P. 1
Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Pengertian Karya Tulis Ilmiah

|Views: 87|Likes:
Published by Harie Sadja
Pengertian Karya Tulis Ilmiah
Pengertian Karya Tulis Ilmiah

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Harie Sadja on Jan 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

10/17/2013

$0.99

USD

pdf

text

original

Pengertian Karya Tulis Ilmiah dan Contoh Karya Tulis Ilmiah

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang apa itu karya tulis ilmiah dan berbagai contoh karya tulis ilmiah yang bisa anda download secara gratis. Dalam menulis karya ilmiah memang diperlukan suatu keahliah dalam bidang menulis. Selanjutnya aktivitas menulis itu tidak bisa dipisahkan dengan tradisi membaca karena kita mendapat inspirasi dan ide untuk menuliskan sesuatu salah satunya dari membaca. Oleh karenanya bagi remaja, lebih baik dikembangkan aktivitas membaca terlebih dahulu, baru kemudian aktivitas menulis. Baiklah langsung saja mari kita bahas tentang pengertian karya tulis ilmiah dancontoh karya tulis ilmiah.

Pengertian Karya Tulis

Karya tulis mempunyai banyak ragam tergantung dari tujuan, manfaat, sumber penulisan, dan aspek-aspek lainnya. Berdasarkan sumbernya, secara umum karya tulis dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu karya fiksi (tidak ilmiah) dan non fiksi (ilmiah). Karya fiksi merupakan karya tulis yang sumbernya semata-mata imajinasi, fantasi, atau rekaan dari si penulis. Tujuan orang menulis fiksi biasanya untuk menghibur atau bisa jadi untuk mengungkapkan isi hati penulis. Karya sastra merefleksikan situasi masyarakat tertentu. Contoh dari karya tulis jenis ini adalah karya sastra: novel, cerpen, puisi, dan lain-lain.

Pengertian Karya Ilmiah

Karya

ilmiah

(scientific

paper)

adalah

laporan

tertulis

dan

diterbitkan

yang

memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan tertentu. Jenis-jenis karya ilmiah antara lain: karangan ilmiah, laporan penelitian, makalah atau paper, artikel, dan lain-lain. Barangkali anda sering mendapat tugas

artikel ilmiah di jurnal. Meskipun keduanya berbeda. pengumpulan data yang didapat dari suatu penelitian. dan (b) karya tulis ilmiah yang berupa tinjauan/ulasan/ gagasan ilmiah. Karya tulis ilmiah dapat dipilah dalam dua kelompok yaitu: (a) karya tulis ilmiah yang merupakan laporan hasil pengkajian/penelitian. atau paper sewaktu menempuh pelajaran tertentu. ataupun kajian pustaka yang didasarkan pada pemikiran (metode) ilmiah yang logis dan empiris. namun sebagai tulisan yang bersifat ilmiah terdapat beberapa ciri yang menunjukkan kesamaan antara lain: 1. Ini artinya anda sudah pernah membuat karya ilmiah. pengamatan. tes laboratorium. hal yang dipermasalahkan berada pada kawasan pengetahuan keilmuan 2. artikel ilmiah popular di media massa. Pengertian Karya Tulis Ilmiah Karya tulis ilmiah dapat didefinisikan sebagai laporan tertulis tentang (hasil) suatu kegiatan ilmiah. kebenaran isinya mengacu kepada kebenaran ilmiah 3. makalah. tampilan fisiknya sesuai dengan tata cara penulisan karya Jenis Karya Tulis Ilmiah Seperti yang sudah saya sampaikan pada postingan terdahulu tentang macam-macam karya tulis ilmiah. buku. kerangka sajiannya mencerminan penerapan metode ilmiah 4.dari guru untuk membuat karangan. modul. maupun karya terjemahan. Karya tulis ilmiah dapat disajikan dalam bentuk laporan penelitian. Dengan demikian terdapat banyak pilihan bagi guru dalam . baik penelitian lapangan. diktat. makalah seminar. Definisi yang lebih kompleks dapat dikemukakan bahwa pengertian karya tulis ilmiah adalah suatu tulisan yang membahas suatu masalah berdasarkan penyelidikan.

Makalah biasanya disajikan dalam forum seminar. Tidak ada salahnya pada tulisan ini saya jabarkan lagi secara singkat jenis-jenis karya tulis ilmiah. Artikel hampir mirip dengan makalah. 2. runtut dan terperinci. Karya ilmiah jenis ini biasa diberikan oleh dosen atau guru kepada mahasiswa atau siswanya. Artikel merupakan diseminasi pemikiran dari ahli atau seseorang yang secara intens mengamati permasalahan tertentu (pengamat). ilmuwan atau penulis sebelumnya. essay atau feature. Tujuannya biasa untuk memberikan ruang bagi peserta didik dalam menuangkan gagasan ilmiahnya untuk mengasah kemampuan intelektualnya dalam menanggapi permasalahan yang berkembang. lokakarya. Artikel dapat ditulis dalam berbagai bentuk yaitu opini. workshop dan sejenisnya. Apabila makalah disampaikan dalam forum seminar atau workshop. Artikel merupakan gagasan tertulis dari penulis tentang suatu permasalahan yang didasarkan pada kajian pustaka atau hasil penelitian. 3. Dalam menuliskan laporan unsur kronologis menjadi sangat penting karena praktik kerja baik di lapangan maupun di laboratorium terdiri dari tahapan-tahapan yang sistematis yang harus dilaporkan secara sistematis juga. yang membedakan adalah ruang publikasinya. Opini merupakan gagasan . Dengan demikian penulisan laporan praktikum dituntut untuk menyampaikan sebuah kegiatan secara sistematis. yang biasa disebut artikel ilmiah populer). Laporan praktikum biasanya merupakan laporan tertulis dari serangkaian kegiatan praktikum yang telah dilakukan oleh seorang atau sekelompok siswa. 1. Makalah atau paper merupakan rumusan atau simpulan pemikiran sebagai hasil telaah atau pengkajian sederhana dari sebuah referensi bacaan. pemikiran tokoh. artikel dipublikasikan di media massa baik jurnal ilmiah atau media massa (koran atau majalah.mengembangkan profesinya melalui karya tulis ilmiah.

Tugas akhir biasanya berupa hasil penelitian dari bidang tertentu (sesuai jurusan atau program studi yang diambil) yang kemudian diujikan secara lisan untuk memperoleh derajat kelulusan dan kelayakan karya tersebut. Sedangkan feature merupakan bentuk penulisan artikel yang berupa berita. Tugas akhir baik skripsi (tingkat S1). 4. sedangkan essay merupakan karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang penulisnya (Kamus Besar Bagasa Indonesia. . 2005: 308).pribadi penulis. thesis (S2) atau disertasi (S3) merupakan karya ilmiah yang ditujukan untuk mengakhiri studi di perguruan tinggi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->