RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) TEMATIK

Nama Sekolah Tema

:SDN Karanganyar IV :Pekerjaan

Kelas/Semester :III / 1 Alokasi Waktu : 3 Minggu

A. Standar Kompetensi PKn 

2. Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.

IPS 

1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.

IPA  1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup. Matematika  1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka. Bahasa Indonesia  Berbicara 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran.

B. Kompetensi Dasar PKn  2.1 Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. IPS  1.3 Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah. IPA  1.3 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olahraga.

Matematika  1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.

Bahasa Indonesia  3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi PKn 1. Menjelaskan pengertian norma. 2. Mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat. 3. Menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat. IPS 1. 2. Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari Membuat denah SD Assyifa dilengkapi dengan rencana penghijauan

3. Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin 4. Membaca denah rumah siswa dan SD Assyifa. 5. Membuat peta dari rumah siswa ke SD Assyifa. 6. Membaca peta dari rumah siswa ke SD Assyifa. IPA 1. Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar. 2. Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengamatan. 3. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia. 4. Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan. 5. Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh. 6. Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan. Matematika 1. Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka. 2. Melakukan pembagian tiga angka. 3. Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian. 4. Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian. 5. Memecahkan soal cerita perkalian dan pembagian. Bahasa Indonesia 1. Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat.

D. Tujuan Pembelajaran PKn 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian norma. 2. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat. 3. Siswa dapat menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat. IPS 1. Siswa dapat menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari. 2. Siswa dapat membuat denah SD Assyfa dilengkapi dengan rencana penghijauan. 3. Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angina.

4. Siswa dapat membaca denah rumah siswa dan SD Assyfa. 5. Siswa dapat membuat peta dari rumah siswa ke SD Assyfa. 6. Siswa dapat membaca peta dari rumah siswa ke SD Assyfa. IPA 1. Siswa dapat mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar. 2. 3. Siswa dapat menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengamatan. Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia. 4. Siswa dapat menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan. 5. Siswa dapat menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh. 6. Siswa dapat menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan.

Matematika 1. Siswa dapat melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka. 2. Siswa dapat melakukan pembagian tiga angka. 3. Siswa dapat mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian. 4. Siswa dapat mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian. 5. Siswa dapat memecahkan soal cerita perkalian dan pembagian. Bahasa Indonesia 1. Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat E. Karakter Siswa yang Diharapkan : 1. Disiplin 2. Tekun 3. Tanggung jawab 4. Ketelitian 5. Kerja sama 6. Toleransi 7. Percaya diri 8. Keberanian

F. Materi Pokok PKn  Norma yang berlaku di masyarakat IPS  Denah dan peta IPA  Perubahan pada makhluk hidup Matematika  Perkalian dan Pembagian Bahasa Indonesia  Membaca Nyaring

G. Pendekatan, Media, dan Metode Pembelajaran a. Pendekatan : Pembelajaran Terpadu b. Model c. Metode : Tematik : Ceramah, demonstrasi , pengamatan, diskusi dan tanya jawab.

H. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Pendahuluan a. Salam sebagai pembukaan pelajaran b. Mengadakan absensi dan do’a c. Penyampaian tujuan pembelajaran d. Dengan tanya jawab, guru mengecek kemampuan pengetahuan awal siswa. e. Guru membangkitkan motivasi siswa untuk memahami pentingnya sumber daya alam bagi kehidupan manusia.

2. Kegiatan Inti Minggu I  Pertemuan pertama : 6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: IPA  Meminta siswa mengamati photo seorang anak dari usia balita hingga dewasa, siswa diminta menjelaskan perubahan yang terjadi dari usia balita hingga dewasa.  Setelah itu guru menanyakan bagaimana perbedaannya dan meminta siswa untuk menuliskannya di depan pada tabel yang telah dibuat oleh guru PKn  Siswa diajak untuk mengamati gambar pada hal. 24-25 tentang contoh penerapan norma di masyarakat.  Guru menyakan bagaimana pendapat siswa tentang gambar yang telah diamati.  Guru menjelaskan pengertian norma, yaitu aturan-aturan yang digunakan sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat. MATEMATIKA  Guru menunjukan tabel perkalian  Guru meminta siswa untuk melakukan perkalian yang hasilnya bilangan 2 angka dan menuliskannya di papan tulis.  Guru membagikan LKS tentang perkalian bilangan yang hasilnya tiga angka  Guru mengajak siswa untuk melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan menuliskanya di LKS yang telah disediakan.  Pertemuan Kedua : 6 X 35 menit (IPS,Bahasa Indonesia, Matematika) IPS  Guru menunjukan gambar denah sekolah Assyifa  Guru menanyakan kepada siswa tentang manfaat dari denah.  Guru menjelaskan beberapa manfaat dari denah.  Siswa menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari.

BAHASA INDONESIA  Guru menuliskan beberapa manfaat dari denah yang telah dijelaskan oleh siswa  Lalu guru meminta siswa membacanya apa yang telah guru tuliskan dengan suara dan lafal juga intonasi yang tepat. Pertemuan Ketiga : 6 X 35 menit (IPA,PKN , Matematika) PKN  Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca bacaan tentang berbagai norma yang berlaku di masyarakat halaman 24 sampai 25.  Guru melakukan tanya jawab mengenai pengertian dan contoh setiap norma pada bacaan tersebut.  Guru meminta siswa untuk mencontohkan beberapa norma yang berlaku dimasyarakat di depan teman sekelasnya IPA  Guru menunjukkan grafik di dalam KMS pada minggu sebelumnya.  Guru meminta siswa menyerahkan KMS yang dibawa siswa,  Kemudian guru menggambarkan grafik tinggi dan berat badan seperti yang ada di dalam KMS siswa. MATEMATIKA  Guru meminta siswa untuk menuliskan bilangan angka yang ada pada grafik tinggi dan berat masing-masing.  Guru mengajak siswa untuk mengubah data tersebut ke dalam bentuk perkalian.  Guru menanyakan kepada siswa grafik siapa saja yang hasil perkaliannya menghasilkan bilangan tiga angka.  Guru meminta siswa untuk menunjukan hasil kerjanya di depan teman sekelasnya.

 Pertemuan Keempat : 4 X 35 menit (IPS, B.Indonesia,) IPS  Guru menunjukan gambar lingkungan yang bersih dan tertata rapih dan gambar yang sebaliknya  Guru menanyakan perbedaan dari kedua gambar tersebut.  Guru meminta salah satu siswa untuk menuliskannya di papan tulis.  Guru menjelaskan cara membuat denah SD Assyifa  Guru meminta siswa untuk membuat denah rumah masing-masing dan menuliskan deskripsisnya. BAHASA INDONESIA  Guru meminta siswa untuk membacakan hasil dari pembuatan denah rumah juga hasil deskripsisnya  Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil kerjanya.  Lalu siswa an hasil kerjanya tersebut dengan suara dan lafal juga intonasi yang tepat. Minggu Ke II  Pertemuan pertama : 6 X 35 menit (IPA, PKn, Matematika) IPA  Guru membagi siswa kedalam 5 kelompok secara heterogen.  Guru membagikan Lembar Kerja kepada masing-masing kelompok.  Berdiskusi tentang pertumbuhan dua orang anak yang berbeda tingkat kesehatannya. Permasalahan yang perlu didiskusikan : 1. Bagaimana pertumbuhan anak yang sakit? 2. Bagaimana pertumbuhan anak yang sehat? 3. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi kesehatan anak? 4. Pola makan bagaimana yang paling baik agar tumbuh sehat?  Guru meminta siswa untuk menuliskannya dan hasilnya dikumpulkan sesuai kelompoknya.

PKn  Guru menjelaskan pendapatnya tentang jalannya diskusi.  Guru menanyakan pendapat siswa tentang jalanya diskusi.  Guru meminta salah satu siswa untuk mengemukakan pendapatnya tentang jalanya diskusi dan menanyakannya apakah menemukan beberapa norma pada jalannya diskusi tersebut.  Guru meminta siswa untuk menuliskannya di papan tulis pada tabel yang telah disiapkan oleh guru.  Lalu guru menjelaskan beberapa norma yang telah dituliskan oleh siswa yaitu norma yang berlaku dimasyarakatberlaku di masyarakat, yaitu: a) Norma agama b) Norma kesusilaan  Guru meminta siswa untuk menuliskan rangkuman dari penjelasannya. MATEMATIKA  Guru membacakan cerita tentang norma yang berlaku dimasyarakat yaitu tentang prilaku masyarakat ketika melakukan transaksi belanja.  Guru meminta siswa untuk menuliskan cerita di dalamnya tentang jual beli tersebut dan menuliskan beberapa angkanya.  Lalu guru meminta siswa untuk melakukan pembagian bilangan tiga angka.  Pertemuan kedua : 6 X 35 menit (IPS, Bahasa Indonesia, Matematika) IPS  Guru membagikan kembali hasil kerja siswa minggu lalu yaitu tugas membuat denah rumah masing-masing.  Guru membagi siswa kedalam 5 kelompok secara heterogen.  Guru meminta siswa untuk membuat denah Assyifa yang dilengkapi dengan rencana penghijauan.  Siswa secara berkelompok membuat denah SD Assyifa dilengkapi dengan rencana penghijauan.  Guru meminta untuk menunjukan hasil kerja kelompoknya kepada teman sekelasnya.

BAHASA INDONESIA  Guru meminta siwa untuk membacakan salah satu hasil dari kerja kelompok temanya dan memintanya untuk membacakannya di depan kelas.  Lalu guru meminta siswa membacanya apa yang telah guru tuliskan dengan suara dan lafal juga intonasi yang tepat. MATEMATIKA  Guru menunjukan beberapa hasil kerja kelompok siswa  Guru meminta siswa untuk menghitung ada berapa lembar hasil kerja kelompok siswa yang tadi telah ditunjukannnya.  Guru mengajak siswa untuk menghitung jumlahnya dan mengubahnya ke dalam bentuk perkalian.  Lalu guru mengajak siswa mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian.  Pertemuan Ketiga : 6 X 35 menit (IPA,PKN , Matematika) IPA  Guru membagikan kembali hasil diskusi kelompok pada pertemuan sebelumnya tentang dua orang anak yang berbeda tingkat kesehatannya.  Guru meminta siswa untuk menunjukan perbedaannya  Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya PKN  Siswa secara aktif mengungkapkan pendapatnya masing-masing kepda teman sekelasnya.  Guru menunjukan kepada siswa beberapa norma yang harus diterapkan saat orang lain sedang mengungkapkan pendapatnya di depan kelas yaitu a. Norma kesopanan b. Norma kebiasaan  Guru meminta siswa untuk berlaku sopan saat mengumukakan pendapatnya.  Guru memint siswa untuk bersikap santun pada baik kepada teman sebangkunya maupun teman sekelasnya dan mengajak siswa untuk menjadikan norma tersbut sebagai kebiasaan yang akan melekat pada pribadinya.

MATEMATIKA  Lalu guru mengajak siswa ke salah satu temapat perbelanjaan dan meminta siswa untuk mempraktekan norma kesopanan dan kebiasaan tersebut di luar kelas.  Guru membagi siswa sesuai kelompoknya masing-masing  Guru mengajak siswa untuk membeli salah satu barang kesukaanya.  Siswa membeli beberapa kebutuhannya dengan memakai uang kas kelas.  Guru meminta siswa menuliskan barang apa saja ynag dibelinya dan berapa harganya.  Guru mengajak siswa untuk mengubah angka yang terdapat pada harga barang tersebut ke dalam bentuk perkalian.  Guru mengajak siswa mengubah bentuk perkalian tersebut kedalam bentuk pembagian.  Guru meminta hasil kerja kelompoknya ditukar dengan kelompok lain  Guru mengajak siswa untuk melakukan pengubahan bilangan dari pembagian menjadi perkalian.  Pertemuan Keempat : 4 X 35 menit (IPS, B.Indonesia,) IPS  Guru membagikan kembali hasil kerja siswa pada pertemuan sebelumnya tentang pembuatan denah sekolah Assyifa dan rencana penghijauannya juga denah rumah masing-masing.  Guru menunjukan peta indonesia.  Guru meminta siswa untuk menemukan arah mata angin yang terdapat pada peta.  Guru menunjuk salah satu siswa untuk menujukan arah utara, barat, selatan dan timur dengan benar.  Guru mengajak siswa untuk melengkapi hasil kerja siswa dengan membuat arah mata angin.  Siswa membuat arah mata angin pada denah sekolah Assiyfa  Siswa membuat arah mata angin pada denah sekolah Assiyfa

BAHASA INDONESIA  Guru mengajak siswa untuk membacakan hasil kerjanya di depan teman sekelasnya.  Lalu guru meminta siswa membaca hasil kerjanya dengan suara dan lafal juga intonasi yang tepat.

Mingu Ke III  Pertemuan pertama : 6 X 35 menit (IPA, PKn, Matematika) IPA  Guru menunjukan gambar beberapa makanan sehat juga buah-buahan.  Guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok secara heterogen.  Siswa secara berkelompk diminta mencari informasi tentang bermacammacam vitamin dan komponen kandungan gizi dan bahan makanan yang mengandung vitamin tersebut.  Guru meminta siswa untuk menuliskan hasil kerjanya pada LKS yang telah dibagikan pada setiap kelompoknya yang mencangkup tentang informasi macam-macam vitamin, akibat yang dihasilkan pada tubuh, akibat yang dihasilkan pada petumbuhan badan juga manfaat lain yang akan dihasilkan oleh vitamin dan kandungan komponen gizi tersebut tersebut.  Guru menyimpulkan hasil kerja siswa dan menjelaskan tentang pentingnya makanan sehat yang memilki gizi seimbang. PKN  Guru membacakan cerita tentang kasus anak yang memilki gizi buruk.  Guru meminta pendapat siswa tentang cerita tersebut.  Guru menjelaskan bagaimana hukum di Indonesia yang sering terjadi pada masyarakat miskin tentang masyarakat miskin yang tidak memilki biaya untuk berobat dan tidak diperbolehkan untuk berobat sehingga pada akhirnya menjadi korban dari dari kemiskinannya.  Guru meminta siswa untuk menjelaskan norma yang apa yang seharusnya berjalan pada kasusu tersebut.  Guru menjelaskan pada siswa tenyang norma hukum dalam masyarakat.  Siswa dipinta untuk menuliskan rangkuman dari cerita tersebut

MATEMATIKA  Pada cerita tersebut guru menyebutkan berapa besar biaya yang dibutuhkan oleh penderita kurang gizi tersebut untuk bisa dirawat di rmah sakit.  Guru meminta siswa menyebutkan bereapa biaya tersebut dan menulisnkannya di papan tulis.  Guru mengajak siswa untuk membagi jumlah biaya tersebut oleh angka 3.  Lalu Guru mengajak siswa untuk kedalam bentuk perkalian.  Pertemuan kedua : 6 X 35 menit (IPS, Bahasa Indonesia, Matematika) IPS  Guru membagikan hasil kerja siswa pada pertemuan sebelumnya tentang cara membuat denah rumah siswa dan SD Assiyfa.  Guru meminta siswa untuk membaca denah rumah siswa dan SD Assiyfa.  Siswa membaca denah rumah siswa dan SD Assyifa.  Guru menunjukam peta dari rumahnya ke SD Assiyfa.  Guru menjelaskan cara membuta peta tersebut  Siswa membuat peta dari rumah siswa ke SD Assyifa. BAHASA INDONESIA  Guru meminta membacakan hasil kerjanya.  Lalu guru meminta siswa membaca hasil kerjanya dengan suara dan lafal juga intonasi yang tepat. MATEMATIKA  Guru mengajak siswa untuk memperkirakan berapa jarak dari rumah ke SD Assyifa pada peta yang telah dibuatnya.  Guru mengajak siswa menuliskan data berapa saja jarak yang telah diperkirakan dalm sebuah tabel yang telah disiapkan oleh guru di papan tulis.  Guru mengajak siswa mengubah data tersebut kedalam bentuk pembagian. mengubah bentuk pembagian tersebut

 Lalu guru meminta siswa untuk mengubah data yang telah diubah ke dalam bentuk pembagian tersebut di bagi lagi 3 dan dikalikan 3 sehingga data tersebut berubah menjadi bentuk hasil perkalian.  Pertemuan Ketiga : 6 X 35 menit (IPA,PKN , Matematika) IPA  Guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok secara heterogen.  Guru mengajak siswa untuk membeli makanan disekitar lingkungan sekolah.  Setelah perkelompok mendapatkan makan yang telah dibeli guru mengajak kembali siswa ke dalam kelas.  Guru menunjukan gambar beberapa makanan yang mamakai bahan zat aditif dan pengaruhnya terhadap proses pertumbuhan juga pada tubuh.  Guru mengajak siswa untuk Siswa menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zat aditif) terhadap tubuh.  Guru meminta siswa menuliskan hasilnya dalam LK yang telah diberikan sesuai kelompoknya masing-masing.  Guru menjelaskan bagaimana cara hidup sehat dengan berolahraga, rekreasi dan istirahat yang cukup.  Guru menanyakan kebiasaaan para siswa untuk hidup sehat.  Guru meminta siswa untuk menemukan hubungan antara olahraga, rekreasi dan istirahat yang akan berdampak pada kesehatan tubuh, dan menuliskannya pada LK perkelompok. PKN  Guru menanyakan tentang kehidupan bermasyarakat di lingkungan sekitar siswa  Siswa diminta untuk menemukan norma apa saja yang berlaku di lingkungannya dan menuliskannnya di buku masing-masing. MATEMATIKA  Guru membagikan soal cerita tentang kehidupan bermasyarakat salah satunya tentang jual beli  Guru mengajak siswa memecahkan soal cerita perkalian dan pembagian yang diberikan oleh guru yang terdapat pada cerita di atas.

 Pertemuan Keempat : 4 X 35 menit (IPS, B.Indonesia,) IPS  Guru membagikan kembali tugas siswa pada pertemuan sebelumnya tentang cara membuat peta dari rumahnya menuju ke SD Assiyfa.  Guru meminta siswa membacakan hasil kerjanya.  Siswa membaca peta dari rumah siswa ke SD Assyifa. BAHASA INDONESIA  Guru meminta membacakan hasil kerjan teman sebangkunya.  Lalu guru meminta siswa membaca hasil kerjanya dengan suara dan lafal juga intonasi yang tepat.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. 3. Kegiatan Akhir a. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan b. Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan c. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

d. Guru membagikan lembaran tugas tentang materi yang telah diajarkan. e. Guru memberi penghargaan pada siswa atas usahanya dalam belajar pagi ini.

I. Sumber Belajar a. Buku Pendidikan Kewarganegaraan Bangga menjadi Warga Negara yang Baik b. Buku Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI Kelas 3 M. Saleh Muhammad dan Ade Munajat. c. Buku Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 3 SD/MI S. Rositawaty dan aris Muharam. d. Buku Cerdas Berhitung Matematika untuk SD/MI Kelas 3. e. Buku Aku Bangga Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas 3. f. Eksiklopedia g. Kamus Bahasa Indonesia h. Peta i. Pedoman EYD j. Koran dan majalah k. Media elektronik J. Penilaian Pembelajaran Teknik Bentuk Tes Instrumen a. Penilaian 1. Penilaian hasil belajar siswa mencakup aspek pemahaman konsep dari kuis individual yang dikerjakan setiap siswa. 2. Nilai akhir kompetensi dasar = 50% nilai KI + 50% nilai PR Keterangan KI = Kuis Individual PR= Pekerjaan Rumah 3. Siswa dengan nilai akhir kurang dari KKM diberi kesempatan menempuh pembelajaran remedi dan dilakukan penilaian setelah pembelajaran remedi. Hasil penilaian remidi diperhitungkan untuk menentukan nilai akhir KD. : Tes dan non tes : Tulisan, lisan, pengamatan, penilaian,dan hasil karya. : Lembar Soal, lembar Pengamatan

b.

Instrumen Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Contoh Instrumen 1. PKn  Menjelaskan pengertian norma.  Mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat.  Menjelaskan masyarakat. fungsi norma dalam 1. PKn  Jelaskan pengertian norma.  Sebutkan apa saja macam-macam norma yang berlaku di masyarakat.  Jelaskan masyarakat. fungsi norma dalam

2. IPS :  Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari  Membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan rencana penghijauan  Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin  Membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam  Membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam  Membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam 3. IPA :  Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia  Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan  Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh

2. IPS :  Jelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari  Buatkanlah denah SD YPBK dilengkapi dengan rencana penghijauan  Buatkanlah denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin  Bacakanlah denah rumah siswa dan SD Assalaam  Buatkanlah peta dari rumah siswa ke SD Assalaam  Bacakanlah peta dari rumah siswa ke SD Assalaam 3. IPA :  Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia  Jelaskanlah pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan  Jelaskanlah hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan

 Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan 4. Matematika :  Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian  Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian  Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua 5. Bahasa Indonesia :  Membaca puisi dengan penghayatan 4. Matematika :  Bagaimana cara mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian  Bagaimana cara mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian  Bedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua 5. Bahasa Indonesia :  Bacakanlah puisi dengan penghayatan  LKS  Lmbar observasi.

Kriteria Penilaian 1. Produk ( hasil diskusi ) No. 1. Konsep Aspek o o o o Kriteria Semua benar Sebagian besar benar Sebagian kecil benar Semua salah Skor 4 3 2 1

2. Performansi No. 1. Aspek Kerjasama Kriteria o Bekerjasama o Kadang-Kadang Kerjasama o Tidak Bekerjasama 2. Partisipasi o Aktif Berpartisipasi o Kadang-Kadang Aktif o Tidak Aktif 4 2 1 Skor 4 2 1

3. Lembar Penilaian Performan No 1. 2. 3. 4. 5. 6. Nama Siswa Kerjasama Partisipasi Produk Jumlah Skor Nilai

CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.