Tutorial Adobe Photoshop CS3 “Ganti Background Foto”

19 Comments

17 Votes

1. Buka gambar yang akan Anda gunakan, pada tutorial kali ini saya menggunakan gambar di bawah ini.

lalu cari lokasi penyimpanan file Anda. Setelah itu . . Drag gambar kedua ke gambar pertama dengan menggunakan Move Tool (V) yang terletak pada Tool Box. 3.2. kemudian pilih Open. Anda bisa mengklik menu File. Untuk membuka gambar yang Anda butuhkan.

Kemudian kembali pilih Layer 1. Setelah selesai. lakukan hingga selesai. kemudian pilih Paths. pilih load path as a selection . lalu pilih Create New Paths 6. Perkecil gambar kedua dengan menarik ujung-ujungnya dan menekan tombol shift (agar tingkat proporsionalitas gambar tetap terjaga). 5.4. Lalu pilih Pen Tool yang terdapat di tool box atau dengan menekan tombol P pada keyboard. lalu seleksi gambar tersebut seperti berikut. 7.

10. Untuk mengahaluskan daerah perbatasan gambar. Lakuakan finishing gambar sesuai dengan keinginan Anda.8. lalu tekan tombol Delete. Lalu tekan tombol Ctrl + Shift + I pada keyboard. 9. . Maka gambar akan tampak seperti berikut. pada sisi-sisinya. misalnya dengan menambhakan kata-kata seperti berikut. Anda bisa menggunakan blur tool (R).

.. Selamat mencoba About these ads Share this:   Twitter Facebook1 tutorial photoshop cs3 low key Share this history on : digg lama juga saya tidak posting tutorial adobe photoshop itu semua dikarnakan kesibukan saya di dunia offline yang akhir akhir ini memang menuntut saya untuk lebih fokus dalam mengerjakan nya. untuk yang menggunakan photoshop cs4 dan cs5 juga masih bisa menerapkan low key tehnik di photoshop nya. tapi tenang.11. tutorial photoshop kali ini saya beri judul tutorial photoshop cs3 low key. sebelum kita melangkah lebih jauh ke dalam tutorial photoshop low key. saya akan coba membahas apa itu low key. kebetulan saja saat saya membuat tutorial ini saya menggunakan adobe photoshop cs3.. di dalam dunia photography low key lighting adalah foto yang .

biasanya foto dengan low key lighting sering diterapkan pada foto subyek / portraiture. Ada Low pasti ada juga High. untuk bagaimana cara mendapatkan efek high key ataupun low key ini dalam photography sebaiknya jangan tanya saya. ( kebetulan mendapat banyak komplain dari pembaca photoshopid karna saya selalu menggunakan model edit yang itu itu saja ) Step 1 berantakan sekali ya background foto ini. kalau Low Key adalah foto dengan pencahayaan yang minim. kita fokuskan posting kali ini hanya pada bagaimana cara mendapatkan efek low key pada foto biasa dengan menggunakan adobe photoshop. karna saya belum memahami bagaimana cara memainkan lampu dan cahaya dalam memotret. dengan cara melakukan seleksi lalu kemudian menghilangkan background foto nya. sebuah foto dengan pemandangan yang tidak bisa di katakan indah. Pada posting Tutorial photoshop cs3 low key ini saya akan menggunakan foto adik saya ( Richa Anggaraini Putri ) tidak sama hal nya dengan postingan tutorial photoshop saya yang sebelum nya yang selalu menggunakan model yang sama. maka high key adalah kebalikan nya sebuah foto dengan pencahayaan yang berlebih. silahkan membaca cara seleksi di photoshop untuk mempelajari bagaimana menghilangkan background foto . hal pertama yang harus kita lakukan adalah menghilangkan terlebih dahulu background yang mengganggu ini.menggunakan pencahayaan yang minim dengan mengutamakan pencahayaan nya pada bagian tertentu saja.

maka foto yang semula transparant akan terisi dengan background berwarna hitam Step 3 . pada pallete layer pilih created new fill or adjusment layer kemudian pilih solid color lalu pilih warna hitam. secara otomatis new fill solid color akan berada di atas foto yang telah kita cutting.Step 2 setelah foto tercutting seperti gambar di atas. pindahkan layer color fill 1 ke bawah layer foto yang telah tercutting. kemudian kita isi warna hitam untuk dijadikan background foto nya.

pada Opsi bar Gradient pilih Radial Gradient dengan mode Normal dan Opacity sebesar 48% ( nilai nilai option gradient tidak harus seperti yang saya contohkan. buat layer baru di atas layer color fill 1 ( tekan Ctrl + Shift + N pada keyboard ) lalu pada tool box pilih Gradient Tool. tujuan nya agar foto tidak tampak kaku dengan hanya berbackground hitam saja. untuk mendapatkan warna Foreground Color berwarna Putih. . Setelah Opsi Gradient terisi dengan opsi yang saya contohkan di atas. Perhatikan Gambar di bawah ini. sesuaikan dengan selera anda ).buat efek backlight pada editan foto kita. kemudian reset Foreground color ( tekan D pada keyboard ) lalu tekan X pada Keyboard. kita kembali ke Layer Kosong / Transparant yang telah kita buat di atas Layer Color Fill 1. pada Posisi Start Poin Klik lalu kemudian Tahan Mouse dan Geser ke Posisi End Poin kemudian Lepas Klik kiri pada Mouse. dengan sebelumnya memastikan warna Foreground Color berwarna putih.

Pilih brush pada Tool Box dan Pastikan Foreground Berwarna hitam. lalu ubah Hardness Brush Tool menjadi 0% dengan cara klik kanan foto saat Tool Brush Aktif. lalu perhatikan . dan ubah juga Opacity Brush menjadi 40% pada Option Bar brush Tool. atur pula Constant Channel Mixer. Green dan Blue nya. perlu di ingat kembali low key adalah foto yang memiliki cahaya yang minim. untuk mendapatkan cahaya minim pada foto kita akan menggunakan tool adjusment Channel Mixer. kemudian Blending Channel Mixer dengan mode Multiply dan turunkan Opacity nya menjadi 80% Step 5 Masih di Layer Channel Mixer. arahkan kembali mouse anda ke created new fill or adjusment layer lalu pilih Channel Mixer. lalu atur opsi dari Channel Mixer.Step 4 sekarang kita akan memberikan efek low key pada foto. Red.

sapukan brush ke bagian bagian yang tampak lebih cerah secara perlahan hingga foto menjadi seperti di bawah ini : Selamat Mencoba. 2. Yup kali ini kita belajar edit foto dengan photoshop 1.. Tekan S. bila ada pertanyaan Silahakn mengisi Form Komentar di bawah ini.. =p..bagian bagian cerah pada objek.. Menghilangkan Bagian Tertentu Wajah Anda Publish: 17 Mei 2008 | Author & Copyright: Lucky H | Status: FREE tutorial Pengen punya foto yang ga ada matanya? gampang aja.. nih caranya. pada icon yang aktif di tool box.. klik kanan dan pilihlah clone stamp tool : ... Open file gambar / foto yang mau di-edit.

tapi saya bermaksud agar ketika mulai meng-clone untuk menghilangkan sebelah matanya. setiap anda mengklik di canvas tanpa menahan Alt. Setelah mengklik. maka clone stamp yang tadinya lingkaran akan menjadi seperti tanda sasaran / target. nanti hasilnya akan seperti ini : . sebelum semuanya terlambat dan terlihat aneh. Anda hanya perlu melakukan hal yang sama untuk mata yang sebelahnya. Setelah itu.. Ayo kita “eksekusi” matanya. selain lingkaran clone stamp. di-undo (Ctrl+z) saja. lepas saja alt-nya.. Ya.. Bukan tanpa maksud. terang gelapnya tidak terlihat aneh. Lakukan dengan hati-hati. jika salah.. =p : Caranya: Tahan alt. akan muncul juga tanda tambah yang menunjukkan daerah yang ter-clone ke daerah mata. Pada praktek ini. saya mengklik (sambil menahan alt) di pipinya yang lebih terang. Klik saja.3.. 4. karena memang itu untuk menentukan target bagian gambar yang akan di clone. 5 Ini hasilnya : 6.

Nah sekarang akan saya terjemahkan dengan bahasa saya. tentang cara pakainya bisa dilihat lebih jelas di tutorial yang khusus menjelaskan clone stamp tool... tergantung kepintaran anda memilih daerah yang di-clone dan bayangannya. Pemakaian clone stamp yang saya jelaskan mungkin kurang jelas.Hasilnya terlihat dipaksa atau tidak.. Lagipula. sebetulnya efek ini udah diterangkan pada guide bawaan / panduan photoshop namun dalam bentuk bahasa inggris.... anda akan mengerti tentang pemakaian clone stamp.. tapi saya akan berusaha semaksimal mungkin jadi buruan dicoba. cepat atau lambat setelah mencobanya. Langkah .Langkahnya: . Membuat Efek Asap Pada Foto Publish: 04 Agustus 2008 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial Tutorial Kali ini adalah membuat efek asap. kalo tambah bingung mohon maap ya.. saya yakin.

Setelah itu buat layer baru dengan mengklik kiri icon yang ditunjukkan panah di gambar bawah . hehehe.1. Buka Program Photoshop Caranya: Pada Start > All Program > Photoshop 2.. disini temanya adalah cowboy eh salah kalo ce itu apa ya. nah hasilnya bisa dilihat di pallete layer biasanya (default) letaknya di kanan bawah monitor 5. Setelah foto yang akan diedit tertampil pada canvas / lembar kerja photoshop maka langkah selanjutnya adalah menduplicate layer Caranya: Pada menu utama di bagian atas sendiri tepatnya pilih Layer > Duplicate Layer... Pilih foto yang akan diedit Usahakan Foto tersebut sesuai dengan tema.. OK Alternatif: Jika tidak punya foto yang cocok atau mau diedit bisa download gambar ini Download Gambar 3. Caranya: Tekan CTRL + O = Shortcut untuk Open File Kemudian cari dan Pilih Foto... mungkin lebih tepatnya koboi wanita.

Sekarang gunakan Brush Tool dan warnai dengan warna putih Warna background dan foreground harus hitam putih seperti di gambar .6.

tekan OK dan Hasilnya 8.. Sekarang tinggal disempurnakan dengan menambahkan banyak asap Caranya tinggal ulangi aja langkah 6 sampai langkah 8 karena saya tidak mau membatasi imajinasi kalian berikut hasil karya dan imajinasi dari penulis (jo .ilmugrafis) .Lalu tekan OK Nah kan hasilnya seperti ini 9. Masuk ke menu utama dan pilih Filter > Liquify Pada jendela filter pilih Forward Warp Tool (W) Lalu bentuk sesukamu atau seperti ini.0 . Masuk ke Menu Utama pilih Filter > Blur > Glausian Blur Gunakan Radius 8..7.

.. Uhuk... Asepnya bikin sesak napas bok .Dor . Uhuk..DOr!!! Wuszzz.Dor ..