KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya laporan dengan judul Ilmu Ekonomi dan Korelasinya dengan Kajian Ilmu Teknik Industri. Laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas Pengantar Ilmu Ekonomi semester genap. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada dosen dan asisten dosen serta teman-teman semua yang sudah memberikan kontribusi yang cukup besar dalam membantu mengumpulkan materi sehingga akhirnya laporan ini bisa diselesaikan dengan baik. Setiap disiplin ilmu akan ada keterkaitannya dengan disiplin ilmu ekonomi , walaupun tingkat keterkaitannya berbeda-beda. Sebagai mahasiswa teknik industri penulis juga perlu mempelajari disiplin ilmu ekonomi. Sehingga dalam kurikulum teknik industri ada mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi. Dan untuk essensi materi dari laporan ini untuk memperkenalkan kepada kita keilmuan ekonomi ini lebih dalam dan bagaimana korelasibya pada disiplin ilmu yang sedang kita tekuni, yaitu teknik industri. Pengenalan ilmu ekonomi ini yang nantinya akan menjadi dasar kita memahami ilmu ekonomi lebih lanjut. Tak ada gading yang tak retak, begitu pula penulis dalam menyampaikan laporan ini. Mungkin ada kesalahan dan ketidaksempurnaan dalam penyampaian materinya. Untuk itu penulis meminta maaf dan kiranya para pembaca dapat memerikan masukan demi kesempurnaan laporan ini. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat digunakan sebagaimana diperlukan. Terima kasih.

Bandung, Februari 2011 Penulis

0

Dalam bab ini disiplin ilmu yang digunakan adalah disiplin ilmu teknik industri.BAB I PENDAHULUAN 1.disamping itu. barang-barang modal semisal mesin. Disiplin ilmu dalam ekonomi juga sudah mulai berkembang. pendidikan. dan lain-lain. untuk menghasilkan berbagai barang (gandum. pesawat pembom) serta mendistribusikan atau membagikannnya kepada pelbagai anggota masyarakat untuk mereka pakai atau konsumsi. 1 . tenaga kerja. bagaimana korelasinya dengan disiplin ilmu teknik industri. budaya.2 Tujuan Laporan ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan tambahan informasi lebih dalam mengenai ilmu ekonomi serta korelasinya dengan disiplin ilmu lain. bab ini juga bertujuan untuk menyampaikan hasil pemikiran serta analisis penulis tentang materi-materi ekonomi yang menjadi prioritas pembelajaran untuk seorang calon teknik industri.1 Latar Belakang Dewasa ini perkembangan ilmu ekonomi di dunia sudah semakin pesat. Menurut Profesor Anthony Samuelson. serta materi apa yang menjadi prioritas yang perlu dipelajari tentang ekonomi oleh seorang calon teknik industri. jalan raya. mantel. Untuk pembahasan lebih lanjut akan penulis uraikan pada bab selanjutnya. perahu layar. seorang ekonom dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) ilmu ekonomi itu sendiri didefinisikan sebagai suatu studi mengenai bagaimana orang menjatuhkan pilihan yang tepat untuk memanfaatkan sumber-sumber produktif (tanah. 1. pada laporan yang berjudul Ilmu Ekonomi dan Korelasinya dengan Kajian Ilmu Teknik Industri. Seperti dengan keilmuan teknik. agama. pengetahuan teknik) yang langka dan terbatas jumlahnya. Tentu ada hubungan yang erat antara ilmu ekonomi dan teknik industri dimana pada kedua disiplin ilmu ini mempunyai subjek study manusia. Disini penulis hanya membatasi uraian pada hubungan ilmu ekonomi dengan teknik industri. Selanjutnya. daging. konser musik. Tidak hanya sebatas ilmu tukar atau jual beli seperti kondisi awal ilmu ini dicetuskan tetapi juga sudah mulai berkorelasi atau berhubungan dengan disiplin ilmu yang lain. penulis akan membahas mengenai apa itu ilmu ekonomi.

Menurut Pramatha Raharja dalam bukunya Pengantar Ilmu Ekonomu. Untuk itu perlu ada suatu pilihan. 2. tempat. Apabila semua aspek itu terpenuhi dengan baik dalam kualitas.1.BAB II ILMU EKONOMI 2. biaya adalah total uang yang dikeluarkan untuk memperoleh atau menghasilkan sesuatu. kuantitas. 2. Ilmu ekonomi inilah yang akan membantu kita dalam mengambil keputusan tersebut. Keputusan dalam menentukan pilihan harus berdasarkan pada pertimbangan-pertimbangan tertentu.1 Pendahuluan Ilmu ekonomi adalah cabang dari ilmu sosial yang mempelajari tentang kegiatan atau aktifitas manusia dalam memanfaatkan sumber – sumber produktif.2 Masalah – Masalah Ekonomi Masalah ekonomi adalah masalah pilihan alokasi sumber daya yang langka. Bagi akuntan. Keterbatasan sumberdaya dan ketidaktebatasan keinginan  scarcity  choices  opportunity cost 2. 2 .2 Pilihan-Pilihan ( Choices ) Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya.1 Kelangkaan ( Scarcity ) Sumber daya yang terbatas menyebabkan kelangkaan (scarce). biaya yang dimaksud dalam konsep ilmu ekonomi ( economic cost ) berbeda dengan biaya akuntansi ( accounting cost ). Kelangkaan tersebut meliputi kuantitas. kualitas. mengorganisasi kegiatan konsumsi dan produksi serta memperbaiki tata cara kehidupan bermasyarakat untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran dalam hidup. Disinilah muncul opportunity cost.1.3 Biaya Kesempatan ( Opportunity Cost ) Akan tetap ada konsekuensi ketika kita menentukan pilihan yang bedasarkan berbagai pertimbangan. Konsekuensi tersebut berupa untung rugi berdasarkan biaya yang dikeluarkan dan hasil yang diperoleh. Sedangkan orang ekonom memandangnya dalam sudut pandang yang lebih luas dan alternatifnya. tempat serta waktu maka tidak disebut langka. Implementasinya pada keinginan manusia yang tidak terbatas sedangkan sumber daya yang kita miliki terbatas. bahwa belajar ilmu ekonomi erat hubungannya dengan pilihan. 2. dan waktu. Ilmu ekonomi akan senantiasa digunakan ketika masih ada sumber daya yang sifatnya terbatas.1. yaitu kesempatan (untuk memperoleh sesuatu) yang hilang karena kita telah memilih alternatif lain. Kita dituntut untuk melakukan pilihan baik yang secara individual maupun kolektif.

 Membantu memahami masalah-masalah internasional (global) Kelangkaan terjadi di setiap tingkatan hidup mulai dari individu.  Membantu memahami masyarakat Sebagai makhluk sosial manusia tidak dapat hidup tanpa orang lain. kelompok masyarakat.Sumber daya yang tidak langka tidak dibicarakan dalam ilmu ekonomi. alam hal ini gejala ekonomi. 2. 2. selanjutnya mengembangkan teknologi dan sistem kemasyarakatan . Jadi dengan mempelajari ilmu ekonomi kita juga akan mampu memahami masyarakat dan interaksi dengan mereka. Sumber daya yang terbatas ini yang kemudian disebut sebagai barang ekonomi dimana dalam memperolehnya butuh pengorbanan. ilmu ekonomi hanya sebagai alat untuk memahami dan menganalisis keadaan yang dihadapi. dan internasional. Sejarah ekonomi diawali dengan adanya interaksi yaitu proses tukar menukar barang.4 Metodologi Ilmu Ekonomi  Teori Ekonomi Teori adalah pernytaan atau sekumpulan peryataan tentang sebab akibat.aksi reaksi. Berinteraksi untuk mengatasi kelangkaan. Sebagai contoh. Di tingkat internasional interaksi yang lebih banyak terjadi diantara kelompok kepentingan seperti hubungan antar negara atau perusahaan. baik buruk. daya guna dan falidasi sebuah teori diukur dari kempuan dan keakuratannya menjelaskan dan memprediksi gejal-gejala yang diamati. Metode-metode teknik berfikir dalam ilmu ekonomi akan meningkatkan kemampuan berfikir dan mengambil keputusan. nasional. Namun seperti ilmu lainnya. Karena demokratisasi sangat penting dalam rangka memperbaiki proses alokasi sumber daya. Karena realitasnya begitu kompleks. keluarga. dengan pendekatan ekonomi kita mengetahui lebih dalam tentang krisis ekonomi 1998 di Asia Timur. Kita akan saling beriteraksi.  Model Ekonomi 3 . serta menentukan pilihan untuk mengambil keputusan.3 Mengapa Belajar Ilmu Ekonomi Case dan Fair (1996) memberikan pandangan tentang manfaat dari studi ekonomi sebagai berikut. Kemampuan inilah yang memungkinkan manusia untuk bisa bertahan hidup dan meningkatkan kualitas hidupnya.  Bermanfaat dalam membangun masyarakat demokrasi Seperti yang disampaikan oleh Kenneth Arrow bahwa ekonom juga mengidamkan untuk mewujudkan masyarakat demokratis.Sehingga melalui kerjasama dan pendekatan di bidang ekonomi ini akan mengetahui lebih dalam mengenai suatu permasalahan.  Memperbaiki cara berfikir yang membantu dalam pengambilan keputusan Dengan berfikir kita mampu menganalisis. maka perlu penyerhanaan terhadap masalah-masalah yang dihadapi itu. menilai benar dan salah.

Bisa berupa metode dedukasi diamana pengambilan kesimpulan untuk hal-hal khusus berdasarkan kesimpulan yang bersifat umum.Didasarkan pada teori ekonomi. Efisiensi di tingkat mikro belum tentu baik untuk keseluruhan. diagramatis. Aspek yang dianalisis di ekonomi mikro meliputi interaksi di pasar barang.  Metode Dudukasi dan Induktif Ilmu ekonomi juga menggunakan metode untuk mengambil kesimpulan. dan matematis. Hingga kemudian dikaji lebih kompleks dalam ekonomi makro. Tujuannya untuk lebih memperdalam pemahaman mengenai teori ekonomi. Ekonomi mikro hanya mencakup alokasi sumber daya efisien di tingkat individu. 2. Untuk itu kita perlu belajar ekonomi. Pendekatan ekonomi positif digunakan untuk mengkaji kondisi nyata.  Ceteris Paribus dan Fallacy of Composition Model ekonomi merupakan penyerdehanaan ralitas ekonomi karenanya memiliki keterbatasan.  Ekonomi Positif dan Ekonomi Normatif Dalam menjalankan tugas keilmuannya. Ekonomi mikro lingkupnya terbatas pada sistem perekonomian kecil maupun insustri. Sedangkan aspek ekonomi makro lebih luas meliputi penentuan tingkat kegiatan perekonomian negara.5 Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi Ruang lingkup ilmu ekonomi dibagi menjadi dua yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro. interaksi di pasar factor produksi. dan industri. Dan pendekatan normatif digunakan untuk mengkaji dunia ideal atau bagaimana sesuatu tersebut seharusnya. Jadi mencakup keseluruhan aspek tidak hanya di tingkat industry tetapi sudah berhubungan dengan pemerintah. pengeluaran agregat. 2. 4 . Ruang lingkup ilmu ekonomi ada dua yaitu mikro dan makro. disusun model ekonomi yang merupakan pernyataan formal dari sebuah teori. Ada empat efisiensi yang biasa digunakan dalam ekonomi makro yaitu output (GNP) dan Pertumbuhan. sampai pada mengatasi pengangguran dan inflasi. ekonom sering membandingkan dunia nyata dan dunia ideal. Dan Fallacy of Composition mempunyai pengertian apa yang baik dalam skala kecil belum tentu baik untuk skala besar. Keterbatasan itu tercermin dalam istilah ceteris paribus. perusahaan. Stabilitas Stabilitas Harga dan Stabilitas kurs. Kesempatan Kerja. Maupun metode induktif dimana pengambilan kesimpulan atas hal yang besifat umum berdasar pada kesimpulan yang bersifat khusus. tingkah laku pembeli dan penjual. Model ekonomi dapat dipresentasikan sacara verbal.6 Kesimpulan Dari uraian diatas mengenai ilmu ekonomi dapat kita simpulkan bahwa ilmu ekonomi pada prinsipnya mempelajari perilaku manusia dan masyarakat dalam menentukan pilihan yang didasarkan dengan berbagai pertimbangan. Dengan menggunakan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhannya dalam upaya meningkatkan kualitas hidupnya. Sedangkan makro lebih kompleks lagi dan sudah melibatkan pemerintah dalam mengambil keputusan dan berinteraksi. Masalah yang kemudian muncul yaitu masalah mengenai bagaimana mendapatkan keputusan yang tepat.

implementasi dan evaluasi dari suatu sistem integral yang terdiri dari manusia.1 Pendahuluan Teknik industri adalah salah satu cabang dari ilmu teknik yang berkaitan dengan perancangan.BAB III KORELASI ILMU EKONOMI DAN TEKNIK INDUSTRI 3. informasi dan energi. ternyata ilmu ekonomi mempunyai korelasi yang sangat erat dengan teknik industri. Manajemen industri Manajemen industri adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk menciptakan dan meningkatkan nilai sistem usaha melalui fungsi dan proses manajemen. Ruang LIngkup Teknik Industri Ruang lingkup teknik industri :  Sistem manufaktur Sistem manufaktur adalah sistem yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk meningkatkan kualitas. 5 .Bisa dikatakan ilmu ekonomi merupakan jembatan agar tercapai tujuan serta sistem dari teknik industri. pengembangan. Bagan 1. material. lingkungan. perbaikan. peralatan. Sistem industri dan tekno ekonomi Sistem industri dan tekno ekonomi adalah bidang keahlian keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk meningkatkan daya saing sistem integral . produktivitas. Setelah diidentifikasi.   Pengertian ilmu ekonomi telah dijelaskan di bab II di atas. efektifitas dan efisiensi serta menjaga keseimbangan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya.

dll). mesin. sehat.Tujuan tersebut dapat diraih dengan usaha-usaha dan cara yang menggunakan prinsip ekonomi.Metode apa yang harus digunakan dalam proses produkasi? Ilmu ekonomi memandang teknologi sebagai factor penting dalam proses produksi. 3.Teknologi tinggi bukan satu-satunya pilihan. dia memerlukan sarjana teknik industri untuk merancang peralatan yang diperlukan ( contoh : gedung. manager. menentukan permintaan dan penawaran pasar serta bagaimana strategi pasar yang harus dilakukan agar perusahaan tersebut terus maju dan berkembang pesat dengan tidak mengabaikan kualitas dan kuantitas barang yang diproduksi serta menjalankan prinsip EASNE ( efektif. dll) serta informasi-informasi yang dapat mendukung perkembangan perusahaan tersebut.kemampuan finansial dan sikap mental. material ( barang yang akan diproduksi. lingkungan ( tata letak yang strategis.Pilihan teknologi yang digunakan sebaiknya dikaitkan dengan factor-faktor di atas agar teknologi yang dipilih menghasilkan tingkat efisiensi yang besar serta dapat memenuhi kebutuhan ataupun keinginan manusia yang tidak terbatas. ruang lingkup teknik industri memiliki tujuan-tujuan tertentu dan keseluruhannya memanfaatkan pendekakatan teknik industri untuk meningkatkan produktifitas barang atau jasa dan meningkatkan daya saing demi memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang tidak terbatas serta tidak mengabaikan keuntungan bagi perusahaan yang mengelola barang atau jasa tersebut.Jadi ilmu ekonomi tak terlepas dari prinsip 6 . nyaman dan efisien ) demi memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.Sebab banyak factor yang harus dipertimbangkan . Seperti yang telah diketahui sebelumnya.3.2 Permasalahan Masalah yang akan kita bahas pada bab 3 ini adalah bagaimana korelasi teknik industri dengan ilmu ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. manusia ( direktur.iklim.kemampuan manajemen. dll). kenapa harus memproduksi barang tersebut. aman. pekerja.Misalkan dalam memproduksi barang dan jasa.3 Pembahasan Ruang lingkup teknik industri terdiri dari sistem manufaktur.seperti skala produksi. operator. menentukan keuntungan bagi perusahaan tersebut. penyusunan ruang. Dari kedua hal di atas. sistem industri dan tekno ekonomi. manajemen industri. Pengusaha tersebut juga memerlukan sarjana ilmu ekonomi untuk bekerja sama dengan sarjana teknik industri dalam menentukan barang yang akan diproduksi. sangat dibutuhkan keberadaan ilmu ekonomi. dll).bisa diperoleh keterkaitan antara teknik industri dengan ilmu ekonomi yaitu untuk mencapai tujuan dari ruang lingkup teknik industri.namun manfaat teknologi tidak ditentukan oleh tingkat kecangggihan. Ilmu ekonomi mempelajari perilaku individu dan masyarakat dalam menentukan pilihan untuk menggunakan sumber daya-sumber daya yang langka(dengan dan tanpa uang) dalam upaya untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Agar perusahaan dapat berjalan sesuai dengan keinginannya. pencahayaan.Untuk lebih jelasnya kita dapat melihat hubungan keduanya dalam sebuah kasus. Misalnya seorang pengusaha ingin mendirikan sebuah perusahaan.

4 Kesimpulan Disiplin teknik industri dan ilmu ekonomi memiliki keterkaitan yang sangat erat karena saling mempengaruhi sistem yang ada.keterkaitan antara satu sama lain menghasilkan suatu sistem yang padu demi mencapai tujuan yang ada. 7 . 3. Mereka berpadu dalam suatu sistem yang merupakan kajian teknik industri yaitu sistem yang terintegrasi.Tak ada seorang insinyur tektik industri yang tidak menggunakan ilmu ekonomi.penerapan ilmu teknik industri.karena ilmu ekonomi merupakan bagian yang tidak bisa dilepas dari disiplin ilmu teknik industri.Apabila kedua hal tersebut terpenuhi dengan baik maka akan diperoleh tujuan yang sesuai dengan keinginan.

4. materi-materi ini saling berkaitan dan mempengaruhi satu dengan yang lain. ongkos. keseluruhan bab diatas penting untuk dipelajari dan diketahui oleh seorang teknik industri.1 Pendahuluan Telah diuraikan pada bab sebelumya bahwa erat sekali korelasi antara kajian ilmu teknik industri dan ilmu ekonomi. konsep elastisitas. Karena ruang lingkup ilmu ekonomi ini sangat luas. Adanya aspek biaya dan keuntungan ini. sistem ekonomi negara. Materi yang dibahas sebagian besar merupakan kajian dari ekonomi makro seperti inflasi. uang dan lembaga keuangan. Menurut hasil analisis kami. membantu mengarahkan paradigma kita untuk lebih baik dalam mengambil keputusan. dan biaya. Satuan acara pengajaran menyajikan beberapa bab yang perlu dipelajari seorang calon sarjana teknik industri dari ilmu ekonomi ini. dalam mata kuliah pengantar ilmu ekonomi ini materi yang dipelajari sebelum UTS antara lain yaitu pengertian dan fungsi ekonomi. Selintas kita berfikir apa hubungan ekonomi makro dan pekerjaan seorang teknik industri. Selanjutnya pada bab ini kita akan membahas mengenai materi ekonomi apa saja yang menjadi prioritas pembelajaran oleh seorang calon sarjana teknik industri. Dalam teknik industri terdapat kajian untuk mengatur sebuah sistem kerja yang terintegrasi yang terdidri atas manusia. Sedangkan materi setelah UTS yaitu pengangguran dan inflasi. organisasi bisnis dan keuangan. nilai tukar. Bank Indonesia : kebijakan moneter dan fiskal. tentu tidak semua materi dalam disiplin ilmu ekonomi dipelajari oleh seorang calon sarjana teknik industri. Tujuannya untuk mencapai sesuatu yang kita katakan efisien dan efektif agar memperoleh profit yang maksimal. perdagangan luar negeri. Sebagai contoh untuk materi pengangguran dan inflasi.titk impas. peran pemerintah dalam bidang ekonomi.BAB IV MATERI EKONOMI PRIORITAS UNTUK TEKNIK INDUSTRI 4. dan bagaimana dampaknya bermula dari 8 .2 Permasalalahan Materi ekonomi apa yang menjadi prioritas pembelajaran untuk seorang calon sarjana teknik industri. Setiap materi yang disajikan memiliki esensi kepentingan yang berbeda. resume ekonomi makro.3 Pembahasan Berdasarkan satuan acara pengajaran.marginal revenue/cost. peran pemerintah dalam bidang ekonomi. mengharuskan kita untuk mempelajari ilmu ekonomi karena dengan ilmu ekonomi kita bisa memahami suatu masalah ekonomi lebih detail. produksi dan pendapatan nasional. Pengangguran dan inflasi ini berhubungan erat dengan subjek manusia. material. perdagangan luar negeri. Kami akan menyampaikan analisis kami mengenai materi yang akan menjadi prioritas pembelajaran pada pembahasan selanjutnya. sistem ekonomi negara dll. mesin. Namun apabila kita menganaisis lagi. struktur pasar. Bagaimana pengangguran itu bisa terjadi. 4. resume ekonomi mikro. demand dan supply.

4. Dengan mempelajari kajian ekonomi ini maka seorang teknik industri juga akan lebih matang dalam mengambil keputusan karena lebih banyak juga disiplin yang menjadi pertimbangan. dan mengembangkan sistem kerja yang berintegrasi merupakan pekerjaan orang teknik industri.4 Kesimpulan Secara keseluruhan materi-materi tersebut penting untuk dipelajari karena akan menjadi modal untuk seorang enginer.Banyaknya permintaan pasar akan mempengaruhi keputusan untuk menentukan banyaknya produksi dan penawaran terhadap barang dan jasa.sehingga seorang enginer dapat melakukan pekerjaannya untuk merancang dan mengembangkan sistem kerja di perusahaan.sistem yang terjadi di perusahaan.bahkan mementukan harga dan proses pendistribusian barang yang diproduksi Mencakup kedua materi prioritas tersebut.Namun dalam hal ini prioritas dari masing-masing materipun berbeda-beda. lebih dahulu harus mempelajari dan mengerti betul mengenai organisasi bisnis dan keuangan yang menjadi pilar sistem ekonomi. bagaimana kita memproduksinya. merancang. Menganalisis. Apakah perusahaan itu bisa bertahan ditengah arus globalisasi dan segala persaingan yang ketat saat ini atau tidak.Seorang pengusaha harus pintar dalam mengorganisasikan suatu bisnis dan keuangannya. Materi yang menjadi prioritas menurut kami adalah kajian produksi dan pendapatan nasional Karena setiap harinya orang teknik industri dihadapkan pada proses produksi suatu barang dan bagaimana profitabilitasnya.mengatur jumlah produksi dengan mempertimbangkan permintaan pasar. Percuma menjalankan suatu proses produksi tetapi organisasi keuangan dan bisnis tidak mantap.Dikaitkan dengan pegawai apabila sebuah perusahaan bisa bertahan maka tidak akan terjadi PHK pegawai namun dengan management dan sistem yang baik perusahaan tersebut malah mampu merekruitasai pegawai lebih banyak lagi.Dengan kata lain guna dan manfaat disiplin ilmu ekonomi tidak terpakai dengan baik.Apabila hal itu sudah terpenuhi maka hal selanjutnya yang tak kalah pentingnya yaitu mempelajari produksi dan pendapatan nasional serta teori demand dan supply. dan kepada siapa kita harus mendistribusikan barang produksi yang didasarkan pada materi kajian demand dan supply. 9 .Tentunya hal ini menjadi profit yang bagus. Oleh karena itu kita penting untuk mempelajari produksi dan pendapatan nasional yang selanjutnya berhubungan dengan materi prioritas lainnya yaitu demand dan supply. Hal esensial yang harus dipelajari untuk menjadi pondasi dasar pola pikir seorang calon enginer yaitu organisasi dan keuangan. Bagaimana keputusan yang dia berikan kepada perusahaan akan berdampak luas pada aspek yang lain. Skala jangka panjangnya mungkin perusahaan tersebut bisa mengalami kerugian karena tidak mampu mengorganisasikan bisnisnya. Seberapa banyak barang akan kita produksi.

10 .BAB V PENUTUP 5.semua tentang kehidupan manusia dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari merupakan permasalahn ekonomi.persaingan ketat antara perusahaan mengharuskan seorang enginer untuk menciptakan inovasi-inovasi baru .dan membantu memahami permasalahan-permasalahan ekonomi secara internasional.jiwa besar.semua ruang lingkup teknik industry menggunakan ilmu ekonomi untuk pencapaian tujuan yang dimaksud.2 Saran Masih banyak kekurangan yang terdapat dalam laporan ini.1 Kesimpulan Menghadapi arus globalisasi yang perkembanganya semakin pesat seorang calon lulusan teknik industry dihadapkan pada berbagai masalah yang pelik. Apabila semua komponen yang terkait mampu di handle oleh enginer yang berkualitas maka akan didapat tujuan dan profit yang besar. Adapun korelasi antara ilmu ekonomi dan teknik industry telah dijelaskan pada bab 3.ilmu ekonomi membantu untuk memutuskan permasalahan.efisien.melatih pola pikir manusia untuk menghasilkan barang yang ergonomic. 5.tentunya tak lepas dari efektif.dan berkualitas sehingga akan menghasilkan produktifitas tinggi yang nantinya akan mempengaruhi profitability dari sebuah perusahaan.Dalam hal ini keterkaitan kolerasi yang tepat sangat berperan dalam pencapaian tujuan.disamping itu dunia industry juga berkolerasi dengan disiplin ilmu ekonomi.diperlukan mental yang kuat.profesinal serta mampu bersaing dengan yang lain. Besar harapan penulis agar pembaca dapat memberikan saran atau tambahan demi menyempurnakan laporan ini.Namun pada prakteknya penyelesaian masalah yang dihadapi seorang enginer tak semudah teori atau perkataan. Dalam kehidupan nyata permasalahan ekonomi merupakan hal yang sangat mendasar dijumpai.

http://id. 1991. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi dan Makroekonomi) edisi ketiga. Sistem dan Moral Ekonomi Indonesia. 2008. M. 1994. Manullang.BAB VI DAFTAR PUSTAKA 1. Pengantar Ekonomi Perusahaan.php?option=com_content&view=article&id=112:ekonomiindustri&catid=56:deskripsi-matkul-ekbang&Itemid=11 5.unib. http://fe.Rahardja. 3. 2. Pratama dan Mandala Manurung.id/index. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.org/wiki/Teknik_industri 11 .ac.wikipedia. Jakarta : PT Pustaka LP3ES 4. Mubyarto.Yogjakarta : Liberty.

Novia Evi Fikriyah 2.TUGAS I ILMU EKONOMI DAN KORELASINYA DENGAN KAJIAN ILMU TEKNIK INDUSTRI Oleh TI 34 – Gab 1. Trisa Dini Daswan 3. Gitta Rahmadia 112100022 112100027 112100036 112100081 112101194 FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM 2011 12 . Nila Noviasari 5. Juwisa Syuhada 4.

DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang 1.1 Pendahuluan 2.2 Masalah – Masalah Ekonomi 2.2 Tujuan BAB II ILMU EKONOMI 2.3 BAB III KORELASI ILMU EKONOMI DAN TEKNIK INDUSTRI BAB IV MATERI EKONOMI PRIORITAS UNTUK TEKNIK INDUSTRI BAB V PENUTUP DAFTAR PUSTAKA 13 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful