sahabARTsiswa *untuk pendidikan yang tidak biasa Latar Belakang Tujuan Mekanisme Ide Sasaran Hasilan .

Latar Belakang (The Background)  *Karena seni itu panjang.  Lalu bagaimana nasib mereka setelah sekolah menjadi tempat yang bgeitu menyeramkan?  melihat semua itu diperlukan seseorang atau sekelompok orang yg dapat mengerti mereka dengan menyediakan sarana dan prasarana ekspresi untuk mereka. dan sekolah sebagai sarana publik harus bisa mengakomodir cita-cita tersebut. namun kenyataannya sekolah malah "Menyiksa" manusia. salah satunya dengan seni. banyak faktornya seperti kurikulum yg labil dan tidak sesuai konteks. Ujian Nasional. dan penyebab lainnya. . karena seni itu indah. para siswa yg seharusnya menemukan pribadinya malah dibentuk oleh sekolah dengan budaya pendidikan yg kurang tepat di sekolah. hidup itu pendek*  Inti dari pendidikan adalah memanusiakan manusia.

seni dan menghargai)  Karena dengan seni RASA itu akan terus diasah dan bertambah sehingga menghindarkan siswa dari sifat negatif .Tujuan (The Goals)  Tujuan dari ide ini adalah untuk memberikan ruang ekspresi bagi siswa dan Mahasiswa.  Tujuan lainnya pula untuk menumbuhkan Rasa (sosial. empati. sedangkan siswa memperoleh pengalaman seni dengan cara yang menyenangkan dan bersahabat. Mahasiswa akan memanfaatkannya sebagai kawah candradimuka ketika mereka bergaul di masyarakat. mereka akan menjadi simbiosis mutualisme alias akan saling menguntungkan.

Mekanisme Kerja  Mekanisme Kerja dari ide ini yakni selayaknya KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang sering diadakan oleh banyak universitas.  Waktu yang digunakan adalah waktu ekstrakulikuler atau waktu setelah KBM sehingga tidak mengganggu waktu KBM  Menggunakan cara didik yang partisipatif dan aktif sehingga sang penggerak (mahasiswa) hanya menjadi roda dan mesinnya adalah siswa sendiri . Pada intinya mahasiswa akan diberikan ruang dan sarana untuk menyalurkan bakat dan ilmunya kepada siswa di sekolah lewat seni.

Sasaran  Mahasiswa (sebagai penggerak)  Siswa (sebagai pencipta)  Guru (sebagai pembimbing) .

Hasilan  Mahasiswa  Cara bergaul di masyarakat dan mendapatkan nilai sosial  Menemukan pengajaran yang efektif dan menyenangkan untuk siswa Siswa Mendapatkan pengalaman dan ilmu mengenai kesenian dan ekspresi diri Menjauhkan diri dari sifat yang negatif sehingga menghindarkan mereka dari tawuran dan kenakalan remaja .