Proposal   Penawaran  

SISTEM  INFORMASI         RUMAH  SAKIT  

PT.  RABIHA  PILAR  INFORMATIKA  2011  

Profil Perusahaan
       

PT. RABIHA PILAR INFORMATIKA
Adalah sebuah perusahaan dalam bidang teknologi informasi. RPI adalah kependekan dari PT. Rabiha Pilar Informatika. RPI memberikan solusi dalam bidang teknologi informasi dengan menggunakan ide, kreasi dan inovasi-inovasi smart. RPI memiliki kompetensi di bidang: Bisnis, Pendidikan, dan Riset. RPI memiliki bidang usaha antara lain: Software

Development, Web Design, Multimedia, IT Learning Center, IT Solution. RPI mengutamakan profesionalisme dan
memberikan yang terbaik untuk klien dan mitra kami dalam menggapai masa depan mereka sehingga mampu berkompetisi dengan yang lain.

KONTAK  KAMI  
Alamat Telepon Fax Website Email Kontak : Jalan Demangan Baru No. 24 Lantai 3 , Gedung Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta : 0274-585384 : 0274-585384 : www.erpie.org : info@erpie.org : Guntoro (081-328-899-168) / Azmi (081-22728-2209)

       

Tentang Produk
  Rumah Sakit mengemban tugas untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya kepada masyarakat sekitarnya dengan lebih baik dan lebih profesional. Rumah Sakit sebagai salah satu institusi yang bergerak dalam bidang kesehatan dituntut untuk selalu meningkatkan kinerja dan mutu kerjanya. Hal ini termasuk peningkatan sarana penunjang, salah satunya yaitu komputerisasi : mencakup peningkatan sumberdaya manusia, penyempurnaan system pembantu kerja dan kegiatan operasional sehari-hari baik yang berkaitan dengan pelayanan pasien maupun operasional intern di rumah sakit. Dalam rangka menghasilkan kinerja dan mutu kerja yang lebih baik ini, maka Rumah Sakit tidak Rumah Sakit (SIMRS). Dalam menjawab kebutuhan SIM-RS tersebut, SIM-RS yang kami tawarkan merupakan aplikasi software berbasis web based komputerisasi client server, dimana aplikasi ini fully integrated antara satu modul dengan modul lainnya yang bertujuan untuk mengelola kompleksitas proses-proses yang berlangsung di suatu rumah sakit baik secara internal maupun eksternal. Sehingga manajemen rumah sakit akan memiliki system yang dapat meningkatkan pelayanannya secara nyata bisa lepas untuk selalu melalukan pengembangan dan penyempurnaan system khususnya pengembangan Sistem Informasi Manajemen

1. Modul Sistem
  Modul yang tersedia dalam sistem informasi rumah sakit adalah sebagai berikut: • Modul Medical Record Salah satu peran RS yang terpenting adalah, memiliki dan merawat data MR Pasien, Mengingat disiplin ilmu kesehatan tidak berdiri sendiri, melainkan saling mendukung dan sehingga Data MR ini membantu sharing informasi antar masing-masing spesialisasi medis maupun penerus spesialisasi tersebut • Modul Poliklinik Poliklinik RS memberikan jasa kepada masyarkat berupa praktek dokter bersama dalam satu atap, dimana RS berperan sebagai administrator bagi para spesialisasi medis (dokter) dimana menyediakan ruangan sekaligus sarana penunjang, proses pendaftaran, Data Medical Record dan juga proses pembayaran dan perhitungan Honor Dokter/Jasa Medis. • Modul Instalasi Gawat Darurat Pada kasus dimana Pasien membutuhkan penanganan medis secara cepat dan mendadak atau membutuhkan jasa medis darurat dimana Poliklinik sedang tutup atau pasien dari dokter atau RS lain mendapat merujuk untuk Rawat Inap, maka setiap IGD RS selalu menyediakan 24 Jam untuk kasus-kasus seperti ini. • Modul Pasien Rawat Inap Setiap RS, memiliki fasilitas rawat inap bagi pasien-pasien yang membutuhkan penanganan medis untuk rawat inap. Disesuaikan dengan kondisi keuangan pasien, maka RS juga memberikan menyediakan beberapa jenis kelas perawatan spt kelas III, II, I VIP maupun SVIP. Faktor kelas ini juga selain mempengaruhi harga biaya kamar juga biaya dari perawatan seperti visit dokter dan harga obat yang digunakan melalui RS. Aktifitas Perawatan harus senantiasa dimonitor dan dimasukan datanya, seperti pemakaian obat habis pakai, pembelian resep, visit dokter, tindakantindakan, penggunaan alat tambahan dsbnya. Sehingga biaya perawatan misalnya sehubungan dengan penambahan deposit. dapat langsung terupdate dan dapat dimonitor oleh pihak-pihak yang berkepentingan:

Modul Laboratorium Fasilitas lain penunjang RS antara lain adalah Laboratorium, dimana untuk mengetahui persisnya kondisi pasien maka diambil sample darah, urine, faces dan lain-lain untuk dianalisis dengan peralatan laboratorium sehingga dapat diketahui kondisi pasien ybs. Biaya Lab dan hasil lab ini dapat langsung terintegrasi dengan kasir baik dalam Rawat Jalan maupun Rawat Inap – maupun untuk pasien-pasien Asuransi maupun Corporate. Modul Radiologi Modul Fasilitas penunjang lain adalah radiologi, dimana rontgen dengan sinar-x untuk mendapatkan foto mengetahui kondisi pasien yang tidak diketahui hanya dengan melihat dari luar Modul Akuntansi dan Keuangan Rumah Sakit Meliputi beberapa sub modul : 1. Perhitungan Honor Dokter/Jasa Medis 2. Kegiatan Kasir & Billing 3. Kegiatan Menagih Kepada Pihak Penjamin (Asuransi & Corporate) Modul penunjang yang berfungsi untuk melaporkan dan mendukung semua kegiatan yang berkaitan dengan akuntansi dan keuangan sebuah rumah sakit, agar nantinya dapat mempermudah pengambilan keputusan oleh pihak manajemen dan pengelola rumah sakit Modul Farmasi Modul Penunjang yang digunakan untuk penebusan dan pengambilan obat pasien Modul Presensi dan Kepegawaian Modul yang digunakan untuk mendata semua aktivitas presensi karyawan Rumah Sakit sekaligus sebagai data dan curiculum vitae karyawan mulai pertama kali masuk, sejarah penempatan dan mutasi karyawan, hingga kepangkatan dan golongan Modul Inventory Modul yang digunakan untuk mencatat semua stock permintaan, kebutuhan dan alur barang persediaan rumah sakit (Infus, Obat, dll)

Implementasi
Dalam pembangunan Sistem Informasi, akan menerapkan metodologi internal yang umum dipakai, Metodologi ini membagi implementasi dalam 4 fase, yaitu :

1. Identification 2. Prototype dan design 3. Implementasi 4. Test dan run

Metodologi ini memetapkan system Hirarical Approcah dan untuk di beberapa fase pekerjaan dapat dilakukan secara bersamaan (overlapping). Dengan menggunakan tahapan ini dan metodologi ini maka : 1. Menjamin kesuksesan dari implementasi pengembangan system informasi di rumah sakit dengan memberikan tenaga professional dan berpengalaman. 2. Menjamin konfigurasi system dan aplikasi yang optimal. 3. Menjamin pengembangan teknologi dengan melakukan join development. 4. Melakukan pelatihan yang diperlukan untuk user dan administrator. 5. Menjamin pengembangan di masa mendatang.

Pengguna Sistem
Berikut ini adalah daftar pengguna sistem: • Tingkatan Manajemen Pada tingkatan manajer, aplikasi ini bisa menampilkan informasi yang berupa data-data rekapitulasi dan dapat dijadikan bahan analisa untuk rencana pengembangan dan perbaikan pelayanan kesehatan di lingkungan Rumah Sakit. • Tingkatan Administrator Pada tingkatan administrator terdapat fungsi-fungsi untuk memelihara data, pencatatan dan pengarsipan data-data yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan di lingkungan Rumah Sakit • Tingkatan Operator Pada tingkatan operator hanya diberikan wewenang untuk memasukan data- data

2. Spesifikasi Sistem
Spesifikasi teknis sistem informasi penjadwalan kuliah yang dikembangkan adalah sebagai berikut: No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Nama Detail Nama Jenis / Tipe Deskripsi Teknologi Bahasa Pemrograman Database Arsitektur Server Sistem Client Browser Keterangan Sistem Informasi Rumah Sakit Sistem Informasi Aplikasi untuk pengelolaan keuangan. Aplikasi Berbasis Web, Internet PHP MySQL/Oracle* Client Server (Jaringan Internet) Linux Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape, Opera

*tergantung kebutuhan

Garansi
Total Instalasi dan Implementasi dilaksanakan dalam waktu delapan (8) bulan* Masa garansi sistem adalah selama tiga (3) bulan dari pertama kali aplikasi diimplementasikan. Aplikasi ini dirancang se-dinamis mungkin sehingga dapat berkembangkan jika dimungkinkan adanya perkembangan sistem menjadi lebih kompleks. Layanan purna jual yang ditawarkan yaitu meliputi perawatan (maintenance) setelah masa garansi berakhir dan pengembangan sistem.
*tergantung kebutuhan

 

Penutup
  Dengan menggunakan Sistem Informasi Akuntansi ini diharapkan menjadi sebuah solusi yang dapat membantu dalam pengelolaan dan pengaturan jadwal kuliah. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan mutu kualitas rumah sakit, dan produktifitas serta mampu meningkatkan daya saing institusi terkait.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful