Praktikum Kimia

Polar dan Non-Polar

Menyelidiki Kepolaran Berbagai Senyawa Molekul
I. Tujuan Percobaan
 Untuk mengetahui senyawa polar dan non-polar

II.

Dasar Teori
Ikatan kovalen adalah ikatan yang terbentuk karena mempunyai pasangan elektron yang digunakan bersama. Ikatan kovalen terbentuk antarunsur yang samasama cenderung menarik electron, karena perbedaan keelektronegatifannya tidak cukup besar. Salah satu akibat dari perbedaan keelektronegatifan adalah terjadinya polarisasi. Jika keelektronegarifannya sama, maka akan terbentuk ikatan kovalen non-polar, sedangkan jika berbeda akan terbentuk ikatan kovalen polar. Dalam ikatan kovalen polar, atom dengan keelektronegatifan lebih besar akan menarik pasangannya sehingga berkutub negative. Untuk menentukan molekul polar dan non-polar, kita dapat membuktikannya melalui sebuah percobaan untuk menunjukkan kepolarannya, yaitu sifat molekul polar yang tertarik ke dalam medan magnet atau medan listrik. Ciri-ciri senyawa kovalen bersifat polar bila :

1. Berbentuk tidak simetris. Contohnya H2O dan NH3 2. Mempunyai momen dipol, yaitu suatu besaran yang digunakan untuk menyatakan kepolaran suatu ikatan kovalen.

Ciri-ciri senyawa kovalen non polar bila : 1. Berbentuk simetris. Misalnya senyawa CH4, CCl4, BF3, BeCl2 2. Tidak mempunyai momen dipol Cont.CH4,CCl4,CBr4

III.

Alat dan Bahan
      Gelas Kimia Buret Statif Corong Magnet Batang Aquades       Minyak Tanah Minyak Goreng Alkohol Larutan Gula Larutan Garam Cuka

Page | 1

Daftar Pustaka http://kimia-asyik. Hal ini disebabkan karena molekul polar memiliki sifat tertarik ke dalam medan magnet atau medan listrik. 1 2 3 4 5 6 Larutan Aquades Larutan Garam Cuka Minyak Goreng Minyak Tanah Larutan Gula Tertarik atau Tidak Tertarik Tidak Tidak Tertarik Tidak Tidak VI. memiliki bentuk simetris.blogspot. cuka. sedangkan pada molekul non-polar. Seperti dalam percobaan yaitu H 2O (Pengecualian) dan Minyak Goreng. minyak tanah. Hasil Percobaan No. minyak tanah. NaCl (Garam). yaitu CH3COOH (Cuka). 3) Bersihkan buret dan ulang prosedur (2) dengan menggantinya dengan larutan garam. VIII. Selain itu.html Buku Kimia Untuk SMA Kelas X Semester 1 Penerbit Erlangga Page | 2 . dan Minyak Tanah. Kesimpulan Aquades dan minyak goreng merupakan senyawa Polar karena ketika didekatkan. dan larutan gula bukan merupakan senyawa Polar. melainkan senyawa Non – Polar karena senyawa-senyawa tersebut tidak tertarik oleh magnet. senyawa kovalen memiliki bentuk tidak simetris. Cara Kerja 1) Susun alat seperti gambar pada halaman 118 2) Isi buret dengan aquades kemudian buka kran dan dekatkan magnet batang pada cucuran air. C6H12O6 (Karbohidrat). cucurannya tertarik magnet batang.com/2009/09/polarisasi-ikatan-kovalen. maka molekul tersebut adalah molekul polar. VII. Larutan garam. V. dan minyak goreng. Perhatikan apakah cucuran air tertarik magenta atau tidak. alcohol.Praktikum Kimia Polar dan Non-Polar IV. Pembahasan Jika suatu molekul tertarik ketika didekatkan ke dalam medan magnet. larutan gula.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful