P. 1
Tanaman semusim

Tanaman semusim

|Views: 26|Likes:
Published by Ahmad Sakri

More info:

Published by: Ahmad Sakri on Jan 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2013

pdf

text

original

Teknologi Pemanfaatan Limbah Sekam Padi dan Gambut Untuk Pembangkit Listrik Dengan Diesel Genset ± Gasifikasi

Seperti diketahui bahwa sebagian besar desa-desa di Indonesia merupakan daerah penghasil padi, dimana limbah sekam padi atau gambut dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik dengan sistem gasifikasi. Selain berdasarkan ketersediaan sumberdaya energi di suatu daerah, pengembangan program listrik pedesaan ini harus pula memenuhi kriteria kehandalan yang tinggi baik dari segi kualitas, kuantitas, dan harga listrik yang layak. Dengan program listrik pedesaan yang menggunakan gasifikasi limbah biomasa atau gambut ini diharapkan bisa memacu pertumbuhan ekonomi pedesaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan industri kecil dan rumah tangga, dimana kaitannya bisa membantu program pemerintah untuk pengentasan kemiskinan.

Sekam Padi Sebagai Sumber Energi Alternatif
Limbah sering diartikan sebagai bahan buangan/bahan sisa dari proses pengolahan hasil pertanian. Proses penghancuran limbah secara alami berlangsung lambat, sehingga limbah tidak saja mengganggu lingkungan sekitarnya tetapi juga mengganggu kesehatan manusia. Pada setiap penggilingan padi akan selalu kita lihat tumpukan bahkan gunungan sekam yang semakin lama semakin tinggi. Saat ini pemanfaatan sekam padi tersebut masih sangat sedikit, sehingga sekam tetap menjadi bahan limbah yang mengganggu lingkungan. Sekam padi merupakan lapisan keras yang meliputi kariopsis yang terdiri dari dua belahan yang disebut lemma dan palea yang saling bertautan. Pada proses penggilingan beras sekam akan terpisah dari butir beras dan menjadi bahan sisa atau limbah penggilingan. Sekam dikategorikan sebagai biomassa yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti bahan baku industri, pakan ternak dan energi atau bahan bakar. Dari proses penggilingan padi biasanya diperoleh sekam sekitar 20-30% dari bobot gabah. Penggunaan energi sekam bertujuan untuk menekan biaya pengeluaran untuk bahan bakar bagi rumah tangga petani. Penggunaan Bahan Bakar Minyak yang harganya terus meningkat akan berpengaruh terhadap biaya rumah tangga yang harus dikeluarkan setiap harinya. Dari proses penggilingan padi biasanya diperoleh sekam sekitar 20-30%, dedak antara 812% dan beras giling antara 50-63,5% data bobot awal gabah. Sekam dengan persentase yang tinggi tersebut dapat menimbulkan problem lingkungan.

(c) sebagai sumber energi panas pada berbagai keperluan manusia. maka sekam perlu dipadatkan menjadi bentuk yang lebih sederhana.Ditinjau data komposisi kimiawi. Komposisi kimia sekam padi menurut Suharno (1979) : y y y y y y Kadar air : 9.98% Dengan komposisi kandungan kimia seperti di atas. sekam mengandung beberapa unsur kimia penting seperti dapat dilihat di bawah.17% Karbohidrat dasar : 33. bahan isolasi. Sekam memiliki kerapatan jenis (bulk densil)1 125 kg/m3. Arang sekam dapat dengan mudah untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar yang tidak berasap dengan nilai kalori yang cukup tinggi. sebagai media tumbuh tanaman hortikultura khususnya tanaman bunga.IPB : y y y y Karbon (zat arang) : 1. terutama kandungan silika (SiO2) yang dapat digunakan untuk campuran pada pembuatan semen portland.02% Protein kasar : 3. praktis dan tidak voluminous.54% Oksigen : 33. sekam dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan di antaranya: y y sebagai bahan baku pada industri kimia.64% Silika : 16. Briket arang sekam mempunyai manfaat yang lebih luas lagi yaitu di samping sebagai bahan bakar ramah lingkungan. Menurut Houston (1972) sekam memiliki bulk density 0. . kadar selulosa yang cukup tinggi dapat memberikan pembakaran yang merata dan stabil. husk-board dan campuran pada industri bata merah.71 Komposisi kimia sekam padi menurut DTC .68% Abu : 17.03% Lemak : 1. Untuk lebih memudahkan diversifikasi penggunaan sekam.271 BTU. sebagai bahan baku pada industri bahan bangunan. kalori/kg sekam dengan konduktivitas panas 0.33% Hidrogen : 1.100 g/ ml. dengan nilai kalori 1 kg sekam sebesar 3300 k. nilai kalori antara 3300 -3600 k. terutama kandungan zat kimia furfural yang dapat digunakan sebagai bahan baku dalam berbagai industri kimia. Bentuk tersebut adalah arang sekam maupun briket arang sekam.18% Serat kasar : 35. kalori.

#sumber: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Membuat bara api dengan kayu kering untuk membuat arang sekam. PROSES PEMBUATAN BRIKET ARANG SEKAM 1. Setelah briket kerina siap diaunakan untuk berbagai keperluan. Penggunaan briket untuk tungku/kompor briket arang sekam. Cara mencetak briket secara (a) manual dan (b) hidrolik. Kemudian cerobong ditutup dengan sekam kering. 5. 2. Departemen Pertanian . dengan ditambahkan air dan perekat (tanah liat/ tepung kanji). Sekam merupakan bahan dasar untuk membuat arang sekam dan briket arang sekar. Mahalnya harga briket dikarenakan sistem pencetakannya masih secara manual. Setelah membuat bara api kemudian bara api ditutup dengan cerobong pembuat arang sekam.PROSES PEMBUATAN ARANG SEKAM 1. 3. 3. Cara membuat adonan briket arang sekam. 2. Arang sekam telah jadi dan siap digunakan untuk pembuatan briket arang sekam. 4. 5. 4. 6. Setelah briket jadi selanjutnya dikeringkan dengan sinar matahari. Sekam yang sudah sebagian menjadi arang sekam.

diproses menjadi hasil hasil produksi antara lain: beras jagung. sehingga akan terjadi penyempitan dalam pembuluh darah tersebut akibatnya orang yang terkena akan menderita penyakit ³ tekanan darah tinggi. dan bersifat dapat membuat kerak dalam pembuluh darah. Teknik ini sekaligus memungkinkan dilakukannya proses kontinyu dalam produksi biodiesel. yakni Candida Antarctica B. Karena mahalnya harga katalis biologis dibandingkan katalis kimiawi. maka penggunaan katalis biologis tersebut dilakukan dengan cara immobilisasi pada katalis. Selain itu juga dapat digunakan katalis padat (solid catalyst) dari gula dengan cara melakukan pirolisis terhadap senyawa gula (Dglucose dan sucrose) pada temperatur di atas 300oC. yaitu lemak tak jenuh yang justru aktif menurunkan kadar cholesterol dalam darah. Katalis padat yang dihasilkan dengan cara ini disebutkan memiliki kemampuan mengkonversi minyak tumbuhan menjadi biodiesel lebih tinggi dibandingkan katalis asam sulfat cair ataupun katalis asam padat lain yang telah ada sebelumnya. dari triolein dengan beberapa macam katalis biologis. maka kadar minyak dalam lembaga itu rata rata antara 22 ± 28%. dipakai untuk minyak goreng. . Rumus molekul Cholesterol : C27 H46 O yang umumnya banyak terdapat dalam Lemak hewan. dimana semua radikal ( OH ) dari glyserol sudah di esterifikasi. Bagian Germ ( lembaga ). agar dapat memberi manfaat yang lebih banyak. Temperatur optimum reaksi ini adalah 40oC. Proses Pengolahan Jagung Proses pengolahan terhadap jagung untuk memperoleh minyaknya terdiri dari : 1. diproses menjadi minyak jagung. tetapi jika diambil lembaganya saja. Industri Minyak Jagung Jagung dapat diolah menjadi berbagai macam hasil.Pembuatan Biodiesel dengan Katalis Biologis Teknik katalisasi biologis (biocatalysis) untuk memproduksi biodiesel. Proses ini menyebabkan karbonisasi tak sempurna terhadap senyawa gula dan terbentuknya lembar-lembar karbon aromatik polisiklis (polycyclic aromatic carbon sheets). Butir jagung mempunyai kadar minyak rata rata 3 %. Cholesterol adalah sterol yang terdapat dalam fat. Minyak jagung merupakan minyak yang kaya akan poly unsaturated fat. dan Pseudomonas Cepacia. semolina (bahan baku pembuatan bier) dan lain lain. Bagian karbohydrat. tepung jagung. dengan memperhatikan selera dan permintaan konsumen. karenanya disebut : Tri Glyserida Ester. Minyak jagung adalah ester dari glyserol dengan asam lemak. oleic acid alkyl ester (dalam hal ini butil oleat). Asam sulfat (sulphuric acid) kemudian digunakan untuk mensulfonasi cincin aromatik tersebut sehingga menghasilkan katalis. Rizhomucor Miehei. 2.

TUGAS BUDIDAYA TANAMAN SEMUSIM D I S U S U N OLEH Hendra Wijaya 41 2008 030 Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang 2001 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->