PENGANTAR KOMPUTER

PENGENALAN HARDWARE 2 Alat Output : Alat output dapat dibedakan menjadi 2 yaitu. maupun.  Softcopy merupakan data yang ditampilkan dilayar monitor atau dalam bentuk audio/ suara. .  Hardcopy merupakan data yang dicetak diatas kertas atau microfilm.

Microprosesor  CPU yang dikemas dalam sebuah chip disebut dengan microprosesor. Bus alamat yang melewatkan alamat (Register) atau lokasi dari suatu data 3.  Bus dikendalikan oleh CPU berdasarkan informasi yang dibawanya. Pada motherboard merupakan lajur yang menghubungkan bagian-bagian sistem komputer (CPU. 1. . Bus data yang melewatkan data 2. Silicon wafer merupakan bahan semikonduktor yakni bahan yang dapat berfungsi sebagai konduktor dan sebagai isolator Sistem Bus  Bus adalah Lajur / kabel yang digunakan untuk mentransfer data antara komponen dari sistem komputer. Microprosesor ini terbuat dari jutaan transistor yang dirangkai dalam satu rangkaian dan dibuat pada sebuah silicon wafer. port I/O) dan mampu mentransfer informasi. Bus Kontrol yang digunakan untuk melewatkan sinyal kontrol agar jalur bus yang dilewatkan data atau alamat oleh peralatan yang berbeda tidak salaing bertabrakan.

USB port.  jalur bus identik dengan transfer data internal. Jalur port juga merupakan bagian dari sistem bus. paralel port. . Infra Red dan Bluetooth juga merupakan bagian dari sistem bus. sedangkan user komputer perlu komponen ekstra untuk terhubung ke sistem komputer maka diperlukan yang namanya expansi slot. Jalur serial port. maka dibutuhkan 2 cycle untuk mengirim data agar dapat dieksekusi oleh CPU.Fungsi kerja sistem Bus  Bus dikendalikan oleh CPU  Kapasitas bus mempunyai pengaruh langsung pada kinerja komputer yakni jika CPU mampu mengeksekusi data 32bit. dan dihubungkan dengan jalur bus 16bit.

.Expansi Slot  Expansi Slot adalah soket pada motherboard dimana expansi card ditancapkan. Expansi card merupakan papan rangkaian yang bisa berupa memory atau peralatan peripheral lainnya.  Macam-maca expansi slot: * Video Adapter (Grafik Card) * Sound Card * Telephone adapter (on modem card) * NIC (Network Interface Card) adapter (jaringan LAN) * TV Card (TV Tunner)  Jenis Expansi Slot: > Slot ISA (Industri Standart Architecture) mampu transfer data 8 s/d 16 bit > Slot EISA (Extended ISA) mampu mentransfer data 32bit populer untuk server >VESA (Video Elektronics Standart Architecture) untuk transfer data berupa Video > PCI (Peripheral Componen Interconnect) mampu transfer data 32bit s/d 64bit > AGP (Accelerated Graphic Port) untuk graphic Card misal: VGA > PCMCIA (Personal Computer Memory Card Internasional Association).

Electroluminescent (EL) Gas Plasma Display .  CTR (Cathode Ray Tube) dikenal dengan teknologi raster  Flat Panel Display.    LCD (Liquid Cristal Display) merupakan teknologi layar datar yang digunakan menggunakan layar dari bahan Liquid Cristal. Bahan liquid cristal dapat berupa benda cair atau padat tergantung pada suhu atau tekanan yang dikenakan pada bahan ini.Monitor  Teknologi monitor dapat dibagi menjadi.

Printer  Teknologi Printer antara lain:  DPI (Dot Per Ince) kerapatan cetakan ke kertas  CPS (Character per Second)  PPM (Page Per Minute)  Secara Garis Besar Printer dibedakan jenisnya antara lain:  Impact Printers.Ink Jet. Thermal/Suhu) . Ex: (Lase Jet. Ex: (Dot matrix)  Non Impact Printer.

Radius 100m-500m s/d 5km)  Infrared  Microwave  Broadcast radio  bluethooth  Long Distance Wireless (Nirkabel jarak jauh)  GPS (Global Position System)  Pager  Satelite  Analog Celuller .Media Komunikasi ke komputer  Ada beberapa media komunikasi yang menghubungkan manusia dengan komputer maupun komputer ke komputer yakni:  Wire (Kabel)  Wirefire (Kabel Serabut)/ twistedwire  Cabel coaxcial  Fiber optical (FO)  Wireless (Tanpa Kabel jarak dekat maks.