You are on page 1of 2

BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Dressing luka (wound dressings) secara khusus telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Teknologi dalam bidang kesehatan juga memberikan kontribusi yang sangat besar untuk menunjang praktek perawatan luka. Saat ini sudah banyak berkembang metode perawatan luka yang ada di Indonesia, baik perawatan luka modern, metode perawatan luka konvensional, dan lain-lain. Dengan demikian, perawat dituntut untuk mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang adekuat terkait dengan proses perawatan luka. Ketidaktepatan atau ketidaktahuan dalam perawatan luka menjadi penghambat dalam penyembuhan luka itu sendiri. Dalam dunia klinis secara umum akan menjaga kondisi luka dalam keadaan lembab mengingat manfaat kondisi lembab dalam penyembuhan luka. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah aloe vera. Aloe vera memiliki efek melembabkan, anti inflamasi dan merangsang growth factor. Dalam jurnal yang berjudul “Aloe Vera for Treating Acute and Chronic Wounds” membandingkan antara penggunaan aloe vera dengan perawatan luka yang lain.

B. Tujuan Tujuan dari analisis jurnal ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan dressing dengan aloe vera dibandingkan dressing yang lain pada penyembuhan luka.

C. Manfaat Manfaat dari analisis jurnal ini untuk mengetahui hasil-hasil penelitian tentang dressing pada perawatan luka. .