You are on page 1of 17

BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI Loading … 100% 75% 50% 25% 0%

psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi

BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI PARAGRAF ARGUMENTASI Kelas Semester X 2 psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi .

BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI STANDAR KOMPETENSI Mengungkapkan informasi melalu penulisan paragraf dan teks pidato KOMPETENSI DASAR Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi .

psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi . mendata topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif. • Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis sendiri atau ditulis oleh teman. • Menulis paragraf argumentatif dengan pola pengembangan.BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI INDIKATOR • Menunjukkan ciri-ciri paragraf argumentatif.

gagasan. atau pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta (benar-benar terjadi). psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi .BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI Paragraf Argumentasi • Paragraf argumentasi adalah jenis paragraf yang mengungkapkan ide. • Tujuannya adalah agar pembaca yakin bahwa ide. gagasan. atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti.

• Memerlukan fakta untuk pembuktian berupa gambar/grafik.BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI Ciri-ciri Paragraf Argumentasi • Menjelaskan pendapat agar pembaca yakin. • Menggali sumber ide dari pengamatan. dan lain-lain. dan penelitian. • Penutup berisi kesimpulan. psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi . pengalaman.

BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI Contoh Paragraf Argumentasi • Akhir-akhir ini tempe sudah tidak lagi menjadi makanan orang-orang pinggiran atau kampung. psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi .Bahkan di Jakarta terdapat rumah makan yang menggunakan menu tempe untuk disajikan dalam berbagai makanan yang lezat. Tempe sudah menjadi makanan lokal yang mengglobal di tengah makanan yang hanya nikmat di lidah saja. Betapa tidak. Karena kandungan gizi yang tinggi dan alamiah itulah tempe sudah mulai merambah pasar internasional. tempe tetap menjadi makanan tradisional kebanggaan bangsa Indonesia. Terdapat banyak kandungan protein nabati yang tinggi di dalam tempe. seiring menjamurnya makananmakanan instan dan modern yang mengandung berbagai bahan pengawet.

psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi .BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI Kesimpulan • Kesimpulan dari paragraf tersebut ialah tempe sudah menjadi makanan masyarakat luas yang mampu bersaing dengan makanan lezat lainnya.

memusatkan perhatian pembaca kepada argumen yang akan disampaikan. atau menunjukkan dasar-dasar mengapa argumentasi dikemukakan. bertujuan untuk menarik perhatian pembaca.BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI Struktur Informasi • Dilihat dari struktur informasinya. psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi . dalam paragraf argumentasi akan ditemukan: 1. Pendahuluan.

dan dikemukakan dengan mengadakan observasi. bertujuan untuk membuktikan kebenaran yang akan disampaikan dalam paragraf argumentasi sehingga kesimpulan yang akan dicapai juga benar. Kebenaran yang disampaikan dalam tubuh argument harus dianalisis. Tubuh argumen. disusun. eksperimen. dan jalan pikiran yang logis. psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi . penyusun fakta.BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI Struktur Informasi 2.

BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI Struktur Informasi 3. Kesimpulan atau ringkasan. psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi . bertujuan untuk membuktikan kepada pembaca bahwa kebenaran yang ingin disampaikan melalui proses penalaran memang dapat diterima sebagai sesuatu yang logis.

BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI Struktur Informasi Dari contoh wacana di atas. dapat diketahui struktur wacana argumentatif adalah: – Pernyataan masalah – Alasan/data/fakta pendukung – Pembenaran berdasarkan data/fakta – Kesimpulan psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi .

2. minat baca siswa sangat rendah. 3. Kebudayaan daerah saat ini kalah bersaing dengan budaya asing. 1. 5. Saat ini.BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI Latihan 1 Paragraf Argumentasi Bacalah pernyataan-pernyataan berikut! Sampaikan pendapat kalian tentang pernyataan-pernyataan tersebut disertai alasan/bukti. psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi . 4. Kita harus menghargai jasa-jasa para pahlawan. Bahasa daerah dikhawatirkan akan punah. Bencana alam yang akhir-akhir ini terjadi disebabkan oleh ulah manusia.

BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI Latihan 2 Paragraf Argumentasi Klik gambar di atas untuk melakukan Latihan! psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi .

BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI Uji Kompetesi Klik gambar di atas untuk melakukan uji kompetensi psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi .

Kompeten Berbahasa Indonesia. • Utami. 2008. 2007. 2007.BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI Referensi • Buku Kompeten Berbahasa Indonesia. Cerdas Berpikir Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Depdiknas. • Suyono. Bandung: Ganeca. Sri. Dkk. Erlangga • Tim edukatif. psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi . Jakarta: Erlangga. Bahasa dan Sastra Indonesia.

S. Irawati • SMAN 3 Palu Editor • Awan Sundiawan.BERANDA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI REFERENSI PENYUSUN SELESAI Penyusun • Dra. psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi .Pd.