OBAT-OBAT STATIN

Statin-statin berbeda dalam frekwensi yang dengannya mereka menyebabkan suatu tipe yang berat dari myopathy yang disebut rhabdomyolysis, dimana otot-otot dirusak secara berat/parah. Cerivastatin (Baycol) telah ditarik dari apotek-apotek diseluruh dunia karena ia telah menyebabkan rhabdomyolysis 10 sampai 100 kali lebih sering daripada statin-statin lain. Rhabdomyolysis mungkin terjadi lebih sering pada pasien-pasien yang mengkonsumsi statin-statin dengan obat-obat yang juga menyebabkan rhabdomyolysis atau obat-obat yang meningkatkan konsentrasi-konsentrasi darah statin. Efek-Efek Sampingan Obat-Obat Statin Efek-efek sampingan yang paling umum adalah:
       

sakit kepala mual muntah sembelit diare rash kelemahan, dan nyeri otot

Efek-efek sampingan yang paling serius (namun untungnya jarang) adalah kegagalan hati dan rhabdomyolysis. Rhabdomyolysis adalah suatu efek sampingan dimana ada kerusakkan pada otototot. Rhabdomyolysis seringkali mulai sebagai nyeri otot dan dapat berlanjut pada kehilangan sel-sel otot, kegagalan ginjal, dan kematian. Itu terjadi lebih sering ketika statin-statin digunakan dalam kombinasi dengan obat-obat lain yang mereka sendiri menyebabkan rhabdomyolysis atau dengan obat-obat yang mencegah eliminasi dari statin-statin dan meningkatkan tingkat-tingkat statin-statin dalam darah. Karena rhabdomyolysis mungkin fatal, nyeri persendian atau otot yang tidak dapat dijelaskan yang terjadi ketika mengkonsumsi statin-statin harus diberitahukan pada serang dokter untuk evaluasi. Statin-statin harus tidak digunakan selama kehamilan karena risiko dari efek-efek kurang baik yang serius pada janin yang sedang berkembang. Interaksi Obat-Obat Statin dengn Obat-Obat lain Statin-statin mempunyai beberapa interaksi-interaksi obat yang penting. Tipe pertama dari interaksi melibatkan enzim-enzim yang bertanggung jawab untuk eliminasi statin-statin oleh hati. Enzim-enzim hati (terutama, enzim-enzim hati cytochrome P-450) adalah bertanggung jawab pada eliminasi semua statin-statin dari tubuh dengan pengecualian dari pravastatin dan rosuvastatin. Oleh karenanya, obat-obat yang menghalangi/memblokir aksi dari enzim-enzim hati ini meningkatkan tingkat-tingkat simvastatin, lovastatin, fluvastatin, dan atorvastatin (namun tidak pravastatin atau rosuvastatin) didalam darah dan dapat menjurus pada perkembangan dari rhabdomyolysis. Obat-obat atau agenagen yang menghalangi/memblokir enzim-enzim ini termasuk:
      

protease inhibitors (digunakan dalam merawat AIDS), erythromycin, itraconazole, (Sporanox) clarithromycin, (Biaxin) diltiazem, (Cardizem, Dilacor, Tiazac) verapamli (Calan, Verelan, Verelan PM, Isoptin, Isoptin SR, Covera-HS), dan grapefruit juice (sari buah dari semacam jeruk besar).

meningkatkan efek antikoagulan Koumarin. Meskipun demikian. Obat-obat niacin dan fibric acid dapat menyebabkan rhabdomyolysis atau gagal hati ketika digunakan sendiri-sendiri. contohnya. Contoh-Contoh dari Obat-Obat Statin Statin-statin yang disetujui untuk penggunaan di Amerika termasuk:       atorvastatin (Lipitor). pravastatin (Pravachol). . Untuk mencegah pengikatan ini didalam usus kecil. fibric acids dan niacin seringkali digunakan dengan hati-hati dalam kombinasi dengan kebanyakan statin-statin.Interaksi obat penting lainnya terjadi antara statin-statin dan niacin atau fibric acids. dan fenofibrate (Tricor). statin-statin harus diminum satu jam sebelum atau empat jam setelah cholestyramine atau colestipol. Interaksi obat : . dan menggabungkan mereka dengan statin-statin meningkatkan kemungkinan dari rhabdomyolysis atau gagal hati. clofibrate (Atromid-S). fluvastatin (Lescol). rosuvastatin (Crestor). lovastatin (Mevacor). dan simvastatin (Zocor). Cholestyramine (Questran) begitu juga colestipol (Colestid) mengikat statin-statin dalam usus kecil dan mengurangi penyerapan mereka kedalam tubuh.resiko miopati dan rabdomiolisis meningkat dengan obat-obat imunosupresif. . gemfibrozil (Lopid).

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.