You are on page 1of 8

LAPORAN PASRAMAN KILAT AGAMA HINDU

DISUSUN OLEH KELAS : X.F

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012-2013

PENUTUP

sebagai upaya untuk mencapai persatuan antara atma dengan Brahman B.A. Cuntaka sama dimaksud dengan sebel atau dalam keadaan kotor. Cuntaka terdiri dari dua macaam yaitu : Cuntaka karena diri sendiri dan Cuntaka karena orang lain. KESIMPULAN 1. . Sembahyang adalah salah satu jalan untuk mendekatkan diri kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. 4.dan saat kita cuntaka kita dilarang untuk memasuki halaman tempat suci. 3.Dari pelajaran ini kita sebagai umat Hindu mengetahui dimana saja kita bias menempatkan diri kita agar kita bisa menjadi umatnya yang baik.Sad ripu terdiri dari : 1) Kroda 2) Kama 3) Lobha 4) Moha 5) Mada 6) Matsarya 2.selalu memohon ampunannya. Daksina adalah symbol dari Ida Sang Hyang widhi Wasa. Sad Ripu adalah enam macam musuh yang ada dalam diri kita yang harus kita kendalikan. SARAN Agar kita sebagai umat Hindu mendekatkan diri kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan menjaukan larangannya.

Diubah oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1988.VI Tahun 2000 tentang Pemisahan TNI dengan POLRI. tantangan dan hambatan baik yang datang dari luar maupun dari dalam. Pembelaan negara adalah tekad. Bagi warganegara Indonesia.Tap MPR No. Tap MPR No. serta kesadaran hidup berbangsa dan bernegara.20 tahun 1982 tentang Ketentuan Pokok Hankam Negara RI.Dasar hokum dan peraturan tentang wajib bela negara 1. Tap MPR No.3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. dengan meyakini Pancasila sebagai dasar negara serta UUD 1945 sebagai pijakan konstitusi negara. . 6. Undang-Undang No. upaya pembelaan dilandasi oleh kecintaan pada tanah tumpah darah yakni wilayah Nusantara yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. 2. 7. Undang-Undang No." Jadi sudah pasti mau tidak mau kita wajib ikut serta dalam membela negara dari segala macam ancaman.VI Tahun 1973 tentang konsep wawasan nusantara dan keamanan Nasional. . serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. terutama kesadaran bela negara akan terwujud dalam sikap dan perilakunya bila ia dapat merasakan bahwa konsepsi demokrasi dan hak asasi manusia sungguh–sungguh merupakan sesuatu yang paling sesuai dengan kehidupannya sehari–hari. 4. sikap dan tindakan warganegara yang teratur. keutuhan wilayah Nusantara dan yuridiksi nasional. 3. menyeluruh." dan " Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang. persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. 5. gangguan. Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 pada pasal 30 tertulis bahwa "Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Amandemen UUD '45 Pasal 30 dan pasal 27 ayat 3. Undang-Undang No. terpadu dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan terhadap tanah air.VII Tahun 2000 tentang Peranan TNI dan POLRI. Disamping itu pula pembelaan negara juga didasari oleh kesadaran berbangsa dan bernegara. Wujud dari upaya bela negara adalah kesiapan dan kerelaan warganegara untuk berkorban demi mempertahankan kedaulatan negara.29 tahun 1954 tentang Pokok-Pokok Perlawanan Rakyat.Kewajiban Bela Negara Bagi Semua Warga Negara Indonesia Hak dan kewajiban warga negara.

PMR dan Pramuka. 3. laut. 4. tantangan. Membela negara tidak harus dalam wujud perang tetapi bisa diwujudkan dengan cara lain seperti : 1. 2. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama satu sama lain tanpa terkecuali.Cra yang paling tepat bagi warga Negara dalam menggunakan hak dan kewajiban adalah sebagai berikut : 1. Pengrusakan lingkungan.Sedangkan kewajiban adalah keharusan untuk melakukan sesuatu.tanpa diseimbangkan dengan hak.Tidak mengutamakan hak. 3. Berikut ini adalah beberapa contoh hak dan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia. Ikut serta dalam mengamankan lingkungan sekitar (seperti siskamling) 2.sehingga tercipta kehidupan yang selaras. Gerakan separatis pemisahan diri membuat negara baru. -Beberapa jenis / macam ancaman dan gangguan pertahanan dan keamanan negara : 1. Kejahatan dan gangguan lintas negara. Ikut serta membantu korban bencana di dalam negeri 3.dan seimbang. udara dan luar angkasa.serasi.Melaksanakan kewajiban dan hak secara seimabng.Tidak hanya menjalankan kewajiban saja. Namun biasanya bagi yang memiliki banyak uang atau tajir bisa memiliki tambahan hak dan pengurangan kewajiban sebagai warga negara kesatuan republik Indonesia. Persamaaan antara manusia selalu dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari.sehingga cendrung dapat mengabaikan kewajibannya. 2. Mengikuti kegiatan ekstraklurikuler seperti Paskibra.Hak adalah kewenangan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. 6. 5. Sebagai warga negara yang baik sudah sepantasnya kita turut serta dalam bela negara dengan mewaspadai dan mengatasi berbagai macam ATHG / ancaman. Belajar dengan tekun pelajaran atau mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan atau PKn 4. hambatan dan gangguan pada NKRI / Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti para pahlawan yang rela berkorban demi kedaulatan dan kesatuan NKRI. Pelanggaran wilayah negara baik di darat.Dengan hak dan kewajiban yang sama setiap orang Indonesia tanpa harus dikomando dapat berperan aktif dalam melaksanakan bela negara. Aksi kekerasan yang berbau SARA. Terorisme Internasional dan Nasional. HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA Usaha pembelaan Negara merupakan hak dan kewajiban warga Negara. .

.A. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hokum. 2. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara. 6. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran. 7. 3. serta dijalankan dengan sebaik-baiknya. 4. Setiap warga negara berkewajiban taat. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh. 5. Contoh Hak Warga Negara Indonesia 1. 3. berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku. hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh. 5. Setiap warga negara bebas untuk memilih. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat. B. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda). Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia 1. tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia. 4. memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan. 2.

aman dan sejahtera. maka kita juga harus menenuaikan kewajiban kita kepada negara seperti: membela negara. jika hak-hak sebagai warga negara telah kita terima. maksudnya dikala hak-hak kita sebagai warga negara telah didapatkan. negeri ini akan maju dan penuh dengan keadilan. Sehingga. B. Begitu juga sebaliknya. ikut andil dalam mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif yang bisa memajukan bangsa ini. Sedangkan Kewajiban adalah Sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Pasal 31 (1) : Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran.SARAN Dengan ditulisnya makalah yang menjelaskan tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara Sebagai Anggota Masyarakat ini. kita bisa memperjuangkannya. semoga kita semua bisa benar-benar memahami tentang apa yang seharusnya kita dapatkan sebagai warga negara di negeri ini. Pasal 30 (1) : Tiap-tiap warga negara berhak ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Pasal 27 (1) : Segala Warga negara.. . Warga Negara adalah penduduk yang sepenuhnya dapat diatur oleh Pemerintah Negara tersebut dan mengakui Pemerintahnya sendiri. di UndangUndang Dasar juga terdapat di dalamnya tentang kewajiban-kewajiban kita warga negara sebagai anggota masyarkat. Di samping adanya pasal-pasal yang menyebutkan tentang hak-hak warga negara. Dengan demikian.PENUTUP A. kemakmuran. Pasal 30 (1) : Tiap-tiap warga negara berhak ikut serta dalam usaha pembelaan negara.. jika ada hak-hak yang belum kita dapatkan. adapun bunyinya sebagai berikut:. Kedua harus menyatu. maka sepatutnya kita menjalankan kewajiban kita sebagai warga negara..wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya..KESIMPULAN Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa : Hak adalah Sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri. Hak-Hak kita warga negara sebagai anggota masyarakat telah tercantum dalam Undang-Undang Dasar sebagai berikut: Pasal 27 (2) : Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupannya yang layak bagi kemanusiaan.

LUH MADE ITA PURWANI 4.TUGAS PKN TENTANG KEWAJIBAN BELA NEGARA BAGI WARGA NEGARA D I S U S U N O L E H NAMA : 1.NI KADEK ARIANTINI 5.ANITA FEBRIANI 2.EVA FATIMAH 3.NI WAYAN DIAN TURI LAKSMI 8.TINI HELAWATI .SUCIATI 9.NI LUH AYU APRILIANI 7.NI KOMANG WIWIEK WIDYASTITI 6.