You are on page 1of 9

MAKALAH TENTANG WAWASAN SENI SISWA SMA NGORO TAHUN 2012

Nama Kelompok: 1. Kartika Candra Dewi 2. Christian Gahara 3. Lusya Margareta Loga 4. Siti Ilmin Kelas XI Bahasa (09) ( ( ( ) ) )

SMA NEGERI NGORO TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

24 Februari 2012 Tim Penulis ii . baik para siswa maupun pihak lain.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan sedikit dari ilmu-Nya yang Maha Kuasa sehingga laporan ini dapat diselesaikan. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya. diharapkan laporan ini dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan memberikan sumbangsih bagi para pembaca. Penelitian ini mengungkapkan bahwa para siswa membutuhkan dorongan untuk menumbuhkan semangat dalam seni. Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam berkarya seni. Dengan adanya laporan ini diharapkan siswa memiliki pemahaman dan wawasan yang mamadai tentang Wawasan Seni. Jombang. sekolah maupun masyarakat dan kiranya kritik dan saran dari pembaca demi sempurnanya laporan ini di masa yang akan dating sangat penulis harapkan. Dengan selesainya laporan ini tak lupa penulis mengucapkan terimakasih kepada para siswa atas kerjasamanya yang baik. baik lingkungan keluarga.

..............................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL . Cabang-cabang seni .................................................... Pengertian Seni................................................................................................................. Tujuan dan Fungsi Seni ............................................. A.... BAB II LANDASAN TEORI ................. Sifat-sifat dasar seni ...................................................... A......................................................................................................................................................................... i ii iii 1 1 2 2 3 4 5 5 5 iii .................................................................................................................................................................................. BAB I ........... B................................................ KATA PENGANTAR ............ Saran . C.. B......................... DAFTAR ISI ...................................................... A..................................... Kesimpulan ............... BAB III KESIMPULAN DAN SARAN ..........................................

Mengetahui dampak yang menyebabkan menurunnya minat baca bagi siswa SMA Ngoro 3. Metode Penelitian Untuk memperoleh data dan informasiyang dibutukan. Apa factor yang menyebabkan kurangnya minat baca di SMA Ngoro? 2. Meski di setiap sekolah disediakan perpustakaan yang menjadi jembatan mereka untuk menambah ilmu pengetahuan. Teknik wawancara . Tekni penelitian secara langsung . Bagaimana solusi untuk mengembangkan minat baca siswa SMA Ngoro? C.BAB I PENDAHULUAN A. diharapkan siswa cepat bosan dengan keadaan yang buruk ini.Penulis meneliti langsung ke dalam perpustakaan SMA Ngoro 2. tetapi setiap siswa mempunyai alas an yang untuk sekedar masuk. Factor yang menghambat menurunnya minat baca di SMA Ngoro 2. Mengetahui solusi yang tepat untuk meningkatkan minat baca siswa SMA Ngoro D. B. respondennya para siswa SMA Ngoro . Perumusan Masalah Beberapa masalah yang dapat penulis rumuskan yang akan dibahas dalam karya tulis ilmiah : 1. Tujuan Penelitian Secara terperinci tujuan dari penelitian dan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui hal-hal sebagai berikut : 1. Apa dampak dari kurangnya minat baca siswa SMA Ngoro? 3. penulis menggunakan metode penelitian 1. Latar Belakang Masalah Di era sekarang ini kebutuhan para membaca siswa di SMA sangat minim ksekali karena selain minta bca yang kurang rasa ingin tahu para siswa tidak di dukung dengan semangat ingin membaca.Teknik ini dilakukan untuk memperoleh hasil penelitian yang lebih lengkap mengenai masalah yang dibahas.

tujuan penelitian. Waktu Dan Lokasi Penelitian Jangka waktu penelitian 2 minggu Penelitian ini dimulai dariperumusan masalah. perumusan masalah. teori penelitian dan aplikasi teori penelitian dengan objek penelitian Bab III Pembahasan meliputi pengolahan data dan analisis data Bab IV Meliputi kesimpulan dari hasil penelitian dan saran-saran untuk penelitian lanjutan . penelitian. dan penulisan hasil penelitian.3. Sistematika Penulisan Bab I Pendahuluan meliputi latar belakang maslah. waktu. dan lokasi penelitian dan sistematika pernulisan Bab II Landasan teori meliputi deskripsi umum laporan. F. pengolahan data. Study pustaka . pengumpulan data.Penulis meneliti siswa yang berhubungan dengan penulisan karya ilmiah E.

C. . Teori Penelitian Teori ini dilakukan dengan secermat mungkin dengan langsung terjun ke lapangan. Aplikasi Teori Penelitian Dengan Objek Penelitian Peneliti melakukan penelitian dengan cara berwawancara langsung kepada para siswa SMA Ngoro dan mencari data di perpustakaan serta menguraikan kembali analisis yang telah didapat. karna dilihat dari jumlah siswa yang ada seharusnya perpustakaan ang telah ada digunakan oleh semua siswa. B.BAB II LANDASAN TEORI A. Teori ini tidak hanya mencari tahu berapa tingkat membaca siswa akan tetapi dapat menguraikan masalah minat baca siswa. Landasan Teori Dari penelitian yang telah dilakukan jumlah siswa yang berminat membaca di perpustakaan ternyata sangat minim.

BAB III PEMBAHASAN Peneliti melakukan penelitian dengan cara menari data di perpustakaan dan berwawancara langsung kepada para siswa. Jumlah pengunjung perpustakaan pada tahun 2010 / 2011 Bln Jml Jan Feb 1400 800 Mar 600 Apr 600 Mei Juni 1000 100 Juli Agus Sept Okt Nov 1100 1300 800 1000 700 Des 900 Jumlah peminjam perpustakaan SMA Negeri Ngoro pada tahun 2010 / 2011 Bln Jan Kelas X 0 XI 0 XII 0 Feb 454 227 223 Mar 490 104 99 Apr 287 199 98 Mei 575 270 27 Juni 75 36 0 Juli 188 485 488 Agus Sept 322 602 310 295 130 287 Okt 219 391 374 Nov 651 444 540 Des 174 437 255 Hasil penelitian wawancara kelas X. Masalah ini tidak hanya untuk diawasi tapi sangat perlu di atasi. XII Kelas X XI XII Waktu ke perpus Waktu istirahat Waktu istirahat Waktu istirahat Keperluan Santai Meminjam buku Meminjam buku Buku sering dipinjam Novel Buku pelajaran Buku pelajaran. dari hasil tersebut dapat diambil uraian bahwa tidak semua siswa menggunakan perpustakaan untuk membaca. XI. namun demikian tidak semua siswa berprinsip sama. Peneliti mendapatkan bukti langsung dari para siswa yaitu keinginan untuk membaca hanya sepintas. suka . melainkan perpustakaan digunakan hanya untuk meminjam buku dan tidak banyak siswa yang selalu berkunjung ke dalam perpustakaan. Maka dari ituminat baca para siswa amsih harus ditingkatkan lagi. novel Alasan Suka Keperluan kelas Keperluan kelas. Dihitung dari tahun 2011 – 2012 tak banyak siswa yang mengisi daftar hadir perpustakaan.

Kesimpulan & Saran Penulis memiliki hambatan dalam penelitian maka.BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN A. maka masukanmasukan akan sangat di terima oleh penulis untuk memperoleh penulisan karya ilmiah yang semakin sempurna serta dapat meningkatkan wawasan seni . penulis mempunyai harapan agar pembaca dapat mendorong mereka dalam berkarya dan penulis menyadari banyak kekurangan dlam karangan yang ditulis. .

2011.DAFTAR PUSTAKA Aminuddin. . Departemen Pendidikan Nasional. Yudi Irawan. Jakarta: Pusat Perbukuan.