P. 1
Makalah Pancasila

Makalah Pancasila

|Views: 2|Likes:
Published by Faj Clonze

More info:

Published by: Faj Clonze on Jan 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/19/2013

pdf

text

original

Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G 30 S PKI

)

Gerakan 30 September atau yang sering disingkat G 30 S PKI.Latar Belakang    Partai Komunis Indonesia (PKI) telah melakukan pembrontakan dua kali yaitu pada tahun 1948 di madiun yang di pimpin oleh Muso. Gestok (Gerakan Satu Oktober) adalah sebuah peristiwa yang terjadi pada tanggal 30 September 1965 di mana enam pejabat tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha pemberontakan yang disebut sebagai usaha Kudeta yang dituduhkan kepada anggota Partai Komunis Indonesia. Peristiwa G 30 S/PKI terjadi pada hari kamis malam jum’at tanggal 30 September 1965. . Pemberontakan yang kedua terjadi pada tahun 1965 di Jakarta yang di pimpin oleh D.N. Aidit . Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh).

5 juta anggota dan pergerakan petani Barisan Tani Indonesia yang mempunyai 9 juta anggota. Termasuk pergerakan wanita (Gerwani). ditambah 3 juta dari pergerakan pemudanya. PKI mempunyai lebih dari 20 juta anggota dan pendukung. PKI juga mengontrol pergerakan serikat buruh yang mempunyai 3. . organisasi penulis dan artis dan pergerakan sarjananya. di luar Tiongkok dan Uni Soviet.5 juta. PKI merupakan partai komunis yang terbesar di seluruh dunia. Anggotanya berjumlah sekitar 3.

Latif.  . Mayor Udara Suryono. Inf. Brigjend Suparjo.Tokoh PKI Sekertaris Jendral DN Aidit  Pimpinan Pelaksana Syam Kamaruzaman  Pimpinan Militer Letkol Infantri Untung. Kol.

. Mayjen Soeharto kemudian mengadakan penumpasan terhadap gerakan tersebut. Untung. Panglima Komando Strategi Angkatan Darat saat itu.Peristiwa Penculikan Perwira Militer  Pada 1 Oktober 1965 dini hari. enam jenderal senior dan beberapa orang lainnya dibunuh dalam upaya kudeta yang disalahkan kepada para pengawal istana (Cakrabirawa) yang dianggap loyal kepada PKI dan pada saat itu dipimpin oleh Letkol.

Yogyakarta) .J.Korban dari PKI           Letjen TNI Ahmad Yani (Menteri/Panglima Angkatan Darat/Kepala Staf Komando Operasi Tertinggi) Mayjen TNI Raden Suprapto (Deputi II Menteri/Panglima AD bidang Administrasi) Mayjen TNI Mas Tirtodarmo Haryono (Deputi III Menteri/Panglima AD bidang Perencanaan dan Pembinaan) Mayjen TNI Siswondo Parman (Asisten I Menteri/Panglima AD bidang Intelijen) Brigjen TNI Donald Isaac Panjaitan (Asisten IV Menteri/Panglima AD bidang Logistik) Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo (Inspektur Kehakiman/Oditur Jenderal Angkatan Darat) Lettu CZI Pierre Andreas Tendean Bripka Karel Satsuit Tubun (Pengawal kediaman resmi Wakil Perdana Menteri II dr. Leimena) Kolonel Katamso Darmokusumo (Komandan Korem 072/Pamungkas. Yogyakarta) Letkol Sugiyono Mangunwiyoto (Kepala Staf Korem 072/Pamungkas.

Pengangkatan jenazah di Lubang Buaya. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->