P. 1
KONTROVERSI RUMAH POTONG HEWAN SECARA MEKANIK

KONTROVERSI RUMAH POTONG HEWAN SECARA MEKANIK

|Views: 122|Likes:
Published by Chmelo PheZz

More info:

Published by: Chmelo PheZz on Jan 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/07/2013

pdf

text

original

MEKANISME PEMOTONGAN HEWAN SECARA MEKANIK DALAM PANDANGAN ISLAM

MAKALAH Untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Agama Islam Yang dibina oleh Dr. Yusuf Hanafi, M.Fil.I.

Oleh Wahyu Pramudita Sari 100321400981

UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM JURUSAN FISIKA MARET 2011

Latar Belakang Perkembangan zaman yang semakin maju seiring dengan kecanggihan tekhnologi yang semakin pesat di dunia. . Hal ini dikarenakan masyarakat ataupun kita sebagai mahasiswa yang termasuk di dalam sasaran ini. baik yang dilakukan dengan manual (tradisional) maupun modern hendaknya jangan sampai meninggalkan ketentuan hukum Islam. Misalnya saja. daging hasil penyembelihan atau pemotongan nanti akan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yang sebagian besar Muslim. Dari sinilah terjadi suatu kontroversi yakni pada kehalalan makanan hasil pemotongan hewan secara mekanik. Sebab. seperti halnya pemotongan hewan secara mekanik. beranggapan bahwa dengan adanya pemotongan hewan secara mekanik ini membantu manusia untuk lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dalam segala aspek. Hal ini membawa manusia untuk bersaing dalam memunculkan ide-ide yang cemerlang khususnya di bidang tekhnologi. Pada zaman terdahulu pemotongan hewan hanya dilakukan secara manual (tradisional). Inovasi-inovasi baru telah bermunculan. sedangkan pada saat ini yang lebih banyak adalah pemotongan hewan secara mekanik (modern).BAB I PENDAHULUAN A. Karena manusia itu merupakan makhluk social dan makhluk ekonomi sehingga manusia selalu merasa kurang puas ataupun merasa tidak sabar untuk menunggu. penyembelihan hewan. Oleh karena itu. pada restoran-restoran sekarang banyak sekali yang memesan hewan potong untuk menu makanannya. Karena dalam ajaran Islam. Di sini restoran-restoran tersebut ingin lebih mudah dan lebih instan dalam pekerjaannya karena dari sini pihak restoran bisa langsung mengola hewan potong tersebut untuk dijadikan makanan. Masyarakat awam pada umumnya menyetujui adanya pemotongan hewan secara mekanik. Apalagi penyembelihan atau pemotongan hewan yang secara syar’i harus dilakukan. Mekanik atau modern ini mencakup pemingsanan dan stunning. Penyembelihan atau pemotongan hewan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam penyembelihan secara Islam.

Mengetahui sejarah munculnya pemotongan hewan secara mekanik. bagaimanakah pemotongan hewan secara mekanik tersebut? C. tentu tidak akan sanggup dilakukan secara manual. ketika jumlah ternak dan kebutuhan daging terus meningkat. Mengetahui dampak positif dan negatif pemotongan hewan secara mekanik. BAB II PEMBAHASAN 2. Menurut pandangan islam. Tujuan Penelitian 1.B. Ketika hanya menyembelih satu atau dua ekor sapi.1 Sejarah munculnya pemotongan hewan secara mekanik Metode pemingsanan memang lahir dari Barat. Tetapi ketika sudah ada ratusan bahkan ribuan ekor yang harus disembelih setiap harinya. Dapat mengetahui pemotongan hewan secara mekanik tersebut menurut pandangan islam. Bagaimana dampak positif dan negatif pemotongan hewan secara mekanik ditinjau dari berbagai aspek? 3. 3. Bagaimanakah sejarah munculnya pemotongan hewan secara mekanik? 2. Rumusan Masalah 1. 2. . kita masih sanggup mengikat dan merebahkannya secara manual untuk mengeksekusinya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->