Dwi Rian Setianto 1006659666

yaitu Philos yang berarti cinta (loving) dan Sophia yang berarti pengetahuan (wisdom.   . dan terdiri dari dua kata. filsuf muslim terbesar sebelum Ibn Sina berkata: “Filsafat itu ialah ilmu pengetahuan tentang alam yang maujud dan bertujuan menyelidiki hakekatnya yang sebenarnya”. hikmah) Plato : Filsafat itu tidaklah lain daripada pengetahuan tentang segala yang ada Al Farabi. berasal dari bahasa Yunani yakni Philosophia yang berarti „cinta kepada pengetahuan‟.

 Filsafat Islam adalah pembahasan meliputi berbagai soal alam semesta dan bermacam masalah manusia atas dasar ajaran-ajaran keagamaan yang turun bersama lahirnya agama Islam Hakekat Filsafat Islam ialah aqal dan al-Quran Aqal yang memungkinkan aktivitas itu menjadi aktivitas kefilsafatan dan al-Quran juga menjadi ciri keislamannya   .

manusia dan kebudayaan  . baik yang material maupun yang ghaib Dalam hubungan ini objek kajian Filsafat Islam dalam tema besar adalah Tuhan. Objek Filsafat Islam ialah objek kajian filsafat pada umumnya yaitu realitas. alam.

 Tujuan mempelajari filsafat Islam ialah mencintai kebenaran dan kebijaksanaan Manfaat mempelajarinya ialah : 1. Dapat memberikan kebiasaan dan kepandaian untuk melihat dan memecahkan persoalan  . Dapat menolong dan menididk. menbangun diri sendiri untuk berfikir lebih mendalam dan menyadari bahwa ia mahluk Tuhan 2.

 Pada saat ini. yang datang dari pandangan ilmiah-filosofis Barat yang bersifat sekuler Berbagai teori ilmiah. psikologi. dari berbagai bidang. dan sosiologi telah menyerang pondasi-pondasi kepercayaan agama  . fisika. biologi. umat Islam telah dilanda berbagai persoalan ilmiah filosofis.

kehadiran Tuhan dalam pandangan ilmiah hanyalah menempati posisi hipotesa. karena alam telah bisa dijelaskan secara ilmiah tanpa harus merujuk kepada Tuhan . Bagi Laplace. saat ini saintis tidak memerlukan lagi hipotetsa tersebut. Dan ia mengatakan.

yang ia sebut sebagai seleksi alamiah (natural selection). Menurutnya hewan-hewan harus bertransmutasi sendiri agar ia dapat tetap hidup. dan tidak ada kaitannya dengan Tuhan . Menurut Darwin munculnya spesies-spesies hewan adalah karena mekanisme alam sendiri.

filsafat Islam bisa bertindak sebagai pembela atau tameng bagi agama. dengan cara menjawab serangan sains dan filsafat modern terhadap agama secara filosofis dan rasional  . Filsafat bisa kita jadikan sebagai mitra atau pendukung bagi agama Dalam keadaan dimana agama mendapat serangan yang gencar dari sains dan filsafat modern.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful