Saraf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Belum Diperiksa

Saraf (kuning)

Saraf adalah serat-serat yang menghubungkan organ-organ tubuh dengan sistem saraf pusat (yakni otak dan sumsum tulang belakang) dan antar bagian sistem saraf dengan lainnya. Saraf membawa impuls dari dan ke otak atau pusat saraf. Neuron kadang disebut sebagai sel-sel saraf, meski istilah ini sebenarnya kurang tepat karena banyak sekali neuron yang tidak membentuk saraf. Saraf adalah bagian dari sistem saraf periferal. Saraf aferen membawa sinyal sensorik ke sistem saraf pusat, sedangkan saraf eferen membawa sinyal dari sistem saraf pusat ke otot-otot dan kelenjarkelanjar. Sinyal tersebut seringkali disebut impuls saraf, atau disebut potensial akson.

serotonin.melatonin Bentuk lain: asetilkolin. anandamida. Beberapa neurotransmiter utama. glisina Monoamina: dopamin. Definisi:Neurotransmiter Neurotransmiter adalah salah satu dari kelas zat kimia yang membawa pesan antarneuron. Biasanya. antara lain:    Asam amino: asam glutamat. serina. noradrenalin. Sebuah gelombang elektrokimiawi yang disebut potensi aksibergerak sepanjang akson sebuah neuron. dll. asam aspartat.Neurotransmiter Dari Wikipedia bahasa Indonesia. histamin. neuron pengirim melepaskan sejumlah kecil neurotransmiter. Neurotransmiter terbungkus oleh vesikel sinapsis. sebelum dilepaskan bertepatan dengan datangnya potensial aksi. Ketika gelombang tersebut mencapai sinapsis. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Ilustrasi dari elemen utama pada transmisi sinapsis. yang mengaktifkan reseptor pada neuron penerima. adrenalin. sejumlah molekulneurotransmiter dilepaskan dan bergerak menuju pencerap yang terletak pada membran neuron lain yang berada di dekat sinapsis. adenosina. Neurotransmiter adalah senyawa organik endogenus membawa sinyal di antara neuron. Aktivasi reseptor kemudian memulai serangkaian perubahan kimia di neuron . GABA.

termasuk asetilkolin. Hal ini memungkinkan untuk spesialisasi tingkat tinggi dalam pengiriman pesan antara neuron: satu neuron dapat merespon kuat terhadap neurotransmiter tertentu sementara tetangganya mungkin relatif tidak sensitif. Berbagai jenis neurotransmiter telah diidentifikasi. neuron penerima mungkin menjadi aktif dan mengirim pesan bersama. reseptor saraf khusus hanya menanggapi satu jenis neurotransmiter. Istilah yang mungkin terkait dengan Neurotransmiter :  Neuron  Akson  Dendrit  Norepinefrin  Serotonin D:\Data\Dhiya\FARMASI\Matkul 2012\SISTEM SYARAF SIMPATIS DAN PARASIMPATIS.penerima. dan berbagai penyakit kejiwaan seperti skizofrenia dan depresi.pdf D:\Data\Dhiya\FARMASI\Matkul 2012\48741714-makalah-sistem-saraf-simpatis-parasimpatis. dan jika cukup reseptor yang diaktifkan. dopamin. Banyak obat bekerja dengan mengubah tingkat neurotransmitter tertentu dalam otak. dan norepinefrin.pdf . Ketidakseimbangan neurotransmitter terlibat dalam beberapa penyakit sepertipenyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.serotonin. Biasanya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful