Nama : Indra Maulana Yusuf Npm : 36409947

Kelas : 3 ID 04 ( TUGAS 4 ETIKA PROFESI )

1. Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah memiliki kompetesi dalam bidangnya. Sehubungan dengan hal tersebut, sebutkan kompetensi utama yang harus dimiliki oleh sarjana Teknik Industri! Jawab:  Hal kompetensi utama dari penunjang yang harus dimiliki oleh Sarjana Teknik Industri Indonesia adalah dapat mengidentifikasikan, merencanakan, dan memecahkan suatu masalah perancangan, maupun perbaikan dalam sistem yang terdiri dari manusia, material, informasi, peralatan dan sumber daya secara kreatif dalam keterampilannya. Mampu mengimplementasikan hasil pemecahan masalah yang baik dan mempunyai wawasan luas sehingga dapat memahami dampaknya terhadap konteks didalam publik sosial,

lingkungan dan konteks lokalmaupun di era global, dapat beradaptasi terhadap teknik dan mampu menganalisiskan yang baru sehingga dapat diperlukan dalam menjalankan sebuah praktek profesi keteknik industrian, dapat berkomunikasi dan bekerja-sama secara efektif dan efisien. Mampu memahami dan menyadari tanggung jawab profesi dan etika, Serta dapat membawa atau mengimplementasikan konseptual dari sebuah industri ke dalam dunia industri. Sumber: (http://www.scribd.com/doc/97847958/)

2. Dilema moral merupaka hal yang sering ditemui dalam menjalakan profesi keteknikan. Jelaskan cara penyelesaian dilema moral menurut faham Utilitarianisme! Berika contoh kasus!

Ketika pekerjaan tes dilakukan. kasus pesawat ulak-alik Columbia. hanya delapan batang kendali reaktor yang dipakai seharusnya minimal 30 reaktor agar tetap terkontrol. kasus lumpur Lapindo. Pengusaha instalasi tidak memiliki . Ketiga. Contoh dalam kasus para insinyur di bidang keteknikan mengembangkan atau menggambarkan pada produk terbarunya. Ketiga adalah budaya keselamatan. yaitu tidak kesetabilannya daya reaktor yang kadang naik dan turun tanpa dapat dikendalikan.com/doc/97847958/) 3. Teknisi adam air membiarkan radar penangkap pancaran sinyal darurat (Emergecy Locator Beacon) tetap rusak. kasus pesawat ulang-alik Challenger. Banyak sekali laporan bahwa departemen perhubungan selaku lembaga yang mengawasi kelayakan terbang pesawat tutup mata terhadapmaskapai penerbangan yang tidak serius merawat pesawatnya.Jawab:  Utilitarianisme adalah pemahaman yang dimana keputusan yang diambil dan dilihat dengan apa yang sesuai dari sisi manfaat untung dan kerugian-nya. kasus Chernobyl. Tes dilakukan tanpa memberitahukan kepada petugas yang bertanggung jawab terhadap operasi reaktor. Jelaskan minimal 5 kasus yang terkait dengan pelanggaran etika profesi dalam bidang keteknikan termasuk jenis pelaggaran etika yag terjadi! Jawab: Dari kasus yang terkait dengan pelanggaran etika profesi dalam bidang ilmu keteknikan antara lain ada 5 kasus.  Jenis pelanggaran kecelakaan pesawat adam air. yang pertama dari segi perawatan. Kedua adalah pihak adam air menyampaikan kebohongan publik dengan menyampaikan berita mengenai penemuan pesawat adam air yang hilang. kerusakan radar.  Jenis pelanggaran kasus Chernobyl yang pertama adalah dari desain bagian reaktor. Akibatnya setiap kebocoran radiasi dari reaktor langsung ke udara.scribd. Sumber: (http://www. dan para insiyur tersebut biasanya lebih mementingkan sisi manfaat yang paling banyak dirasakan oleh semua kalangan manusia. serta sistem pendingin darurat reaktor dimatikan. dan meminimumkan kerugian yang diperoleh. Kedua adalah pelanggaran prosedur. sehingga dapat menganalisis dan mengambil keputusan tersebut tidak ada yang merasa dirugikan sama sekali. sebagai berikut: kasus kecelakaan pesawat Adam Air Boeing 737.

bahwa gempa diYogyakarta tidak berhubungan dengan penyebab terjadinya bencanalumpur lapindo.  Jenis pelanggaran Kasus lumpur lapindo yang pertama adalah aspek teknis.wordpress. yaitu kesalahan terjadi akibat kesalahan teknis yang disebabkan oleh meningkatnya panas di bagian sayap pesawat ketika memasuki atmosfer bumi. Jelaskan yang dimaksud dengan “toxic colonialism” dan hubungannya dengan etika lingkungan.html) (http://clubbing. Kedua adalah aspek ekonomis.yahoo.com/2011/02/bencana-nuklir-chernobyl. hal itu dibantah oleh para ahli. para ahli yang tahu benar soal Columbia selalu merasawaswas pada saat pesawat inikeluar atau kembali menembus atmosfer.com/question/index?qid=20090715225956AAU9bGx) 4. Berikan contoh kasus! . Sumber: (http://www.  Jenis pelanggaran Kasus pesawat ulang-alik Challenger.kapanlagi.budaya keselamatan. Lapindo diduga sengajamenghemat biaya operasional dengan tidak memasang casing. karena sebelum pesawatdi lepas landaskan dari teknisi Martin Thiokols menyebutkan bahwa. lumpur yang ada di perut bumi menyemburkeluar tanpa kendali. yaitu keputusanuntuk melepaslandaskan challenger adalah cacat. Pada awal tragedi. sehingga pada saatterjadi bencana tersebut.com/doc/3023858/kecelakaan-pesawat) (http://alfannur. Lapindo menyatakan bahwa pemicu semburanlumpur adalah gempa Yogyakarta yang mengakibatkan kerusakan sedimen.scribd. Entahmengapa Lapindo sengaja tidak memasang casing. Namun. Pesawat ini didasarkan pada rancangan tahun 1970-an.com/2010/07/05/kecelakaan-chalenger) (http://id. tidak mampu memperbaiki kelemahan desain yang sudah diketahui sebelum kecelakaan terjadi.  Jenis pelanggaran Kasus pesawat ulang-alik Columbia. “lepas landas tidak dapat dilakukan pada temperatur di bawah 530 Fkarena O-Ring akan rusak”.blogspot. karena sebenarnya Columbia bukanlah pesawat yang canggih dan aman.answers.com/threads/122999-Memperingati-6-Tahun-TragediLumpur-Lapindo) (http://korhejdalle.

yang dimana pestisida tersebut mengandung racun yang akan menyebabkan lingkungan bisa tercemar oleh pestisida tersebut. terutama burung.wikipedia. DDT kemudian dilarang untuk pertanian di seluruh dunia di bawah Stockholm konvensi. manusia. Publikasibuku ini adalah salah satu peristiwa tanda tangan dalam kelahiran gerakan lingkungan. Buku ini menyatakan bahwa DDT dan pestisida lain dapat menyebabkan kanker dan pertanian mereka adalah ancaman bagi satwa liar. Buku katalog ini membahas tentang dampak lingkungan dari sembarang penyemprotan DDT di Amerika Serikat dan mempertanyakan logika melepaskan bahan kimia dalam jumlah besar ke lingkungan tanpa sepenuhnya memahami efeknya terhadap ekologi atau kesehatan manusia. yang dapat mengakibatkan dampak yang negatif. tetapi terbatas digunakan dalam vektor penyakit DNS berlanjut hingga hari ini dan masih kontroversial.org/wiki/Gramperlitre) . udara. dan digunakan dengan sukses dalam Perang Dunia II untuk mengendalikan malaria dan tifus di kalangan warga sipil dan tentara. Pada tahun 1962. Mereka tanpa memikir panjang dengan hal tersebut. dari adanya bahan kimia yang menjalar dan menimpa setiap hewan. lingkungan. Pertama disintesis pada tahun 1874. Contoh kasus ini saya ambil dari DDT (dichloro diphenyl trichloroethane) adalah salah satu sintetis pestisida yang paling terkenal. Setelah perang. seorang ahli Biologi Amerika bernama Rachel Carson menerbitkan buku Silent Spring. Kimiawan Swiss Paul Hermann Müller dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada 1948 "untuk penemuan efisiensi tinggi DDT sebagai racun kontak terhadap beberapa arthropoda”.Jawab:  Yang dimaksud dengan “toxic colonialism” adalah semacam contoh limbah yang beracun. Sumber: (http://en. dan menghasilkan kemarahan publik yang akhirnya menghasilkan larangan DDT di Amerika Serikat pada 1972. DDT dibuat untuk digunakan sebagai pertanian insektisida. Penyemprotan sembarangan pestisida. tanah dll.

Karena itu kita tidak tahu persis apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Jelaskan tentang keterkaitan antara Risiko dan kemajuan teknologi! Berikancontoh nyata! Bagaimana cara mengurangi risiko yang mungkin terjadi? Jawab:  Menurut pendapat saya. Dalam kehidupan ini kita akan selalu menghadapi ketidakpastian.esaunggul. sangat penting memahami resiko dalam bisnis. Umumnya. kita tidak tahu secara pasti apa yang akan terjadi pada 1 tahun yang akan datang. perantara. semakin besar resiko. pemerintah dan faktor lingkungan lainnya akan memberikan pengaruh kepada perusahaan baik pengaruh yang positip berarti memberikan peluang atau dorongan. sama halnya juga dengan manusia.id/page/2/) . atau pengaruh yang negatif. baik itu konsumen.5. Sumber: (http://sartika201011057. setiap pelaku bisnis selain dihadapkan pada return juga selalu dihadapkan pada resiko. karena Sepanjang manusia hidup. dan resiko merupakan suatu kemungkinan tidak tercapainya sasaran dan serta tujuan bisnis.ac. wearpack sefety. bisa jadi apa yang kita rencanakan pada saat pelaksanaannya gagal. atau keselamatan kerja. Perusahaan sebagai lembaga bisnis. dengan menggunakan seperti alat-alat yang diperlukan untuk mengelas.  Contohnya adalah pebisnis las: Hal tersebut tidak bisa dipungkiri dengan adanya terjadi faktor kecelakaan terhadap si pekerja tersebut (welder). bahkan beberapa menit yang akan datang. berada dalam suatu lingkungan yang penuh dengan ketidak pastian. dengan itu kita perlu memahami atau mengetahui terhadap safety. Berbagai faktor dari lingkungan.blog. dan lain-lain. kaca mata las (topeng las) sarung tangan sefety. celana sefety. berarti memberikan hambatan atau ancaman kepada perusahaan. tidak sesuai dengan harapan kita oleh karena kondisinya ternyata tidak sama dengan apa yang kita prediksikan sebelumnya. pesaing. manusia akan selalu menghadapi risiko. beberapa bulan atau minggu yang akan datang. maka semakin besar pula return yang diharapkannya.

Sumber: (http://didiktriwibowo. khususnya yang berkaitan dengan aktivitas pertambangan ini merupakan pendapat pribadi penulis dan tidak mewakili pendapat instansi dimana penulis bekerja. pada Kamis (22/10) malam (Kompas online.blogspot. Jawab:  Berita tercemarnya Sungai Balangan akibat meluapnya air limbah batubara dari kolam pengendapan (settling pond) SP 6B PT Adaro indonesia.com/2010_01_01_archive. masyarakat. para menteri pingin unjuk gigi agar terlihat kompeten di mata presiden dan rakyat. 23/10) sepertinya tertelan oleh hirukpikuk pemberitaan media mengenai air limbah batubara dari kolam pengendapan. Selain itu.6. menanggulangi dan memulihkan kerusakan lingkungan hidup. maka kasus lingkungan ini mungkin akan menjadi semacam “uji publik” terhadap sang menteri LH.html) . oleh karena itu kejadian ini terkait dengan masalah lingkungan akibat aktivitas tambang serta mengingat Meneg Lingkungan Hidup adalah urang Banua. permasalahan tercemarnya Sungai Balangan tidak hanya dapat dipandang sebagai persoalan teknis terkait tercemarnya air sungai akibat limpasan air limbah batubara. Jelaskan peranan Insinyur terkait dengan kerusakan dan pelestarian lingkungan hidup! Berikan masing-masing contoh nyata. Tulisan yang akan memaparkan pentingnya peran perusahaan. Dalam situasi normal. peristiwa seperti ini tentu akan menjadi bahan pemberitaan hangat media lokal maupun nasional. oleh karena itu ini adalah tugasnya peranan para insinyur untuk mememikirkan masalah keterkaitan tersebut. namun persoalan ini juga berdimensi hukum dan sosial. pemerintah. Biasanya dalam 100 hari pertama masa kerjanya. serta aturan hukum dalam mencegah. Terlebih jika dikaitkan juga dengan kiprah 100 hari kabinet di bidang lingkungan hidup. dengan telah diundangkannya UU No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.