijakan Kolonial terhadap Perubahan Masyarakat Indonesia Pada abad ke-16. terutama Eropa. Semula kedatangan mereka sangat mengutungkan bagi bangsa kita. tapi dikarenakan watak masyarakat kita pada waktu itu yang sangat baik dan sangat terbuka. bangsa kita akhirnya menjadi perebutan kolonial – kolonial dari Eropa… . Belanda dan Inggris.

Kebijakan Kolonial Portugis di Indonesia .

Kebijakan Kolonial Belanda di Indonesia  Penjajahan Belanda di Indonesia ada 2 : penjajahan VOC dan pemerintahan kolonial Belanda. .

VOC di Indonesia  Pada tahun 1916 kantor pusat VOC dipindahkan dari ambon ke batavia oleh jan pieterszoon coen berdasarkan pertimbangan bahwa letaknya sangat strategis dekat dengan selat malaka. sehingga voc dapat mengawasi portugis di malaka. .

3. 2. Pada abad ke 17 voc menegluarkan kebijakan- kebijakan yang membuat rakyat indonesia menderita yaitu : 1. Monopoli perdangan rempah-rempah. Contingenten (penyerahan wajib) 4. Melaksanakan pelayaran hongi. . Verphlichte Leverantie.

Yaitu hak membinasakan tanaman rempah yang melebihi jumlah yang telah ditentukan VOC. VOC juga berupaya memecah belah kerajaan di Indonesia. . Maluku dll. Perlawanan terhadap monolpoli VOC terjadi di beberapa daerah yaitu Mataram. Banten.VOC memiliki ‘hak ekstirpasi’ dari penguasa setempat. dengan sistem divide et impera atau adu domba. Makassar.

Kesulitan keuangan b. Mendapatkan saingan dagang dari kongsi kongsi dagang lain seperti EIC .PEMERINTAHAN KOLONIAL BELANDA VOC mengalami kebangkrutan dan kemunduran sehingga pada tanggal 31 Desember 1799 VOC dibubarkan. Faktornya adalah : a. Wilayah kekuasaan VOC sangat luas sehingga kesulitan dalam pengaturan dan pengawasannya d. banyak prajurit VOC yg tewas c.

Adapun gubernur jendral yang pernah memerintah di indonesia adalah Herman Willem Daendels .Karena VOC dibubarkan maka seluruh utangpiutang serta kekuasaan VOC di indonesia di ambil alih oleh pemerintahan belanda.

Bidang ekonomi : Di bidang ekeonomi .Raffles menghapus Contingenten yang diganti dengan sistem sewa tanah. Rakyat belum mengenal sistem uang 2. Raffles membagi Pulau Jawa menjadi 16 karesidenan yang dipimpin oleh residen dan dibantu oleh asisten dari Eropa.Kebijakan Kolonial Inggris di Indonesia Pemerintahan kolonial Inggris mengangkat Thomas Stamford Raffles menjadi Gubernur jendral Indonesia. Sulit menentukan besar pajak bagi setiap pemilik tanah 3. Pelaksanaan pajak tanah ternyata mengalami kegagalan karena beberapa alasan berikut: 1. . b. Raffles menciptakan pajak tanah dengan pertimbangan bahwa semua tanah adalah milik negara sehingga rakyat harus membayar sewa. Bidang politik : Dalam bidang politik pemerintahan. Sistem ini disebut pajak tanah atau Landrent/landrete.Ketika memegang pemerintahan Raffles melakukan beberapa perubahan di berbagai bidang antara lain: a. Terbatasnya jumlah pegawai Raffles.

Menulis buku History of java 2.c. Menemukan bunga Rafflesia Arnoldi 4. . Merintis Kebun Raya Bogor 3. Menghapus sistem perbudakan Kekuasaan Raffles di Indonesia berakhir setelah ditandatangani Convention of London pada tahun 1814. Jasa-jasa Thomas Stamford ‘Raffles’ selama di Indonesia antara lain berikut : 1. Bidang Ilmu Pengetahuan dan Sosial Budaya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful