You are on page 1of 5

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Hari/Tanggal Tempat Narasumber Pewawancara Topik : Sabtu, 16 Mei 2008 : SMA N 8 : Guru BK (Bu Murniarti, SPd) dan Kakak kelas XII : Kelompok 1 : Melanjutkan pendidikan ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) Favorit

Daftar Pertanyaan dan Jawaban
Pertanyaan: 1. Apa-apa saja jalur untuk masuk PTN? 2. Bagaimana cara menentukan fakultas yang sesuai dan memiliki prospek yang tepat bagi masa depan kami? 3. Bagaimana grafik nilai rapor kami jika ingin diterima di PTN yang bagus? 4. Apa upaya sekolah untuk membantu siswa masuk ke PTN tersebut? 5. Bagaimana caranya agar kami dapat masuk ke Universitas di luar negeri? 6. Fakultas apa yang banyak diminati siswa SMA N 8? 7. Universitas apa yang banyak diminati siswa SMA N 8? 8. Berdasarkan kabar yang kami dengar, siswa kelas XII SMA N 8 sudah banyak yang diterima di berbagai Universitas, Apa sajakah Universitas-universitas tersebut?

Jawaban: 1. UMPTN/SPMB/ USM dan PBUD. 2.  Sesuai kemampuan dan minat siswa.  Berdasarkan nilai yang diperoleh selama di SMA.  Sesuai kemampuan orang tua.  Berdasarkan hasil tes minat dan bakat siswa. 3. Grafik nilai rapor harus meningkat dan tidak boleh turun naik. 4.  Memberikan informasi sejak awal mengenai PBS, PBUD, dan USM.

1

 Mengkoordinasikan proses pendaftaran siswa agar dapat memasuki PTN yang diinginkan melalui jalur yang dipilih siswa. 8. Akutansi. Penerimaan dengan jalur PBUD dilakukan berdasarkan nilai rapor. Mereka tentunya telah memutuskan langkah apa yang akan diambil setelah lulus nanti. Barulah proses penerimaan berlanjut sesuai prosedur yang telah ditetapkan. STT Telkom. ITB. 5.  Nilai-nilai yang tinggi. SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) atau USM 2 .  Orang tua memiliki kemampuan dalam hal pendanaan. UGM. Jalur yang kedua adalah UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri). dan UnPad. Siswa dapat memasuki Universitas luar negeri yang diinginkan dengan mengikuti koordinasi serta mendengarkan informasi yang diberikan guru/pihaksekolah yang telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang membantu penerimaan siswa di Universitas luar negeri atau dengan Universitas yang bersangkutan. dan UGM. baik di Universitas dalam negeri maupun Universitas luar negeri. PBUD biasanya dilakukan sebelum para siswa mengikuti UAN. 7. IPB. ITB. UI. WACANA HASIL WAWANCARA Beberapa waktu lalu para siswa SMA dan SMK di seluruh Indonesia telah mengikuti UAN (Ujian Akhir Negara) yang diadakan secara serentak. UI. pihak sekolah akan mengumpulkan data-data pribadi dan nilai rapor siswa. Sebagian besar siswa memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. yang pertama adalah PBUD (Penerimaan Bibit Unggulan Daerah). dan Manajemen. Pertama-tama. 6. Ada beberapa jalur untuk masuk PTN. Teknik . kemudian data-data tersebut akan diberikan kepada Universitasuniversitas favorit pilihan siswa. Fakultas Kedokteran. Siswa akan lebih mudah memasuki Universitas yang diiinginkan bila memenuhi beberapa syarat utama sebagai berikut:  Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

tentunya ia tidak akan memilih fakultas tersebut. yaitu sebagai berikut:  Sesuai kemampuan dan minat siswa.  Berdasarkan nilai yang diperoleh selama di SMA. Proses pendaftaran dan penerimaan melalui jalur ini biasanya sudah diketahui oleh berbagai lapisan masyarakat. Grafik nilai rapor yang diminta haruslah meningkat dan tidak boleh turun naik. Ada beberapa cara untuk memilih fakultas yang sesuai dan memiliki prospek yan g tepat tersebut. tetapi mengalami perubahan mulai dari UMPTN berganti menjadi SPMB kemudian berganti lagi menjadi USM. Dan juga sebaliknya. Sebelum memasuki PTN yang diinginkan tentunya para siswa harus memilih fakultas yang sesuai dan memiliki prospek yang tepat bagi masa depan. Meskipun seorang siswa menaruh minat yang besar pada salah satu fakultas. Perlu adanya kesesuaian antara minat dan kemampuan siswa. dan tampaknya siswa seperti inilah yang diinginkan oleh berbagai Universitas di Indonesia. tetapi bila ia tidak memiliki minat pada fakultas tersebut. 3 . Artinya siswa tersebut terus berusaha untuk meningkatkan nilainya. Ketiga proses tersebut sebenarnya sama. Berbeda dengan PBUD penerimaan mahasiswa melalui jalur ini tidak lagi melibatkan pihak sekolah dalam proses pendaftarannya. Grafik nilai yang terus meningkat menunjukkan bahwa siswa tersebut mengalami kemajuan dalam proses belajar mengajar selama di SMA.(Ujian Seleksi Mahasiswa). terutama dalam penerimaan mahasiswa melalui jalur PBUD. tetapi bila ia tidak memiliki kemampuan dalam bidang yang ia pilih maka ia tetap tidak bisa diterima di fakultas tersebut. proses penerimaan mahasiswa melalui jalur UMPTN/SPMB/USM berlangsung setelah siswa lulus SMA/SMK. Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam memilih fakultas adalah kemampuan dan minat siswa. Seperti yang telah kita ketahui bersama. Nilai rapor selama di SMA adalah salah satu persyaratan yang diminta oleh Universitas. meskipun ia memiliki kemampuan dalam suatu bidang.

Tetapi salah satu pemecahan masalah untuk hal ini adalah pemberian beasiswa oleh pemerintah atau pihak-pihak yang peduli pada nasib generasi muda penerus bangsa. Tentunya hal ini bias memberatkan orang tua siswa yang kurang mampu. Siswa dapat memasuki Universitas luar negeri yang diinginkan dengan mengikuti koordinasi serta mendengarkan informasi yang diberikan guru/pihaksekolah yang telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang membantu penerimaan siswa di Universitas luar negeri atau dengan Universitas yang bersangkutan. dan USM. Banyak siswa SMA N 8 yang berhasil diterima di Universitas favorit melalui jalur PBUD.  Berdasarkan hasil tes minat dan bakat siswa. Kebanyakan para siswa tersebut diterima di Fakultas Kedokteran. Pihak sekolah sangat berperan dalam memberikan informasi mengenai PBS (Penerimaan Beasiswa). dan pada umumnya biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Semua usaha siswa dan orang tua tentunya tidak akan berhasil tanpa bantuan pihak sekolah. yaitu UI. Umunya guru BK di SMA/SMK memberikan informasi mengenai hal ini sejak siswa masih duduk di kelas X dan XI. Karena masing-masing fakultas membutuhkan biaya yang berbeda-beda. ITB. PBUD. yang banyak diminati siswa SMA N 8. Tentunya nilai atau kemampuan dan minat yang dimiliki para siswa haruslah didukung dengan kemampuan orang tua dalam membiayai anaknya. dan UnPad. biasanya dapat mengambil keputusan setelah dilakukan tes bakat dan minat serta konsultasi dengan psikolog. Sesuai kemampuan orang tua. Para siswa tersebut di terima di fakultas yang berbeda-beda. IPB. Bagi siswa yang masih ragu dalam menentukan fakultas pilihannya. Sisanya diterima di STT Telkom. Siswa akan lebih mudah memasuki Universitas yang diiinginkan bila memenuhi beberapa syarat utama sebagai berikut: 4 . Teknik . 3 diantara Universitas tersebut adalah Universitas favorit yang banyak diminati siswa SMA N 8. dan UGM. Tidak sedikit siswa yang memilih untuk memasuki Universitas di luar negeri. Akutansi. dan Manajemen.

Oleh karena itu. Setiap orang pasti ingin mendapatkan masa depan yang cerah. pada umumnya para siswa memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. demi mendapatkan masa depan yang cerah kelak. 5 .  Orang tua memiliki kemampuan dalam hal pendanaan. yaitu Universitas dalam negeri ataupun Universitas luar negeri. Tetapi ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa diterima di Universitas yang diinginkan oleh karena itu hendaknya kita sebagai siswa mempersiapkan diri sejak dini. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.  Nilai-nilai yang tinggi.