Membuat Sumber Listrik dari Buah-Buahan

A. Tujuan 1. Mengidentifikasi buah-buahan yang dapat digunakan sebagai sumber listrik 2. Mengetahui buah-buahan dapat digunakan sebagai sumber listrik 3. Mengidentifikasi rangkaian seri dan parallel sumber arus listrik Alat dan Bahan Alat: Bahan:  Kawat email tembaga  Jeruk nipis 3 buah  Paku 3 buah  Kentang 3 buah  Kabel  Pisang 3 buah  Lampu LED 4 buah Cara Kerja 1. Merangkai alat dan bahan seperti gambar berikut.
kentang

B.

C.

2. Mengulangi rangkaian pada no. 1, tapi mengganti kentang dengan jeruk nipis dan pisang. 3. Menuliskan hasil pengamatannya pada bagian D.

…………………………………………………………………………………………………………………………………… 2. …………………………………………………………………………………………………………………………………… 4. …………………………………………………………………………………………………………………………………… 3.D. Data Pengamatan Buah-Buahan Terang Jeruk nipis Kentang Pisang E. …………………………………………………………………………………………………………………………………… . Nyala Lampu Redup Kesimpulan 1. …………………………………………………………………………………………………………………………………… 5.

mengapa jeruk bisa menghasilkan listrik??? Dari yang penulis dapatkan bahwa seng dan tembaga akan bereaksi dengan kandungan asam pada jeruk nipis dan menghasilkan larutan asam. Seng dan tembaga di sebut elektroda. Hasil/kegunannya: 1. Namun. Lempeng seng ukuran 5 cm x 0. . dalam satu belahan yang sama pada jeruk. tetapi hanya mampu menghasilkan cahaya redup dari LED. Lempeng tembaga 5 batang ukuran 5 cm x 0. Untuk anda yang memang suka pelajaran fisika silahkan bisa praktek langsung untuk listrik dari buah jeruk. Lampu akan menyala 2. Lalu. Lampu LED Cara kerja : 1.5 cm sebanyak 5 lembar (terserah) 3. Mudah-mudahan saja suatu saat.5 cm (terserah) 4. sumber listrik ini bias dimanfaatkan untuk keperluankeperluan manusia. Hubungkan dengan lampu LED. 2. Setiap jeruk ditusuk 4 lempeng seng. sedangkan jeruk nipis disebut elektrolit.? NAhh Alat dan Bahan : 1.yang berfungsi sebagai kutub negatif (-). Kabel halus 5. 3. Jeruk nipis 5 buah (terserah) 2. sumber listrik seperti ini belumlah mampu untuk menjalankan mesin-mesin. Lempeng seng pada jeruk yang satu dihubungkn dengan lempeng tembaga pada jeruk yang lain melalui kabel kecil. Menunjukkan atau membuktikan sumber energi listik.Cara Membuat Listrik Dari Jeruk Nipis NAhh pastinya sudah penah dengar kalau ternyata buah jeruk nipis bisa menghasilkan listrik.dan satu lempeng tembaga yang berfungsi sebagai kutub positif (+).

Kalo begitu mari kita langsung buat saja. 4. Untuk pengganti tembaga dan seng ini dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam Langkah-langkah: 1. 2. Lempengan seng 7.Sumber Listrik Alami: Baterai Buah 16. maka tambah kentang tersebut agar arus listrik yang dihasilkan bertambah besar (lihat pada gambar). Seperti halnya baterai lampu senter. susunan seperti ini disebur elemen galvani. tapi kalian menggunakan lemon atau buah lainnya jika tertarik) 2.15 No comments Wah ada-ada aja nih yang punya blog. Lempengan tembaga 6. Believe it or not kita dapat menyalakan sebuah lampu kecil dengan menggunakan buah. Lihat nyala lampu yang terjadi. 3. Penjepit buaya 5. Jepitkan kabel kepada lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu. Apa yang terjadi? Lampu tersebut dapat menyala karena adanya arus listrik yang mengalir. . Kentang (disini kita pakai kentang. Jika nyala lampu belum kelihatan. masa buah dijadiin baterai dimana-mana enaknya juga dibikin rujak pasti seger. Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kawat mentah. Lampu LED (atau lampu bohlam kecil juga bisa) 3. karena yang pertama kali mengamati proses ini dalam eksperimen ialah seorang dokter Itali bernama Galvani. Getah kentang mempengaruhi logam-logam itu secara kimiawi layaknya larutan elektrolit dalam aki. Oleh akren aitu. Kabel 4. kentang dan lempengan-lempengan itu pun menghasilkan arus listrik walaupun sangat lemah. Alat dan bahan yang dibutuhkan: 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful