BAB 4 SISTEM PEREDARAN DARAH

Hematologi Hematologi adalah cabang ilmu kesehatan yang mempelajari darah, organ pembentuk darah dan penyakitnya. Asal katanya dari bahasa Yunani haima artinya darah.
Sistem peredaran darah adalah proses pengangkutan sari-sari makanan O2, CO2 yang dibawa oleh darah melalui pembuluh darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh manusia. Sistem peredaran darah manusia terdiri atas darah,jantung,dan pembuluh darah A. DARAH

Sistem peredaran darah pada manusia terdiri dari darah dan alat peredaran darah. Darah tersusun dari sel-sel darah dan plasma. Alat peredaran darah terdiri dari jantung dan pembuluh darah. pada orang dewasa normal volume darah di dlm tubuh terdiri dari 8% berat badan
FUNGSI UMUM DARAH 1. Transportasi (Mengangkut sari-sari makanan, O2, dan CO2,H2O dari sistem pencernaan ke seluruh sel tubuh) 2. Alat pertahanan tubuh dari infeksi,dengan membentuk antibodi dan sel sel darah putih 3. Mengatur keseimbangan asam basa untuk menghindarkan kerusakan jaringan-jaringan tertentu 4. Termoregulasi (Mengatur kestabilan suhu tubuh dengan cara menyebarkan energi panas secara merata) 5. Imunologi (Mengahsilkan antibodi) 6. Pemakan kuman 7. Membantu dalam proses pembekuan darah 8. Homeostasis (mengatur keseimbangan zat, pH regulator)

Komponen darah Volume darah manusia adalah sekitar 8% dari berat tubuhnya. Darah tersusun atas dua komponen yaitu : 1. Komponen cairan (plasma darah) Plasma darah terdiri atas komponen komponen berikut:

bilirubin.natrium bikarbonat. Menyebarkan panas dari organ yang lebih hangat ke organ yang lebih dingin 4.dan magnesium 5.protein darah terdiri atas: 1.air.funsi hemoglobin yaitu untuk mengangkut oksigen(O2) dari paru-paru ke seluruh sel tubuh 4. 2.merupakan jumlah terbanyak dari cairan darah(kurang lebih 90%) b.berperan dalam pembuatan zat antibodi 4.hormon.pipih. Membawa mineral-mineral terlarut. Mengandung hemoglobin(Hb)->yaitu suatu protein(globin) yang berkombinasi dengan senyawa hemin yang mengandung besi.dan CO2 6. asam amino.fibrinogen.berperan dalam tekanan osmosis darah.globulin. dan bahan-bahan buangan.besi. vitamin.a.dan elastis 3. 2.albumin. karbondioksida( sebagai ion hidrogen karbonat).zat zat metabolisme. Protein-protein tersebut dapat dipisahkan dari plasma dan membentuk cairan yang disebut serum. Berbentuk cakram bikonkaf 2. Umurnya rata-rata sekitar 120 hari . Sel darah merah (eritrosit) Ciri-ciri eritrosit manusia 1.asan urat.misalnya urea.enzim.berperan dalam pembekuan darah 3. 3.protein.garam kaliu. Bentuknya melingkar.dan antibodi Fungsi plasma darah : 1.kreatinin. Menjaga keseimbangan antara cairan didalam sel dan cairan diluar sel. Komponen Korpuskuler (sel-sel darah dan keping-kepng darah berupa unsur padatan) 1. Sebagai bahan-bahan pelarut kimia 2.fosfor.yaitu natrium klorida(NaCl). glukosa.garam garam mineral.

Dapat bergerak bebas Fungsi khusus leukosit untuk pertahanan tubuh dari serangan mikroorganisme dan membentuk antibodi dengan memakan kuman penyakit hingga disebut fagosit. Bentuknya tidak beraturan 5. leukosit dapat dikelompokkan menjadi : . Umur eritrosit manusia sekitar 120 hari. Jemlah leukosit kurang dari normal disebut leukopeni.sedangkan pada wanita dewasa dalam 1 mm3 darahnya terkandung 4 juta eritrosit. Dalam setiap detik. Sel darah putih mampu menembus dinding kapiler darah. Memiliki inti 4. Mempunyai nukleus 3. Berdasarkan ada tidaknya granula (butir-butir) pada selnya. Tidak berwarna.hemoglobin dirombak menjadi zat warna empedu (bilirubin) da n disekresikan oleh hati kedalam kantong empedu. 6. 2.4 juta eritrosit dirombak untuk digantikan dengan yang baru. 2. Misalnya.akibat infeksi radang paru-paru dan kanker darah(leukimia). Mengangkut oksigen dari paru-paru untuk diedarkan ke seluruh tubuh.5.01 mm Fungsi eritrosit dalah 1.kira-kira 2. tulang tengkorak.dalam 1 mm3 Sel darahnya terkandung 5 juta eritrosit. . dan tulang pipa). Sel Darah Putih (Leukosit) Ciri-ciri Leukosit 1.masuk kedalam ruang-ruang jaringan atau disebut bersifat diapedesis. Membawa karbondioksida (bahan buangan yang dihasilkan sel) Eritrosit dibuat di dalam sumsum merah pada tulang-tulang tertentu (tulang belakang. tulang rusuk. Zat besi digunakan kembali oleh sumsum tulang untuk mensintesis sel-sel darah merah.tidak memiliki bentuk tetap hingga dapat berubah bentuk 2. Jumlah leukosit yang lebih dari normal disebut leukositis. Eritrosit mampu mengangkut oksigen karena memiliki hemoglobin (Hb). Pada laki laki dewasa. Berdiameter <0. Perombakan ini terjadi didalam hati.

ada ada 3 jenis sel leukosit granulosit yaitu : 1. 2. Monosit Merupakn sel darah putih yang ukurannya paling besar dengan diameter sekitar 20 m.sel-sel mati dan sisa-sisa sel lainnya. Eosinofil memiliki granula yang besar dan terlihat merah menyala jika diwarnai dengan eosin . Tidak ada granula pada sitoplasmanya 2. 2. 3. Ssetelah itu.A. Leukosit agranulosit Ciri-ciri leukosit agranulosit : 1.akan menuju jaringan dan berkembang menjadi makrofag(sel pemangsa bekteri. Leukosit granulosit Ciri-ciri leukosit granulosit : 1. yaitu suatu senyawa yang mencegah pembekuan darah didalam pembuluh darah B. Basofil memiliki peran sebagai agen anti alergi . Inti selnya berbentuk bulat (seperti ginjal) Leukosit agranulosit terdiri atas : 1. yaitu suatu senyawa kimia yang akan dikirimkan sebagai respons ke lokasi jaringan yan g luka atau sebagi anti alergi juaga mengandung heparin. . Benda asing seperti bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh disebut antigen. neutrofil memiliki kemampuan fagositosis untuk memangsa dan menghancurkan bakteri serta sel –sel tubuh yang mati. Limfosit berperan dalam pertahanan tubuh dengan cara membentuk suatu protein yang disebut antibody. Sitoplasmanya bergranula 2. Intinya berlobus 3. Berada di dalam sirkulasi darah hanya selama 24 jam. basofil menghasilkan sejumlah besar histanin.

lalu trombosit pecah mengeluarkan enzim trombokinase. Bentuk tidak teratur 2. Tidak berwarna 4. Sifatnya mudah mudah pecah jika tersentuh oleh benda yang permukaanya kasar 5. terjadi luka. Berukuran kecil 3. Mekanisme pembekuan darah adalah sebagai berikut: 1. enzim trombokinase mengubah protrombin menjadi trombin.C. Keping-Keping Darah(trombosit) Ciri-ciri trombosit : 1. 2. Perubahan protombin yang belum aktif menjadi trombin yang aktif dipercepat oleh ion kalsium(Ca) . Tidak berinti Trombosit berperan dalam proses pembekuan darah. Protombin adalah senyawa globulin yang larut dan dihasilkan dihati dengan bantuan vitamin K. Dengan bantuan ion ca2+ dan vitamin K. Trombosit beredar dalam darah dan dibentuk oleh sel-sel besar yang ada di dalam sum-sum tulang.

Jantung memiliki 3 lapisan : 1. Atrium sinister (serambi kiri) Diantara bilik kiri dan bilik kanan terdapat sekat yang disebut septum interventrikel. Miokardium Merupakan otot jantung 3. Dinding bilik kiri lebih tebal karena bilik kiri memiliki beban kerja yang lebiih berat. . Perikardium Meruypakan selaput pembungkus jantung 2. Ventrikel deskter (bilik kanan) 2. Antara serambi kiri dan serambi kanan juga dipisahkan oleh sekat yang disebut seprum interatrial. Diantara bilik dan serambi juga terdapat katup yang berfungsi untuk menjaga agar darah yang masuk dari serambi ke bilik tidak kembali lagi ke serambi saat di pompa oleh bilik. Endokardium Merupakan selaput pembatas ruang jantung yang mengandung pembuluh darah. Jantung Jantung berfungsi sebagai alat memompa darah agar dapat terus beredar. Ventrikel sinister (bilik kiri) 3. dan cabang dari sistem peredaran darah ke jantung. Atrium deskter (serambi kanan) 4.3.trombin mengubah fibrinogen menjadi benang-benang fibrin lalu luka pun tertutup.sedangkan bilik kanan hanya memompa darah ke paru-paru. Jantung berukuran sekjepalan tangan terletak di rongga dada agak dikiri. Sedangkan antara bilik dan serambi dipisahkan oleh sekat yang disebut septum antrioventrikel. saraf. Kemudian. Fibrinogen adalah protein yang larut dalam plasma darah B. Jantung manusia terbagi menjadi 4 ruangan : 1. Alat-Alat Peredaran Darah Ada 2 macam alat-alat peredaran darah: 1. yaitu memompa jangtung keseluruh tubuh.

b. Pembuluh nadi yang keluar dari bilik kiri jantung di sebut aorta. darah dari bilik kiri yang kaya oksigen dipompakan keluar menuju aorta. . Pembuluh balik (vena) pembuluh balik adalah pembuluh yang membawa darah menuju jantung. pembuluh balik (vena). Darah dari bilik kanan yang kaya akan karbon dioksida dipompakan ke paru-paru melalui arteri paru-paru (arteri pulmonaris). Mengalirkan darah yang banyak mengandung oksigen. kecuali arteri pulmonali. dan kapiler. Tekanan darah diukur dengan sfigmomanometer. Pada saat otot dijantung mengendur (relaksasi) darah dari veni kava superior dan vena kava inferior yang kaya karbon dioksida masuk kedalam serambi kanan. dan darah dari vena pulmonaris (pembvuluh balik paru-paru) yang kaya oksigen masuk ke serambi kiri. Tekanan darah pada saat bilik jantung mengembang(mengendur) disebut diasto. Tekann darah pada saat bilik jantung mengempis disebut sistol. Otot jantung mendapat makanan dan oksigen melalui nadi tajuk (arteri koronaria).Antara bilik kiri dan serambi kiri terdapat katup valvula bikuspidalis Antara bilik kanan dan serambi kanan terdapat katup valvula trikuspidalis Tensi darah adalah cara mengukur tekanan darah. Tekanan darah adalah tekanan terhadap dinding pembuluh darah sebagai akibat denyut jantung. Orang dewasa normal mempunyai tekanan sistol 120 mm Hg dan tekanan diastol 80mm Hg 2. b. Vena di bedakan atas 2 macam : a. mengalirkan darah dari paru-paru ke serambi kiri. Sifat-sifat arteri : a. Dinding pembuluh kuat. c. elastis dan terdiri atas 3 lapis. Pembuluh balik paru-paru (vena pulmonalis). Pembuluh Darah Terdiri dari pembuluh nadi (arteri). d. Kerja otot jantung Pada saat otot bilik berkontraksi. Biasanya letaknya jauh dari permukaan tubuh. yang mengalirkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Pembuluh nadi (arteri) Pembuluh nadi atau arteri adalah pembuluh yang membawa keluar darah dari jantung. a.

Biasanya letaknya di dekat permukaan tubuh.arteriola. Peredaran darah kecil Aliran darah : bilik kanan – arteri pulmonalis . Pembuluh kapiler tersusun atas satu lapis sel endotelium.paru-paru. atau.vena pulmanalis. keduanya membawa darah kaya karbondioksida. 3.serambi kiri.b. tidak elastis dengan lubang pembuluh lebih besar dari arteri.arteri. jantung. Dinding pembuluh tipis. Peredaran darah besar Arah aliran darah : bilik kiri. Pembuluh kapiler berhubungan langsung dengan sel-sel tubuh. kecuali vena pulmonalis. a. jantung.jantung Peredaran darah kecil dan peredaran darah besar disebut peredaran darah ganda Sistem Porta Sistem porta adalah sistem yang hanya dibentuk oleh vena. 3. Oksigen dan zat-zat makanan di masukkan ke dalam sel tubuh melalui pembuluh kapiler.vena kava superior dan vena kava inferior. Vena kava superior dan vena kava inferior. Sifat-sifat vena : 1. Memiliki katup sepanjang pembuluh.serambi kanan. atau. c. Mengalirkan darah yang banyak mengandung CO2. . 2.aorta.kapilervenula. 4.jantung b.seluruh tubuh.paru-paru. Macam Peredaran Darah Di dalam tubuh manusia terjadi peredaran darah sebagai berikut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful