80 Persen Produk Makanan Ditolak karena Faktor Kebersihan Kategori: Lainnya Republika OnLine » Breaking News » Ekonomi

May 23, '10 11:06 PM untuk semuanya

Selasa, 22 Juli 2008, 17:05 WIB Smaller Reset Larger BOGOR - Sekitar 80 persen produk makanan Indonesia yang ditolak di pasar internasional dikarenakan faktor kebersihan, kata Kepala Pusat Pengembangan Ilmu dan Teknologi Pertanian dan Pangan Asia Tenggara (Seafast) Institut Pertanian Bogor, Dr Ir Purwiyatno Hariyadi. "Sebanyak 80 persen yang ditolak karena jorok, baik untuk produk semi olahan maupun produk olahan," kata Purwiyatno usai open house Seafast IPB di Bogor, Selasa. Jenis produk yang ditolak beragam mulai dari udang beku hingga sambal dalam botol. Oleh karena itulah, kata dia, perlu diterapkan good manufacturing practises atau proses produksi yang baik agar tidak terjadi penolakan. Seringkali karyawan pabrik menyepelekan perlunya mengenakan sarung tangan, penutup mulut dan hidung atau penutup kepala saat proses produksi. "Akibatnya, ada produk-produk makanan yang ditolak karena ada rambut atau kuku di dalamnya," kata dia. Faktor kurangnya kebersihan dalam proses produksi juga menyebabkan makanan cepat rusak serta keracunan bagi manusia. "Sebanyak 80 persen kasus akibat makanan disebabkan oleh penularan dari manusia," kata dia. Ia mencontohkan, buruh pabrik pengolah makanan seringkali memaksakan diri untuk tetap bekerja meski sedang sakit, sehingga tanpa disadari ia juga menularkan penyakit melalui produk makanan tersebut. "Belum lagi kalau tangannya yang kotor ikut pegang makanan," kata dia. Mengutip data Departemen Kesehatan, Purwiyatno mengatakan, rata-rata angka keracunan makanan di Indonesia mencapai 15.200 orang per tahun. Angka tersebut bisa lebih tinggi lagi karena banyak kasus yang tidak dilaporkan. "Dari satu kasus keracunan yang dilaporkan, angka riil (kasus keracunan) bisa mencapai 100 kasus karena yang 99 tidak dilaporkan. Ini seperti fenomena gunung es," jelas dia. ant/is Kata kunci: pangan
Dampak :

Tidak sedikit yang dipicu serpihan bangkai kecoa. Food and Drug Administration (FDA) atau badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat juga memiliki batas aman untuk kontaminasi bangkai serangga. makaroni. migrain hingga serangan asma. Pada percobaan tikus yang diberikan epicatechin. Sebenarnya tidak selalu kecoa. tapi ada level aman yang masih bisa ditoleransi. namun cemaran itu bisa memicu reaksi alergi bagi yang memiliki sensitivitas tinggi terhadapnya. yang mencemari hampir setiap batang coklat yang dipasarkan. Beatrice Golomb. "Hampir semua makanan mengalami kontaminasi secara alamiah. biasanya dokter bisa mengatasinya dengan antialergi. . namun tidak semua benar-benar dipicu oleh kandungan asli biji coklat. Menurut Dr Teich. menunjukkan terjadinya kenaikan oleh gerak dan komposisi otot berubah. mengatakan. Meski bagi kebanyakan orang tidak berbahaya. salah satu antioksidan coklat. Namun bagi yang memiliki alergi kecoa dan serangga lain tetapi masih ingin mengonsumsi coklat. Namun penggunaan pestisida diyakini memberi dampak jauh lebih buruk daripada alergi serangga. Coklat juga bukan satu-satunya produk makanan yang secara alami bisa tercemar oleh bangkai kecoa dan serangga lainnya. Dr Morton M Teich mengatakan di setiap potongan (1 bar) coklat ditemukan rata-rata 8 serpihan tubuh serangga. mulai dari gatal-gatal. Publikasi ini sepekan pasca jurnal Archives of Internal Medicine mengatakan. Dr Teich menyebutkan. Menghindari kontaminasi bangkai serangga dalam makanan seperti coklat menurut Dr Teich hampir tidak mungkin dilakukan kecuali petani menggunakan lebih banyak pestisida. keju dan bahkan popcorn atau berondong jagung juga banyak yang tercemar serpihan serangga. maka suatu produk masih dikategorikan aman. Meski kaya dengan kalori. Seorang ahli alergi dari New York City." kata Dr Teich seperti dikutip dari ABC News. tetapi salah satu yang paling sering ditemukan adalah bangkai kecoa. diduga mampu menaikkan massa otot sekaligus mengurangi berat tubuh.Di Setiap Potongan Coklat Ternyata Terdapat Serpihan Bangkai Kecoa Beberapa orang mengalami alergi saat makan coklat. Catechins. peneliti meyakini ada suatu zat di dalam coklat yang bisa membantu menguruskan seseorang yang memakannya. zat antioksidan yang ada dalam coklat menjadi pemicu kurusnya badan. Senin (2/4). Reaksi alergi yang ditimbulkan bisa bermacam-macam. Alergi ini sering tidak terdeteksi. zat yang ada di coklat hitam. sebab reaksinya tidak muncul ketika dokter melakukan tes alergi dengan kandungan asli coklat. mentega kacang. sedikit coklat yang dikonsumsi rutin selama seminggu bisa membuat kurus dibanding orang yang jarang makan coklat. dari Universitas California di San Diego. Asal tidak lebih dari 60 serpihan di setiap 100 gram coklat. kram.

Coklat dikenal punya banyak khasiat. Di antaranya menguatkan jantung. menormalkan tekanan darah. dan menurunkan kadar kolesterol. meingkatkan sensitivitas insulin. kebanyakan coklat di pasaran kerap ditambahkan dengan gula dan lemak. Akhirnya. jika mengonsumsinya berlebih justru menjadikan tubuh tidak sehat. Tapi perlu diingat. Jenis coklat hitam salah satunya yang direkomendasikan karena masih punya kandungan coklat lebih banyak .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful