Pertemuan 3

Sedangkan Sistem komputer yakni Jaringan dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok SISTEM KOMPUTER terbagi menjadi 3:  HARDWARE Peralatan dari sistem komputer yang secara fisik dapat terlihat dan terjamah  SOFTWARE Program yang berisi perintah untuk melakukan pengolahan data. .SISTEM KOMPUTER Sistem yakni kumpulan dari beberapa subsistem yang saling berhubungan dan dibangun untuk membentuk kesatuan mencapai suatu tujuan.  BRAINWARE Manusia yang terlibat dalam pengoperasian serta mengatur sistem komputer.

angka. Labtop. Dan biasanya tidak memerlukan bahasa perantara.bekerja secara countine dan bukan dalam bentuk angka. kecepatan suara. serta karakter khusus). Dan biasanya memerlukan bahasa perantara. Ex: Faximail .kombinas keduanya. Netbook dan sejenisnya c) Komputer Hybrid merupakan kombinasi antara computer analog dan computer digital. Ex: computer untuk mengukur suhu.JENIS KOMPUTER Berdasar Penggolongannya jenisnya komputer dibedakan menjadi 4:  Berdasarkan data yang diolah  Berdasarkan penggunaanya  Berdasarkan bentuk dan Ukuran  Berdasarkan Generasinya 1. tetapi dalam bentuk fisik dan paralel. pengukur detak jantung b) Komputer Digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf. Ex: Computer Personal (PC). Berdasar data yang diolah a) Komputer Analog digunakan untuk data kuantitatif.voltase atau pulsa listrik listrik.

PC Router (memiliki dua Ethernet atau lebih).com. b) 3. a) Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Superkomputer Harga Sangat Mahal cepat dan ukuran besar. microsoft company.dan pengolahan program lainnya.@mail. biasanya ada di perusahaan besar seperti firewallm company. Terminal Dumb Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purepose Computer) digunakan secara Umum.pengolahan database. pengolahan multimedia. Mainframe computer Ex: computer yang digunakan untuk e.2.com dan sebagainya… Workstation Computer computer untuk pembuatan Animasi kartun dan flash 3DMax Micro computer/ Personal Computer (PC) b) c) d) e) .@gmail. a) Berdasarkan Penggunaanya Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purepose Computer) digunakan secara khusus dan mempunyai satuan fungsi kerja. misalnya untuk pengolahan grafis.com.comercial (transaksi via internet atau e-banking) Minicomputer microprosesor lebih besar dan cepat dari mainframe bisanya untuk Server layanan Internet E-mail Server seperti @yahoo. Ex: Server.

basic) Program FORTRAN.COBOL.4 M.1964) Pembangun dasar berupa Transistor tiga Kaki (Emiter.ALGOL Kapasitas memori utama sudah cukup besar Proses lebih cepat dalam menjalankan intruksi Daya listrik sedikit Orientasi pada bisnis dan teknik Generasi Ketiga (1964 .1970) Menggunakan IC (Integreted Circuit) Pemprosesan data lebih cepat Kapasitas memori lebih besar lagi Penggunaan Listrik lebih hemat Bentuk fisik lebih kecil Banyak bermunculan Application Software • • • • • • . Kapasitas penyimpanan Kecil b) • • • • • • c) Generasi Kedua (1959 . • Cepat panas. Kurang Cepat. • Ukuran panjang 30 M.Collector. berat 30 ton daya listrik 174 kwh. Berdasarkan Generasinya a) Generasi Pertama (1946 .1959) • Tabung Hampa Udara (Vacum Tube) yang digunakan sebagai penguat sinyal. tinggi 2.4. • Bahasa pembangun ASSEMBLER (Bahasa Mesin).

Perusahaan pengembang meliputi: IBM.1990) Menggunakan Microprosesor. prosesor itu sendiri pembangunnya yakni berupa Microprosesor yang terdiri dari beribu-ribu dan di kemas dalam ukuran sangat kecil. komponen ini didalamnya digunakan terdiri dari beribu-ribu IC yang kemudian dijadikan satu kesatuan pembangun Microprosesor. AMD Generasi KeLima (Sejak tahun 1990-an) pada generasi ini komputer sudah tertanam prosesor yang dikenal dengan nama generasi Pentium. e) Generasi Berikutnya akan dikenal dengan Istilah “ GENERASI TITANIUM “ .d) Generasi Keempat (1970. pada generasi ini komputer pertama kali menggunakan sistem operasi Windows. PENTIUM.

Berikut Gambar dari Tiap Generasi Komputer .

Generasi Pertama Generasi Keempat Generasi Kedua Generasi Kelima Generasi Ketiga .

SEKIAN SEMOGA BERMANFAAT .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful