FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AIRLANGGA Silabus Teori Ekonomi Makro 1 2 SKS A.

Deskripsi Mata Kuliah : Mata Kuliah ini bertujuan memberikan pendalaman tingkatan menengah (intermediate) teori ekonomi makro, dan meliputi pokok-pokok bahasan utama baik dalam perekonomian tertutup maupun terbuka, antara lain perihal, indikator-indikator ekonomi makro seperti produk domestik bruto, kesempatan kerja dan pengangguran, inflasi, keseimbangan eksternal dan pembentukan nilai tukar. Mata Kuliah ini juga memberikan pemahaman tentang elemen-elemen pembentuk permintaan dan penawaran agregatif, teori pertumbuhan ekonomi serta kebijakan ekonomi, baik fiskal maupun moneter serta dampaknya terhadap perekonomian. Studi kasus tentang dampak kebijakan ekonomi terhadap perekonomian Indonesia juga menjadi bagian dari mata kuliah ini. Disamping pendekatan kualitatif, pendekatan dengan menggunakan metode kuantitatif, grafis dan empiris diajarkan dalam mata kuliah ini dengan tujuan agar para mahasiswa mendapatkan ketrampilan analisis yang memadai. Jenis Mata Kuliah : Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa semua jurusan. C. Mata Kuliah Prasyarat : 1. Pengantar Teori Ekonomi Makro, 2. Pengantar Teori Ekonomi Mikro, 3. Matematika Ekonomi dan Bisnis, D. E. Pengajar/Tim Pengajar : Buku Referensi : 1. Mankiw, N. Gregory, Macroeconomics, Edisi ke 5, Worth Publisher, 2003, (MNG) 2. Dornbush R, Stanley Fischer, Richard Startz, Macroeconomics, Edisi ke 9, McGraw Hill, 2004 (DSR) 3. Bacaan Penunjang :

B.

Silabus Teori Ekonomi Makro 1/Halaman 1

atau global. berbagai penerbitan. Tujuan Mata Kuliah : Kemampuan atau ketrampilan analisis (Hard Skill) : Setelah mengikuti mata kuliah ini peserta diharapkan memahami metode-metode analisis. IMF. 1. Bank Indonesia. Bappenas.  Outlook ekonomi. G. Badan Pusat Statistik. berbagai sumber. Data Ekonomi. Kemampuan pengembangan (Soft Skill) : 1 2 3 4 5 6 7 8 Deskripsi Pengembangan Ketrampilan Teknis Pengembangan Ketrampilan Analitikal Pengembangan Ketramplikan Goal Setting Pengembangan Ketrampilan Mengelola Waktu Pengembangan Ketrampilan Menulis (makalah) Pengembangan Ketrampilan Presentasi/Public Speaking Pengembangan Ketrampilan Kerjasama Kelompok Pengembangan kepercayaan Diri Ya atau Tidak Ya Ya Ya Tidak Ya Tidak Tidak Tidak 2. Metode Pengajaran : Metode pengajaran dilakukan dalam beberapa cara sebagai berikut : 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Deskripsi Diskusi Kelas Experimental Learning Group Inquiry Guided Teaching Kuliah Pembahasan Kasus/Studi Kasus Pembelajaran Kerjasama Problem-Based Learning Proyek Kelompok Proyek Penelitian Mandiri Asistensi Lanoratorium Ya atau Tidak Ya Tidak Tidak Ya Ya Ya Ya Ya Tidak Tidak Ya Tidak H. baik kuantitatif maupun kualitatif yang dapat dipergunakan untuk melakukan analisis ekonomi makro Indonesia. Asian Developmnet Bank. Evaluasi dan Penilaian : Silabus Teori Ekonomi Makro 1/Halaman 2 . F. Bank Dunia.

faktor penentu permintaan barang dan jasa. fluktuasi perekonomian.1 2 3 4 Penugasan untuk Diskusi Laboratorium Ujian Tengah Semester . J.UAS Deskripsi Penulisan Makalah/Pertanyaan Persentase 15 -34 51 I. dan kebijakan stabilisasi. kebijakan stimulus pertumbuhan. permintaan dan penawaran agregatif. pertumbuhan penduduk. Siklus bisnis (konjunktur). inflasi dan dampaknya terhadap perekonomian. 12 Silabus Teori Ekonomi Makro 1/Halaman 3 . neraca pembayaran. Perekonomian terbuka. peranan teknologi dalam model Solow. arus modal global. Pengangguran. akumulasi modal. Depresi Besar. 2.Minimum 80% dari jumlah perkuliahan riil atau perkuliahan yang terselenggara. pengukuran kegiatan ekonomi Teori Ekonomi Klasik: perekonomian dalam jangka panjang. Materi Perkuliahan dan Jadwal Mingguan : Minggu Ke 1 2 Materi Konsep dasar ekonomi makro. data dan indikator ekonomi makro. Permintaan Agregatif dalam perekonomian terbuka. 6. Presensi/Kehadiran Kuliah : 1. perekonomian negara berkembang (smallReferensi MNG 1 . perekonomian berlkembang dengan perekonomian terbuka. model Mundel-Fleming. Teori permintaan uang.UTS Ujian Akhir Semester . penentuan tingkat bunga. distribusi pendapatan nasional.Mahasiswa tidak di-ijinkan mengikuti perkuliahan jika terlambat memasuki ruang kuliah.2 dan DSR 1 MNG 3 dan DSR 2 MDG 4 dan DSR 15 MDG 5 dan DSR 12 MDG 6 dan DSR 7 MDG 7 – 8 dan 3 -4 MDG 9 dan DSR 18 MDG 10 – 11 dan DSR 10 3 4 5 6 7 8 9 MDG 12 dan DSR 5. Pertumbuhan ekonomi. PDB  pendapatan disposibel.UTS Keseimbangan sektor riil/pasar barang dan kurva IS. keseimbangan sektor moneter/pasar uang dan kurva LM. Ujian Tengah Semester . rigiditas upah. kwantitas dan preferensi likwiditas. fluktuasi perekonomian dalam model IS-LM. dan nilai tukar. struktur dan polanya.

majalah. dan David Laibson Pull of Instant Gratification. Model Informasi Tidak Sempurna.10 11 12 13 14 open economy) dengan sistem penentuan nilai tukar mengambang (floating). harus disebutkan dengan jelas sumbernya. Jika mahasiswa merujuk pendapat orang lain. situs di internet. Pernawaran Agregatif. Model Upah-Sticky. deferensial tingkat bunga. Teori-teori konsumsi. Plagiarisme : Plagiarime adalah memasukkan kata-kata/kalimat/Ide orang lain sebagian atau seluruhnya yang menjadi rujukan penulisan tanpa menyebutkan sumbernya. Milton Friedman PermanenIncome Hypothesis. Robert Hall RandomWalk Hypothesis. bab VII. problem pengukuran utang pemerintah.6 MDG 14 dan DSR 8 MDG 15 MDG 16 – 17 dan DSR 17 MDG 18 – 19 dan DSR 20 K. koran dan lain-lain. Termasuk dalam plagiarisme adalah menyalin atau fotocopy sebagian atau keseluruhan suatu sumber bacaan yang menjadi hak cipta orang lain atau menyalin dari buku. pandangan tradisional terhadap utang pemerintah. Plagiarisme juga termasuk oto-plagiarisme. pandangan Ricardian terhadap utang pemerintah. dan Model Harga-Sticky. Jumlah Uang Beredar dan Permintaan Uang. jurnal. inventory investment. perekonomian negara berkembang dengan sistem nilai tukar tetap. investasi residential. Silabus Teori Ekonomi Makro 1/Halaman 4 . yaitu memasukkan kata-kata/kalimat/ide sendiri yang berasal dari tugas/makalah yang telah pernah dikumplukan dalam rangka penugasan perkuliahan dengan tanda menyebutkan sumbernya. prespektif utang pemerintah. Kebijakan Stabilisasi Utang Pemerintah. pasal 12 butir 1. termasuk mahasiswa. Ujian Akhir Semester . Keynesian. pasal 19 butir 1. Irving Fisher. nomor 4537/J03/OT/1999. Teori Konjuktur Lanjutan.UAS MDG 13 dan DSR 5 . Sesuai dengan etika dan tata tertib dan kode etik akademik sebagaimana tertuang dalam booklet Etika Akademik Univesitas Airlangga dituangkan dalam Peraturan Universitas Airlangga. seluruh insan akademis Universitas Airlangga. Franco Modigliani-Lyfe Cycles Hypothesis. Inflasi – Pengangguran dalam model kurva Phillips. dilarang melakukan plagiarisme dan jika terbukti melakukan plagiarisme akan ditindak tegas sesuai dengan bunyi Peraturan Universitas Airlangga Nomor 1365/J03/OT/2003 tentang Aturan Berperilaku Di Kampus Universitas Airlangga. pelajaran penting yang diperoleh dari teori dan kebijakan ekonomi makro. Pembentukan Modal Tetap (investasi) business. Kebijakan Ekonomi Makro.

Plagiarisme oleh mahasiswa dalam mengerjakan tugas atau penulisan makalah juga akan berpengaruh negatif terhadap penilaian UTS dan UAS. jika diketemukan seorang atau beberapa mahasiswa melakukan plagiarisme. 18 April 2007 Silabus Teori Ekonomi Makro 1/Halaman 5 . tugas atau makalah mahasiswa yang bersangkutkan akan di diskualifikasi dan tidak diberikan nilai.Dalam perkuliahan Teori Ekonomi Makro 1. Surabaya.