You are on page 1of 9

Pengantar Ilmu Pertanian tentang Domestikasi

DISUSUN OLEH : DIANA UTAMA (05121407022) HANDIKA JAYA P. (05121407023) GESTA KURNIAWAN (05121407024) AMANDA MELA ASMITA (05121407025) RIDHO SEPERINTIS TOORAA (05121407026) HENDRIANSYAH (05121407027) AL-RIDHO FAKHLEVI (05121407028) KHATRYN SILVINA (05121407029)

PRODI

:

S1 AGROEKOTEKNOLOGI (Palembang)

UNIVERSITAS SRIWIJAYA
TAHUN AKADEMIK 2012-2013

Kebanyakan hewan yang telah di domestikasi mengalami perubahan secara morfologis dan fisiologis.Pendahuluan Perubahan kehidupan manusia dari jaman dahulu hingga sekarang sangat terlihat. Hal itu disebabkan karena organ-organ jaringan tertentu yaang kehilangan fungsi aslinya. Sehingga penemuapenemuan fosil tidak bisa kita ketahui apakah itu hewan yang telah di domestikasi atau bukan. Memodifikasi serperti membuat hewan liar menjadi jinak dan memperoleh keuntungan atau manfaat semaksimal mungkin. Perubahan itu memberi dampak besar terhadap resttukturisasi sosial manusia. memanen tumbuhan liar dan memelihara hewan. Semakin besar keinginan maka semakin besar perubahan yang terjadi pada hewan yang di domestikasikan. Domestikasi hewan itu proses dimana hewan liar dijinakan sesuai dengan keinginan yang diharapkan manusia itu sendiri. mulai dari hidup berburu. terluahat dari pesatnya kemajuan domestikasi hewan dan tumbuhan maupun pengembangan pertanian yang berbasis domestikasi. Hewan domestikasi terlihat lebih kalem dibandingkan kerabatnya yang hisup liar. sulit untuk membuktikan kapan tepatnya domestikasi itu mulai terjadi. Domestikasi hewan yaitu proses dimana manusia bisa memodifikasi hewan. 2 . Namun.seperti perubahn morfologis maupun fisiologis. Domestikasi hewan dimulai kurang lebih 10000-15000 tahun yang lalu. Dalam proses domestikasi hewan tidak mempengaruhi terhadap kerangka hewan itu sendiri.

Lingkungan juga turut mempengaruhi perubahan ukuran tubuh hewan selama proses domestikasi. Contoh hewan di kebun binatang . hewan tersebut harus mau dan bisa berkembang biak di tengah-tengah lingkungan manusia dan mampu mempertahankan diri. dan hewan dipelihara untuk pengobatan . Hewan jinak : Hewan di urus oleh manusia tidak berkembang biak merupakan kelompok yang sulit dibedakan dengan hewan liar dalam fisik dan perilaku. Semi Domestik : Hewan semi domestik . Berdasarkan kriteria reduksi ukuran tubuh . Temuan -temuan lain di sekeliling fosil yang mengarah pada pembuktian peradapan manusia dan interaksi antara manusia dengan hewan sangat penting mempelajari domestikasi hewan. 3 . Hewan dikatagorikan menjadi 4 yaitu : Hewan liar : Sekelompok hidup tanpa intervensi dari manusia. muncul konsensu bahwa domestikasi ( ang mulai dengan kambing dan domba) terjadi pada 10000-9500 SM atau kuarang lebih 1000 tahun setelah domestikasi. hewan yang dipelihara dalam suatu kelompok yang relatif besar disuatu lingkungan disiapkan oleh manusia tidak jauh dengan kondisi liar. Peran manusia menyebar luaskan hewan dan tanaman telah didometikasi. Agar suatu spesies hewan dapat di domestikasi. hewanliar dipaksa hidup dibawah kondisi yang diciptakan oleh manusi yang cukup berbeda dengan yang alami oleh mereka di dunia liarnya. Domestikasi hewan adalah proses penjinakan dan adaptasi hewan liar untuk memenuhi kebutuhan ekonomi manusia. Jenis kelamin merupakan faktor utama yang mempengaruhi perubahan tubuh hewan selama proses domestikasi. hewan untuk pertunjukan sirkus . Domestik : Hewan yang dipelihara dan di kembangbiakan di bawah kendali penuh manusia secara turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya berikutnya sehingga secara perlahan mengalami perubahan sifat fisik dan perilaku.Awal mula domestikasi hewan Pada spesies hewan yang diindetifikasi untuk menentukan kapan dan dimana hewanhewan ternak yang ada sekarang domestikasi. Dalam proses domestikasi . Spesis hewan yang berada diyakini telah didometikasi ditempat yang berbeda diwilayah Fertile Crescent yaitu daerah berbentu bulat sabit yang subur di timor tengah.

Seperti herbivora atau omnivora. Domestikasi berbeda dengan penjinakan hewan. Hewan mamalia yang banyak di domestikasi adalah sapi.Pada saat domestikasi berlangsung.Jika hewan jinak masih berbiak di lingkungan alamiahnya atau dunianya dan pada dasarnya hewan y. Kontrak tersebut hakekatny adaah persahabatan antara manusia dengan hewan untuk tujuan yang menguntungkan kedua belah pihak.kambing. manusia akan lebih murah untuk memeliharanya. Domestikasi hewan merupakan hasil dari ”kontrak” yang dlakukan antara manusia dengan hewan liar yang menjadi nenek moyang dari hewan sekarang. Hewan yang mau mengkonsumsi berbagai jenis bahan pangan. khususnya bahan pangan yang tidak di konsumsi oleh manusia. Makanan yang bervariasi Hewan yang di domestikan haruslah hewan yang cukup fleksibel dalam mengkonsumsi makanan. Laju pertumbuhan yang tinggi Hewan yang laju pertumbuhannya lambat tidak cocok untuk didomestikasi karena akanmerugikan bagi yang memelihranya. dan membesarkan hewan karnivora lebh panjang dibandingkan hewan herbivora 2.ang dijinakan masih menginginkan habitat alamiahnya. bagi hewan yang laju pertumbuhannya cepat baikk secara fisik maupun sifat memungkinkan manusia untuk mengembangbiakkannya dan kemudian memeliharanya dalam jangka waktu yang cukup lama.domba. Ada enam hal penting yang menjadi syarat utama terjadinya asosiasi antara manusia dengan hewan melalui proses domestikasi yaitu: 1.kuda dan anjing sedangkan dari golongan unggas adalah ayam.itik.kalkun dan burung dara. mereka di biakkan dalam peternakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Berbeda dengan Hewan Domestik yang tidak lagi memiliki kerabatannya di dunia liar. Sedangkan hewan karnivora makanannya tidak bervariatif karena hanya makan berupa daging segar. 4 . fosil hewan yang digunakan untuk membantu buru dan mengembaa ternak cenderung berukuran lebih besar dan kebanyakan berjenis kelamin jantan karena untuk memperoleh hasil yang maksimal. Sebab.

Hanya memiliki otoritas kedua setelah si jantan. 20000tahun yang lalu. Hewan yang didomestikasi untuk berburu  Spesies berburu iosmetik sekitar 20000-10000 tahun yang lalu. dan butuh pepimppin dari manusia atau pemeliharanya merupakan hewan yang cocok untuk didosmetikasi. Meskipun habitat aslinya bukian dilingkungan manusia modern namun anjing dapat dijinakkan dengan baik didalam lingkungan dan oleh manusia. Contoh : anjing.  Mereka menjadi target buruan dari predator yang berukuran jauh lebih kecil dan lebih lemah yaitu serigala. 5. Seperti zebra yang telah lamaa dan berkali-kali dilakukan percobaan untuk didosmetikasi namun tetap tidak berhasil. Contohnya seperti memelihara anjing disekitar rumah atau didalam kandang. Mampu berbiak dilingkungan terkekang Hewan yang mampu atau dapat bertahan jika dikembangbiakkan dalam lingkungan manusia seperti dalam kandang atau rumah. Struktur sosial Maksudnya adalah hewan yang dapat bekerjasama. 6.3. memiliki kesetiaan. 5 . Serigala memiliki sistem sosial yang lebih berkembang dibanding bison. Tidak mudah panik Hewan yang cenderung panik atau tidak suka akan kedatangan manusia didaerahnya. ini karena zebra memiliki prilaku yang suka menyerang orang didekatnya hingga membunuh. Perangai yang tidak terlalu agresif Syarat lain bagi hewan yang akad didosmetikasi adalah tidak bersifat mambahayakan bagi manusia. Contohnya : kijang dan rusa. namunn sifat yang agresif dan suka menyerang manusia membuatnya membuatnya tidak cocok didosmetikasi. Terdapat banyak jenis hewan yang dapat didosmetikasi jika dilihat dari sisi pertumbuhan yang cepat. hewan berukuran besar bernama bison hidup mengembara berkelompok di wilayah tundra sub artik eropa dan asia. Mampu untuk bekerjasama unuk mengalahkan dan memangsa bison yang lebih besar dan lebih kuat. 4. dalam artian hewan tersebut akan melarikan diri jika ada manusia didekatnya termasuk hewan yang tidak cocok untuk didosmetikasi kkarenaa kurang menarik untuk dipelihara. Ciri khas manusia dan serigala sebagai pemburu atau predator ternyata mirip.

Persahabatan manusia dengan serigala adalah alamiah.  Domestikasi anjing 12000 tahun yang lalu. adanya tulang rahag anjing yang ditemukan di dalam gua di irak sekitar 12000 tahun yang lalu.perhan tersebut merupakan respon terhadap tekanan lingkungan dan hilangnya kesempatan pertemuan antara yang didomestika dengan yang liar . Pertumbuhan rambut. warna. Menghasilkan pupuk. Dijadikan modal untuk berburu dengan cara yang lebih efisien.pada 500-1000 tahunkemudian perubahan itu baru muncul sewktu hewn tersebut dipindahkan dari habitat alaminya (dataran tinggi iran )ke wilayah yang lebih hangat dan lebih kering ( dataran rendah iran). Dan ditemukan tulang belulang domba dalam jumlah banyak dipemukiman shanidar dan irak utara. Pada kondisi tahun 9900 SM belum menujukan adanya reduksi ukurn tubuh ataupun perubahan morfologis lainnya pada proses domestika . gonggongannya. Dan dalam upaya untuk mencari tempat yang segar untuk kondisi tahum 99000 sm. kebiasan dan kekuatan sebagai senjata tambahannya. Srigala struktur hirarki manusia dimana srigala lebih rendah posisinya. Kambing tidak lama dari domestik domba dan ke-2nya menjadi hewan peliharaan standar pada pengembala modern. setelah mati menghasilakan wol untuk pakaiandan tanduk dan tulang untuk senjatan dan lemak untuk lilin Pendekatan aerkologis mengungkapakan bahwa kambing yang didomestika dan dipelihara di wilayah dataran tinggi iran . Domestikasi domba dan kambing Sekitar 9000-7000 sm. Manusia lebih memelihara dan mengurusi. Lukisan mesir kuno pada zaman romawi terdapat banyak jenis anjing. kecantikan dan keanehannya. kecepatan. Selain itu juga memberi manfaat sewaktu hidup. Itu menunjukan bahwa manusia pada zaman itu 6 . Pemuliaan dilakukan selektif. kepatuhannya.   Manusia pada umumnya menyukai anak anjing. Rahang anjing lebih kecil dan giginya juga lebih kecil.penjantannya dipanen sewaktu masih muda sedangkan yang beina dibiarkan hidup lama untuk bereproduksi . memelihara untuk penjilat karena untuk menyembuhkan sakit perut dan sebagai teman ataupun penjaga. ukuran tubuh. Sekitar 12000 SM diwilayah irak utara ditemukan tulang belulang domba ebrumur 2. Sebagai sumber pangan domba di wilayah timur tengah.3 tahun dan bejenis kelamin jantan .

Domestikasi Sapi Sapi dan babi didomestika sekitar tahun 7000 – 6500 SM di wilayah asia barat .kotorannya dapat mejadi pupuk . Sapi merupakan hewan herbivora yang menghasilkan susu .sapi paling signifikan di kehidupan pedesaan karna kekuatan hewan tersebut berguna sebagai tenaga tambahan bagi manusia . Pemburu yang beruntung memperoleh hewan melebihi kebutuhan konsumsi mereka .liar.menerapkan strategi berburu yang mengutamakan domba jantan sedangkan yang betian dibiarkan hidup gar bereproduksi Alasan utama bagi manusia untuk mengembalakan kambing dan domba dalah menjaga ketersedian daging segar . hewan lain lebih sering berkelompok. babi berbeda dengan domba(menghasilkan susu dan bulu ) babi menghasilkan daging . tulang dan tanduk bisa dipakai sebagai senjata . dan sulit dijinakan disbanding domba dan babi . Ukuran lebih besar. hewan tersebut menjadi tidak bermanfaat alas an karena daging akan membusuk jika tidak langsung dikonsumsi . Karena kemadirirannya itu.sedangkan kambing membutuhkan perhatian dan perawatan . Domba juga memiliki manfaat lain selain susu dan daging . Domestikasi Babi Babi didomestika pada 7000 SM di wilayah china .itulah alsan manusia pada zaman dahulu menjadiakn sapi betina sebagai lambang kekuatan . Di alam liar. Memelihara babi juga lebih mudah karna ia dapat mencari makan sendiri di hutan-hutan atau di jalan-jalan . Berbeda dengan berburu yang tergantung pada keberuntungan. dan kulit. sedangkan kucing hidup secara soliter. Domestikasi Kucing Kucing telah didomestikan sekitar 3000 SM.daging. Kucing adalah hewan satu-satunya yang diizinkan tinggal di dalam rumah manusia pemeliharanya. inovasi terpenting dari penggunaan sapi adalah untuk menarik bajak yang sangat berperan penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian .Babi bukanlah ruminansia. 7 . Dari empat hewan ruminansia yang paling umum diternakan . Sebaiknya para pengembala hewan selalu memiliki cadangan hewan hidup untuk daging maupun susu karena mereka dapat memotong hewan sesuia kebtuhan. bulu serta kulitnya bias dijadikan pakaian .

Domestikasi Ayam dan Burung Merpati Dulu hutan-hutan di India dan Asia Tenggara banyak hidup ayam hutan yang berwarna merah hidup.Llama yang ukura lebih besar banyak digunakan sebagai pengangkut beban. Kuda adalah hewan yang memanfaatkan padang rumput yang kurang subur jauh lebih baik dari herbivora lainnya. Di Asia Tengah. Sumber tenaga 2. ayam hutan dipelihara untuk di ambil telur dan dagingnya sekitar 2000 SM. dalam artian ulat sutra tidak bisa hidup secara liar dan sudah tidak diketahui bentuk liarnya. dahulu cuma untuk diambil daging dan susunya saja. kemudian pada abad 16 M dikenalkan kembali oleh Eropa. Domestikasi Anggota keluarga unta yang berukuran kecilyailu llma dan alpaca dari Amerika Selatan didomestikasi lebih dulu sebulum 3000 SM. Alat transportasi Domestikasi Ulat Sutra Sutra tertua diketahui berasal dari Bombyx. Jadi. kedua spesies hampir punah.Diperkirakan jenis ayam domestik yang ada di dunia saat ini merupakan keturunan dari ayam hutan tersebut 8 . Sebagai tunggangan perang 3. ulat sutra merupakan hewan asli Cina didomestikasi sekitar 3000 SM. yaitu: 1. hewan ini sempat punah. kuda didomestikasi untuk tiga hal. kucing bisa memperoleh apa saja dari manusia. Dulu di Amerika. kemudian disadari ternyata kuda bisa dijadikan alat transportasi yang membuat manusia bisa bergerak kesana-kemari berkali-kali lipat lebih cepat. Kucing juga berguna sebagai pengedali hama tikus. pejantan memiliki suara kokokan yang mempesona dan berpenampilan gagah. Manfaat yang dirasakan manusia dalam mendomestikasikan hewan ini hampir sempurna. Domestikasi Kuda Kuda telah didomestikasi sejak kurang lebih 3000 SM.kucing jadi dimanjakan.Bombyx adalah satu-satunya serangga yang telah di domestikasi. sedangkan alpaca banyak dimanfaatkan woll nya.

9 .Domestikasi Lebah Madu Tidak di ragukan lagi pemburu menemukan sarang lebah mengingginkan madunya. tujuan lain diletakkannya di pulau tersebut adalah sebagai cadangan makanan hidup para pelaut. kemudian dibawa kembali oleh orang Inggris ke Amerika dan sisilangkan menjadi kalkun yang ada sekarang. Domestikasi Kelinci Sejak zaman Romawi atau sebelumnya.aka mereka mendapatkan resiko mendapatkan sengatan lebah. Mulai dipelihara suku Aztecs di Meksiko pada abad 14 M yang sebelumnya telah didomestikasi. kelinci juga hama perusak tanaman. manusia memelihara kelinci untuk diambil dagingnya.Domestikasi lebah madu seharusnya lebih cocojk dikatakan sebagai upaya untuk mencari cara yang lebih aman dan lebih nyaman dalam memanen madu. itulah mengapa sampai saat ini kelinci hampir bisa ditemukan di setiap pulau di dunia. membuatnya mampu lolos dari kandang. Dahulu. kelinci diletakkan di pulau-pulau kecil agar aman. Domestikasi Kalkun Kalkun berasal dari Amerika Tengah dan Utara. .Titik balik dari domestik lebah madu adalah penemuan diman segerombolan lebah madu dapat dibujuk untuk masuk ke sarang khusus yang dirancang oleh manusia untuk kenyamanan dan keamanan dalam mengumpulkan madu. Karena kemampuan kelinci membuat lubang di tanah. Kalkun dibawa ke Eropa oleh orang Spanyol pada abad 16 M.